Traveling Singapura Ke Batam Naik Kapal Penyebrangan

Trip Singapura - Batam

Bukit Welcome To Batam (WTB)

Assalamualaikum,
Tempo hari ketika saya berkesempatan ke Singapura, saya memang meniatkan banget mau ke Batam. Kalau biasanya orang dari Batam ke Singapura untuk menghemat budget, saya malah dari Singapura ke Batam. Horang kaya mah bebas yak. Hehehe.. Aamiin (minta banget di aamiin-kan). Oke, yuk baca dulu pengalaman pribadi saya traveling ke Batam

Ini karena sejak awal tahun 2019 tiket domestik mendadak melambung tinggi. Jadi tujuan domestik akan lebih mahal ketimbang tujuan Singapura. Jadi, saya pikir, kalau secara khusus ke Batam rasanya pasti berat apalagi gak ada keluarga dekat disana yang harus banget di kunjungi. Kapan lagi ke Batam kalau bukan sekarang ini.

Jauh-jauh hari saya sudah mengontak Mbak Lina Sasmita. Blogger Batam yang hits banget eksistensinya sebagai travel blogger. Rasanya seneng banget kalo bisa jumpa beliau. Karena kami uda tiga tahun terakhir berada di group WA yang sama dan lumayan akrab di dunia maya. Gayung bersambut, Mbak Lina mau jadi guide sekaligus katanya mau traktir aku makan sup ikan paling enak se-google raya.

Loh kok? Iya, karena kata beliau sup ikan yang satu ini kalo di ketik di google, dia bakal langsung nongol di page one google. Seneng banget ga sabar mau ke Batam. Apalagi beliau bilang, ke Batam itu harga tiketnya kisaran 350K PP, jadi saya uda niat banget mau traktir suami nyebrang ke Batam karena berdua kan cuma 700K.

Hari yang dinanti pun tiba. Kapal ke Batam sebenarnya sudah jalan sejak pukul 06.00 pagi dan ada setiap jam. Namun karena kami mau liat mall batam juga, jadi Mbak Lina menyuruh kami naik kapal pukul 09.00 saja supaya tiba di Batam pukul 10.00 semua pusat pertokoan sudah buka. Meski gak niat belanja, kami juga mau liat-liat kan.

Sebelum baca ringkasan perjalanan saya. Saya mau ingetin untuk jangan lupa bawa pasport kemana-mana ya. Ini dia step-step ke Batam.

1. Menuju pelabuhan (Harbourfront)
Tinggal naik MRT menuju pelabuhan Harbourfront. Jika kalian mau ke Sentosa Island, ke Universal, dsb. MRT-nya sama kok ke Harbourfront. Jadi hari itu kami memang menyatukan perjalanan sekalian ke Sentosa dan Batam di hari yang sama.

Mencari tempat pembelian tiket ke Batam
2. Menuju ke tempat pembelian tiket
Seperti pesawat juga, ada banyak kapal ferry penyebrangan. Pilih saja yang jamnya paling sesuai dengan waktu keberangkatan dan kepulangan. Bisa juga pilih berdasarkan harga yang paling murah. Jangan lupa, seperti pesawat, mereka juga ada jatah kuota penuhnya. Ketika membeli tiket PP pastikan dulu jam kepulangannya tersedia seat-nya. Apalagi jika weekend. Pastikan juga dimana kapal akan berlabuh. Karena pelabuhan Batam itu gak cuma satu. Kami menuju pelabuhan Batam Center-Mega mall seperti yang di arahkan Mbak Lina.

Banyak loket penjualan tiket ke Batam
Pilih yang sesuai tujuan

Tujuan pelabuhan di Batam untuk Internasional ada 3 tergantung kita mau jalan kemana di Batam. Jadi jangan sampai salah tujuan:
1. Pelabuhan Batam Center
2. Pelabuhan Harbourbay, Batu Ampar
3. Pelabuhan Sekupang

Jika kalian ingin ke Batam center, Nagoya, Mega mall, dataran engku putri, MJA tower dan berbagai spot iconic Batam, tentu saja kalian pilih tujuan ke Batam Center ya.

Ternyata, kami salah prediksi. Harga yang di infokan mbak lina untuk PP batam ternyata adalah harga dari Batam. Berbeda dengan harga PP dari Singapura. Dari Singapura ke Batam, harganya PP sebesar SGD 49.00 yaitu sekitar 500K untuk naik Kapal Majestic (beda kapal beda harga tapi masih sekitaran itu harganya). Karena berdua, kami spent sekitar 1 juta rupiah. Biaya ini di luar prediksi budget, tapi terlanjut basah, mari bertualang. Nekat tetep berangkat donk, apalagi mbak lina sudah menanti di Batam. Jadi reminder banget, harga tiket kapal ferry tidak sama dari Batam dan dari Singapura. Meski rutenya sama. Entah mungkin terkait pajak, dll.

Majestic fast ferry ticket, 2 way SGP-BTM
SGD 49.00

3. Pemerikasaan Imigrasi
Seperti pesawat juga, semua penumpang bebas bawa barang. Ada koper besar kecil, tapi tidak ada bagasi titip melainkan bawa langsung naik ke kapal. Ada tempat khusus area koper. Dan tetep melewati imigrasi sebelum berangkat. Di area imigrasi banyak tertera larangan no picture. Alias jangan coba-coba foto. Bahkan mau mencet WA pun, ga boleh karena petugas mencegah orang ambil gambar.

Siapkan pasport dan boarding pass

Pastikan kalian punya tujuan di Batam, ketika di imigrasi saya ditanya mau kemana. Saya cuma jawab mau jalan-jalan aja. Karena saya memang gatau mau di ajak jalan kemana saja sama Mbak Lina. Pas di tanya jalan kemana, saya jawab aja mengunjungi teman. Ditanya juga, rumah temannya dimana. Alhamdulillah saya sudah siap pertanyaan itu, karena saya sudah tanya rumah Mbak Lina dimana. Meskipun saya gak main ke rumah beliau, setidaknya alamat Mbak Lina bikin saya mudah di imigrasi. Jadi yang mau ke Batam, ada baiknya punya daftar tujuan meski hanya sekedar jalan-jalan.

4. Naik ke Kapal
Setelah melewati imigrasi langsung deh naik kapal penyebrangan. Disana duduknya bebas, gak pakai nomer kursi. Cari aja yang pinggir dekat jendela. Bagus viewnya. Kapal ini biasanya ontime. Jadi prediksikan lebih teliti kapan mau masuk imigrasi. Apalagi kalau weekend imigrasi antri banget baik orang Indonesia yang kerja di SG lagi mudik atau turis yang cuma jalan doank seperti saya.

5. Perjalanan
Waktu tempuh kapal ini satu jam. Cukuplah buat tidur dulu selama di kapal. Tapi saya ga bisa tidur, terlalu excited melihat perjalanan. Ambil foto yang banyak. Di Singapore, bisa ambil foto sekitar harbourfront yang lautnya bersih, dan pemandangan cable car sentosa island dari kejauhan.

Harbourfront and Cable car above us

Sibuknya pelabuhan Singapura di pagi hari
Dari kejauhan

Meski naik kapal, suasana cukup nyaman kok. Meski tidak se-silent pesawat, cukup berisik juga. Tapi tidak ada musik dangdut seprti di ferry penyeberangan Indonesia pada umumnya. Dan tidak ada yang jualan. Jadi pastikan kalian bawa bekal kemana-mana setidaknya air mineral.

Suasananya dalam ferry sangat nyaman
Cuma panas matahari aja dari kaca 😂

6. Tiba di Batam
Lagi-lagi harus melewati imigrasi yang antriannya cukup panjang karena saya kesana pas hari minggu. Jadi banyak turis dan orang mudik ke Batam. Tapi yang bikin senang itu, baik di pelabuhan Batam ataupun Singapura, semua berada di mall. Jadi di Batam pun begitu tiba kita langsung terkoneksi ke Mega mall Batam.

