Cara Mencari dan Memilih Hotel Di Singapura

Tips memilih hotel Di Singapura

Assalamualaikum, 
Dengan akomodasi yang serba mahal di Singapura karena menggunakan mata uang dollar. Tentu saja kita gak mau donk kalau salah memilih penginapannya. Meski hanya untuk tidur saja, maunya tidurnya juga enak kan. Gak asal naroh badan. 

Tai Hoe Hotel-Singapura
Dok. Pribadi

Perjalanan saya ke Singapura beberapa waktu lalu memang cukup berkesan. Salah satunya adalah karena saya merasa telah memilih hotel yang tepat (menurut saya) karena memenuhi semua harapan saya. Dari kenyamanan hotelnya, strategisnya, harga, lingkungan, termasuk juga pelayanan petugasnya. 

Jadi saya mau sharing aja, dulu proses pemilihannya bagaimana hingga akhirnya saya memilih hotel tersebut. 

Ketika disana, saya menginap di Tai hoe hotel. Dan saya berikan cap recomended untuk hotel ini. Review hotelnya sendiri akan saya post terpisah ya di blog lainnya. Sekarang saya share tips memilihnya saja. 

1. Hotel atau Hostel
Paling utama adalah menentukan mau hotel atau hostel. Itu akan sangat menentukan harga dsb. Kalau saya, kalau sendiri dengan budget terbatas, ada banyak sekali hostel atau hotel kapsul yang hanya memuat single bed. Harganya tentu lebih murah. Karena saya berdua suami, daripada memesan 2 kapsul (bentuk tempat tidurnya memang seperti kapsul/pod) harganya sudah setara dengan kamar hotel. Tentu saya memilih hotel saja. Lagipula karena saya berhijab, kenyamanan privasi saya sangat penting. Jadi ketika mencari di situs booking online. Saya langsung mengetik hotel agar langsung di filter, yang hostel tidak masuk di pencarian. 

2. Tujuan ke Singapura
Mau kerja, belanja, atau jalan-jalan. Itu akan menentukan di daerah mana kita akan mencari lokasi hotel. Memang sih karena ada MRT kemana-mana tu dekat. Tapi ga mau juga kan kalo jauh-jauh amat dari keramaian, jauh nyari makanan halal, dll. Jadi, kedua adalah tentukan titik-titik hotel yang akan di hunting.

Sebagai muslim saya sarankan untuk nyari hotel di Arab street, Bugis, little India, ferrer park, atau kalau mau yang premium tentu di orchad, Bencolen. Di ferrer park dan bugis juga banyak hotel premium. Kalo horang kaya mah bebas yak, mau hotel mana aja. Hihihi.. Becanda ding, intinya buat muslim cari yang mudah dapat kuliner halal. Jadi di bagian filter pencarian tinggal tambahkan lokasi sekitar misalnya "bugis singapura" atau "little india singapura"
Baca juga : Standard Hotel Mewah

3. Tentukan rate sesuai kemampuan
Untuk yang under 500.000 rupiah, biasanya rata-rata sih hostel. Kalaupun ada skala hotel, mungkin lokasinya kurang strategis. Tapi karena saya juga menyesuaikan kemampuan, saya gak mau yang lebih dari 2.5juta untuk 3 malam. Jadi ketika hunting, langsung saya filter rate harganya maksimal di angka 900.000/malam. Nah dengan filter kaya gini, lebih mudah lagi sortir nya. 

4. Review Hotel
Setelah pencarian di filter berdasar lokasi, hotel/hostel, dan harga, saya menghabiskan waktu lebih dari seminggu untuk detail membaca review hotel dari para pengguna situs booking juga baca dari tripadvisor. Sedetil itu? Iya saya bener-bener gak mau spend money untuk sesuatu yang tidak nyaman. Saya fokus baca yang bintangnya rendah. Kira-kira saya bakal menerima gak kekurangan hotel tsb. Biasanya dari situ, saya sudah mulai ada bayangan hotel mana saja yang bikin saya nyaman. 

5. Fasilitas
Bagian fasilitas apa yang mesti di notice? Kalau buat saya untuk hotel misal kita milih tarif terendah. Harus teliti juga. Karena bisa juga dalam 1 hotel itu, yang murah tidurnya kaya hostel, yang mahal baru dapat kamar privat. Saya buatin list yang harus di cek

