Itinerary lombok 4D3N dengan anak balita

Assalamu'alaikum...

Anda sedang menyusun rencana ke lombok ? Ada keraguan karena bersama toddler alias balita? Atau mgkn bersama bayi.. jangan kawatir karena keliling lombok ternyata tidak serumit yang saya pikirkan.

Bahkan dalam 4D3N ini sepertinya hampir semua yang patut di kunjungi sudah saya kunjungi. Kecuali mendaki di gunung rinjani tentunya. Karena untuk ke rinjani pastinya ada 2 option, menambah hari atau meninggalkan beberapa itenary lain yang seperti saya jalani.

    Ini dia itinerary nya
1. Hari pertama saya tiba siang karena pake penerbangan jam 11 dari surabaya. Jadi tiba disana pukul 13.00 siang.

  • mampir sebentar ke mesjid 99 mesjid terbesar di lombok
  • makan siang di pegunungan pusuk di warung dakota. Yang menjual sate rembiga. Pilih menu paket saja dan anda akan mendapatkan semuanya dari ayam taliwang, sate rembiga, plecing, udang bakar, sate cumi dan soup ikan lengkap.


Lalu kembali ke hotel untuk istirahat. Rugi kehilangan hari pertama cuma untuk 2 lokasi ? Oh tidak, lihat saja susunan itenary kami di esok harinya. Yang jelas ini untuk kestabilan kondisi anak-anak yang mungkin mengalami jet lag. Butuh tidur.

Sate rembiga enak disini

2. Hari ke 2

  •  gili trawangan
  •  mampir 10 menit di malimbu sunset point untuk foto-foto cantik
  •  Pura batu bolong
  •  Belanja oleh-oleh di gandrung
  •  Lesehan taliwang irama


Anda bisa mengganti tujuan gili trawangan ke gili yang lain, yaitu gili meno dan gili air, atau bahkan ketiganya. Tapi harus punya budget berlebih. Sewa speed boat disini ada perkumpulannya. Sehingga setiap boat hanya melayani 1 tujuan.

Anda juga bisa mengganti gili ini dengan tujuan pantai Pink. Pantai dengan pasir yang indah berwarna pink. Tapi tidak bisa keduanya. Bila keduanya anda akan kehilangan banyak tujuan lain. Dan rasanya rugi kalau ke lombok tidak ke gili.

    Satu-satunya hal yang bikin saya tidak memilih pantai pink karena perjalanan kesana menempuh waktu kurang lebih 4 jam dengan jalan yang rusak. Jadi kenyamanan anak-anak lebih penting.

   Malimbu sunset point dan pura batu bolong di rencanakan atau tidak pasti akan anda temui karena kelewatan bila hendak ke gili. Saya mampir saja mengambil foto. Semua rute perjalanan ini searah jalan. Jadi maudi rencanakan atau tidak, ya rugi aja gak mampir.

    Lesehan taliwang irama, ini rumah makan taliwang pertama di lombok, sudah 3 generasi dan langganan pejabat bila datang ke lombok termasuk presiden. Dari segi menu sama saja dengan warung dakota hanya saja mungkin anda juga ingin merasakan resto yang di sukai para wisatawan domestik.

Pengen nampang juga yg nulis hehe
    Lalu pulang. Ya hotel kami jayakarta resort tepat di pesisir pantai senggigi. Jadi tiap sore kami menghabiskan waktu berenang dan melihat sunset. Juga untuk mengistirahatkan anak-anak.

   Kenapa beli oleh-oleh lebih awal karena di gandrung itu murah dan searah dari gili trawangan. Di toko-toko oleh-oleh lain pada mahal aja tidak ada yang under 50.000

3. Hari ke 3

  • Pusat kerajinan gerabah di banyumulek (sekalian belanja gerabah khas lombok)
  • Pusat kerajinan tenun di sukarara (sekalian belanja tenun dan foto-foto pakai baju adat dan rumah adat)
  • Mengunjungi desa adat sade asli suku sasak
  • Pantai kuta lombok (pantai dengan pasir berbutir seperti merica) 
  • Pantai tanjung Aan (spot terbaik untuk surfing wisatawan mancanegara)

See.. tujuan hari ini banyak sekali. Bisa di bilang ini klimaksnya. Melelahkan. Kami tiba di hotel sore selepas Ashar. Kenapa jadi menumpuk di hari ke 3 karena lokasi mereka berurutan. Semua travel pasti menuliskan itinerary ini. Tapi biasanya tidak urut jadi malah bolak balik. Dan tips nya jangan menghabiskan waktu terlalu lama untuk berbelanja souvenir di tempat-tempat tsb. Karena tujuannya banyak.

   Kenapa 2 pantai tsb di kunjungi, keunikan pantai kuta lombok adalah karena pasirnya berbutir seperti merica tapi pasirnya berwarna hitam dan air lautnya kurang jernih, kurang enak kalo buat main air dan mandi, tapi ini searah ke tanjung Aan jadi ga ada salahnya mampir aja foto-foto.
 Sedangkan pantai tanjung aan adalah pantai yang masih perawan tersembunyi. Airnya sangat bening dan tenang. Tapi bila anda naik kapal 15 menit dari tanjung Aan anda akan menemukan spot surfing terbaik andalan para turis mancanegara.
    Untuk ketemu tempat surfing itu bukan langsung di tepian pantai. Tapi harus naik kapal lagi sekitar 15 menit dengan sewa perkapal sekitar 300.000 (2016) di sepanjang perjalanan kalian akan melihat hamparan laut berwarna tosca bening. Ya, dasar laut akan terlihat jelas, banyak batu karang. Hehehe.....
    Ternyata benar, setiba disana kami melihat banyak turis asing lagi belajar surfing. Eh yang uda expert surfing banyak juga sih. Bule-bule semua dan ombaknya emang keceh..

Pasir merica di pantai kuta lombok

4. Hari ke 4
  • Belanja mutiara ke sekarbele atau sinar mutiara
  • Belanja oleh-oleh makanan khas lombok di pusat oleh-oleh Palam Perdana.
  • Kuliner di lesehan kelor pegunungan pusuk
  • Puncak pegunungan pusuk melihat monyet-monyet jinak bebas di alam sambil melihat gili trawangan dari atas
  • Belanja buah-buahan (durian, duku, dll khas lombok) masih di sekitar pegunungan pusuk.
  • Menuju bandara lombok praya

   Pusat mutiara memang di sekarbele, tapi disana anda mungkin akan sulit membedakan mana asli mana palsu. Saya memilih untuk ke toko sinar mutiara untuk membeli dan ke sekarbele hanya untuk berkunjung.

    Di pusat oleh-oleh makanan palam perdana anda akan comfort sekali memilih karena semua oleh-oleh disini ada testernya. Tidak beli kucing dalam karung. Beginilah sedianya memang pusat wisata halal. Menjual produk yang jelas isinya.

   Lesehan kelor adalah kuliner terakhir di lombok tapi rasanya disana yang terenak di antara semua kuliner saya dan paling murah meriah. 1 paket berdua only 50.000.

 Setelah ke puncak memberi makan monyet-monyet dengan kacang kami mampir membeli buah-buahan. Bukan untuk di bawa pulang hanya untuk membandingkan dengan buah di daerah saya. Karena meski buahnya sama tapi biasanya rasanya beda. Benar saja, durian disini enak legit. 

Meski durian di kalimantan dan medan juga enak tapi ya beda aja rasanya. Susah di ceritakan. Dan buah rambai di daerah saya yang biasa warnanya putih seperti duku disini namanya podong berwarna ungu. Lain padang lain belalang. 
   Langsung cuss menuju bandara dan tak lupa say goodbye kepada gunung rinjani dari kejauhan. 

Buah-buahan, gula merah dan tuak lombok
di lombok barat puncak pegunungan pusuk 

Mudah-mudahan infonya bermanfaat bagi yang mau ke lombok tapi bingung mikirin anak-anak yang masih balita. Ya.. anak saya berusia 1 tahun dan 5 tahun. Tentu saja yang 1 tahun masih ringkih. Tapi alhamdulillah kami melewatkan liburan ke lombok dengan sangat menyenangkan.
     Sesampai di rumah pun anak-anak sehat alhamdulillah.
   

29 comments

  1. Lombok emang keren yah, tujuan wisatanya banyak.

    Anak-anak pasti senenglah diajak jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng mba alhamdulillah sampe si sulung tanya kenapa kita pulang..hehehe

      Delete
  2. Lombok katanya bagus tempatnya ya Mba. Saya belum pernah kesana je. Btw dari tadi mencoba memahami arti 4D3N gagal melulu. Bacanya apa ya? #emakkudet

    ReplyDelete
  3. Asyiknyaaa piknik bersama si imut babby. Aiih si mamah mah sll sj eksis dmn2, topi pinky-nya kiyut deh. Gili Trawangan kini mjd salah satu primadona tujuan wisata.Itu pasirnya beda, butirannya mirip merica?:) potonya keren.

    itenary-nya padat, mantab.

