Ciri-ciri Hamil Muda, Ini dia Tanda-tandanya

Mengetahui Ciri-ciri kehamilan


Ketika hamil anak kedua, aku tidak menyadarinya. Karena bulan-bulan sebelumnya sudah bolak balik tespek selalu negatif, aku merencanakan kehamilan ini setahun lebih tapi belum di kasih sama Allah. Tapi waktu ada perubahan mood, badan gak enak seperti meriang berhari-hari. Jadi ingin makan ini itu dan tidak suka ini itu. Mulai ada firasat itu hamil.

Tapi kemudian tespek, masih sama yaitu negatif. Akhirnya aku santai dan aku bahkan minum jamu masuk angin, lho. Lalu aku ke dokter untuk memastikan mungkin tensi ku rendah atau anemia. Di dokter aku di minta tespek ulang, ah mana mungkin hamil pikirku wong baru kemaren aku tespek negatif. Bahkan tespek yang ku gunakan itu tespek mahal sedangkan di dokter ini tespek murah, apa iya akurat. Eh MasyaAllah ternyata malah positif, dengan jelas terpampang nyata itu positif. Alhamdulillah ini janin gak papa pas aku minum jamu masuk angin. Dan dokter pun langsung menyarankan aku ke dokter kandungan untuk lebih lanjut.

Awalnya sih aku sempat merahasiakan kehamilanku, tapi gak lama. Setelah janin memiliki detak jantung dan tumbuh normal aku langsung banyak berbagi di medsos. Wajar sih, takut kenapa-kenapa karena aku nunggu kehamilan kedua ini setahun lebih, jadi lebih hati-hati aja.

Keliatan gak kalo ini lagi hamil
4 bulan, ngidam pelesiran 🤣
Lombok - gili trawangan (dokpri)

Ciri-ciri seorang wanita yang mengalami hamil muda biasanya ditandai dari gejala dan perubahan fisik yang ada. Awal dari kehamilan ditandai dengan telat datang bulan. Namun, tanpa melakukan tes secara medis, tidak ada cara pasti 100% untuk mengetahui ciri-ciri hamil muda sebelum telat haid.

Namun calon mom tidak perlu khawatir, meskipun demikian terdapat tanda-tanda dan beberapa gejala tertentu yang bisa dijadikan petunjuk di minggu-minggu pertama kehamilan, walaupun ini tidak bisa dijamin 100%, tapi hasilnya mendekati benar.

Ciri-ciri hamil muda ini bisa dikenali melalui perubahan fisik. Perubahan ini mirip dengan gejala PMS seperti kelelahan, mual dan nyeri pada bagian payudara. Selain perubahan fisik, ada beberapa gejala khas yang menandakan ciri-ciri hamil muda. 

Apa saja ciri-ciri hamil muda dilihat dari gejala khasnya? 

Yuk simak ulasan yang telah dirangkum oleh https://realfood.co.id/  berikut ini:


1. Payudara menjadi lebih sensitif


Bagian payudara ini merupakan bagain tubuh wanita pertama yang mendapatkan respon pesan pertama jika sperma telah bertemu dengan sel telur. Nah, salah satu perubahan paling awal yang bisa dirasakan saat kehamilan muda adalah payudara menjadi lebih sensitive. Bahkan payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, terasa lebih penuh serta lebih berat dari biasanya.

Hal ini dikarenakan meningkatnya hormone progesteron dalam tubuh wanita.  Ciri-ciri ini payudara menjadi lebih sensitive ini akan berlanjut selama proses kehamilan dan akan mereda setelah beberapa minggu pertama.

2. Areola menjadi lebih gelap

Areola adalah area disekitar putting susu. Saat wanita mengalami hamil muda atau saat memasuki usia satu atau dua minggu kehamilan, maka gejala khas yang dapat dilihat adalah aerola menjadi lebih gelap. Tanda ini merupakan tanda khas yang tidak dapat dialami ketika seorang wanita mengalami PMS biasa, sehingga tanda ini seringkali merupakan tanda pertama kehamilan.

Bagian areola yang menggelap ini akan menjadi lebih gelap dan bertambah diameter pada mingu-minggu pertama setelah terjadi pembuahan. Muncul pula benjolan kecil yang merupakan kelenjar yang nantinya berfungsi sebagai pelumas putting saat menyusui. Namun, ada juga beberapa wanita yang tidak mengalami hal ini.


3. Kelelahan

Kelelahan memang menjadi ciri-ciri yang dapat dirasakan oleh calon ibu selama kehamilan muda. Hal ini dikarenakan terjadi perubahan hormon, selain iu juga karena terjadi penambahan gula darah dan tekanan darah. Pada empat bulan pertama, sang calon ibu akan merasa mudah lela, lamban dan mudah mengantuk.

Namun juga perlu diingat, kelelahan bukanlah satu-satunya ciri-ciri seorang mengalami kehamilan muda. Bisa saja kelelahan ini disebabkan karena factor PMS, stress ataupun kurang tidur.

Lelah dan morning sickness

4. Mual di Pagi Hari (Morning Sickness)


Mual atau morning sickness pada pagi hari pada banyak wanita menjadi tanda-tanda awal kehamilan. Morning sickness ini akan memengaruhi sekitar 80% pada wanita yang hamil.Mual di pagi hari ini biasanya terjadi paa minggu ke-4 dan ke-6 kehamilan. Untuk minggu-minggu sebelumnya, calon ibu juga mungkin akan merasa mual akibat demam hormone selama kehamilan muda.

