Aku bukan fans Glenn Fredly, Gak usah di Baca!


Glenn Fredly, tutup usia (medan.tribunnews)

Aku bukan fans dari Glenn fredly. Lihatlah, tidak ada satupun pernyataan, status, ataupun foto di medsosku yang mengatakan kalau aku adalah fansnya. Tidak satupun. Tapi, baiklah jika kalian sudah terlanjur membuka link ini, mari dengarkan ceritaku tentang Glenn Fredly.


Menulis tentang Glenn, bagiku sama halnya mengorek masa lalu. Membuka kenangan lama, baik kenangan manis maupun kenangan pahit, bernostalgia akan berbagai momen mengharu biru. Benar kata orang, siapapun gebetanmu di masa lalu, apapun perasaan hatimu, lagu Glenn fredly adalah pengantarnya.

Saking yakinnya aku bukan fans dari Glenn, aku bahkan baru tau nama lengkapnya ketika dia akan di makamkan. Buatku, lagu Glenn hanyalah pengiring hari-hariku dalam suka duka, tidak berwujud. Tapi ternyata setelah kehilangan, dan aku menyadari tak akan ada lagi suara live dari Glenn, aku hanya akan menikmati suara-suara lawasnya, jejak digitalnya. Ah, aku merasa sangat kehilangan. Entahlah apa aku masih yakin aku bukan fansnya. Iya rasa pilu itu ada ketika berita wafatnya Glenn fredly terpampang nyata di berbagai media 8 april 2020. Meski bukan pilu yang sama saat aku kehilangan anggota keluargaku. Rasa pilu yang ini mungkin sulit di ceritakan tapi aku memaksakan untuk menulisnya disini dengan segala ke-lebay-anku.

Bagiku, lagu apapun bila Glenn yang menyanyikannya, lagu itu akan jadi lagu baper. Karena dia selalu menyanyikannya dengan intonasi yang menggetarkan hati. Lagu senang aja aku baper, apalagi lagu sedih.

Oke, maafkan aku, aku lepaskan dulu sejenak bahwa orang muslim tidak boleh ngefans kepada yang non muslim, musik di haramkan dalam islam kecuali Shalawat, oke. Itu semua benar. Aku hanya mengenangnya dan aku menyukai lagu Glenn memang sebelum aku tau tentang aturan dalam islam tsb. Aku sulit mengingkari betapa aku menyukai lagu-lagunya. So, disini aku menuliskan ini hanya untuk mencurahkan isi hati saja, don't blame on me.

Awal mengenal Glenn

Oke, awalnya aku menyukai Craig david, kalian tau? Anak 90-an mungkin tau siapa craig david. Lagunya yang terkenal mungkin 7 days, walking away, don't love you no more, kalian tau? Craig david adalah penyanyi berkulit hitam, dan saat booming lagunya ia senang mengenakan kaos sleeveless yang sering aku bilang kaos singlet dengan topi pet atau kupluk.

Craig david tahun 2000 (source: The Smoking Nun)
Dan ketika Glenn fredly hadir di album keduanya itu secara style mirip dengan Craig david, yaitu berkulit hitam dan suka pakai kaos putih dan topi pet, gaya itu menjadi trend terkece pada masanya, aku memang menyukai cowok berkulit hitam manis, entah kenapa gak terlalu suka yang berkulit putih, hahay :D Di tambah lagi, lagu-lagunya juga enak dan genre mereka sama yaitu pop dan R&B. Jadilah aku menyukai lagu-lagu dari kedua lelaki tsb. Lagu pertama dari Glenn yang aku sangat sukai dan masih ingat adalah lagu "Terpesona" di album keduanya "Selamat pagi, dunia!"

Craig david hits pada masanya, sedangkan Glenn tetap hits hingga saat ini, Glenn melewati masa beberapa generasi dan tetap disukai. Eh enggak sih, tahun lalu aku liat konser Craig david masih membahana sih, mungkin aku saja yang kurang update Craig david. Glenn juga memulai karirnya lebih dulu sejak tahun 1998 dengan lagu "cukup sudah" sedangkan Craig david baru mulai di lagu 7 days pada tahun 2000. Tetap saja keduanya, aku banget.

Aku dulu punya album kedua Glenn yang masih berbentuk kaset, karena sekarang tidak bisa menggunakan kaset lagi, jadilah aku tidak tau dimana kaset itu sekarang tapi aku masih ingat lirik-lirik lagunya. Dimana lagu yang paling hits "Januari" ada di album tersebut. Tahun 2002, saat aku masuk kuliah (duh ketahuan angkatan berapa) saat itulah masa-masa galaunya remaja beranjak dewasa. Ah Glenn, kamu tidak tau bagaimana lagu-lagumu menemani masa labilku dulu. Bisa dibilang, aku kenal Glenn sejak awal karirnya, tapi aku bukan fans Glenn, beneran.

