Bukan hanya Rendang, Padang juga memiliki tempat wisata yang wajib dinikmati

Wisata populer di Padang
Padang Beach


Jika yang kalian tau tentang Padang hanya sebatas nasi padang, maka tingkat pengetahuan umum kalian mungkin sama ceteknya seperti saya. Bagi saya, enaknya rendang padang sudah 'menjamin' perut saya akan bahagia. Sampai ketika saya ke Bali pun yang dimakan nasi rendang, ya iyalah ketika mencari yang halal itu susah-susah gampang, nasi padang jadi satu solusi termudah.  Dan ketika ke kuala lumpur tetep yang dipesen nasi rendang juga, ya karena kita serumpun, masakan relatif sama.

Tapi entah kenapa rendang di Kuala lumpur itu menurut saya, beda dari rendang Indonesia. Meski sudah di limpahi lumuran kuah rendang, tapi rasanya kurang apa gitu. Kaya kurang nendang. Ah mungkin karena makannya gak bareng sama kamu, iya kamu, jadi serasa ada yang kurang. Eaaa.. Jadi kamu serasa penyedap rasa gitu? Pokoknya rendang padang versi Indonesia Andalas Saiyo, Sederhana, Sari Bundo, Ampera, tetap masih jawaranya.. 

Berkat rendang, Padang menjadi salah satu kota di Indonesia yang mendunia. Bahkan dinobatkan menjadi makanan paling enak no 1 di dunia. Tapi saya lupa itu hasil surveynya darimana, pokoknya setuju aja deh ya. Selain terkenal dengan rendang dan masakannya yang menggoyang lidah, tanah Minangkabau juga dikenal sebagai  wilayah dengan panorama alam yang menakjubkan. Bahkan Sumatra barat sendiri sudah memenangkan kompetisi WHTA 2016 dengan predikat juara 1 best halal destination 2016 yang digelar di Dubai. Sampai disini, pengetahuan saya soal Padang terlihat sudah meningkat signifikan ya. *KibasJilbab 

Tak heran jika sepanjang tahun 2017 lalu saja diperkirakan ada 7 juta wisatawan yang berlibur ke Padang. Nah tentu ini menjadi acuan yang menarik untuk meluangkan waktu liburannya untuk menjelajah Ibukota propinsi Sumatera barat tersebut. 

Setelah memperoleh tiket penerbangan pesawat salah satunya maskapai Sriwijaya Air , dan persiapan lainnya bisa disimak beberapa rekomendasi tempat wisata Padang yang bisa dikunjungi wisatawan saat berlibur ke sana. Berikut saya buat list singkatnya. 

Pantai Padang
Pantai Padang merupakan salah satu tempat wisata Padang yang tidak jauh dari pusat kota. Bagi warga lokal pantai ini memiliki nama Taplau (Tapi Lauik). Garis pantainya yang panjang dan ombaknya yang cukup tenanga membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berenang santai di tepian pantai. Pemandangan yang ditawarkan dari bibir Pantai Padang adalah lautan lepas dengan latar belakang perbukitan Gunung Padang di satu sisi lainnya. 

Saat hari Sabtu dan Minggu selain sangat ramai dikunjungi wisatawan biasa, terkadang Pantai Padang dijadikan sebagai area landing para pencinta olahraga paralayang. Wisatawan pun bisa menjajal wahana tersebut  dengan cara tendem juga bisa.

Baca juga : wisata menarik di Probolinggo

Pulau Sikuai
Seperti Jakarta yang punya kepulauan seribu. Disekitar laut Padang ternyata juga terdapat pulau kecil  yang tak kalah cantik, yaitu Pulau Sikuai.  Sejak tahun 1994 silam pulau kecil ini dipromosikan sebagai salah satu wisata bahari Indonesia. Memiliki panorama alam yang indah dan perairan yang jernih dan bersih membuat pulau ini cukup tersohor di kawasan Sumatera. Bahkan di pulau ini telah dibangun beberapa resort dan penginapan yang siap memanjakan wisatawan. 

Pulau Sikuai (gosumatra.com)

Rata-rata wisatawan yang berkunjung kesini melakukan snorkeling untuk menemukan surga dibawah laut. Dengan kekayaan bawah lautnya, Sikuai memang selalu memanjakan mata siapapun yang berlibur di tempat wisata yang satu ini.

Lembah Anai
Menyusuri Jalan antara Raya Padang dan Bukit tinggi, wisatawan akan menyaksikan salah satu keajaiban yang disuguhkan alam Padang. Lembah Anai, air terjun yang terletak persis di tepi jalan raya ini mampu mencuri perhatian siapapun yang melewatinya hingga sejenak ingin berhenti dan menikmati keindahan alamnya. 

Air terjun ini akan sangat menantang saat musim hujan tiba, saat di mana debit air melonjak naik dan percikannya bahkan bisa terasa di sisi jalan raya. Bahkan di akhir 2018 airnya sempat meluap hingga membuat jembatan kalu ambruk. Namun kejadian ini sama sekali tidak memudarkan eksotika lembah anai ini. 

Dari area air terjun setinggi 35 meter ini terlihat juga perbukitan hijau yang menjulang tinggi. Di sisi lainnya terdapat rangkaian rel kereta tua yang berkelok melintas di atas jalan raya, letaknya tak jauh dari air terjun Lembah Anai ini. Paduan panorama yang unik dan cantik.

Baca juga : madura, surganya para pecinta laut

Pantai Nirwana
Seperti namanya, Pantai Nirwana merupakan tempat wisata yang indah sekali dan sering jadi incaran para fotografer. Pantai ini menyajikan panorama alam berupa hamparan pasir putih bersih, ombak yang tenang, deretan kapal-kapal yang akan merapat ke Pelabuhan Teluk Bayur dan bebatuan koral saat ombak menyurut. Matahari senja bahkan membuat pemandangan di Pantai Nirwana ini makin menghanyutkan jiwa.  

Pulau Sirandah
Pulau ini merupakan salah satu tenpat wisata Padang yang hanya berjarak 60 km dari Bandara Minnagkabau. Sirandah dalam bahasa Minang berarti rendah, yang menandakan bahwa pesisir pantai yang mengelilingi Pulau Sirandah ini cukup rendah dan landai. Ombaknya yang tenang dan pasirnya yang lembut membuat kawasan pantai di pulau ini sangat nyaman dinikmati dengan cara berenang atau bermain air. 
Aktivitas yang sering dilakukan disini adalah  bersantai sambil berjemur atau trekking ke bukit yang ada di sisi lain pulau. Untuk pencinta diving, Pulau Sirandah akan jadi spot yang menarik untuk dijelajahi. 

Lubuk Paraku
Bila ingin menikmati pemandian alam, Lubuk Paraku adalah jawaban yang anda cari. Airnya yang jernih berwarna kebiruan dan airnya yang dingin dan segar menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Bisa dikatakan Lubuk Paraku ini mirip dengan kolam renang alami yang terletak di tengah lebatnya hutan. Beberapa wisatawan yang sudah tahu banyak yang  membawa pelampung untuk bersantai di atas permukaan air Lubuk Paraku sambil menikmati panorama alam yang terhampar. 

Lubuk Paraku (detiktravel) 

Wisatawan juga bisaa menatang nyali dengan melompat dari atas tebing di sisi pemandian. Aktivitas sederhana yang cukup membuat bahagia dan mungkin akan menghidupkan lagi kenangan masa kecil dulu saat sering bermain di kali.

Yes, itu tadi sekelumit tentang padang. Masih jadi wishlist saya sampai sekarang. Tapi sebagai motivasi nih ya, di Padang ni komplit banget untuk wisata. Wisata alam, dan wisata kuliner, dan all include dalam wisata halal. Mungkin ada pasangan halal yang berencana bulan madu kesana? 

8 comments :

  1. Tidak disangka padang punya destinasi wisata yang bagus ya mba ruli. Bertambah lagi nih informasi wisata ku, Soalnya paling senang wisata Alam gini ^^

    ReplyDelete
  2. Banyak ya ternyata tempat wisatanya. Tapi jarang ada yang tahu kayaknya. Krn yang menonjol makanannya.

    ReplyDelete
  3. Jatuh cinta sama lubuk paraku, biru banget, tenang, sejuk, asri. Jadi pingin nyemplung. Byuurrr

    ReplyDelete
  4. Ku mau rasanya kesana kaa . Cantik bgt ya allah. . Ga nyangka ada yg secantiks itu. Semoga ku bsa ksana aminn

    ReplyDelete
  5. Dan setelah nisa memahami betul betul ternyata nisa makan di warung padang tidak melihat nama toko nya, asalkan makan di warung padang hehehe.

    Malam malam gini, liat pantay serasa mau liburan sebulan sambil jelajah kuliner disana. Semoga tahun depan terwujud aamiin

    ReplyDelete
  6. Dulu ku tak tahu lo kalau padang punya pantai yang indah-indah. Tahunya cuma rumah gadang doang. He

    ReplyDelete
  7. Bagus-bagus tempat wisatanya. Kl dr banjarmasin ke padang transit ke jakarta dl kali lah

    ReplyDelete
  8. Wah ada ya tempat bagus kaya gini di Padang, aku taunya rendang aja. Next aku kunjungi tempat-tempat itu. Makasih udah berbagi informasi :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..