Event Report: Gathering Positif Bermedia Sosial sebagai Gerakan Revolusi Mental Indonesia

Ekonomi Kreatif Menuju Indonesia Mandiri

Welcome board Gathering
Positif bersosial media 2019

Hai hai.. Assalamualaikum semuanya
Beruntung banget aku pada hari Senin yang lalu, 24 juni 2019 berkesempatan menjadi salah satu peserta di acara Gathering Positif Bermedia sosial yang di adakan di Banjarmasin-Banjarbaru, Kalsel. Acara ini di selenggarakan oleh tim Revolusi mental Indonesia (Revmen Id) yang merupakan bagian dari Kementrian Koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) bekerjasama dengan Pemerintah kota Banjarbaru dan pemerintah Provinsi Kalsel. Ngapain aja Aku diacara ini?

Sebelum Banjarbaru, acara ini telah sukses diadakan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta. Bangga banget Banjarbaru terpilih menjadi salah satunya. Biasanya hanya bisa mupeng ketika acara-acara bermutu cuma di laksanakan di berbagai kota besar, namun tidak melalui kotaku ini. Jadi sekarang Banjarbaru sudah bisa di sejajarkan dengan kota-kota besar di tanah air sekarang. 

Gathering Positif Bermedia Sosial ini awalnya memang digagas oleh Kemenko PMK. Namun pada pelaksanaannya, Kemenko PMK tidak sendirian melainkan bekerja sama dengan beberapa Kementerian/Lembaga dari pusat bersama para penggiat Media Sosial (netizen, blogger, youtuber, dll) yang berasal dari kalsel. 

Acara Gathering ini diadakan untuk apa? 
Acara ini bertujuan untuk mempraktikkan secara langsung nilai-nilai yang ada didalam program Gerakan Nasional Revolusi Mental dimana salah satunya menyebut tentang bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak, konten positif dan meningkatkan ekonomi kreatif dimana salah satunya adalah dengan penggunaan Media Sosial yang baik (positif).


Isi Acaranya apa saja? 


Tema utama pada kegiatan ini bertajuk “Ekonomi kreatif menuju Indonesia Mandiri” melalui pemanfaatan industri kompetitif berbasis potensi lokal. jadi rangkaian kegiatan pada hari itu adalah:
  1. Kegiatan Susur Sungai Martapura dari meeting point dan berakhir di pasar terapung Lok baintan untuk melihat kearifan lokal Kalsel yang harus dijaga. 
  2. Mengunjungi pusat kerajinan khas Banjar yaitu pusat kerajinan sasirangan Diyang kinjut dan pusat kerajinan purun Al-firdaus sebagai industri kreatif yang menjadi bagian dari revolusi mental
  3. Gathering Bermedia sosial di Amanah Borneo Park sekaligus edukasi cara positif bersosial media. 
Susur sungai Martapura

Belajar anyaman purun

Alat tumbuk purun sebelum
Di anyam jadi kerajinan

Untuk memuluskan rencana ini, Kemenko PMK mengambil inisiatif mengajak rekan-rekan milenial yang berkecimpung di bidang media sosial seperti dari Blogger, Youtuber, Pramuka, Purna Paskibraka, GenRe, Relawan TIK dan Komunitas lain, untuk bisa menjadi duta bermedia sosial dengan menggunakan media sosial yang positif.

Aku sendiri, saat itu hadir sebagai perwakilan blogger dalam hal ini yang mendapat kehormatan hadir disana adalah Komunitas Blogger Crony (Blogger Crony Community). Dan member blogger crony yang domisili di Kalsel dan berkesempatan ikut di acara tersebut ada 2 orang. Jadilah Aku berangkat bersama Rima melaty (www.rima-angel.com)

Aku dan Rima
Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial, dan Jati Diri Bangsa Kemenko PMK Haswan Yunas mengatakan Data terakhir tahun 2019, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 150 juta orang, dan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pulau Kalimantan menjadi penyumbang terbesar ketiga dalam jumlah pengguna internet tersebut. Dengan pertimbangan itulah maka Kalimantan Selatan dipilih sebagai salah satu lokasi Gathering positif bersosial media.
“Saya berharap media sosial kita akan dipenuhi oleh semangat optimisme dalam menyongsong masa depan. Para peserta yang telah menjadi agen perubahan saat ini harus secara berkelanjutanberperan dalam lingkungan sosialnya masing-masing.” Haswan Yunas. 

Acara ini tentu saja tak lengkap tanpa sambutan dari tuan rumah yaitu kota Banjarbaru dalam hal ini di wakili oleh Wakil Walikota Banjarbaru; Darmawan Jaya mengatakan bahwa kegiatan Gathering Positif Bermedia Sosial kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat tepat melihat pertumbuhan penggunan media sosial di Indonesia khususnya di Banjarbaru meningkat tajam. Telah banyak sekali perubahan positif terjadi dalam sistim perekonomian di Banjarbaru berkat dukungan sosial media. Menurut Darmawan, media sosial menjadi alat promosi yang tepat bagi perkembangan perekonomian kreatif di Banjarbaru.
“Kami berharap generasi muda bisa turut serta proaktif dan konsisten dalam menyebarkan konten-konten positif dan  membangun melalui media sosial.“ Darmawan Jaya - Wakil Walikota Banjarbaru. 

