Culinaryschools.org, Game Online edukatif Untuk Anak dan Dewasa

Anak-anak liburan sekolah ya? Mulai bosan dengan game di gadget yang itu-itu saja? Bosan juga dengan tayangan youtube yang sudah pernah di tonton semua? anak-anak usia SD seperti anak saya yang laki-laki semua ini sepertinya belum bisa juga beribadah secara penuh. Dalam pikiran mereka isinya main dan main. Saya tidak percaya pada akhirnya saya menemukan game online semenarik dan seedukatif ini untuk anak-anak saya di tengah banyaknya game online yang kurang edukatif saat ini yang biasanya hanya membuat kecanduan.


Culinaryschools.org


Culinaryschools.org: Free Online Kids Cooking Games


Jadi awalnya saya menemukan rekomendasi game online ini di internet dan berhubung saya sudah capek menyuruh anak saya berhenti main game online, saya memilih untuk mencarikan mainan lain yang mungkin lebih menarik tapi tetap edukatif di sela-sela libur bulan ramadan. Tentu saja maunya kita ramadan pun digunakan untuk belajar. 

Cilunaryschool.org ini ternyata menawarkan ratusan game online yang menolong para orang tua untuk menangani anak-anaknya bermain game online dengan menyelipkan edukasi dan tetap berpikir sesuai usianya. Game disini rata-rata bisa dimainkan anak usia 3-6 tahun keatas. tentu saja anak usia dibawah tiga tahun tidak disarankan terpapar layar gadget. Anak saya pun usianya sekarang adalah 8 tahun sehingga saya mengijinkannya.

    Sedikit informasi bahwa game ini ternyata friendly untuk digunakan di ponsel ataupun dekstop dengan HTML5 web design. Game disini dulunya meskipun gratis tapi tetap bebas iklan, tapi seiring dengan popularitasnya kemudian ada iklan di beberapa games untuk mengimbangi biaya hosting yang semakin besar. Tapi apapun itu, bagi saya itu tetap menarik. meskipun anak saya laki-laki permainan seputar makanan ini menarik karena semua anak tentu suka makanan, bukan?

  Ratusan permainan dalam website culinaryschools.org ini terbagi dalam 4 kategori:
  1. Food education games
  2. Serving eaters
  3. Other fun food - Themed games
  4. Brain games

Permainan apa yang menarik di Culinaryschools.org ??


Ada banyak sekali permainan yang dicoba baik oleh anakku bahkan aku juga turut memainkannya, karena memang seru untuk mengisi waktu di sela-sela waktu bekerjaku yang di depan laptop. apa ang aku sukai dan anakku sukai tentu saja berbeda. Beberapa permainan bagiku sangat kekanak-kanakan dan membosankan, tentu saja karena aku bukan anak kecil lagi. Tapi bagi anakku tidak demikian, tentu kami beda pendapat bukan? dan itu wajar karena anak kecil suka permainan.

      Awalnya aku coba bermain "Meat Suika Game" dalam permainan ini mengumpulkan semua bahan makanan yang sejenis. Setiap betemu mereka akan pecah dan berubah menjadi ukuran yang lebih besar, kesemuanya bahan-bahan makanan. Di setiap perubahan bentuk anakku mengenali makanan apa itu. sambil bermain sambil belajar soal bahan makanan. Jika gagal menjaganya, layar akan penuh dan kami pun kalah.

meat suika games

Ketika sudah bermain agak lama dan kalah berkali-kali kami pun mencoba bermain yang lain yang tak kalah seru yaitu tentang "Recycling games" dimana pada permainan ini anak-anak akan belajar bagaimana mengolah sampah dalam rumah. Ini sangat edukatif dan menyenangkan karena belajar sambil bermain. Salah satunya adalah permainan twin the bin dimana anak akan belajar memisahkan dimana sampah plastik, sampah organik, sampah kertas ataupun kaca. 




Segala permainan yang ada dalam website ini related dengan kehidupan sehari-hari. yang mungkin jika kita mengajarkan secara langsung kepada anak, belum tentu akan semenyenangkan website ini. Tentu saja kita akan kesulitan mencarikan contohnya, butuh effort yang lebih besar daripada sekedar membuka website. Hanya saja sayangnya segmen permainan ini kadang benar-benar hanya untuk anak kecil sehingga level permainannya biasanya cukup pendek dan kemudian mengulang lagi dari awal. bagi anakku yang usianya hampir 10 tahun dia agak kesulitan menemukan games yang levelnya panjang dan terus menantang. Tapi karena begitu banyaknya games yang tersedia, meskipun levelnya pendek namun serasa tak habis-habis, hahaha.

        ada juga satu permainan yang anakku suka, yaitu idle farming business, dimana di permainan ini anak bisa belajar bertani, semacam mengelola lahan pertanian. Disitu anak akan belajar membeli bibit, menanam, lalu menunggu hingga panen dengan merawatnya. Setelah panen dan dijual, mendapatkan uang lalu uangnya di gunakan membeli bibit tanaman lain yang lebih mahal, membuka ladang baru, panen dan seterusnya. Anakku jadi tahu, mana sih harga bibit tanaman yang lebih mahal, sehingga harga jualnya juga lebih tinggi. Related banget sama harga-harga sayuran sehari-hari.



