Kenapa Para Pekerja Digital Wajib Punya Insto Dry Eyes

Solusi Mata kering untuk pekerja Digital Savvy


Assalamualaikum Warahmatullah...

Hai halo para digital savvy, duh bahasa sapaannya udah seperti anak gaul ya dicampur-campur. Gimana kabarnya perhari ini? Kondisi mata aman? Langsung to the point ya sesuai judul. Sudah mengalami belom yang namanya mata kering nih?

Oke, kembali ke awal dulu. Digital savvy itu apa sih?

Digital Savvy adalah orang yang memiliki kemampuan keilmuan yang mumpuni di bidang teknologi terkini, termasuk di bidang komputer dan tau cara memanfaatkan teknologi tersebut dimana Digital Savvy ini juga update tentang perkembangan teknologi terbaru. Orang biasa menyebutnya Tech Savvy.


Nah, dalam artikel kali ini saya menekankan orang-orang yang berprofesi di bidang digital, termasuk saya juga sebagai blogger dan banyak pekerja lain di bidang konten kreator atau bahkan bidang lain namun sehari-harinya berkutat dengan bidang digital dan teknologi terbaru. Misalnya para engineer yang pekerjaannya di depan layar komputer, arsitek, design grafis, design visual, atau juga para pelaku E-sport. Kesemua profewsi digital savvy ini sangat dominan menatap layar gadget.


Insto Dry Eyes wajib dimiliki para
Pekerja digital

Meski kini gadget telah dilengkapi beragam fasilitas misalnya anti radiasi, anti cahaya biru, kalau terpapar dalam waktu panjang, pasti ada saja efek tidak baiknya untuk mata. Memang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, tapi mau bagaimana lagi, ini kan pekerjaan. Mau tidak mau harus dilakoni sepanjang hari selama sekian tahun. Orang dengan profesi seperti ini, memang biasanya sudah passionnya disitu, sehingga tidak merasa keberatan dengan paparan gadget ini. Tidak terlalu memusingkan jika terjadi mata kering ataupun mata pegal atau mata sepet karena pekerjaan.

Salah Persepsi Tentang Mata Kering

Mata kering adalah kondisi ketidaknyamanan dalam penglihatan dimana mata tidak mengalami pelumasan yang baik dari air mata yang dihasilkan alami orang mata sendiri, kondisi ini biasanya disebut Keratoconjunctivitis Sicca (sindrom mata kering)

Air mata manusia terdiri dari air, minyak, lendir, protein dan garam. Unik juga ya, kok saya jadi membayangkan bahan bumbu di dapur, kecuali lendir, hehehe. Fungsi air mata disini adalah menjaga permukaan mata tetap lembab (basah) dengan cukup cairan, atau bisa disebut dengan melumasi. 

       Hal ini kadang bisa menimbulkan kesalahan persepsi masyarakat tentang mata kering itu sendiri, misalnya:

  • Berkaitan dengan Mata minus. Hal ini salah, karena mata minus atau plus biasanya adalah pengaruh dari usia, genetik dan gaya hidup, misalnya salah posisi  membaca. Atau bisa juga penggunaan kacamata yang lensanya tidak tepat ukurannya, tidak berkaitan dengan mata kering.
  • Bisa sembuh sendiri. Tidak sesederhana itu mata kering meskipun ada cara yang mudah dan sederhana dalam mencegah dan mengatasinya. Mata kering jika dibiarkan berlarut-larut, selain tidak nyaman juga bisa merusak lapisan bening di bola mata, wah serem ya. Dalam beberapa kasus yang parah bahkan diperlukan tindakan medis hingga operasi, seserem itu ya jika dibiarkan.

Solusi Mata Kering apa yang harus kita pegang saat ini sebagai digital savvy? sebelum kita sepakat untuk menemukan solusi yang tepat. Ada baiknya kita mengenali dulu, apa-apa tentang mata kering yang harus diketahui sehingga ketika mencari penanganan sesuai kebutuhan.

