Belajar Menulis Penawaran Kerja dalam Bahasa Inggris

 

Belajar Menulis Penawaran Kerja
dalam Bahasa Inggris

        

        Bisa dibilang, blogger saat ini sudah familiar dengan yang namanya kerjasama dengan brand. Tulisan blog yang tayang memang memiliki pasar tersendiri mengingat saat ini apa-apa nyari infonya browsing di internet. Ya, untuk skala lokal Indonesia, para penulis pasti pernah merasakan bagaimana menghasilkan cuan dari artikel blog yang di tulis.

Tapi pernahkah terpikir untuk belajar menulis penawaran kerja dalam Bahasa Inggris? Agar jangkauan klien kita pun sampai ke luar negeri, toh blog kita kan bisa dibaca sampai ke luar negeri, pasti bisa donk dapat klien dari luar juga. Nah, masalahnya itu menulis tawaran kerjasama itu gak mudah gaes.. tapi ya gak sulit-sulit banget juga. Intinya sih, kalau mau belajar menulis penawaran kerja dalam Bahasa Inggris ya semua bisa jadi mudah.

Itulah yang memotivasi saya terus belajar, upgrade skill, supaya kemampuan menulis tuh engga disitu-situ aja. Ada pengembangan diri, ada karya, ada hasil yang semakin hari berproses naik. Dan alhamdulillah, saya akhirnya menemukan momentum yang tepat untuk bisa dapat ilmu baru.

        Pada pekan lalu, 18 Mei 2024, saya berkesempatan ikut workshop bertema  "Blogger Pitching Letter Writing Class". Workshop ini adalah kolaborasi dari Bloggercrony, Carro Indonesia dan TBI (The British Institute) Depok, Cibubur, Kota Wisata. Sebenarnya awalnya acara ini diadakan offline di tempat yang biasanya jadi rujukan untuk jual beli mobil bekas, yaitu Carro Indonesia. Tapi karena yang di daerah ini mupeng ingin dapat ilmunya juga, jadi kami-kami yang di luar Jabodetabek ikut secara online melalui zoom. Meski demikian, kami masih sempet melihat mobil-mobil bekas yang cakep-cakep di galerinya Carro. Pantesan Carro di rekomendasikan untuk jual beli mobil ya. Apalagi inspeksinya dilakukan di rumah, dan langsung dibayar instan. Serius ternyata semudah itu ya, baru tau banyak tentang Carro karena ketika acara dapat penjelasan juga dari Ibu Susy Draviani - Partnership Manager Carro Indonesia dan ternyata Carro sudah hadir di Indonesia sejak 2017.

        Kembali ke acara, di kelas ini saya belajar menulis penawaran kerja dalam Bahasa Inggris terutama yang dipelajari adalah cara membuat proposal kerjasama melalui email. Saya ingat sekali dulu ketika saya masih kerja kantoran, kalau menulis email untuk klien yang di luar negeri, saya harus berpikir bagaimana cara menulis yang benar dan formal. Dulu mana ada google translate, pake kamus aja shay hahaha.. tapi lama-lama saya terbiasa dan lumayan mengerti. Jadi di kelas yang diadakan saat ini, saya seperti mengingat pengalaman saya dulu meskipun beda bidang pekerjaan, tapi intinya sama yaitu "memikat" hati klien yang di luar negeri.


        Kali ini narasumber atau coach yang mengajari kami semua berasal dari TBI. Taukan The British Institute yang udah jadi lembaga terpercaya untuk bidang kursus semacam ini. Apa sih manfaat secara umum bagi brand jika mengajak blogger bekerja sama? Nah dari TBI sudah di rangkum sebagai berikut:

Benefit for brands
dan serunya kelas kami di zoom dan offline

Bagaimana Belajar Menulis Penawaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Bapak Sugeng Riyadi dari TBI Depok memberikan ringkasan badan email yang sebaiknya kita ajukan yaitu:

  • Introduction artinya kita memperkenalkan diri termasuk memberikan salam hangat sebagai pembuka
  • Blog overview. Kenalkan juga blog yang kita punya sebagai "modal" untuk kerjasama
  • Collaboration ideas. Nah, apapun ide kerjasama yang kita miliki, ajukanlah dengan optimis
  • Benefits for the brand. Apa keuntungan bagi brand jika mau bekerjasama dengan blog kita.
  • Call to action. Penutup berupa salam sekaligus kalimat persuasif yang mengundang klien untuk setuju kerjasama.
Nah intinya sih begitu, dalam email mewakili seluruh keperluan kita dan tidak terkesan memaksa. Kita pun menunjukkan kita worth it untuk diajak kerjasama.