Review khusus pro or cons culinaryschools.org


Secara umum, saya sangat menyukai website ini, tapi saya perlu memberikan rekomendasi mana yang pro dan cons dari permainan online ini

Pro:
  1. Games ini gratis, cukup modal kuota
  2. Pilihannya sangat banyak
  3. Permainannya edukatif dan related sehari-hari 
  4. Design warna dan sound sangat menyenangkan
  5. Mudah di akses dan dipahami anak Indonesia
Cons:
  1. Level permainannya pendek
  2. Tampilan mobile (potrait) kurang nyaman jika dimainkan di laptop/dekstop

     Tidak ada masalah berarti ketika menggunakan website ini, masih banyak sekali games yang ingin saya mainkan. Mungkin lain waktu akan saya review lebih banyak lagi.






13 comments

  1. pilihan yg menarik dan edukatif bangettt ya mba.
    karena bs tetap bermain dan dapat pengalaman, insight dan wawasan menarik

    ReplyDelete
  2. Gamenya keliatan bagus ya. Saladin lagi demen belajar masak nih (yang basic aja) jadi dia bisa nih main game di culinary School. eh bundanya juga pengen main wkwkkw.

    ReplyDelete
  3. meskipun hanya seputar dunia kuliner tapi ternyata cukup lengkap ada yg dari menanam, memasak, menyajikan makanan hingga memilah sampah..mungkin karena disarankan utk usia 3-6 th jadi level permainan nya cukup pendek untuk anak2 yg sudah diatas usia tersebut ya mba :)

    ReplyDelete
  4. Menarik banget sampai ada 4 kategori gitu dan aku tertarik sama kategori Brain games. Beneran keren nih game buat anak-anak, bukan sekedar ngegame tapi banyak nilai-nilai edukatifnya, udah besar kemungkinan jadi anak IT nih para gamers sejak dini. Intinya memang harus jadi orangtua yang solutif ya mba, semangat membersamai anak-anak, sehat selalu 😇

    ReplyDelete
  5. Edukatif banget seh ini dan sepertinya menyenangkan kalau mainnya, pilihannya juga banyak jadi kalau bosan satu bisa nyoba yang lain. Menarik.

    ReplyDelete
  6. Naah terkadang itu masalahnya, kurang panjang dan level nya jadi kurang menantang utk anak2' yg udh gedean kayak anakku 😅. Mereka beberapa kali mainin. Tapi ya itu, cepet bosen jadinya.

    Ujung2 balik lagi ke games yg levelnya banyak dan menantang 😄.

    Seharusnya mereka memang menyediakan games yg lebih panjang sih yaa

    ReplyDelete
  7. Otw Bookmark ah. Kadang aku tuh butuh game-game ringan kayak begini, yang cuma dimainkan ketika lelah atau selang waktu aja.
    Aku males main game-game berat apalagi yang online gitu di hape. Soalnya lumayan ganggu produktivitas.

    ReplyDelete
  8. aku kira isinya cuman game masak-masak mbak, ternyata bervariasi ya
    aku demen nih mainan yang kayak begini, ga mainan ular tangga aja, atau mario bross, bosen juga
    kalau mainan online tapi edukatif meskipun yang main orang dewasa ga bakalan bosen juga

    ReplyDelete
  9. Seru banget ya webnya menyediakan berbagai game kuliner untuk anak dan dewasa, anak-anak bisa tertarik untuk mendalami dunia kuliner nih

    ReplyDelete
  10. Yuhuu gak cuma anak2 aja yang doyan main game di cullinary schools ini. Saya juga suka karena gamenya bagus2 dan apalagi bertemakan kuliner. Jadi sambil main game bareng anak sambil edukasi mereka juga tentang kuliner

    ReplyDelete
  11. Gamesnya bikin gemeess sii..
    Senengnya selain bikin happy juga ada unsur edukasinya. Jadi mabar tuh sambil emaknya juga bisa kasih insight gitu yaa..

    ReplyDelete
  12. Warna-warnanya lucuuuk ini di games-gamesnya, cocok memang ya buat nakanak atau orang dewasa yang turut mendampingi sekalian main XD aku udah cek websitenya, ternyata banyak bgt varian permainannya, kayanya seharian nggak cukup kalau buat coba satu-satu

    ReplyDelete
  13. wah kebetulan anak-anakku juga lagi nyari game yang bisa dimainkan di laptop. ntar deh aku intip web culinaryschool ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..