Gejala Mata Kering

  1. Mata terasa panas dan merah
  2. Mata seperti ada yang mengganjal atau seperti ada pasirnya
  3. Mata berair
  4. Penglihatan terasa buram namun membaik jika berkedip
  5. Lendir didalam mata yang biasanya ada setelah bangun tidur
  6. Mata lelah dan pegal
  7. Tidak nyaman jika terkena sinar matahari (silau)

Penyebab Terjadinya Mata Kering

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa mata kering disebabkan oleh kurangnya pelumasan pada bola mata. Maka sepertinya perlu juga kita ketahui kenapa mata jadi kurang pelumasan? kenapa juga yang harus waspada itu para digital savvy? meskipun sangat tak menutup kemungkinan profesi lain pun mengalami mata kering. Misalnya pekerja yang sepanjang hari menatap layar komputer, meski tak melulu menghadapi teknologi tinggi, tapi kegiatan yang berkaitan Microsoft office selama 8-10 jam perhari pun benar-benar membuat mata lelah, mata pegal dan sepet.


Mata kering, lelah dan sepet
Akibat lama bekerja dengan gadget

Inilah penyebab terjadinya mata kering:

1. Peningkatan uap air mata

Kok bisa ya uap air mata meningkat? bisa. Misalnya kita para digital savvy ini jarang berkedip karena menatap layar gadget untuk menyelesaikan pekerjaan atau orang yang mengalami sakit Parkinson. Ada pula karena cuaca kering dan berangin, otomatis terjadi peningkatan uap air mata. Kekurangan vitamin A, alergi, dan polusi udara juga memicu penguapan air mata, lho. Sederhana namun sering kita tidak menyadarinya.  

2. Penurunan produksi air mata

Nah, ini biasanya terjadi pada lansia, wajar kan ya semakin menua maka produksi air mata berkurang. Bisa juga konsumsi obat-obatan yang menurunkan produksi air mata, misalnya antihistamin, antidepresan, obat hipertensi bahkan obat jerawat bisa menurunkan produksi air mata. Saya udah kaya dokter aja ya kalau membahas obat-obatan. Tapi masih adalagi, misalnya pasca operasi laser mata atau terapi radiasi, efek sampingnya bisa menurunkan produksi air mata, meski mungkin tak semuanya pasti mengalami ini.

Bahaya Mata Kering Jika dibiarkan

Mata kering sebenarna bisa dianggap iritasi ringan dan mudah diatasi, tak perlu mengalami dalam waktu lama. Namun jika dibiarkan tentu saja bisa makin parah, dan bisa jadi berimbas ke komplikasi lainnya. diantaranya

  • Mata merah meradang (Konjungtivitis)
  • Gangguan pada penglihatan
  • Kornea mata rusak hingga mengalami Ulkus kornea (luka) dan perforasi
  • Infeksi bakteri yang terparah bisa menimbulkan kebutaan.
      Mengerikan sekali ya dampaknya, namun jangan kaget juga karena ternyata 5-34% penduduk dunia mengalami mata kering, jumlah penderita ini bertambah seiring dengan meningkatnya usia juga. Tau enggak sih bahwa perempuan juga lebih beresiko mengalami mata kering dibandingkan laki-laki. Nah, semoga setelah ini makin peduli ya sama mata kering untuk kalian yang hobi menatap layar gadget.

Solusi Mata Kering, Insto Dry Eyes

#SolusiMataKering apa yang paling kita perlukan untuk tetap bertahan jadi para digital savvy? Yang paling sederhana, mudah dan murah untuk mengatasi mata kering adalah dengan wajib punya Insto Dry Eyes. Selain karena mudah di dapat, harganya murah Rp16.000-18.000, juga praktis karena ukurannya kecil dan mudah dibawa kemana-mana.


Insto Dry Eyes, travel friendly

     Para digital savvy yang biasa bekerja dimana saja, sangat wajib nyimpan Insto dry eyes ini di tasnya. Kenapa harus #InstoDryEyes? kenapa bukan benda lain, seperti air mineral mungkin untuk cuci mata, atau obat-obatan lain?

