Mengupas 6 Tempat Wisata Menarik di Probolinggo

Pernah ke Probolinggo? Atau ada rencana mau kesana? Probolinggo dikenal sebagai kota santri. Salah satu kota besar di Jawa timur ini, meskipun tidak se-terkenal Bali, ternyata dia punya panorama alam yang sangat memikat loh. Bukan sekedar kota santri biasa.

Kota Probolinggo (probolinggo.org)

Mulai dari gunung sampai ke pantai, tersedia lengkap di kota ini. Jika kesana, kita tidak hanya bisa sekedar berwisata, tapi juga di manjakan dengan berbagai kegiatan menarik. Tidak lupa juga dengan kuliner khasnya yaitu Nasi Glepungan dan Soto Kecapan. 

Postingan Travel kali ini, saya mau menceritakan ulasan 6 Wisata Menarik di Probolinggo yang saya rangkum sbb:

1. Kebun Teh Andung Biru

Kita mulai dari yang berada di atas gunung, yaitu Kebun Teh Andung Biru yang terletak di Kecamatan Tiris. Lokasi kebun ini berada di ketinggian 912 mdpl yang tentu saja hawa disini sangat sejuk. Dari sana pula kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah di balik Gunung Argopuro.

Kebun teh Andung Biru (detik.com)
Yang namanya kebun teh, sudah pasti ada hamparan kebun teh yang luas. Kebun ini kurang lebih 300 hektar, luas banget kan. Di lokasi yang sama kita bisa juga memilih ingin melihat sunrise atau sunset. Tinggal pilih mana yang memungkinkan kita lihat. Kalo saya sih, lebih prefer melihat sunrise ya, lah ya serem juga liat sunset di kebun teh kan sudah malam. Eaaaa.. Penakut mode on.

Perjalanan kesana gak susah kok, dari pusat kecamatan Tiris itu jaraknya cuma 12 km. Lalu lanjut lagi 45 menit dengan medan naik turun dan berkelok yang lumayan melelahkan. Cuma, kelelahan akan terbayar lunas begitu sampai disana. Katanya sih, memikat banget, saya penasaran banget mau kesana juga.

Kebun teh ini kan sebenarnya milik PT. Perkebunan Nusantara XII yang memang kebun beneran. Jadi meskipun tidak ada bayar tiket masuk, kita tidak boleh sembarangan memetik daun tehnya, karena sejatinya ini bukan khusus tempat wisata. 

2. Gunung Bromo

Gunung yang kedua, jangan tanya lagi deh. Siapa yang gak kenal Bromo, salah satu gunung wisata termasyur di Indonesia. Meski belom kesana, saya yakin kalian sudah tau tentang wisatanya. Di Gunung Bromo, selain pemandangan indah rumput hijau dan padang pasir, kita juga bisa melihat kawah yang semuanya cakep.

Area gunung Bromo di gadang-gadang menjadi kawasan dengan spot terbaik untuk melihat sunrise dan untuk melihat area di atas awan. Syedapp bener.

Gunung Bromo berada di 4 Kabupaten
Jatim (tribunnews) 
Saking luasnya area gunung ini, dia berada di 4 kabupaten di Jawa Timur, lho. Salah satunya ya Probolinggo. Jadi ga heran kan kalo mau kesana ya lewat probolinggo bisa jadi pilihan terbaik.
Kalau menggunakan angkutan umum, rute dimulai dari Terminal Bayu Angga menuju ke Desa Sukapura-Ngadisari-Cemoro Lawang. Dari pemberhentian akhir, perjalanan ke Bromo hanya tinggal  2,5 kilometer lagi.

