Inilah 5 Standar Hotel Mewah yang Menarik untuk Diketahui

Jika memiliki kesempatan, tentu saja Sekali saja dalam seumur hidup kita ingin mencoba untuk menginap di salah satu hotel mewah baik di negara sendiri maupun luar negeri. Deretan hotel yang dikenal mewah biasanya sudah punya label bintang lima bahkan ada yang lebih. 

Hotel Mewah 7* Di Dubai, Burj Al Arab
Sebut saja seperti hotel Burj Al Arab yang berada di Dubai. Hotel yang sangat mewah ini disebut-sebut sebagai satu-satunya hotel bintang tujuh di dunia, yang sudah tentu tarif sewa kamarnya fantastis mencapai belasan juta dalam semalam.

Kebayang gak hotel bintang 7 seperti apa? Jangan bayangkan 7* itu seperti brand obat sakit kepala ya. Hahaha.. Ini seriusan ngebahas soal hotel. Saya pribadi, paling mentok pernah bertandang ke hotel bintang 5 saja, paling sering ya ke hotel bintang 3 karena umumnya yang sesuai sama budget saya mentoknya di bintang 3. Buat saya itu sudah tergolong wow lah, sudah nyaman banget. Nah ketika ke hotel bintang 5, Saya hanya melihat jumlah bintangnya saja sudah kagum. Wah pasti mewah nih. Dan memang ketika di dalamnya terasa beda, meskipun ya sama-sama untuk tidur juga. 

Bagi saya yang tidak begitu mengenal seluk beluk hotel, tentu saja kita biasanya hanya mematok hotel berbintang sebagai standard kemewahan. Tapi ternyata, tak semua hotel berbintang bisa dikatakan sebagai hotel yang cukup mewah lho, sebab ada standar tersendiri yang secara umum musti dipenuhi. Misalnya dilihat dari segi fasilitas, dimana hotel yang cenderung mewah  pasti akan menyediakan fasilitas ini: 

1. Lokasi dan juga lingkungan sekitar

Hotel dikatakan mewah dan berbintang lima apabila berdiri di lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh para tamu. Akan nampak aneh dan tidak nyaman bagi tamu jika fasilitas lainnya mewah namun lokasinya sangat susah dijangkau. Kemudian lingkungan sekitar hotel pun memadahi dimulai dari bebas bising, debu, asap, binatang pengerat, bau tak enak, dan lain-lain.

Hotel mewah di Singapore

2. Memiliki taman di dalam maupun luar bangunan

Sebuah hotel tentu layak dikatakan mewah tak hanya menyediakan layanan yang baik dan profesional. Melainkan juga menyediakan sebuah hunian sementara yang cantik sekaligus sehat maka penting untuk menambahkan unsur taman. Menariknya standar umum hotel berbintang yang mewah adalah menyediakan taman baik di dalam maupun luar bangunan. Sehingga memiliki halaman luas yang digarap menjadi taman yang cantik sehingga menyediakan ruang hijau. Ditambah taman di area dalam bangunan sehingga menciptakan suasana alam.

Hotel dengan taman yang alami

3. Kamar maupun bangunan hotel

Standar hotel yang mewah juga tidak terlepas dari fasilitas kamar maupun bangunan hotel secara keseluruhan. Standar utamanya adalah minimal memiliki 100 kamar dan masing-masing memiliki luas minimal 26 m2 sedangkan untuk kamar suite minimal ada empat dengan luas minimal 52 m2. Fasilitas di dalam kamar pun perlu diperhitungkan dan minimal memiliki alat pengatur suhu ruangan, sehingga tamu yang menginap bisa merasakan suasana rumah di dalamnya. Umumnya hotel mewah pun akan mengisi kamar-kamarnya dengan perabot berkelas.


4. Mampu menyediakan area parkir bagi tamu

Tak hanya menyediakan bangunan yang indah dan fasilitas yang lengkap sebuah hotel yang mewah wajib menyediakan area parkir yang memadahi. Minimal pengelola hotel sudah memperhitungkan maksimal jumlah kendaraan yang masuk dihitung dari jumlah kamar yang tersedia. Tentunya perlu dihitung dengan cermat karena setiap hotel berbintang memiliki lounge yang bisa disewa untuk meeting maupun resepsi pernikahan, jadi area parkirnya pun haruslah luas. Sehingga memberi kenyamanan bagi para tamu dan puas dengan fasilitas yang disajikan. 


5. Tersedianya dining room mewah

Tamu hotel biasanya akan sangat menyukai fasilitas bar dan juga dining room yang tentu punya standar tersendiri untuk hotel super mewah. Khusus untuk dining room maka hotel yang bersangkutan minimal menyediakan tiga jenis masakan yakni dari Jepang, masakan China, dan juga masakan dari Eropa. Bar pun memiliki standar tersendiri untuk sebuah hotel yang bisa dikatakan mewah yakni selain luas juga punya fasilitas memadai. Paling wajib adalah tersedianya AC yang suhunya diatur di 24 derajat Celcius, kemudian luas area bartender pun minimal 1 meter.