Jika klien telah membalas atau merespon, nah waktunya kita segera menjemput rezeki dengan memberikan respon yang baik dan positif. Perhatikan grammar, speling dan punctuation. Meskipun ikut secara zoom, kelasnya tetap menyenangkan karena tim TBI begitu interaktif dalam kelas belajar. Ada banyak latihan soal yang harus dikerjakan menggunakan breakout zoom selama belajar. Pengajarnya bisa menyampaikan dengan luwes. Ya wajar sih, Pak Sugeng adalah senior teacher di TBI.

Toefl Prediction Test dari TBI

        Senengnya lagi, sebelum mengikuti workshop ini, kami semua peserta mendapatkan fasilitas keren berupa Toefl prediction test secara gratis. Sayangnya nilai Prediction test saya kurang memuaskan bagi saya, hahaha. Angkanya masih di sekitar itu-itu saja sejak dulu, dan nilainya yang paling jelek di bagian structure, emang sesulit itu sih menurutku, huft... jadi termotivasi lebih banyak lagi belajar structure.

Sekilas tentang TBI

saya sudah lama sekali kenal TBI ini, mengikuti kelas TBI pun bukan pertama kalinya. Jadi saya tau benar bagaimana pengajaran para mentornya yang mudah di cerna, hanya kadang saya nya saja yang kurang praktek sehingga kadang lama-kelamaan lupa apa-apa yang terlah diajarkan. Tapi yang pasti kalau belajar English with the best ya TBI bisa diandalkan.


TBI Depok, Cibubur, Kota Wisata


Salah satu cabangnya yang support acara Belajar Menulis Penawaran Kerja dalam Bahasa Inggris ini adalah TBI Depok, TBI Cibubur, dan TBI Kota Wisata. Coba ya kalau aku tinggal di Jabodetabek pasti mudah mengaksesnya. Karena lokasinya sendiri ada ditengah kota dan mudah dijangkau. Di Depok sendiri, TBI sudah cukup lama berdiri sehingga TBI Depok Kursus Bahasa Inggris Terbaik. coba pantau deh di Instagram TBI Depok untuk informasi layanannya. Untuk teman-teman yang mencari tempat les bahasa Inggris di Cibubur dan Kota Wisata juga tersedia cabang TBI disana. 

    Bagi yang berencana meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya, bisa cek dulu beragam programnya yang tersedia sesuai usia, yaitu:

1) Very Young Learner (children age 4-6)
2) Children Class (Primary school students Grade 1-4)
3) Pre-Teenager Class (Primary school students Grade 5-6)
4) Teenager Class (Junior High School students)
5) Global English (High school students & adults)

TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata juga memiliki program khusus, yaitu:
1) Exam Preparation Class (TOEFL ITP, TOEFL iBT, dan IELTS) bagi siswa yang ingin
melanjutkan studi ke luar negeri dan untuk beasiswa.
2) Business Communication, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan
berbahasa Inggris dalam konteks bisnis.
3) Conversation Class, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan
berbahasa Inggris khususnya speaking skills.

    Kenapa saya katakan TBI ini recommended, karena pembelajaran TBI mengacu pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages), yaitu standar internasional untuk menggambarkan kemampuan bahasa dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Jadi kemampuan yang didapat itu menyeluruh. Trust me, belajar di TBI itu dibimbing sampai bisa tanpa ada yang mengetawakan jika kita melakukan kesalahan bicara. Jadi tidak usah khawatir soal usia tapi kemampuan masih belia.

        Dari acara workshop ini saya senang sekali bisa terus menambah ilmu. Bagaimana pun kegiatan akan terasa bosan kalau hanya jalan ditempat dan itu-itu saja. Kita harus terus berproses. Saya akan senang sekali jika dilain kesempatan bisa ikut kelas lagi baik yang diadakan TBI maupun Bloggercrony.

17 comments

  1. Wah, menarik banget materinya. Mengajukan penawaran kerja kudu menggunakan bahasa formal ya, dan kadang kita bingung kata-kata apa dan susunannya bagaimana yang sebaiknya digunakan. Dengan adanya pembelajaran seperti ini, pastinya dapat membantu kita banget ketika hendak mengajukan penawaran kerjasama

    ReplyDelete
  2. Menulis surat penawaran kerja sama dalam bahasa Inggris ada aturannya yaa. Selain sopan juga terstruktur. ..gak boleh terlalu pendek juga.