Welcome to Batam Center

7. Check in tiket balik
Setelah melewati imigrasi, bebas deh mau kemana jalannya. Tapi sebelum meninggalkan pelabuhan ada baiknya langsung booking jam balik, apalagi kalau weekend orang-orang sudah pada check-in lebih awal supaya dapat seat. Ketika saya check in saja sudah banyak jam perjalanan yang full.

Langsung aja menuju loket di jenis kapal yang sama buat reservasi pulang ke Singapore. Sebelumnya check dulu, jam berapa aja kapal yang tersedia untuk kembali ke Singapura. Lalu sampaikan ke petugas, bahwa akan membooking tiket pulang jam segitu. Biasanya akan di minta tiket awal berangkat tadi buat menunjukkan bahwa kita bener penumpang dengan tiket two way (PP)

8. Kembali ke Singapore
Kembali ke Singapura menggunakan step yang sama ya. Dari antri imigrasi, pemeriksaan tiket kemudian perjalanan kembali ke Harbourfront.

Pelabuhan itu sudah langsung terkoneksi dengan Vivo city mall. Kalian tinggal tanya ke petugas, kemana arah kalo mau ke Sentosa island. Petugas akan bertanya, kalian mau ke Sentosa naik apa? Naik express, atau bis, atau walking? Karena saat itu saya memilih jalan kaki saja (hemat, beb) beliau pun menunjuk ke satu arah, dan saya langsung menuju ke Sentosa.

Sentosa Boardwalk

Nah, semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman yang mau jalan dari Singapore ke batam. Karena deket, sempetin aja ke Batam jika sedang main ke Singapura. Banyak tempat menarik yanh bisa di jejak meski hanya 3 jam di Batam. Saya akan tulis di post terpisah, See ya

Term and Condition of Carriage Singapore - Batam

1. Must ensure that the passport is valid for at least 6 months travel, and meet immigration requirements.
  2. Ticket Sold id not refundable
  3. The company shall not be liable for any loss, personal injury, or damage for any personal effect and luggage.
  4. Chargable fee for cancellation/amendment
  5. Check in at the pre-imm gate 45 minutes before departure time
  6. By purchasing ticket, you agree to be bound by the terms and conditions of Ferry.

23 comments

1. Horrangg kayyaahh hehehe.. eh tapi memang di batam terkenal sop ikan nya, di gancy juga ada sih toko sop ikan batam, dan rasanya ga jauh beda dengan di batam

ReplyDelete
  2. Seru dan bermanfaat banget bagi yang pengen melakukan perjalanan dari Singapura ke Batam.. Duh, jadi pengen ikutan melancong. Batam tu surganya belanja juga ya. Keingat ada teman jualan tas online Katanya ambilnya dari Batam... Tfs mb. Ditunggu cerita perjalanan ke objek wisata di Batamnya...

3. Hahaha horang kayah mah bebas ya mbak,yang lain yebrang dari batam ke Singapura tapi mba sebaliknya, tapi harga tiket domestik memang lebih mahal ya mbak daripada ke Singapura, di tunggu ceritanya tentanh sop ikan ya mbak

4. pemandangan lautnya pasti menantang ya mba kalau naik kapal..

ReplyDelete
  5. Horang kayahh mah bebas ya mbak, pp Singapore-Batam udah kayak Jakarta-Bogor via KRL ��. Btw sop ikan batam memang juara banget, nggak cuma ikan sih semua olahan seafoodnya enak dan nggak amis. Tahun lalu aku ke Batam, tiap hari makan seafood dan teh tarik di Morning Bakery.

6. Lahh iya biasanya mah sering baca cerita orang ke Singapura lewat Batam ya, ini malah dari ke Batam lewat Singapura, hehehe. TOP banget deh, emang sekalian ya biar bisa menjelajah kemana-mana.

7. Wah senengnya yang jalan-jalan. Doakan ya Mba semoga bisa juga segera ke singapura. Sekarang harga tiket jadi lebih murah ke luar negeri daripda ke dalam negeri ya hihihi. Jadi orang-orang kayaknya lebih seneng jalan-jalan ke luar jadinya. Ngomong-ngomong soal bat juga aku belum pernah ke sana hihihi. Pengen jalan-jalan juga ke sana

ReplyDelete
  8. Saya belum pernah nih ke Singapore, padahal deket yaaa kalau dari Jakarta. Tiketnya bahkan sering lebih murah dibandingkan dengan tiket domestik. Doain ya mbaaa biar kapan2 saya bisa ajak anak2 main ke Singapore.

9. Wah, iya perjalanannya ternyata kebalikan dari yang biasa yaa dari Singapura ke Batam hi hi tapi jadi pengalaman seru juga ya mba naik ferry

10. Saya bantu mengaminkan mbak. Horang kaya...
    Akhir november 2018 kemarin saya ke batam. Ditawari tour ke singapura sama pihak hotel, per orang 700 rb. Berhubung belum punya paspor, jadi nggak bisa ikut deh

ReplyDelete
  11. Wiihh asiknya mba.. kepengen juga nih nyobain ke Batam dan Singapura.. btw jadi kangen naik kapal ferry. Terakhir waktu aku masih SD.

12. Wuih gaya, ke batamnya lewat singapura, hihihi... Menanti cerita tentang sup ikannya nih :D

13. Hahahahha kok aku salfok ke lagu dangdutan di kapal yaaa, jadi inget waktu perjalanan pake kapal ke selayar, ada yg karaoke dan ganggu banget semua yg ada di kapal hahah :D karena tulisan ini aku jadi kepikiran ke batam naik kapal, tapi masih bingung ngapain aja di batam, semoga mba nulis pengalaman jalan2 di batam biar aku tercerahkan :D

ReplyDelete
  14. Horang kaya lagi jalan-jalan, nih. Aamiin.
    Kalau weekend padat banget ya penyeberangan. Teriam kasih banget infonya kalau habis turus kapal langsung check in buat kapal pulang. Kalau sampai kehabisan seat bisa manyun nih nggak ada persiapan menginap.

15. Belom pernah nie aku naik kapal feri kayak gini.. Seru banget ya pastinya dan berkesan banget...

ReplyDelete
  16. Waah seru juga ya mba ke Singapore via Batam. Udah lama nggak naik kapal laut nih. Mau ah nanti aku agendakan, biar bisa rasain sensasi naik kapal ferry, cek imigrasi di pelabuhan hihi

17. Aamiin. Batam terkenal sup ikannya ya . Jd pengen ke singapura via batam nih

18. wah kalo aku kebalikan ... ke Batam pas ada tugas kantor, naik ferry utk mampir ke spore.

walo sup ikan batam sudah banyak buka cabang di Jakarta, tetap aja paling enak makan di tempat aslinya yang di Batam.

ReplyDelete
  19. Aku belum pernah dari batam ke singapura. Biasane langsung. Dulu pernah pengen tapi malah g jadiii naik karena mager. Tapi seru juga kali ya pp sing batam kayak mak ruli sesekali nyobain

20. I have tried it before but it’s been a long time so it’s good to try traveling around again pretty soon I guess. I tried it from Batam as well

21. Lalu...
    Foto-foto sama kak Lina gak, kak Ruli?
    Serunya menikmati perjalanan bersama suami ke Batam.
    Dan naik kapal, bener-bener seruu..

ReplyDelete
  22. Wah Biasany tuh travel dr Indo ke luar negeri, ini malah sebaliknya yah 😊 kapan yH Q Bis traveling kayak gitu juga 😊

23. Huaaaa aku jadi penasaran sama sup ikannya itu, Mak. Jadi pengen juga maen ke Batam, nih

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..