Kalau mau bermalam ya pastinya efektifnya di Cemoro lawang itu. Tarif penginapan bervariasi tergantung pilihan kita yang sesuai budget. Sesampai disana kita bisa menyewa mobil jeep dengan berbagai rate Harga atau pake jasa ojek. Terserah deh mana yang sreg sama kondisi masing-masing, hahaha. Yuk yang belom pernah ke Bromo macam saya, rencanakannnn.. 👌

3. Air Terjun Madakaripura

Selanjutnya Masih di kawasan Bromo, Air Terjun Madakaripura sayang banget kalau di lewatkan begitu saja. Posisinya di Desa Negororejo, Dusun Branggah, Lumbang. Kalau dari Gunung Bromo sudah dekat, tinggal menuju ke Tongas nih sampai tiba di pasar Lumbang, nah ikuti petunjuk jalan saja menuju Air terjunnya.


Tiket Masuknya disini sangat murah, hanya saja kita harus memperhitungkan pengeluaran lain seperti parkir, sewa jas hujan, guide, dsb. Baru kita bisa puas menikmati keindahan air terjun setinggi 200 meter ini. Jangan lupa sedia uang tunai ya. 

4. Gili Ketapang

Satu tempat snorkeling yang dari dulu ingin saya datangi adalah Gili Ketapang ini. Lokasinya hanya 8 km dari pantai utara Probolinggo loh, dekat banget kan. Disana, pantai dengan pasir putih terpampang nyata lengkap dengan lautnya yang sangat bening hingga ikan dan terumbu karang dapat terlihat jelas.

Gili ketapang (detik.com)

Yang bikin makin penasaran itu karena disini ga ada tiket masuk, cuma perlu biaya akomodasi saja untuk penyebrangan kapal, guide, atau paketan lengkap wisata yang harganya tidak lebih dari seratus ribu rupiah. Mencakup tiket penyebrangan PP, makan siang, snorkeling, foto underwater, dan guide. Murah sih menurut saya. Nah dari yang murah inilah bikin penasaran, secantik apa ya snorkeling disana. 


5. Pantai Bentar

Kalau lewat jalur pantura saat sunset, jangan lewatan Pantai Bentar ini. Bentar itu bukan artinya 'sebentar' ya melainkan memang nama pantainya adalah Bentar. Hehehe. Lokasinya di Karang Anyar perbatasan selat Madura. Disini ada jembatan yang fenomenal yang cakep untuk foto instagram dan menikmati sunset.
Untuk menikmatinya pun cukup merogoh kocek 10 ribu rupiah. Puas-puasin deh menikmati pantai ini, bisa sekaligus untuk piknik keluarga.

Hiu Tutul (wikipedia) 

Disini juga ada species Hiu Tutul yang katanya muncul di perairannya sekitar bulan Januari atau bertepatan dengan musim hujan. Sekalian libur tahun baru kan, datanglah ke Pantai Bentar dan menyewa kapal untuk bisa ketengah dan melihat langsung Hiu Tutul yang sedang di perairan sana. Setelah di pantai bentar mereka akan bermigrasi ke perairan Australia. Untuk menuju ke bagian tengah laut Pantai Bentar, cukup membayar kapal sebesar 15.000/orang.

6. Danau Taman Hidup

Setelah gunung dan pantai. Sekarang kita ke danau. Probolinggo punya Danau Taman Hidup. Tapi untuk kesana itu gak mudah, gaes. Pertama, kita harus mendaki gunung Argopuro dengan jalur penuh tantangan. Nantinya setelah pendakian yang cukup panjang dan berliku. Barulah kita akan terpesona melihat danau taman hidup ini.

Aura mistis Danau Taman Hidup
(bbksdajatim)
Disana tinggal mendirikan tenda saja, tinggal menepi dari keramaian karena disini sepi dan tenang. Cocok untuk menghilangkan stres juga kan. Tapi jangan lupa dear, jangan meninggalkan sampah di area seindah ini. Sayangi lah aset-aset wisata probolinggo ini agar bisa dilihat anak cucu kita kelak (uhuk..).

Konon katanya, danau ini juga penuh nuansa mistis karena di kaitkan dengan cerita Dewi Rengganis. Menurut cerita, di lokasi ini gak boleh ribut, teriak-teriak atau berkata kasar. Bisa datang asap dan badai. Entah benar atau tidak, silakan di buktikan sendiri. 

Saya pribadi, selain karena tidak terlalu suka nuansa mistis, saya pun tidak kuat mendaki. Jadi saya hanya bisa merekomendasikan bagi kalian penyuka pendakian gunung dan suka hal mistis. Apalagi kawasan pendakian disana disebut-sebut sebagai salah satu yang ter-ekstrim di Indonesia. Pasti akan jadi tantangan tersendiri. 


======

Jadi kapan nih liburan ke sini?
Jika ke Probolinggo jangan hanya lewat tapi mampir juga untuk piknik. Ternyata pilihannya banyak mulai dari pegunungan hingga pantai ada di sini. Kamu juga bisa menemukan tempat camping di beberapa spot wisatanya. Menarik bukan? Ajakan ini sebenarnya berlaku juga untuk saya sendiri yang belum menjelajahi probolinggo.  Selama ini hanya numpang lewat, hiks..hiks.. 

Anyway, yang punya tambahan informasi wisata dan pengalaman ke Probolinggo, feel free to share. 😉👌

14 comments :

  1. Mau ke kebun teh, aku dari dulu pengen banget main-main di kebun teh terus juga mau ke Bromo deh *sok jadi anak gunung banget aku wkwkwk

    ReplyDelete
  2. aku udah pernah k bromo mb ruli.udah pernah kutulis tp ilang tulisannya hahaha.pengen lg ksana

    ReplyDelete
  3. Ya ampun Gili Ketapang birunya langsung menyedot mataaa... Aku kira Gili itu cuma untuk yang di Lombok, btw Gili artinya apa y mba?

    ReplyDelete
  4. Kebun teh 😍 dari sd pengen banget kesana liat petani teh sambil panen. Dan sampai sekarang gak pernah terwujud. Semoga bisa nanti.

    Ditambah dengan bahasa sunda sambil metik metik teh ah jadi pengennnnn 🙊🙊

    ReplyDelete
  5. Aku kadang suka kebalik antara probolinggo dan purbalingga. Kirain sama ternyata beda. Heu

    ReplyDelete
  6. waaah tempat wisatanya bagus bagus banget di Probolinggo. yang paling akh pengen datengin kalo ke Probolinggo tuh Gili Ketapang dan Pantai Bentar. semoga suatu saat bisa main ke Probolinggo

    ReplyDelete
  7. wah ini nih...

    pantai, gunung dapet semuaaa....

    ReplyDelete
  8. Ini komen bakalan jadi komen terbodoh sih kayaknya. Tapi aku beneran baru tahu kalo bromo itu di Probolinggo. Ya allah aku mainnya kurnag jauh. Jadi pengen menyusuri Probolinggo. Apalagi mau ke taman danau hidup omg

    ReplyDelete
  9. Lengkap ya, karna asik semua jadi bingung milih mana yang favorit hahaha

    ReplyDelete
  10. Bromo.....bromo..bromo...
    Bromo is number one mbak, kapan ya bisa ke sana. Pemandngan puncaknya itu yang bikin kesemsem

    ReplyDelete
  11. Loh di pantai bentar ada hiu tutul toh? Aku ke sana pas kemarau siih, jadi agak surut. Eh surut banget malah

    Yang aku belum tau tuh danau taman hidup. Penasaran jadinya

    ReplyDelete
  12. Gili ketapang itu noted ya.. destinasi yg pengen bngt aku datengin

    ReplyDelete
  13. Keren ya, jawa timur itu bener bener the truly of java.. selain malang, Surabaya.. skrg probolinggo Harus masuk dalam daftar jalan jalan... Dan memang kayaknya jawa timur ini cobannya banyak.. di probolinggo jg Ada coban, Ada danau.. lengkap lah area wisatanya

    ReplyDelete
  14. Aku pernah ke gunung bromo dan gili ketapang kak. Yang lainnya belom. Nanti akan kumasukkan kedalam list, sekalian kulinernya dong kak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio