Merawat Aki Motor Matic Tua

Cara merawat aki motor tua jenis matic


Aki motor punya peranan penting dalam penggunaan motor sebagai pemberi daya listrik yang biasanya paling utama digunakan untuk menyalakan mesin motornya. Keberadaan aki ini yang memudahkan kita menyalakan sepeda motor cukup di pencet tombol starter dan nyala. Tanpa aki, harus effort bagi kita terutama kaum perempuan menyalakan motor.

Beberapa waktu ini aku sangat kesulitan pergi bekerja karena sepeda motor matic yang biasa kukendarai selalu sulit di nyalakan. Aku tau, tak selamanya kita bisa berlindung dengan kalimat "namanya juga perempuan" jadi tidak bisa merawat motor. Tapi nyatanya ya memang begitu, aku sadar banget motorku ini tidak kurawat dengan baik.

        Aku tau sekali, yang menyebabkan motorku mogok tidak bisa di starter adalah karena motorku tidak pernah dipanasi di pagi hari, dan akhir-akhir ini aku belum servis rutin. Biasanya selalu kupencet starter langsung cuss pergi, aku bahkan tidak sabar memanasi mesinnya barang 10 menit perhari. Begitulah bertahun-tahun sampai akhirnya akinya rusak, orang sering menyebutnya aki tekor.

Drama motor matic tua

        Aku memiliki motor matic yang usianya cukup tua, tahun depan dia akan berganti plat untuk yang ketiga kalinya. Jenisnya adalah Honda Vario yang aku beli ketika anak pertamaku lahir. Anak pertamaku bahkan sekarang sudah kelas 2 SMP. Memanasi motor bagiku itu sulit karena aku tidak bisa memasang standard kaki dua dan di engkol kaki. Aduh apa sih istilah umumnya, aku biasanya menyebutnya di engkol, hahaha.

    Setiap pagi aku kesulitan menyalakan motorku. Kenapa tidak dibantu suami? Nah pekerjaanku ini masuknya siang, bisa di jam 9, jam 11, sedangkan suamiku pergi ke kantor di pukul 07.00 pagi. Jika beliau memanaskan mesin motorku di pagi hari sekitaran pukul 06.30 itu ketika aku akan menggunakannya biasanya mesin motorku udah dingin lagi, jadi tetap aku kesulitan menyalakan starternya. 

        Para ibu atau cewek-cewek pasti related banget gimana kondisi kalo motor nggak bisa dinyalakan dengan starter. Kita bukan ahlinya masang kaki standard 2 dan ngengkol manual.

        Akhirnya aku membawanya ke bengkel karena sudah tak tahan lagi dengan kondisi ini, hahaha. Benar saja, montir bengkel bilang aku harus mengganti akinya. Syulitttt... kita harus nunggu gajian dulu karena ternyata harga aki itu ya enggak murah-murah amat kalau ditanggal tua, iya gak sih. Daftar harga aki motor setelah aku survey itu antara Rp 180.000-260.000 sekalian biaya pasangnya.

Merawat Aki Motor Matic

Sebenarnya perempuan pun bisa kok merawat aki motor matic agar tetap sehat. Cuma kadang ya males atau gak bagus-bagus amat merawatnya karena bukan bidang keahlian perempuan. 

1. Rutin memanaskan mesin motor 15 menit setiap hari

Memanaskan mesin motor bisa dilakukan siapa saja, meski kesannya gabut dan buat apasih, buang tenaga aja. Tapi rutin memanaskan mesin motor membuat kondisi mesin lebih sehat dan tetap bagus performanya

2. Melakukan servis rutin

Selain ganti oli dan mengecek performa motor matic, tentu ketika servis akan memeriksa kondisi aki juga. Sehingga melakukan servis rutin tentu akan bikin aku juga lebih terawat.

3. Jangan memaksakan starter elektrik jika sulit dinyalakan

Tidak semua motor memiliki fasilitas starter injak alias engkol. Jadi salah tips menjaga aki tetap sehat adalah dengan tidak memaksakan diri menggunakan starter listrik ketika sulit dinyalakan. Ketika aki sudah terasa soak/aus. Gunakan starter injak atau segera ke bengkel terdesak untuk memeriksa akinya.

4. Menggunakan aki berkualitas

Aki berkualitas itu selain menyamankan kita berkendara tentu juga menjaga keseluruhan motor tetap terawat. Aki berkualitas tentu saja adalah aki yang asli dan di beli di bengkel yang sudah menjamin keasliannya produk-produknya.