Selanjutnya para peserta mendapatkan edukasi lengkap tentang wujud nyata dari aksi Revolusi Mental dari Ahmad Rumadi, Perwakilan Gugus Tugas Nasional Revolusi Mental; materi tentang konten-konten positif yang dapat menjadi viral oleh Bobi Herianto Tarigan, perwakilan Cameo Project dan Valdryano, perwakilan Facebook; serta paparan lengkap mengenai perkembangan Industri Kreatif di Banjarbari oleh Lesa Fahriana dari Rumah Kreatif Humaira Kanaya yang mengungkapkan begitu banyak perubahan yang terjadi dengan aksi revolusi mental dan positif bersosial media.

4 pembicara yang memberikan ilmu

Hastag utama dalam acara ini adalah #AyoBerubahKALSEL, harapannya tentu saja ke depannya seluruh peserta dapat menebarkan awabah positif bersosial media di masyarakat lalu melanjutkan usaha rintisan ini dengan memberikan perubahan pada masyarakat terutama dalam lingkup lingkungannya sendiri. contohnya adalah perubahan pada gaya hidup, seperti mengurangi pemakaian plastik, tidak membuang sampah di sungai yang merupakan salah satu transportasi utama di Banjarmasin, membuat konten bermutu dan edukatif untuk di posting di sosial media, dan contoh lainnya. Lalu ke depannya hal-hal baik ini bisa menular ke daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Oke, sekian dulu reportase aku kali ini. sampai ketemu di event berikutnya.
Foto-foto lengkap acara ini ada di Instagram dan medsos saya yang lainnya ya. Bye..

14 comments :

  1. Duh pingin banget ikut susur sungai Martapura. Semoga gatheringnya membawa manfaat positif ya untuk semua peserta

    ReplyDelete
  2. kapan ya bisa nganyam lagi, aku jadi ingat nenek. Dulu aku sempat diajarin nganyam ama nenek, tapi ga pernah dipraktekin hehehee

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen belajar anyaman purun-nya, Kak. Salut dengan mereka yang masih telaten menganyam. Semoga tetap lestari.

    ReplyDelete
  4. Indonesia kaya sekali akan wisata alam dan wisata budaya. Hal hal semacam ini memang baik sekali diviralkan sebagai konten medsos yang positif. Juga penting untuk bisa saling mengenal antar budaya dan antar daerah. Masih banyak kekayaan alam dan kebudayaan yang belum terekspos. Jadi masih kurang kenal antar daerah. Padahal tak kenal maka tak sayang.

    ReplyDelete
  5. Acara gatheringnya bagus dan mengajak untuk melakukan hal positif. Semoga perekonomian di Kalimantan Selatan semakin berkembang dengan penggunaan media sosial!

    ReplyDelete
  6. gatheringnya menarik euy. iya, aku setuju media sosial kalau dikelola dengan baik dan dipenuhi konten positif pasti akan memiliki banyak efek positif. tetap boleh memberikan kritikan dan masukan tentunya ya.

    ReplyDelete
  7. Nyenengin banget nggak cuma seminar ala-ala ya, ada susur sungainya juga dan melihat potensi ekonomi kreatif melalui media sosial. Hayuk ah, terus bersuara di medsos dengan positif :)

    ReplyDelete
  8. Kearifan lokal memang harus selalu dikenalkan ke setiap generasi, agar yang muda tidak lupa, dan yang tua selalu mengingat. Jadi terus berlanjut sampai seterusnya.

    ReplyDelete
  9. Aku sih pengen Belajar anyaman purun, kayaknya menarik untuk ditirunya.
    Selain belajar, hasilnya pun bisa dijual menjadi kerajinan tangan ciri khas daerah tersebut.

    ReplyDelete
  10. Semoga setelah event ini, kesadaran bermedia sosial secara positif diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari, seperti tidak menyebar hoax, berkomentar dengan santun, dan memosting hal-hal yang etis serta inspiratif yg wajar.

    ReplyDelete
  11. Pengin main ke pusat kerajinannya deh ih, belajar anyam2an lagi kayak zaman dulu. Seruuuu!

    ReplyDelete
  12. Kegiatan yang sangat bagus supaya kita melek bersocial, lokasinya pun enak buat gathering gitu ya mba. Jadi pinvin merasakan gatherinh seperti itu.

    ReplyDelete
  13. Wah keren mbak bisa mewakili blogger di acara kyk gtu.
    Seneng juga krn acaranya jg memperkenalkan kearifan lokal gtu ya?
    Materinya jg bagus ttg positif bermedia. Masih banyak hal2 bagus utk dibikin konten slaah satunya ttg budaya, jd gak bikin konten ecek2 hanya demi nambah subscriber atau follower kyk yg lg viral asin2 kmrn itu #ehkomennyadisambung2in haha ^_^v

    ReplyDelete
  14. Bagus acaranya mbak. Ada susur sungainya segala. Semoga lekas ada di Jepara.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..