Hingga kemudian banyak penyanyi baru bermunculan, lagu Glenn tetap ada di hp dan mp3 playerku dalam berbagai judul. Saat wafatnya Glenn 8 april 2020 ini, di hp ku ada lagu Glenn favoritku, Kisah Romantis yang sering aku putar saat aku mandi. Iya aku memang hanya menyalakan musik di kamar mandi, supaya anak-anakku tidak meniru lagunya karena itu lagu orang dewasa tentu saja. Lagu Glenn yang aku sukai saat happy adalah lagu-lagu ost. Cinta silver terutama lagu Kisah romantis dan My everything, sukak banget pokoknya. Sedangkan lagu galau dan lagu sedihnya banyak. Diantaranya ada Kasih putih, Januari, Terserah, Sedih tak berujung, akhir cerita cinta. Ahhh...banyak ya.. makanya baper tak berkesudahan.

Keren sekali ya aku bisa hafal tahun-tahun rilisnya album glenn. Ah tidak, aku hanya mencocokan sedikit ingatanku dengan romantisme yang kurasakan di tahun tsb. Lalu aku googling, ketemulah banyak info tentang itu. So, pengetahuanku soal glenn memang seminim itu. Jadi aku bukan fans Glenn fredly.

Obsesi tentang Glenn Fredly

Ketika kuliah di Malang, aku tinggal di rumah pakdeku. Tentu saja, aku tidak boleh pulang malam, pulang senja pun aku pasti akan di tanya kenapa. Tapi ketika salah satu sohib dekatku mengajakku nonton penampilan Glenn di sebuah club malam di Malang, aku mulai gelisah. Saat itu aku masih semester 1 atau 2 aku lupa. Masih terlalu kecil untuk mengenal club, menurutku. Tempat itu cenderung di bilang tempat dugem bagi anak-anak Malang, aku lupa apa namanya, haha.

Tapi, saking inginnya aku nonton Glenn, aku berbohong pada Pakde dengan bilang, temanku sakit. Temanku sesama anak Kalimantan, teman SMA ku, aku bilang dia jauh dari keluarganya, kasian, jadi aku akan menginap semalam di kosnya untuk merawatnya. Tapi aku gak bohong, temanku memang sakit, sakit jiwa, hahaha.. karena dia berhijab sedangkan aku saat itu belum berhijab, tapi dia malah yang maksa aku ikut nonton Glenn fredly. Aku menyesal sih sudah bohong sama Pakde, tapi aku sudah minta maaf lahir batin sama pakde saat lebaran sesudahnya, jadi alm.pakde pasti sudah memaafkan kenakalanku saat itu. Demi apa, nekat demi nonton Glenn manggung.

Namanya club, tentu baru buka di atas jam 10 malam. Glenn sendiri baru nongol sekitar pukul 11 lewat. Club itu tidak terlalu besar, saat itu Glenn belum se-hits saat ini, untuk menikmati dari dekat dan menyapanya tidak sulit kok. Bener kata orang, dia memang humble sejak dulu, mungkin humble adalah nama lain Glenn fredly. Tentu dengan gaya khasnya yg mirip Craig david. Seingat aku saat itu di club ada bir party dimana bir dibagi-bagi gratis. Glenn hanya minum air mineral, sedangkan aku? Tentu saja aku minum soft drink, kalo aku minum bir, mungkin aku tidak bisa pulang dengan selamat, hahaha.. muntah.

Ya, mau di bilang anak kampung ya gapapa juga sih. Cuma kan memang ada banyak artis yang menggelar show mini di club-club malam, karena acaranya memang pisah sama acara dugemnya. konsernya dulu udahan, baru mereka clubbing. Setelah Glenn aku pernah nonton konser kerispatih juga di salah satu tempat dugem di Banjarmasin, ya sama juga habis nonton konser ya aku pulang, sesimpel itu aja. bedanya hanya aku gak harus bohong lagi sama Pakde, karena saat itu udah gede, udah kerja, jadi ya ijinnya gak pakai drama bilang apa adanya mau nonton kerispatih. Dianggap udah bisa jaga diri.