    Rasa2nya sdh follow blog ini, looh br skrg toh...
    Terimakasih infonya sgt bermanfaat.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah padat mba.. krn di beberapa lokasi ga butuh waktu lama.. hihihi..
      Betul mba butir2 gede kaya merica. Saya bawa pulang 1 botol pasirnya. Biasanya buat di aquarium marine park gitu pake pasir ini juga.. makasih uda di follow mba cantikkkk

      Delete
  4. Anak-anak sya juga request touring sampai ke Lombok tahun ini..mmm tapi masih mikir-mikir..banyak bawaannya,bawa bayi kayak mau pindahan dah..rempong!hehe..tapi lihat di sini kyaknya seru yah..

    ReplyDelete
  5. Tantangan selama di perjalanan bersama balita apa aja mbak? Lancar-lancar terus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tantangannya mungkin hawa panas. Namanya juga daerah pantai hehe kalo gerah anak suka rewel. Jadi kalo pas gerah ngadem aja masuk mobil

      Delete
  6. Infonya sangat bermanfaat , terima kasih

    ReplyDelete
  7. Dari dulu pengen ke lombok. Tapi belum pernah kesampaian. Baca postingan ini jadi pengen lagi... duh kapan ya tabungannya cukup...

    ReplyDelete
  8. Mba, kira-kira berapa budget dana yang harus disiapkan. Ingin sih tapi sepertinya butuh dana bersa. Hihii. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standardnya 2.5jt per org. Utk hotel bintang 3 selama 4D3N All in akomodasi dr sby-lombok. Dr jkt jg kurang lebih segitu kok. Cuma karena kami kan sekeluarga cm butuh 1 kamar hotel jd kemaren sepaket 7.5 ajah utk 2 dewasa dan 2 balita. Di pesawat 1 duduk sendiri 1 lg masih di pangku setengah hrga tiketnya

      Delete
    2. Standardnya 2.5jt per org. Utk hotel bintang 3 selama 4D3N All in akomodasi dr sby-lombok. Dr jkt jg kurang lebih segitu kok. Cuma karena kami kan sekeluarga cm butuh 1 kamar hotel jd kemaren sepaket 7.5 ajah utk 2 dewasa dan 2 balita. Di pesawat 1 duduk sendiri 1 lg masih di pangku setengah hrga tiketnya

      Delete
  9. Penasaran sama sate rembigaaa.. kemaren gak sempet nyobain huhuhuhu

    ReplyDelete
  10. catet dulu ah..sapa tau bisa halan2 ke lombok jugaaa
    lauuttt lauutt lauuutt

    ReplyDelete
  11. Waaaa mupeng banget pengen ke lombok..
    Makasih ya mbak semua infonya berguna banget untuk saya yang haus traveling :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akkk haus traveling cyin...
      Emak jg butuh piknik ya kann

      Delete
  12. Aku mau ke lombok mbak, makasi literari.. bergunaa bget. Tp btw, apa yg harus disiapkan mbak klo bawa anak umur 21 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa pakaian 2x lbh byk. Krn wisata air dan hawa panas akan menghabiskan byk baju. Bawa obat2an, meski byk apotik tp lbh baik sedia drpd beli2 dulu nti. Bawa mainan2 kesukaannya, dan jgn di bawa ke tempat berisik. Tempat berisik akan bikin bayi cpt lelah. Semoga bermanfaat tipsnya ya..

      Delete
  13. Hi mba, Salam kenal.
    Mbak sewa Mobil disana? Nyetir sendiri oke kah? Ikut GPS?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake driver, tapi nyetir sendiri juga oke, jalan di lombok relatif mudah, ga banyak cabang dan jalan pulang pergi sama saja. Gps juga oke,signal lancar disana kecuali di tanjung aan, agak susah signal

      Delete
    2. Saya pake driver, tapi nyetir sendiri juga oke, jalan di lombok relatif mudah, ga banyak cabang dan jalan pulang pergi sama saja. Gps juga oke,signal lancar disana kecuali di tanjung aan, agak susah signal

      Delete
  14. Anak yg 1 tahun rewel gak naik speed boat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung anaknya,suka air atau takut air.dan kondisinya saat itu fit atau engga. Saat itu saya kesana pilih pagi,dianya fresh dan kebetulan suka air. Jd excited banget, siapin cemilan banyak..

      Delete
  15. Minta kontak sewa mobil disana dong. Trs alternatif nyebrang ke Gili nya,melalui pelabuhan Bangsal/ dmn mba. Thanks

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..