Dining room mewah

Ketika standar ini dipenuhi sudah afdhol disebut hotel mewah. Anda dapat melihat referensi dari Travel Blog kepercayaan anda untuk menambah referensi anda. Karena segala informasi tidak cukup hanya dari katanya-katanya, melainkan harus di sertai referensi yang akurat juga. Ciyee, bahasanya uda seperti orang perhotelan yak.

Kalau saya bilang sih, ucapan itu doa. Meskipun misalnya saat ini kita bukan termasuk crazyrich dan belum berpeluang ke hotel mewah, kesempatan bertandang ke hotel mewah itu bukan cuma mimpi. Searching aja dulu yang akurat, cari referensi. Nanti kalau rejekinya sudah datang tinggal cuss aja ke Burj Al Arab atau ke hotel mewah lainnya. Aamiin.. 

20 comments :

  1. Sama mbak, akupun lebih sering di hotel bintang 3 yang terjangkau dg budgetku. Kalau lokasi sih banyak juga kok hotel bintang 5 yang malah mencari tempat yang nyempil2 kalau di Jogja dg konsep back to nature & private.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seakan2 mencari ciri khas nya tersendiri buat unggulan ya

      Delete
    2. Bisa juga gitu, Teh.
      Terkadang yang nyempil2 gitu hotelnya terlebih di Jogja unik2, dan bagus juga untuk di abadikan..he

      Delete
  2. Hotel mewah yg di Singapura itu gilak banget. Dijadiin lokasi syuting crazy rich asians

    Kalo aku sih suka hotel yang alami ya. Yang bau2 kayu atau yg daun2 atau pohon2
    Pokoknya yg suasan desa deh

    ReplyDelete
  3. Bintang tujuh tuh kaya apa? Aku masuk bintang lima aja pusing karena begitu luas, hahahha

    ReplyDelete
  4. Lihat fotonya aja, Burj Al Arab itu kesannya sudah mewah, glamour, anggun, ya gitu-gitu deh ya. Hehe.
    Kalau aku bisa nginep di situ, mungkin karena suatu keajaiban, entah dapet hadiah atau gimana. Hahaha.
    Seumur-umur juga baru sekali nginep di hotel bintang 5 aja :)

    ReplyDelete
  5. Amiin... iyes, setuju kalau ucapan itu adalah doa. Siapa tau tiba-tiba ada yang ngajakin ya...

    ReplyDelete
  6. semoga suatusat bisa jalan dengankeluarga ke hotel dengna standar seperti ini, aamiin. KAlau semua standar ini ada maka hotelnya pasti T O P

    ReplyDelete
  7. Aku nggak pernah ke hotel. Enakan tidur di rumah. Wkwk

    ReplyDelete
  8. semoga bisa menginap di hotel mewah Dubai dan Singapura. Aamiin. Bisa betah banget nih menginap di sana

    ReplyDelete
  9. Baru beberapa Kali ke hotel bintang 5 Dan hampir semuanya karena event blogger, atau menginap krn endorse.. atau karena acara kantor dulu hahahah kesian amat aku ya..

    Btw bintang 7 di Indonesia jg Ada mb.. Tapi Sayangnya dalam bentuk puyer

    ReplyDelete
  10. Hotel mewah berarti hotel bintang 4 ke atas ya mbak?
    Seringnya kalau nginep di hotel2 kyk gtu dibayarin hehe. Kalau yg bayar sendiri cari yg di bawahnya atau sewa apartemen hehe

    ReplyDelete
  11. Kukira hotel paling mewah itu ya bintang 5, ternyata ada yg lebih mewah lagi ya, bintang 7! Omo! 😱

    Aku juga barbaru tau nih, ternyata bintang 5 pun nggak serta-merta menjadikan hotel itu mewah ya. Ternyata masih banyak syarat yg harus dipenuhi. Nice info, Mba.

    ReplyDelete
  12. Hotel bintang 7!!!wuidihh.... Baru tau, dikira the higest itu bintang 5. Diriku juga paling mentok pernah bintang 2 *anaknya ga suka jalan2

    ReplyDelete
  13. Nahh ini mngkin trgntung lokasi travellingnya jg kali y mba.. Kdg melisa lbh suka hotel yg kekinian tp trjangkau.. Kaya di yats colony jogja atau resort2 kecil di bali yg hrganya masih msk budget hihi

    ReplyDelete
  14. Wow, hotel Burj itu keren banget viewnya. Aku juga pengen menginap disana. Benar juga sih yang penting kita cari referensi dulu ya, biar nanti kalau ada uangnya langsung nginap aja di hotel impian. Aamiin

    ReplyDelete
  15. Aku kayaknya mentok di bintang 3 deh selama ini nginap di hotel. Semoga suatu saat bisa nginap di hotel bintang 5

    ReplyDelete
  16. Duh habis baca ini rasa pengen liburan ke hotel hhe

    ReplyDelete
  17. Gila sih ini, keren-keren banget fasilitasnya tapi budget ku ga cukup lah mewah-mewahan begini hihi

    Kalo hotel dengan ada taman dan lain-lain mending nginep disana sekalian manfaatin fasilitas, jangan jalan keluar. wkwwkwk

    ReplyDelete
  18. Belum pernah ke hotel mewah pake banget hehehe. Ok, next time mau searching kali aja kesampean bisa nginep di hotel mewah bintang tujuh hehe.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio