Workshop Emak-Emak Ngeblog dan Beauty Class bersama Alisa Khadijah Banjarmasin

Pengalaman Menjadi Speaker Workshop Blogging

Pada tanggal 15 Desember 2018 lalu, di Banjarmasin diadakan workshop untuk para muslimah belajar membuat blog sekaligus beauty class yang di adakan oleh Asosiasi Muslimah Pengusaha se-Indonesia (Alisa Khadijah) cabang Banjarmasin bertempat di Aula Kayuh Baimbai, Pemkot kota banjarmasin.




Acara yang diikuti oleh kurang lebih 50 orang peserta muslimah ini, berlangsung sejak pagi pukul 09.00-14.00 siang. Dimana pada saat tersebut, menjadi pengalaman pertama kali dalam hidup saya menjadi pemateri/Narasumber pada sebuah acara workshop. Tentu saja, sulit di jelaskan bagaimana rasanya. Yang jelas saya merasa sangat bersyukur dan senang sekali di beri kesempatan oleh Allah dan Komunitas Alisa Khadijah untuk hadir di acara tsb. 

Salah satu sponsor utama dari acara ini adalah IWITA (Indonesia Woman IT Awarness) dimana IWITA ini bulan oktober 2018 lalu juga mendukung acara ulang tahun FBB. Saya jelas tidak kaget, karena Iwita memang selalu mendukung penuh kegiatan wanita yang terkait dengan dunia digital. 
Ketika dihubungi pada Oktober-Nopember 2018  Untuk menjadi Pemateri, saya lupa kapan tepatnya, Saya langsung bersedia. Tentu saja bagi saya ini adalah kesempatan emas bagi saya untuk menebar virus-virus ngeblog ke semua kalangan wanita. Juga suatu kebahagiaan diberi kesempatan untuk membagikan ilmu. 

Dengan rasa senang inilah akhirnya saya jadi merasa Pede untuk menyampaikan segala yang saya punya untuk orang lain. Tapi, ternyata itu hanya berlangsung di awal. Karena ketika kurang beberapa hari sebelum acara, saya tiba-tiba merasa gugup dan gak pede lagi. Malah mau sembunyi. Entah bagaimana saya jadi agak parno, dan khawatir gagal mengajak para muslimah membuat blog. 

Dari pelajaran public speaking yang pernah saya pelajari dulu, banyak hal memang yang menjadi modal orang-orang untuk bisa bicara di depan publik, gak asal jeplak aja bicara. 


Nah jadi yang saya takutkan adalah
1. Bagaimana jika saya Membosankan dan bikin ngantuk 🙁
2. Bagaimana jika materi tidak tersampaikan dengan mudah🙄
3. Bagaimana jika ketika saya buat ice breaking tapi tidak ada yang merespon, karena garing dan maksa😆😆
4. Bagaimana jika para peserta kurang tertarik untuk praktek bikin blog dan saya seperti boneka yang bicara sendiri. 😬

Itulah sodara-sodara, daftar kecemasan yang pernah saya khawatirkan. Padahal gak pengen cemas juga sih, sudah mencoba selow. Cuma mungkin namanya cemas itu tiba-tiba hadir aja jadi gampang setan membisikan pikiran-pikiran negatif, apalagi ini pertama kali dalam hidup (ceile) menjadi Narasumber acara workshop.

Hari acara pun tiba. Acara di buka dengan lagu Indonesia, Mars, dan sambutan dari Walikota Banjarmasin dan sambutan dari Ketua Alisa Khadijah cabang Banjarmasin, Ibu Nining Triwiatiningtias. Acara ini terlihat sangat formal. Apalagi anggota komunitas ini adalah acaranya para pengusaha muslimah, duh terasa makin gugup bagi saya. Gugup sekaligus seneng banget, karena dipercaya mengisi acara ini. Akhirnya saya mencoba untuk happy aja ketimbang terus-terusan cemas.

Menyanyikan lagu Mars Alisa Khadijah

Acara di bagi 2 sesi yaitu workshop blogging dan Beauty Class oleh tim Wardah. Hingga akhirnya tiba waktu saya naik ke panggung. Saya terus berdoa, agar Allah mudahkan saya berinteraksi dengan semua yang hadir, apalagi salah satu peserta workshop adalah ibu saya sendiri. Yaaa.. Beliau juga pengen belajar ngeblog. Dari siapa bakat nulis saya kalo bukan dari ibu saya.

Alhamdulillah, dengan mengucap bismillah ternyata rasa gugup itu hilang ketika saya sudah menyampaikan materi. Ketika saya mengeluarkan sedikit jokea untuk ice breaking pun para hadirin terlihat tertawa. Alhamdulillah, suasana terasa hangat dan materi tersampaikan dengan baik. Apalagi saat itu saya merasa sangat klik dengan hostnya yaitu Ibu Dewi, dari Iwita Kalsel. Terimakasih ibu Dewi, sangat memudahkan saya menyampaikan materi. Beliau juga pinter banget public speakingnya.

Awal mulai workshop
Keliatan gugup, gak? 

Source : azizah-banjarmasin.blogspot.com
Salah satu peserta workshop 😘

Dari atas panggung sampai turun
Kompakan sama Bu dewi

Sesi workshop saya bagi menjadi 2 bagian dimana di tengah-tengahnya ada doorprize dan tanya jawab. Sesi pertama berisi teori blog. Dan sesi 2 adalah sesi pembuatan blognya. Saya boleh bilang, workshop sesi teori saya cukup berhasil karena ketika sesi tanya jawab ada beberapa yang bertanya dan pertanyaan saya untuk doorprize juga berhasil terjawab. Semua materi tersampaikan dengan maksimal. Alhamdulillah..

On stage, burem,
Tapi masih keliatan itu saya, kan? 😂

Begitu pula di sesi praktek pembuatan blog. Alhamdulillah saat itu saya mengajak Rima melaty, teman saya yang juga Founder FBB. Keberadaan Rima ternyata sangat membantu saya ketika sesi praktek, banyak mbak-mbak dan Ibu-ibu yang tersendat-sendat dalam pembuatan blognya. Rima ikut turun ke tempat duduk peserta untuk support para peserta yang kebingungan. Ada sebagian yang gagal membuat blog rata-rata terkendala di lupa password email, atau browser yang kurang support. Alhamdulillahnya ketika di akhir acara, di adakan pemilihan blog terbaik, pesertanya cukup banyak. Artinya cukup banyak yang berhasil membuat blog.

Belajar face to face

Sebagian Ibu dan Mbak membuat personal blog, sebagian lainnya membuat untuk branding usahanya. Sesuai dengan target pribadi saya, ketika saya menjadi narasumber pembuatan blog untuk pemula, saya berharap ketika pulang ke rumah, para peserta sudah memiliki blog dan tinggal meneruskan saja. Setidaknya lebih dari setengah peserta sudah berhasil memiliki blog.

Seluruh peserta yang hadir

Ketika sesi beauty class, saya tidak mengikuti karena harus segera ke acara lain. Namun saya pribadi sangat senang dengan pengalaman hari ini. Segala yang saya cemaskan tidak terjadi, alhamdulillah. Pengalaman pertama yang sangat berkesan. Harapan saya tentu saja seirama dengan harapan Alisa Khadijah ketika mengadakan acara ini. Yaitu memberdayakan wanita dalam ekonomi keluarga di dunia digital.

Bersama Iwita Kalsel

Bersama Alisa Khadijah
Cabang Banjarmasin

Bersama Ibu Tias
Ketua Alisa Khadijah Banjarmasin

8 comments :

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..