Yeah, itu adalah kenangan bahwa dulu aku pernah bandel cuma gara-gara nonton glenn secara live. Teman-teman kuliah menyangka aku suka dugem, padahal aku hanya kesana untuk nonton Glenn fredly. Tapi aku memang gitu, bukan tipe orang yang suka menjelaskan sesuatu hanya demi orang menyukaiku, cuek aja aku sih. Yang penting aku gak minum, aku gak berbuat nakal lainnya, temanku pun perempuan dan berhijab. Selesai nonton ya aku pulang, tidur di kos temanku itu, udah sih gitu aja. Aku sangat enjoy malam itu, menikmati lagu-lagunya dan liriknya makin nempel. Aku bahkan berpapasan Glenn di club itu ketika dia sudah selesai show, aku menyapanya dan dia membalasnya dengan ramah. Aku lupa momen apalagi di malam itu. Karena sudah lama banget lebih dari 15 tahun lalu kan. Yang jelas sejak malam itu aku terus menyukai lagu-lagunya.

Sudah ku bilang, menulis tentang Glenn ini sama dengan membuka cerita masa lalu yang mungkin gak cukup 1000 kata. Ketika aku sedih, aku senang, lagu Glenn ada aja yang cocok sama suasana hatiku. Kadang aku tidak bernyanyi, hanya mendengarkan alunannya dan membiarkan diri menangis hebat menghabiskan puluhan lembar tissue sambil mendengarkan lagu kasih putih. Setelah itu, biasanya aku merasa lebih baik karena emosi sudah keluar semua. baru setelah itu aku move on dan mencari solusi.

Glenn dan dunia artis

Okey, meski aku bukan fansnya. Berita tentang Glenn tetaplah menarik bagiku. Aku membaca setiap kisah cintanya dan selalu penasaran dengan siapa cintanya berlabuh. Karena aku selalu tau, lagu-lagu Glenn banyak tercipta dari pengalamannya sendiri. Aku bahkan suka menebak-nebak. Oh ini lagu saat patah hati dengan Nola, oh ini lagu Glenn ketika bersama Dewi Sandra. Aku menyimak beritanya bersama Trio lestari, dan aku pun senang saat Glenn akhirnya melabuhkan cinta kepada Mutia ayu. Karena Glenn memang artis, dia hebat. Maka selalu menarik membaca beritanya.

Tahun 2020 ini memang lumayan menguras emosi ya, setelah kepergian artis ashraf sinclair yang menjadi pengingat banget untuk para pasangan untuk menghargai waktu. Glenn menambahnya lagi dengan kepergiannya saat anaknya baru saja lahir. Oke cukup kita ganti topik

Aku bukan fans Glenn fredly


Aku baru tau kalau Glenn adalah sosok aktivis penting di dunia musik tanah air juga di balik kemajuan Indonesia timur. Dari yang aku baca dari instagram ibu Menkeu Sri mulyani dan Pak presiden aku melihat bahwa perjuangannya dan karyanya sangat diakui. Bahkan kata sahabatnya, Glenn pernah vakum agak lama di industri musik untuk pulang kampung membangun kampung halamannya.
baca juga: ide kado ulang tahun untuk cowok

Aku baru tau kalau Glenn sering sekali tampil tanpa dibayar jika itu untuk keperluan amal atau penyelenggaranya gak punya uang. Aku baru tau nama anak Glenn itu Gewa atlana syamayim latuihamallo. Aku baru tau kalau Glenn itu seperti panglima perang para musisi yang selalu ngajak para musisi memperjuangkan hak-haknya. Aku baru tau kalau Glenn terlihat pantas dan menarik ketika memakai pakai peci dan baju koko. Baru tau kalau suara Glenn sangat merdu ketika menyanyikan Sholawat.

See, aku bukan fansnya Glenn. Apa-apa aku serba gatau. Aku bahkan gatau lagu terakhirnya yang mana. Hanya ingat lagu yang jadul-jadul. Karena sejak menikah, aku keukeuh menempel pada lagu-lagu lamanya dan gak update sama lagu yang baru. Okey, sebutlah kasih putih. Itu adalah lagu lama yang paling di cintai sejuta umat. Aku keukeuh mempertahankan lagu itu sebagai lagu paling berkesan dari Glenn fredly. Hingga saat ia wafat aku baru tau kalau lagu terakhirnya berjudul "Selesai".

Lalu, tulisan sepanjang ini apa artinya?