    ReplyDelete
  3. menarik banget ini sie mbaa materinyaaa...secara emak2 gini kadang kan sudah malas yaa buat mikir ribet hehe tapi disini kita jadi dapet ilmu baru bagaimana berhadapan dengan klien menawarkan jasa kita sehingga bisa memikat klien untuk kerjasama..sepertinya aku jg perlu ini mengasah lagi kemampuan inggris nya hehe

    ReplyDelete
  4. Menulis penawaran kerja yang efektif dalam bahasa Inggris adalah kunci untuk menarik pencari kerja, apalagi kalau kita melamar ke perusahaan multinasional dan meningkatkan peluang untuk bisa diterima juga di pasar internasional pastinya

    ReplyDelete
  5. Menarik banget pembelajaran dan pembahasan terkait membuat surat penawaran menggunakan bahasa Inggris. Pastinya harus menggunakan bahasa yang tepat, terrstruktur dan memikat.
    Keren lho TBI program yang ditawarkan sangat relate dengan kebutuhan jaman now. Ternyata TBI ada di Depok juga. Beberapa waktu lalu aku belajar lewat TBI juga nih via zoom dan pengajarnya sangat handal serta profesional.

    ReplyDelete
  6. Duuuh jadi inget juga zaman msh kerja hrs email pake BHS inggris ke siapapun di internal bank HSBC, Krn memang mau ngomong Ama staff Indonesia pun, wajib email-nya BHS inggris 🤣🤣.

    Tapi lama2 JD biasa. Naah sejak resign, bhaaay bhaaay mba.. memang yg namanya bahasa mah, hrs dilatih trus2an yaa. Dibiarin sebulan aja, JD gagap lagi 😅

    Sayangnya TBI ini jauuh semua cabangnya dari rumahku. PGN masukin anak deh. Biar mereka terbiasa juga dengan BHS inggris.

    ReplyDelete
  7. suka ikutan kelas seperti ini, dan tema yang diberikan juga nggak biasa yaitu kepada blogger. Dan blogger sendiri cukup sering membuat proposal penawaran ke client, kalau pakai bahasa Inggris terlihat lebih wow gitu ya

    ReplyDelete
  8. Menulis penawaran kerja bahasa Inggris ini menjadi langkah penting untuk bisa bekerjasama dengan klien asing ya mbak
    Peluang makin menjanjikan

    ReplyDelete
  9. Wah ketemu lagi dengan Mbak Ruli di kelas TBI hihi semoga nanti ada kelas yang bareng lagi yaa seru nih belajar di TBI menyenangkan dan meriah

    ReplyDelete
  10. Wah ketemu lagi dengan Mbak Ruli di kelas TBI hihi semoga nanti ada kelas yang bareng lagi yaa seru nih belajar di TBI menyenangkan dan meriah

    ReplyDelete
  11. Wah keren banget ini. Sebagai blogger, atau pekerja kreatif, kudu bisa nih kita bikin proposal kerja berbahasa Inggris kayak begini ya. Aku selama ini selalu minta tolong suami. Abisnya English-ku payah banget. Keren Mbak Ruli ikutan course-nya. :)

    ReplyDelete
  12. Wah keren banget ini. Sebagai blogger, atau pekerja kreatif, kudu bisa nih kita bikin proposal kerja berbahasa Inggris kayak begini ya. Aku selama ini selalu minta tolong suami. Abisnya English-ku payah banget. Keren Mbak Ruli ikutan course-nya. :)

    ReplyDelete
  13. Wah ini penting banget kalau emang kita mau dapat tawaran dari brand-brand luar negeri mesti belajar dan pilihan yang tepat kalau ke The British Institute terdekat.

    ReplyDelete
  14. Wah, ini menginspirasi sekali..
    Jadi semangat ikutan bikin "Blogger Pitching Letter" kan yaa..
    Tawarinnya ke suamik duyu, sebagai latian. Syapa tau mau kerjasama dengan bayarin domain sama hosting blog langsung 10 tahun.

    Tapi beneran deh..
    Sebelumnya tuh kaya bikin pake canva doank gitu kan yaa.. Asa kurang menarik karena ideku gak pernah aku kolaborasikan gitu.. Selalu berdasarkan arahan klien. Padahal kita bisa juga tuh punya rules yang unik akan karakter blog kita. Sehingga gak ngilangin ciri khas blog sendiri.

    ReplyDelete
  15. wah keren acaranya jadinya bisa mengajukan penawaran kerja sama ke brand luar. aku juga pernah ikutan kursus online di tbi ini dan seruu

    ReplyDelete
  16. wah keren acaranya jadinya bisa mengajukan penawaran kerja sama ke brand luar. aku juga pernah ikutan kursus online di tbi ini dan seruu

    ReplyDelete
  17. Lama banget aku ga nulis atau belajar Bahasa Inggris. Kagok kemarin pas ikut tes TOEFL di TBI. Tapi memang Bahasa Inggris ini banyak manfaatnya ya mba

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..