Aki berkualitas di Planet Ban

5. Siap mengganti aki tiap 2-3 tahun

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, terutama matic. Tentu saja kita harus siap mengganti aki bila sudah 2-3 tahun. Bukan karena rusak saja tapi memang umurnya aki sebaiknya di kisaran 2-3 tahun itu. 

    Bila tidak ganti mungkin ya endingnya seperti motor saya tadi yang keburu akinya tekor dan akhirnya mogok di waktu-waktu tak terduga.

Pada intinya sih bila kita memiliki motor, terutama yang matic dan usianya sudah tua, selama kita bisa merawatnya dengan baik maka performanya akan baik-baik saja. Seperti sepeda motor saya ini meski usianya sudah mau 15 tahun, tapi secara penampilan masih oke, dan performa mesinnya tidak terlalu rewel. Dia hanya perlu servis rutin dan memang mengganti part-part tertentu bila sudah mencapai usia maksimalnya. Sebagai pemilik kendaraan bermotor tentu itu hal yang wajar. Jadi apapun motor matic kalian, jangan lupa dirawat ya akinya.

29 comments

  1. Dulu saat belum ganti motor, sering banget mogok di tengah jalan, entah karena aki atau masalah ban. Memang motor itu harus dirawat rutin biar tetap lancar meski usianya sudah tua ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya justru semakin tua harus semakin rajin perawatannya ya kak sash

      Delete
  2. Nah urusan aki juga harus selalu diperhatikan. Apalagi jangan sampai mogok di tengah jalan karena akinya soak. Mending rutin dirawat dan diganti bila perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jangan nunggu sampe mogok kalo mau ganti aki mah, nanti kaya aku dramanya

      Delete
  3. Aku tuh kelemahannya malas manasin motor. Padahal penting banget panasin motor sebelum digunakan. Dan bener deh servis rutin itu perlu

    ReplyDelete
  4. Wah aku punya 1 motor matic tua nih mbak Alhamdulillah gak rewel. Tapi betul banget harus tetap dirawat supaya makin awet dan berfungsi ya motornya. Tugas memanaskan motor ini untungnya udah aku serahkan ke anakku skr

    ReplyDelete
  5. Kuncinya motor kondisi bagus itu emang rutin service, cek mesin dan kondisi aki motor jadi motor selalu dan kondisi bagus, satu lagi kondisi ban juga wajib diperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya rutin servis dan cepat tanggap kalo ada sparepart yg harus ganti ya

      Delete
  6. Aku juga punya motor matic tua, Mbak. Sekarang lagi ngadat kayaknya kena akinya juga. Urusan pemanasan pagi saya udah nyerah, nunggu suami aja nyalain pakek slah manual. Emang aki motor kudu banget diperhatiin. Ribet kalau mati apalagi kalau sedang di luar rumah.

    ReplyDelete
  7. mantap si kakak punya motor dirawat betul hingga hampir 15 tahun, buah dari rutin servis ya

    ReplyDelete
  8. Nyetir motor udah hampir 10 taun tapi paling nggak peka urusan service2an. Pernah juga lupa ganti oli sampe keruh banget katanya. Huhuhu

    ReplyDelete
  9. Wahhh kalo cew mah emang paling seneng pake doang wkkwk. Aku juga sih. Tapi penting banget kita lebih aware ama motor kita sendiri, ngga tergantung suami buat service. Jangan lupa ceki2 akinya juga yah.

    ReplyDelete
  10. Toast samaan kita maticnya udah tuwir juga ..kadang ya ini perawatan aki sering lupa yg penting bisa jalan aja padahal sangat2 hrs diperhatikan yap ganti min 2 th sekali y

    ReplyDelete
  11. Nah, ini dia penting banget memilih aki berkualitas dan juga melakukan perawatan secara rutin. Ternyata memanaskan motor setiap hari itu penting ya, kadang kalau motor lagi enggak pergi kemana-mana suka enggan gitu manasin motor, pembelajaran banget nih dan beneran beli aki berkualitas itu better di Planet ban, udah terpercaya kualitas jempolan.

    ReplyDelete
  12. Namanya kendaraan tuh biar tetap prima harus rajin ya mak servicenya. Karenakan mereka dipakai sehari-hari jadi tetap harus dirawat. Terutama akinya ini ya yang harus jadi perhatian, kudu wajib dicek ini ya.

    ReplyDelete
  13. Adek aku motornya udah tua renta juga nih. dari dia sma sampe sekarang udah kerja alhamdulillah masih awet. kuncinya ya di perawatannya itu mbak. biar awet

    ReplyDelete
  14. Aduh, sama kayak aku lagi, aku juga ngga pernah manasin motor. Pokoknya starter langsung gas aja. Pantesan motor beat-ku pernah tiba-tiba mogok pas nganter anakku sekolah. Alhamdulillah waktu itu di handphone ada kuota internet, jadi bisa pesen ojol buat anakku, dan aku bisa hubungi suamiku untuk minta dijemput.

    Cuma memang, sulitnya punya motor matic itu harus distandar ganda untuk manasin. Kalo ngga bisa standar ganda ya terpaksa didudukin aja 10-15 menit. 🙈

    ReplyDelete
  15. Beberapa waktu yang lalu pas lagi pergi sama ibu, tiba-tiba double staterku juga nggak bisa dinyalain. Untunglah aku tuh kuat mengangkat standar tengah, tapi ya tetap aja, ternyata setelah dibawa ke bengkel, katanya accu nya udah lemah. Wah ini sih kudu nabung lagi biar bisa mengganti accu.

    ReplyDelete
  16. Nah sama dengan anak perempuan saya yang jarang manasin motor kalau mau pergi. Dia gak sabar, pengen langsung pergi aja tanpa harus manasin motor. Kendalanya juga sama, gak bisa standar ganda hehehe...
    Jadi kalau mau manasin motor harus sama ayahnya atau adik laki-lakinya.

    ReplyDelete
  17. kapan hari motorku sempat ngambekkkk eh ternyata busi waktunya gantiii 😤😴🤣 memang motor kudu dirawat dgn seksama ya

    ReplyDelete
  18. Nah pengalaman aku seputar aki ini bikin heboh juga, pasalnya ga ada engkol motor NMAX tuh, tiba2 mati dijalan. Karena tau ga mau maksain, aku diemin dulu, eh jalan lagi. Trus, besok2nya mati lagi, ga nyala2, lanjut deh manggikin anak komunitas motor buat nyetep ke bengkel. Memang yaa, perlu banget perawatan berkala nih.

    ReplyDelete
  19. Aku termasuk gak bisa memasang standard kaki dua. Jadi kalau manasi ya ikut nongkrong di atas motor. Udah 5 tahun ini dan belum ganti aku. Kudu siap-siap aja sih meski motorku gak terlalu sering dibawa jalan jauh

    ReplyDelete
  20. Motor matic tua kalau dirawat dengan baik akan wus wus tanpa kendala di jalan. Papa mpo rajin merawat motor matik

    ReplyDelete
  21. Kalau waktu cukup biasanya manasin motor sekitar sepuluh menitan gitu sebelum berangkat
    Tapi biasanya suami yg manasin motor tuh sejak subuh. Mau dipakai atau enggak. Rajin dia mah

    ReplyDelete
  22. Kadang kalau lagi males, saya suka langsung tancap gas heheh padahal harusnya dipanasin dulu ya biar aman aki motornya.

    ReplyDelete
  23. Mba tosss, kita tim motor tua, btw kalau aki motor mati itu memang sesuatu ya, harus ngengkol, saya nyerah hehe

    ReplyDelete
  24. Artikelnya mencerahkan banget mak... Kalau saya, jangankan service motor, nyetirnya aja engga bisa, belum berani, huhuhu...

    ReplyDelete
  25. Mba motornya sama dengan punyakuuu alhamdulillah motor tua awet hihihi salah satu gak gak pernah aku skip adalah service berkala 3 bulan sekali, dan selalu dipanaskan bebetapa metit sebelum dipakai. Oli pun wajib dengan kualitas baik ya mba

    ReplyDelete
  26. Kadangkala permasalah aki motor matic yang sudah tua itu jadi masalah yang gak asyik pas lagi momen buru-buru, atau pas momen berangkat kerja, alhasil seringkali biasanya ngakalinnya untuk proses pemanasan mesin, pakai starter kick dulu, jangan langsung pake starter yg distang...

    kalau pun udah soak, ya mau gak mau beli dan ganti aki baru

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..