Aku memburu semua berita tentang wafatnya Glenn, bahkan mengulang-ulang membacanya. Akhirnya aku mewek juga. Yah, tidak akan ada lagi suara live-nya akan terdengar dimanapun. Tidak akan ada lagi konser tunggal ataupun lagu barunya. Tidak ada lagi ost film dengan suaranya. Kenapa aku seperti mengiris sekilo bawang hingga aku berair mata. Iya, tulisan sepanjang ini artinya hanya curhat, hanya untuk ku simpan kenangan bahwa aku tau tentang Glenn fredly, aku menikmati karyanya.

Glenn, aku ini fans mu atau bukan? Akupun tak tau. Tapi, terimakasih atas semua hiburan dan pertemanan kita selama ini. Susah senangku bersama suaramu, terimakasih. Terimakasih juga kamu memberi banyak untuk umat muslim di Indonesia, sholawat yang banyak di perdengarkan, kamu juga bantu banyak project orang islam, mahasiswa muslim, dll. Terimakasih telah banyak memperjuangkan hak asasi manusia, terimakasih karena sangat toleransi dalam beragama, terimakasih untuk inspirasi, dan segalanya...

Glenn fredly dan hak asasi manusia (CNN Indonesia)
Kamu udah enggak sakit lagi ya. Terimakasih sudah ninggalin lagu "Rumah kita" di hari-hari akhir jelang kamu pergi. Lagu yang asik, meski pilu liat kamu nyanyi sambil nahan sakit kepala. Katanya sakit banget ya. Huhuhu.. sekarang kamu uda sembuh, Glenn. terimakasih sudah ninggalin banyak jejak digital jadi masih bisa enjoy lagu-lagunya.

Aku bukan fans Glenn fredly, tapi aku bohong.

25 comments :

  1. Aku mau komentar apa, ya. Bingung euy. Pas lihat beliau bersholawat, merinding banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan anehnya aku baru liat video solawat itu, sesudah ia tiada

      Delete
    2. berarti glen masuk islam ya mba? heehe

      Delete
  2. Aku merinding lho Kak baca ini. Pengalaman nonton konsernya lucu, hihi. Tapi Kaget dan tiba-tiba. Cukup suka dengar lagunya meski memang gak biasa putar musik. Tapi lagunya udah nempel kehapal udah di otak hehe. Aktivitasnya juga yang selalu mendukung haka sasi manusia itu keren. Selamat jalan Glenn fredly ...

    ReplyDelete
  3. Apapun lagunya kalau glen yang nyanyi bikin baper! Fix kita sama. Hahaha
    Aku belum pernah sih sampai obsesif nonton #boongdeh
    Aku cuma pernah ngendap2 pergi ke Singapore buat nonton One Ok Rock hehehe

    ReplyDelete
  4. Hmm, aku juga penikmat karya2 Glenn Fredly. Luar biasa memang, setiap orang pasti punya satu dua lagu favorit dari Glenn Fredly.

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat dulu pas lagu januari ngehits teman di kos beli kasetnya dan diputar terus sampai pada hapal isi albumnya. Memang lagu Glenn ini keren-keren semua sih ya apalagi yang kasih putih itu kayaknya evergreen banget lagunya

    ReplyDelete
  6. Glenn ini lagunya memang the best sih dan semua lagunya itu enak di dengar, aku pun suka lagu-lagunya dia.

    Aku bukan fans gleen tapi itu benar. Hahaha Karena aku fans ya Agnezmo. Hihi

    ReplyDelete
  7. Aku bukan fans yang gima gitu, cuma aku penimat setiap karya karyanya.
    Karya bung glen telah menemani hari hariku dari masih piyik sampe sekarang.
    Semoga kepergiannya bukan berarti karyanya juga pergi :D

    ReplyDelete
  8. Saya ngefans, tapi biasa aja sih. Maksudnya sekadar suka beberapa lagu yang dinyanyiin. Suka banget sama lagu Kasih Putih.

    ReplyDelete
  9. jelas kehilanngan seorang penyanyi dengan karakter suara yang bagus, pribadi yang baik,
    jadi keinget craig david nih aku, dulu awal kemunculannya lagunya enak enak, jaman masih kuliah kuliah dlu, langsung otw spotify hehehe

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat mantan-mantan kekasihnya Glen yang memberi sedikit kenangan saat masih bersama Glen, katanya baliau gak ragu mengantar ke acara pengajian.
    Yah..
    Berbeda, tetapi cara beliau menghargai ummat lain patut diacungi jempol.