  1. Kamar mandi private/bersama? Buat perempuan ini penting banget, yang punya anak-anak apalagi. 
  2. AC private atau central? Biasanya yang central itu sangat dingin, dan kita ga bisa protes ngatur suhu. Better yang AC-nya punya remote sendiri
  3. Pake deposit atau engga? Saya cukup kecolongan juga, pas pesen hotel tai hoe saya gak tau kalo harus deposit $20, dan mereka minta tunjukin kartu kredit. Syukurnya akhirnya mereka menerima kartu debit saya karena uda pake chip dan berlogo Visa. 
  4. Resepsionis 24 jam? Bahaya kalo tiba-tiba kita delay atau datang di jam-jam tidak wajar terus resepsionis baru tersedia di jam kerja. Kan repot yak. Cuma rata-rata sih ready 24 jam
  5. Pakai tangga atau lift? Penting ini, karena banyak review saya baca, saat mereka lelah harus naik tangga lagi 2-3 lantai karena hotelnya gak punya lift. Kalo kalian siap, ayok aja. Tapi kalau itu memberatkan, pilihlah yang punya lift. 
  6. Bisa titip koper/tidak? Ini penting banget loh. Banyak yang sudah waktunya cekout tapi jam terbang masih lama, koper bisa titip di hotel. Atau tiba terlalu awal sementara belum waktunya check in terus mau jalan dulu, pastinya penting banget kan titip koper. 
  7. Air mineral dan toiletries? Air mineral di Singapura mahal loh, dan hotel saya menginap selalu supply air mineral 2 botol tiap pagi, 2 sachet kopi dan 2 sachet teh tarik. Dispenser tersedia di depan kamar. Penting banget kalo kita mau bikin pop mie, gaes 😂😂
  8. Jendela? Ada banyak kamar hotel murah yang tanpa jendela. Saya pribadi tipe orang yang parno akan kebakaran dan berbagai musibah, saya juga takut berada dalam ruang beton tanpa jendela. Buat saya pribadi, hotel dengan jendela itu penting banget. 
Banyak kan fasilitas yang harus di cek. Ini adalah cek versi perempuan atau yang membawa anak-anak. Kalau versi laki-laki atau single, mungkin poin di atas banyak di abaikan. 

6. Red district
Banyak negara memiliki kawasan "dewasa" dimana prostitusi di legalkan. Jadi memilih hotel jangan asal murah dan dekat MRT. Tapi hindari juga daerah red district. Untuk di Singapura, hindari memesan hotel di geylang. Berapa pun nomor lorongnya di geylang, jika anda ingin piknik tanpa neko-neko. Better hindari hunting di red district karena mereka yang disana biasanya cukup agresif menarik tamu yang seliweran meski cuma menumpanh di hotel sekitaran. 

Hindari juga hotel-hotel yang bersebelahan dengan club malam/pub. Biasanya kalau tidak di sebut oleh pihak travel online, bisa di sebut oleh orang yang review. Misal di review ada yang menulis "berisik banget sebelahan sama pub" nah buat saya itu masalah. Karena itu penting banget baca review tamu terdahulu dari hotel tersebut. 

7. Makanan halal
Seperti yang saya katakan di point 2. Selain tujuan ke Singapura mau kemana saja, tentu faktor mencari makanan itu penting. Untuk muslim better ke daerah yang sudah saya sebut di poin 2. Untuk non muslim mungkin bisa lebih leluasa, misalnya ke chinatown, promenade, clarke quay, banyak makanan disana yang buka hingga tengah malam. Untuk yang muslim biasanya mudah juga jika berpatok pada mesjid, di sekitar mesjid biasanya banyak resto halal. 

Halal restaurant dekat Mesjid Sulthan
Dok. Pribadi

Fast food? Banyak di mall, cuma harganya kalo buat saya lebih murah makan di streetfood atau resto pinggir jalan. Jadi saya gak banyak makaj fast food selama disana. Justru saya lelah makan curry India karena saya menginap di ferrer park (sewilayah dengan little india) 

8. Mass transport
Meskipun Singapura itu kecil dan kemana-mana deket. Transportasinya juga bebas macet. Tapi ada kalanya kita sangat lelah dan sangat rindu kasur. Pasti maunya mencari hotel yang tidak jauh dari tempat kita turun dari bis/MRT. Maka di kolom filter pencarian, bisa di filter yang dekat MRT. 

Nah, banyak dan ribet? Iya saya sedetil itu sih. Ini memang pengalaman pertama saya pesan hotel di Singapura. Tapi karena pilihan saya memuaskan dan saya akan balik kesini lagi, maka saya percaya, jika nanti saya kesini lagi, hotel pilihan saya akan aman untuk anak-anak saya. 

Semoga informasi saya bermanfaat. Jika mau menambahkan poin lain yang belum saya sebut, silakan komen ya. 

20 comments :

  1. belum pernah kelua negri kaaakk... seru kali ya melihat sesuatu yang baru di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga di mudahkan dan di segerakan.. Aamiin

      Delete
  2. Aaaa... singapura. Jadi kangeeen...

    Tipsnya bagus banget, mbak. Dijelaskan proses berpikir dalam milihnya, jadi orang lain bisa ikut belajar menimbang2 opsi yang bisa dipilih... :D

    Tambahan mbak: Untuk tipe orang yg makannya "rewel" (milih2, suka nggak cocok dengan makanan yang rasanya asing) mending cari hotel/hostel yang agak dekat dengan mall. Soalnya makanan halal, makanan Indonesi atau makanan Padang di sana tetep beda jauh rasanya dengan di sini (menurut saya sih)

    Klo saya dulu nginep di daerah Jalan Besar (deket Little India). Karena nyobain makanannya nggak cocok dengan lidah saya, akhirnya saya tiap hari harus ke Bugis Junction untuk makan. Untung nggak jauh2 amat, cuma 10 menit jalan kaki
    Gak kebayang klo saya & suami dulu nginepnya di tempat yg agak jauhan. Pasti gempor tiap hari wkwkkwkwkwkkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener banget, suamiku disana beli nasi padang komen pertamanya langsung "apa ini?" saking anehnya nasi padang di singapore. di Kuala lumpur juga aneh nasi padangnya. yg autektik memang hanya di Indonesia ya

      Delete
  3. Makasih Tipsnya Kak ... soalnya pernah kesasar nginep di Red district, hehehe. Ini beneran menakutkan, masa pas masuk lift hotel, di lift pun pada bermesraan, haha

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tips nya, mba.
    Aku terakhir ke Singapura itu tahun kemarin.
    Tpi menurutku yg terpenting harga hotel + fasilitasnya, review dari penghuni lainnya bagaimana dan cari makanan yang halal.

    Jadi kangen suasana di singapura. :) :) :)

    ReplyDelete
  5. Singapura, selalu tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan negara yang ingin dikunjungin saat duduk di bangku MTs hheee
    Jadi nggk boleh sembarangan kalau mau pilah-pilih staycation di Singapura ya mbak, ngeri juga kalau kesasar di red distrik. uwuu
    Detil banget mbak informasinya, makasih banyak yah untuk artikelnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  6. Duh aku blm kesampean ke negri crazy rich asian. Wah ini tipsnya pas bgt buat aku yg blm punya bayangan ttg SGP, terutama soal makanan dan transportasi .
    Hrus aktifkan filter2 bnyak nih ,biar enak punya patokan tempat yg strategis dan ramh bagi muslim

    ReplyDelete
  7. Iyaya...kepikiran kalau backpacker, gak masalah gitu mau naro badan di mana...
    Jadi kepikiran kalo deket pub.
    Iiih...kalo belum pernah ke Spore, ini bisa jadi panduan banget niih...

    Haturnuhun, kak Ruli.

    ReplyDelete
  8. Iya..donk sebelum berangkat..harus lihat budget dulu..

    Jadi bisa milih nginap di hotel atau hostel mana..kita dapat menentukan rate sejak awal..

    ReplyDelete
  9. Aku blm pernah ke singapur, baru tahu ada beberaoa nama jalan yang identik ama sebuah bangsa, aku bookmark siapa tahuvnanti ke singapur

    ReplyDelete
  10. Tipsnya sangat bermanfaat,terimakasih banyak :)

    target lokasi menginap saya harus ada di kawasan halal, bukan di wilayah red district seperti yang ditulis di atas, akses transportasi mudah, dan toiletnya bersih. Duh, banyak amat maunya ya..hahaha

    ReplyDelete
  11. Wah hotel di singapura emang tricky banget milihnya. Mau yg bagus bisa2 harganya selangit.. untung ya mba skarang ada banyak cara biar bisa dapat hotel murah

    ReplyDelete
  12. Disingapura ternyata ada berbagai hotal dan hostel murah dan sesuai dengan budget ada ya under 500k juga ada ajib juga nih tapi ternyata baru tau ada juga ya hostel yg sangat direkomendasi gitu.
    .

    ReplyDelete
  13. kalau aku sih pasti yang gampang diakses dan berada didekat atraksi wisata dan MRT jadi gampang buat kemana mana. Kendalanya ya biasanya pasti mahal hehehe. Tapi ya namanya singapura, semua pricey hehehehe

    ReplyDelete
  14. yang dekat MRT hihihi.. gitu dulu kriteria pertama saya :D

    ReplyDelete
  15. Kayaknya kalau saya pertama pilih berdasarkan harga, trus lokasi hehe krn pengaruh sama transport. Betul langsung terfilter deh itu sesuai kemampuan kantomg ya mbak :D

    ReplyDelete
  16. Makasih untuk tipsnya mbak ruli. Saya belum pernah nih ke SG dan tips ini membantu banget kalau suatj hari nanti ke SG

    ReplyDelete
  17. Mantap infonya,bdsk pengalaman pribadi, bnr jg bisa low budget asal direncanakan dgn baik. Jujur, sy penasaran dgn hotel kapsul di sana. Salam kenal, sy pengikut blog baru mba retno. Thx

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..