Jumpai 1000 Burung dalam satu area terbaik di Bali Bird Park

Apa yang kamu ingat jika menyebut nama Bali? Pantai romantis, laut indah, pegunungan sejuk, persawahan teras sering atau water sport? selain semua itu, Bali punya 1000 burung dari 250 species, dalam 7 habitat alam, yang bisa kamu jumpai semuanya dalam 1 hari. Kemana kita kali ini?
Tempat terbaik bercengkrama
Dengan burung-burung cantik

Ya, yang saya bicarakan tentu saja tentang eksotika Bali Bird Park atau dalam bahasa Indonesia di sebut "Taman Burung Bali" adalah sebuah taman wisata sekaligus area penangkaran burung terbaik di Bali. Bagi pecinta burung, kalau ke Bali pasti tau tempat ini. Area burung yang di sediakan seluas 2 hektar ini sukses mencengangkan saya melihat isinya yang bertabung bintang (baca : artis-artis di dunia burung). Saya ulas lebih lengkap ya.

Salah satu wisata yang paling terkenal di Gianyar, Bali ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1994. Tapi saya baru mengetahuinya justru baru-baru ini, lalu menyesal kenapa baru tau. meski bukan pertama kali ke Bali, tapi kali ini karena membawa anak-anak saya, maka saya dan suami fokus ke wisata edukasi dan masuklah Bali bird park ini sebagai salah satu destinasi.


Ketika masuk, respon saya masih biasa saja, terlihat gapura masuk yang designnya pun biasa saja. Begitu masuk, saya surprise sekali karena burung-burung disini semua di biarkan bebas di alam dan semua berada di area yang di buat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Yang di kurung atau di kandang hanyalah burung-burung yang kiranya bisa mengganggu pengunjung saja.

Melewati region demi region, rasanya membuat saya nagih. berikutnya apalagi dan apalagi, penasaran. apalagi di sepanjang lorong jalan setapak yang kita lalui akan ada keterangan kita sedang berada di area mana. dan di pinggir jalannya ada pertanyaan-pertanyaan mengenai burung. contoh misalnya pertanyaan di gambar di bawah ini. Siapa yang bisa jawab, hayo?

Pertanyaan di region 2
Coba tebak

Sambil berjalan di jalan setapak itu, kita tidak akan berdesakan dengan pengunjung lain karena jalan di buat satu arah. Bentuknya seperti berputar, jadi terakhirnya tentu saja akan nongol di pintu keluar. Jika kalian berencana kesana, pastikan setiap region di lewati dengan khidmat (duh bahasanya kenapa pakai khidmat segala) agar tidak menyesal dan kehilangan moment. Karena kalian akan sulit berbalik arah jika sudah terlewati karena jalan searah itu tadi. Nanti adakalanya bertemu jalan lapang, burung bertengger santai atau melalui lorong-lorong dengan pelindung jaring tempat burung berterbangan dengan bebas di atas.

Pertanyaan di region 6
Hayo apa jawabnya? 

Sebagai informasi, tujuh habitat yang dibuat di Bali bird park ini mewakili wilayah Indonesia dari paling timur hingga paling barat, dan tentu saja mewakili setiap pulau Indonesia dari kalimantan, jawa, bali, hingga Sumatra dan papua. Bukan itu saja, tapi juga burung dari belahan dunia lain seperti Afrika selatan dan Amerika selatan.

Sedikit review detilnya ya

  1. Harga : harga tiket masuk terupdate silakan cek di websitenya. Menurut saya harganya sedang, tidak mahal tidak murah. Yang mahal adalah biaya cetak foto, kalau mau hemat, bawa kamera sendiri atau abadikan dengan hp. Souvenir juga mahal, ketika disana saya tidak beli apa-apa. Hanya menyimpan kenangan di foto (Emak irit). Di dalam ada rest area jika lelah berjalan. Bisa beli cemilan dan es krim dengan harga wajar. 
  2. Lokasi : Bersih, tidak akan melihat kotoran burung berserakan karena petugas cukup sigap membersihkan. Kalaupun ada, tidak sampai mengganggu kenyamanan. Toilet banyak tersebar di berbagai area, kalau kebelet tidak susah mencari toilet dan toiletnya cukup bersih.
  3. Layanan : petugas baik-baik, ramah, bahkan tak segan membantu kita untuk berfoto. Dari loket hingga keluar, semua manis. 

Tempat ini sangat cocok untuk pergi mengajak keluarga terutama anak-anak untuk sarana edukasi. Kapan lagi bisa mengajak anak melihat 1000 burung dari 250 spesies dalam satu lokasi termasuk area konservasinya juga. Anak saya saat itu sangat antusias, terutama jika menemukan burung yang boleh di pegang. Saat itu, meski boleh di pegang, saya tidak mengijinkan putri saya memegang semuanya. Karena burung-burung itu pada cantik-cantik, saya hanya kawatir bisa di remas-remas anak saya saking lucunya. Sedangkan adeknya, malah bobo di temani burung-burung cantik. Burung-burung disana jinak sekali, seneng bisa berbaur bercengkrama.

