Pengalaman Kursus di TBI Kelapa Gading, English Blogging Seru

English Course for Blogger by TBI

Masyaallah Tabarakallah...

        Demi apa, akhirnya aku ngerasain les di TBI, iyaaaa..itu The British Institute. Kenapa girang banget, ia ituh kaya surprise aja. Udah dari lama pengen banget ngerasain belajar english di Institusi itu, tapi belum kesampaian. Kenal pertama dulu pas tinggal di Jakarta, orang-orang bilang lembaga ini salah satu lembaga terbaik buat belajar english untuk semua kalangan. Tapi saat itu punya anak kecil, kayanya engga memungkinkan aja nyari kegiatan di luar sementara kita merantau anak enggak ada yang jaga. Cuma sebentar merantau ke Jakarta, harus balik ke Kalimantan dan beragam kesibukan lain jadi keinginan untuk belajar disana masih kaya sekedar angan-angan yang terlupa. *malahcurhat   

 

    Dan bulan ini, seneng bangettttt akhirnya dapat kesempatan ikut short course dari TBI bersama komunitas blogger ISB (Indonesian Social Blogpreneur). Penasaran donk, kok bisa sih ikut kursus di TBI secara online padahal lokasiku di Kalimantan, dan apa saja yang dipelajari dalam waktu sesingkat itu, dan tentu saja bagaimana review setelah kursus tersebut. Simak sampai akhir ya.

Apa itu TBI? Siapa itu The British Institute?

    The British Institute (TBI) adalah salah satu institusi pendidikan yang bidangnya fokus kepada pembelajaran dan pelatihan bahasa Inggris yang berdiri sejak 18 Februari 1984. What? institusi ini bahkan lebih tua dari usiaku, gaes. Kerennya lagi, TBI ini telah didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) sebagai satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages). Aku sempat dengar istilah lisensi cambridge ini dulu, makanya pengen banget ngerasain bisa belajar di TBI ini.


TBI Kelapa Gading

        TBI memfokuskan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal dengan menerapkan pola pengajaran eklektik (eclectic approach). TBI diampu oleh para pengajar asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional, jadi kelas manapun yang diikuti pastinya akan disuguhkan kualitas belajar bersama coach yang kompeten.


Kenapa Kursus Bahasa Inggris di TBI Kelapa Gading?


Nah, sebagai informasi, tempat aku mengikuti kursus singkat kemarin adalah TBI Kelapa gading. mungkin ada yang bertanya juga kenapa harus TBI Kelapa gading. Ini dia alasan spesifiknya:


1. Berkualitas

Sebagaimana TBI yang lain, kualitas TBI Kelapa Gading tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan. 


2. Sistem pembelajaran beragam

• Offline learning
• Online learning

Terjawab ya, kenapa aku yang domisili di Kalimantan ini kok bisa sih akhirnya mewujudkan keinginan yang lama kupendam untuk bisa ikut belajar di TBI. Selama ada gadget dan signal internet yang mumpuni bisa kok ikut les di TBI. Jangan khawatir dimanapun lokasi kita tinggal dan sedang ada dimana saat jam les berlangsung, bisa...


Serunya kelas Zoom di TBI
bersama blogger berbagai daerah


3. Lokasi strategis

Nah, ini untuk yang ingin belajar secara offline. TBI Kelapa Gading ini posisinya di lokasi strategis yang sangat dekat dengan Lintas Raya Terpadu (LRT), pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. Bagi kalian yang domisilinya kelapa gading dan sekitarnya, Insyaallah nggak ada masalah ya.


4. Jadwal kelas variatif

Nah, ini juga mungkin akan menjawab pertanyaan dari banyak orang terutama yang seperti aku ini, emak-emak yang jam santainya itu terbatas banget sulit dicocokkan. memilih jadwal di TBI itu mudah karena jadwal belajar yang disediakan untuk para peserta kursus bahasa Inggris TBI sangat variatif dari Senin hingga Sabtu pukul 09.00 – 20.30 WIB. Jadi sangat bisa menyesuaikan sama kesibukan kita sehari-hari senggangnya di jam berapa. Intinya sih enggak masalah sesibuk apa kita, akan ada kesempatan untuk les di TBI.


5. Biaya kursus bahasa Inggris terjangkau

Biaya pasti jadi pertimbangan penting saat memilih lembaga kursus yang kita maunya bagus, tapi maunya juga sesuai kemampuan kan. Inilah yang jadi nilai plus tersendiri di TBI karena harganya cukup terjangkau dan di setiap bulannya selalu ada promo biaya kursus. Nah, khusus untuk bulan Ramadan kali ini, TBI Kelapa Gading menawarkan diskon sebesar 20% untuk seluruh program bahasa Inggris. Yakin nih engga mau ambil salah satu programnya??


6. Program kursus sesuai tingkat kemampuan & kebutuhan

Berapa usia kalian saat ini? galau dan malu mau kursus udah enggak muda lagi? di TBI ini, selain kelas untuk publik yang mencakup anak-anak hingga remaja, TBI Kelapa Gading juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Dengan demikian, karyawan perusahaan akan lebih banyak peluang untuk promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.


Nah seperti yang aku jalani kemarin adalah program kursus singkat untuk blogger. Jadi tentu saja tema pelajrannya adalah dunia blogging untuk meningkatkan kemampuan kami dalam menulis artikel berbahasa Ingrris. Kami dari komunitas blogger dimana peserta kursusnya pun adalah para blogger di Komunitas ISB.


“Biasakan diri dengan konten berbahasa Inggris untuk mengasah keterampilan pasif dan aktif baik berupa opini, ekspresi, maupun artikel deskripsi. Lakukan dengan seru dan tidak membosankan karena segala proses itu berperan penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.”

Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI

Berikut Program dan Media pendukung pembelajaran di TBI

Core Programmes
• Young Learner English

• Pre - Teenager English

• Teenager English

• Global English
• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
• Professional English

• Corporate Training


Customised Programmes

• Workshop for Professionals
• Private Classes

• International Exam Prediction Test

• Short Course


Powered by UTC

• ICAS
• Teacher Training

• CELTA
• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)

• Digital Learning

 

Review Kursus Singkat TBI

Jujur menurut aku kursus singkat di TBI itu berkesan banget, belajar 3 hari berturut bersama Coach Jemie Silaban. Itu rasanya lebih kaya ngobrol sama kakak. Beliau ngemong banget alias merangkul semua peserta dimana kami ini kemampuan English-nya tentu berbeda-beda tapi dapat membuat kami nyaman, berbaur. Dari yang tadinya di hari pertama malu-malu mau speak up sampe di hari ke 3 sepertinya rebutan untuk ngoceh dan bisa haha hihi ngetawain banyak hal lucu diantara kami.

        Dari hari pertama kita belajar teori blogging, yang nantinya baik di dalam bahasa Indonesia dan English teori ini sebenarnya akan berguna sekali. Membahas bagaimana caranya menulis artikel event kegiatan, lalu bagaimana mengulas review suatu film sampai di hari ketiga kami belajar bagaimana me-review makanan/produk. Setiap sesi berlangsung selama dua jam, tapi kalau boleh bilang sih, rasanya kursus singkat ini kurang lamaaaa. Kalau ada kesempatan pasti mau lagi deh.

TBI - Day 1

TBI - Day 2

TBI - Day 3


        Apalagi aku kan kursusnya di bulan ramadhan. Rasanya seru banget killing time mengikuti kursus ini. Haus lapar tetap terasa sih tapi bisa terabaikan saking serunya. Sampai-sampai aku bisa cekikikan bahas film sementara perutku juga ramai berbunyi berkaraoke ria minta asupan. What a day... hehe

        Setiap akhir session, kami diberikan homework ringan, yang tentu saja tidak sampai pusing ala pelajar sekolah, dimana setiap homework dibahas di pertemuan berikutnya dan dikoreksi di bagian mana salahnya. Disitu sebagai blogger yang meskipun kita menulis blog secara personal tapi diajari bagaimana menampilkan hasil tulisan kita bisa profesional seperti jurnalis dan memenuhi kaidah penulisan yang baik dan benar. Jadi kursus based on komunitas/profesional begini ternyata bermanfaat banget untuk membantu english di bidang pekerjaan kita bisa lebih mumpuni. Apalagi aku secara pribadi, akhir-akhir ini mendapat pekerjaan menulis artikel berbahasa Inggris biasanya agak-agak enggak pede dan banyak mengandalkan google translate. Cuma kan engga semua-semua terwakilkan menggunakan google, akhirnya terbantu lewat kursus ini juga.

        Blogger biasanya menulis artikel dengan lebih santai dengan bahasa yang mudah dicerna, nah semua itu tak bisa terwakilkan dengan google. Ada kalimat-kalimat santai yang istilahnya disebut bahasa "slank" yang kadang kita sematkan dalam blog pribadi yang memang mencirikan blog kita adalah personal. Saat kursus di TBI, kita diajarkan itu. Aku pun beberapa kali bertanya pada coach, Mr. Jemie tentang itu. Misalnya bagaimana kita mengucapkan "Biasa aja" in english? kan gak mungkin kita tulis usually, ya gak lucu, hehehe. Jemie menyarankan untuk menggunakan kata Standard/So-so/Mech. Bagiku, hal-hal kecil seperti ini penting, dan mungkin malu mau tanya ke orang untuk istilah sesimpel ini. Dan ada banyak kata 'santai' lainnya yang aku tanyakan kepada beliau selama kursus, well noted

        So far, belajar di TBI ternyata seru, menyenangkan dan sangat membantu. Sesuai lah sama harapan yang selama ini aku bayangkan dari sebuah institusi kursus sekeren TBI. Untuk kalian yang mungkin seperti aku, berdomisili bukan di kota besar yang ada TBI, aku rekomendasikan kalian mencoba kursus online disini. Selama jaringan internet di tempat kalian tinggal oke, punya gadget yang mumpuni ya why not, hidup kan harus terus bertumbuh jadi lebih baik, berilmu, sedangkan bahasa inggris ini adalah edukasi yang mungkin akan berguna sampai bila-bila, kita tinggal mengusahakan waktu luang dan rezeki lebih untuk memanfaatkan kesempatan ini. Setelah acara kursus singkat ini saja, aku sangat berterimakasih pada TBI Kelapa gading dan Komunitas ISB yang mengadakan kursus singkat ini. Karena dapat edukasi yang banyak dan salah satu impianku ngerasain kursus di TBI akhirnya terwujud.

======

    Buat teman-teman yang udah baca review aku dan mau informasi detilnya bisa langsung menuju ke TBI Kelapa gading ya atau menghubungi:

P:  +62 858-8242-5835

E:  infokg@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
YouTube : The British Institute
Instagram : @tbikelapagading
Facebook : TBI Kelapa Gading


3 comments

  1. Iya nih kayaknya sebagai blogger atau freelance writer perlu upgrade diri dg belajar bahasa inggris biar bisa menjangkau pasar luar negeri.. keren juga TBI ada kelas onlinenya, memudahkan yang jauh di Kalimantan ini buat ikatan

    ReplyDelete
  2. Bisa lancar berbahasa Inggris merupakan dambaan banget nih mbak. Apalagi ada kursus bahasa Inggris TBI yang akan membantu kesulitan belajar para members

    ReplyDelete
  3. Seru banget yaa kursus singkat di TBI jadinya kita bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris kita deh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..