Meskipun demikian, kabar baiknya, berdasarkan penelitian yang dilakukan ternyata seorang wanita yang mengalami mual di pagi hari/morning sickness dapat menjadi tanda kehamilan yang sehat, dengan tingkat keguguran yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengalami morning sickness.

5. Sensitif terhadap bau

Ciri-ciri hamil muda yang bisa dirasakan oleh calon ibu yaitu sensitive terhadap bau-bauan. Indra penciuman wanita yang mengalami hamil muda akan meningkat lebih tajam akibat meningkatnya hormone estrogen dalam tubuhnya. Bebauan yang sedikit menyengat akan memicu terjadinya mual dan muntah.

6. Lendir pada Serviks (Keputihan)

Wanita akan melihat peningkatan keputihan pada awal kehamilan muda. Selama trimester pertama, organ intim wanita akan terasa lebih lengket akibat meningkatnya lender yang dihasilkan. Lendir ini akan terasa lengket, berwarna putih hingga kekuning-kuningan dan berbau ringan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon dan aliran darah pada vagina. Intinya, tidak seperti lendir di hari biasanya

7. Pendarahan implantasi

Pada beberapa kasus, wanita yang hamil pada minggu-minggu pertama akan mengalami pendarahan implantasi atau terdapat bercak hingga pendarahan ringan yang terjadi sekitar hari ke-10 atau 14 setelah pembuahan, dan akan berhenti setelah satu hingga tiga hari kedepan.

8. Sering buang Air Kecil

Akibat tubuh meningkatkan jumlah darah yang dipompa, ginjal akan memproses lebih banyak cairan dari biasanya sehingga kita akan lebih sering bolak-balim ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini biasanya dimulai pada minggu ke-2 setelah pembuahan.

9. Suhu Tubuh Basal Meningkat

Suhu tubuh basal adalah suhu saat tubuh sepenuhnya istirahat. Suhu ini lebih baik diukur saat bangun tidur, karena suhu tubuh wanita yang hamil saat bangun tidur di pagi hari akan mengalami peningkatan selama 18 hari setelah ovulasi. Hal ini dikarenakan kadar estrogennya meningkat. Suhu ini akan tetap meningkat selama waktu kehamilan.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri hamil muda yang dapat dirasakan dan diamati sendiri olah calon ibu, jadi sebelum ke dokter kandungan atau bidan sih biasanya si Ibu bisa dengan keyakinan sendiri memastikan kehamilannya. Untuk ciri-ciri akan melahirkan bayi laki-laki, aku sudah pernah menuliskannya disini.

Nah semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian yang selama pandemi ini ragu-ragu mau periksa, hamil apa engga, coba deh liat dulu ciri-cirinya ya. Jika iya, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil ya Mom. 

11 comments :

  1. Whaaaaa, banyak sekali ya tanda-tandanya ._.

    ReplyDelete
  2. Mbakku juga hamil muda dan ada ciri-ciri seperti mual, pusing, lelah, kaya gitu lah. Tapi dia tahu dari awal karena pas telat langsung tes dan ada dua garis

    ReplyDelete
  3. Saya ada teman yang gak nyadar kalau hamil Mbak. Pas hamil anak kedua, telat sdh 4 bulan, dia periksa ke dokter tujuannya ya kenapa kok gak mens saja. Ternyata hasilnya dia positif hamil dan menuju usia 5 bulan kehamilan.

    ReplyDelete
  4. Pas hamil anak pertama aware banget sama ciri-ciri hamil muda karena emang ditunggu, eh pas anak kedua malah nggak ngeh, karena dipikir anak masih kecil nggak mungkin ada adeknya, mestinya lebih ngeh lagi ya

    ReplyDelete
  5. hmm jadi inget jaman bini hamil dulu. Skrg sih pabrik sudah tutup selamanya, udah cukup dua anak saja hehe

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu hamil anak kedua, yang ngeh malah teman - teman kantor. Kata mereka saya jadi sangat jutek, mungkin lagi hamil.

    Saya kira itu dugaan canda, ternyata beberapa hari kemudian, waktu periksa pakai tespack, beneran hamil. Dugaan kebetulan hehehe...

    ReplyDelete
  7. Baca tulisan ciri-ciri dari hamil muda buat aku deg-degan.
    Kemarin saat badan pegal-pegal, dan kepala pusing bbrapa hari, aku mutusin gak minum obat, pdhal udh disuruh sm suami, aku khawatir ini tnda kehamilan jdi gk berani minum obat.
    Tp ternyata ini masuk angin dan malah

    ReplyDelete
  8. Baca ciri-ciri hamil muda ini buat aku agak deg-degan, kmarin saat bberapa hari badan pegal dan kepala pusing aku pilih gk minum obat, suami ud nyuruh minum obat tapi gk aku minum
    Ternyata itu masuk angin dan tanda pms.
    Insya alloh masih sabar menanti kado Indah itu, insya alloh

    ReplyDelete
  9. Kalau perempuan mau menstruasi kadang kerasa tanda2nya kadang juga engga kerasa, dan kalau hamil ini tandanya lebih banyak ya diantaranya lebih sensitif dan ada perubahan mood gituuu

    ReplyDelete
  10. Tanda-tandanya persis sama sebelum mens yaa..
    Jadi agak nyamari kalau irang Jawa bilang.
    Aku juga sensi kalau mau waktunya. Semua pengen di HIH, aja.
    Hahhaa..

    ReplyDelete
  11. Wuhuuu, hamil muda manfaatkan saja utk ngidam plesiran ya Mbak Ruli. Dijamin diturutin. Hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..