Burungnya memandangi
Qowiy bobo

Untuk kalian yang mau ke Bali dan mengunjungi Bali bird park ini, saya cerita sedikit perjalanan saya ya dari Banjarmasin. Dari Banjarmasin ke Bali, kami harus transit dulu di Surabaya baru bisa menuju ke Bali. Transit itu gak tentu lama atau sebentar. Karena itu saya dan suami memutuskan memilih maskapai Garuda Indonesia untuk maskapai yang menemani kami liburan dengan pertimbangan kenyamanan anak-anak.
Selain karena Garuda Indonesia adalah anggota skyteam dengan layanan bintang 5 dan termasuk  dalam daftar maskapai terbaik di dunia, Garuda juga memiliki kenyamanan luar biasa untuk semua penumpang terutama untuk penumpang cilik yang banyak permintaan seperti anak saya, dimana ulasannya di setiap website pencarian rata-rata penilaiannya sudah mencapai 5 bintang untuk skala 5.


Untuk siapa saja yang berminat ke Bali dan bertemu mereka para burung cantik dari 250 species, silakan rencanakan mampir ke Bali bird park, jadi tujuan kesana tidak cuma pergi ke pantai atau pegunungan ya. Nih saya berikan juga list atraksi yang bisa di nikmati disana.

Jadwal atraksi Bali bird park

Bali selalu punya surga-surga tersembunyi di balik alamnya, jadi temukan saja. Tempat ini salah satu tempat terbaik untuk bertemu para burung. Sekian dulu ulasan Bali bird park versi saya. Yuk Traveling





47 comments

  1. Wah jadi pingin ke sini, pasti anak-ana senang banget diajak lihat burung jumlahnya banyak gini.

    ReplyDelete
  2. Catet... Pengen juga euy. Seru banget pasti nih bisa ketemu banyak burung, apalagi buat anak-anak pasti jadi ingatan indah :D

    Itu burungnya gemes kali ya liat Qowiy bobok. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. .Iya gemes, soalnya di ajak interaksi gak respon apa2

      Delete
  3. Kaya di Ecogreen Jatimpark 2 ya mba, dibuat 1 arah jalannya jadi tertib banget. Iya, bener, mending cuci cetak sendiri, 4x lipat bedanya, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip, tapi di bali bird park lebih ke arah burung2 langka. Karena jadi tempat konservasi juga kan

      Delete
  4. Bali bird park ini beda sama bali safari yaa?? Kemarin ke bali tapi ga tau bali bird park ini wkwk

    Skyscanner ini dominannya garuda ya mba ruli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak Sama,bali safari semua hewan. Disini hanya burung saja. Gak dominan garuda sih. Hanya saja untuk garuda selalu ada promo menarik di skyscanner ini

      Delete
  5. Menyenangkan memang tempat ini. Itu foto Qowi ama burung lucu banget. Udah kayak foto buat iklan

    ReplyDelete
  6. Aduh, Farisha kalau diajak kesini pasti happy banget nih. Burungnya unyu2. Kalau emaknya agak takut sih, trauma dulu pernah di pup in burung. Haha. Kalau taman kupu-kupu ada ga sih wisatanya mb ruli? *eh, serius nanya ini.. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak.. Apes yak kena eek burung. Kalo kupu-kupu ada kok khusus kebun kupu-kupu. Lupa namanya

      Delete
  7. wisata yang asik buat ajak anak-anak mengenal satwa nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Bisa kenal berbagai jenis spesies golongan unggas-unggasan koh

      Delete
  8. Aku pun kalau liburan, ga mau tuh cetak-cetak foto gitu. Anaknya juga irit. :D Untungnya memang selalu bawa kamera, dari dulu kamera pocket sampe sekarang dapat yg baru ini. Hihi Tetap aja pokoknya mau irit, pokoknya liburan itu harus irit. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah kamera hp pun sekarang cakep ya. Bisa lebih hemat

      Delete
  9. Asiknyaaa bisa ketemu 1000 burung 😍 Arya sama Fidel kalo diajak ke sana pasti heboh kepengen pegang burung-burungnya 😄

    ReplyDelete
  10. wah burungnya cantik-cantik banget yaa. keren banget pasti ini tempatnya

    ReplyDelete
  11. Eh ada si Blue yang di film Rio :D

    ReplyDelete
  12. Cantik banget ya burung burungnya, Bali memang lengkap banget ya destinasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lengkap semua yang di cari di alam ada di bali

      Delete
  13. Tahun 2012 saya ke Bali tapi nggak kesini sayang sekali ya..

    ReplyDelete
  14. ke Bali baru sekali..gak sempat kesini hehe

    ReplyDelete
  15. Setelah berkeluarga belum kesampaian piknik ke Bali. Padahal bali Bird Park ini udah jadi place list banget lho, Mbak. Nabungnya kudu lebih kenceng, nih. Hehehe

    ReplyDelete
  16. Sukaaa liat fotonya Qowiy yg bobo ditonton dua burung. Hihihi.. lucu, yah.
    Sukses Mbak buat lombanya :)

    ReplyDelete
  17. Taman Burung Bali tampaknya wajib saya catat, siapa tahu saat berkunjung ke Bali bisa mampir ke sana. Namun, perlu persiapan dari jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga tiket pesawat terbaik.

    ReplyDelete
  18. Wah aku belum pernah ke Bird Park, ada atraksinya juga to. Makasih ya infonya

    ReplyDelete
  19. Wah aku baru tahu ada Bali Bird masa nyahaha, lucu-lucu ih burungnya warna-warni, edukatif juga ya mba? Terus kebersihan yang bikin tambah nyaman dan betah pastinya. Sukses juga buat lombanya :D

    ReplyDelete
  20. Gagal fokus sama foto Qowi. Seru banget dinina-bobokan sama burung2. Hehe

    Semoga kapan2 bisa ajak keluarga ke sana. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Itu burung yang bertengger di tangan ga berat mbak? kan besar banget tuh burung...........bisa berapa kilo itu lho

    ReplyDelete
  22. Wah bagus, tempatnya tempat wisata edukatif, khususnya buat anak2 yaaa.
    Kalau lewat Skyscanner gak bingung lagi ya kendaraan ke lokasi soalnya bisa sekalian nyewa mobil TFS infonya :D

    ReplyDelete
  23. MashaAllah,
    burung-burungnya cantik sekali..

    Di Bandung juga ada di salah satu rooftop mall, PVJ namanya.
    Tapi sekarang sedang direlokasi. Burung-burungnya malah bisa dinikmati sembari jalan-jalan di mallnya.

    Tafakkur sambil belajar.

    ReplyDelete
  24. Bali Bird Park itu dekat sama Bali Zoo Park itu ya mba.. Ini dekat banget sama rumah budhe istri saya tapi sayang belum pernah kesana soalnya dulu lebih milih ke Bali Zoo nya.. Semoga lain waktu bisa kesana mba .. keren juga bisa melihat 1000 jenis burung yang pasti bagus-bagus semua

    ReplyDelete
  25. pasti seru banget nih ngajak anak main di sini
    burung burung ya enak warna bahkan jinak
    duh pengin bawa anak juga k sini

    ReplyDelete
  26. Bali bird park ini masuk whislistku juga nih Mbak 😊 tapi menurutku harganya lumayan tak terjangkau 😬 jadi tahun lalu kami perginya ke EcoGreen Park yang tak kalah kecenya di Malang sana 😊 harganya pun sangat terjangkau.

    ReplyDelete
  27. Wah, itu burungnya benar2 bebas ya sampai bisa nungguin bocah bayi bobok. Pasti seru banget di sana, kicauannya saling sahut2 tan

    Pas pakai Skycanner jd bisa pesan ini itu sekalian ya

    ReplyDelete
  28. Saya juga baru tahu ada Bali Bird Park. Di dalamnya beraneka macam burung ada ya...anak-anak bisa belajar sambil bermain.
    Eh, itu pertanyaan yang ada di setiap region, ada kunci jawabannya, gak? Hihihi

    ReplyDelete
  29. Sebagai pencinta dunia hewan, aku selalu senang berkunjung ke taman satwa. Apalagi taman burung, unik. Btw, lucu banget dedeknya diliatin dua burung itu.

    ReplyDelete
  30. Cocok banget buat ngebawa anak anak dan keluarga mampir kesini sekalian memperkenalkan satwa sebagai media pembelajaran. Jadi rekreasi sekaligus edukasi

    ReplyDelete
  31. iiih mbak ruli, aku pingin banget ke Bali Bird Park kalau ke Bali suatu hari nanti. soalnya seru banget lihat mb ak ruli dan anak2 di sana

    ReplyDelete
  32. Burungnya warna warni ya..mba.., anak2 dibawa juga seneng ngeliat burung cantik...selain wisata ..juga bisa jadi tempat sarana edukasi...

    Semoga suatu saat bisa mampir..aamiin

    ReplyDelete
  33. Lucu banget burungnya ngerumunin dede qowiu waktu tidur. Aku kok penasaran bgt, burung di bird park ini kayaknya nyaman bgt mskipun bnyak manusia, ahh jdi pngen coba kesana.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..