    ReplyDelete
  11. Aku bukan fans Glenn, tapi aku penikmat lagu-lagu dia. mungkin dari baru-baru Glenn dikenal, telinga aku sudah termanjakan dengan lagu-lagunya. Meski terus terang aku tidak hafal.
    Tapi meninggalnya Gleen, tetap saja membuat aku merasa kehilangan. Juga membangkitkan kenangan. Yang paling terasa, teman-teman sekelas saat kuliah jadi rame, karena sebagian dari kami punya kenangan yang sama tentang Glenn. Ketika Glenn mau menjadi bintang tamu untuk tugas acara talkshow kami, tanpa dibayar.

    ReplyDelete
  12. Dulu sangat suka Glen, di awal karier. Dia ngontrak di rumah sederhana tapi bahagia. Sampai album kedua. Setelah itu tidak pernah mendengarkan musik terkini. Stag di musik masa lalu dan cuma itu-itu saja. Itu pun kadang kala.
    Tapi jika mendengar lagi, saya pasti suka.
    Oh ya yang saya suka selain sederhana dan kulit eksotisnya, adalah bulu matanya yang panjang.
    Saya pengagum cowok berbulu mata panjang.
    Ups... dosa nggak sih...

    ReplyDelete
  13. ngomongin glenn ngga bakal ada habisnya ya kak, aku sih ngga meragukan kemampuannya dalam bernyanyi. Lagu lagunya emang mewakili berbagai macam perasaan tapi aku leih salut lagi dengan kegiatan kemanusiaan yang dia lakukan. Terbukti banyak sekali yang berbela sungkawa, hingga bapak presiden RI. bearti kiprahnya bukan maen bagi INdonesia

    ReplyDelete
  14. Kalau aku mah penggemar Glenn. Asli aku sedih juga waktu tau meninggal. Langsung deh aku karaoke di rumah lagu2 almarhum

    ReplyDelete
  15. Walaupun aku tidak terlalu mengikuti perjalanannya dari awal hingga akhir ini, tapi setiap lagu yang diciptakan atau dinyanyikan olehnya pasti selalu aku sukai. Apalagi setiap lagu yang dibawakan selalu menggetarkan hati banget kan, kita sama ka hehe.. Semoga karya dan apa yang sudah ia lakukan dapat bermanfaat untuk orang lain, amin

    ReplyDelete
  16. Uhuuyy Craig David :D
    BTW aku juga bukan fans Gleen, gak yang memuja sekali tapi aku suka sama karya2nya yang bikin hati cewek2 meleleh haha, Trus lagunya jg menemaniku sat ku patah hati #uhuks hahaha.
    Sangat disayangkan Indonesia kehilangan lg penyanyi kyk gini ya...

    ReplyDelete
  17. intinya,mbak ruli bukan fans tapi bohong....oke dicatat....aku suka glen dia tipikal orang yang banyak senyum terlihat dari wajahnya

    ReplyDelete
  18. aku bukan fansnya sih, tapi menghargai karya2 beliau dan mengapresiasi bahwa beliau salah satu musisi terhebat. makin apreciate saat tahu dia adalah seorang aktivitis. keren.

    aku tuh gak hafal sama judul lagunya glenn
    tapi kalau ada sepenggal lirik, lalu disuruh ngelanjutin, pasti bisa. tapi nggak tahu judulnya, hehe

    ReplyDelete
  19. Hmm, berulang kali tertulis kalau Mbak Ruli bukan fans Glenn. Tapi kalau dilihat dari ceritanya, kok banyak sekali tau tentang Glen? Bahkan pernak nonton penampilannya secara langsung, pula. Di akhir tulisan saya baru yakin, kalau Mbak Ruli berbohong wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Sedih banget pas tau beliau pergi. Bener, beliau emang humble banget. Rekan-rekan artisnya pun mengakui hal tersebut. Seringkali jadi jembatan untuk orang-orang yang belum pernah kerja sama jadi temu muka, katanya. Semoga beliau istirahatnya tenang. :')

    ReplyDelete
  21. Sebenarnya sbeelum berita kemarin aku mengenal Glenn hanya sebatas penyanyi, ternyata lebih dari itu krn di medsos ramai sekali yg mencuit kebaik2annya terutama di bidang kemanusiaaan. Kalau orang baik memang yah, banyak yg kehilangan :')

    ReplyDelete
  22. Siapapun pacarnya, glenn lagunya!

    Hahahahaa seneng banget sama lagu2nya yang romantis dan pas banget sama kisah2 hihi

    ReplyDelete
  23. Literally aku beneran bukan fan dari Glen, karna apa, karna ada sedikit ganjel dihari.. karna dia sempat membawa murtad Dewi Sandra mantan istrinya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..