Insto dry eyes adalah pelumas mata (lubrikan) yang bisa dijadikan treatment pengobatan untuk diri sendiri (self care) yang bisa digunakan untuk mata kering stadium awal alias gejala ringan ya. 

    Saya pribadi menyukai Insto ini sejak lama, karena memberikan sensasi adem setelah mata terasa panas jika berlama-lama menulis blog atau membuat konten. Bentuknya yang mungil memang membuat saya sering keselip kalau menggunakannya. Akhirnya sebagai solusi saya membeli dua buah, satu untuk di rumah di kotak obat dan satu lagi saya bawa kemana-mana, aman sentosa hehehe.

Kenapa harus Insto Dry Eyes?

     Karena Insto Dry Eyes adalah tetes mata steril yang tiap mL-nya mengandung Hydroxypropyl methylcellulose 3.0 mg yang efektif untuk melumasi mata seperti air mata, mengatasi mata kering stadium awal dan meringankan iritasi yang terjadi akibat kurangnya pelumas pada mata. Insto dry eyes juga mampu mengatasi mata kering pada mata palsu.


Gunakan Insto Dry Eyes sesuai dosis
Dan jaga gaya hidup sehat

     Tentu saja hal ini efektif jika digunakan sesuai aturan pakai yaitu 1-2 tetep pada tiap mata setiap hari. Jika sudah mengikuti aturan pakai namun mata kering tak juga teratasi, bisa jadi ada kemungkinan, sindrom mata keringnya bukan lagi stadium awal, namun sudah harus pengobatan lebih intensif ke dokter mata.

     Sebagai para pekerja di industri digital, tentu saja kita maunya mata kering yang dialami itu tetap dalam fase ringan, tak perlu ke dokter mata. Tapi tak cukup hanya Insto dry eyes, melainkan tetap perlu menjaga diri agar mata kering ini tak berangsur lama. Mau rajin pake Insto pun jika gaya hidup kita semrawut, bisa saja makin tinggi stadiumnya. Tak bisa semata-mata bertumpu pada Insto dry eyes lalu menyalahkan jika kurang efektif.

     Berikut saran untuk mencegah mata kering semakin parah:

  • Mengatur waktu mata menatap layar (manajemen waktu bekerja)
  • Menggunakan kacamata untuk mengurangi paparan polusi atau cuaca
  • Banyak konsumsi vitamin A dan sumber lemak untuk pelumas mata seperti jenis ikan-ikan laut
  • Membersihkan mata rutin dengan air setelah banyak beraktivitas
  • Mengurangi pemakaian lensa kontak dan riasan berlebihan pada mata
Dengan upaya maksimal seperti ini, baik Insto dry eyes dan pola hidup yang sehat, diharapkan kita tidak perlu mengalami hal-hal buruk dan drama akibat mata kering. Itulah sebabnya kenapa para pekerja digital savvy wajib punya Insto dry eyes.



Sumber:

  • Mata kering - Alodoktet.com
  • Penyebab Mata Minus bertambah - ciputrasmgeyeclinic.com
  • Sindrom mata kering - AVERROUS: Jurnal kedokteran dan kesehatan Malikussaleh vol.8
  • Penyakit Mata Kering - Continuing Medical Education - Media.neliti.com
  • Journal-medical.hangtuah.ac.id



40 comments

  1. Aku juga pake Insto dry eyes di rumah. Emang paparan sinar gadget bikin mata perih ya dan butuh tetes mata Insto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang baiknya sedia terus sih ya, soalnya gatau kapan tiba2 mata kering

      Delete
  2. Aku banget nih, sehari-hari harus mantengin layar HP dan laptop karena emang kerjanya gitu hehhee. Nah, iya dampaknya mata lebih mudah lelah serta cenderung kering..untungnya ada Insto Dry Eyes, solusi buat mata kering supaya kembali nyaman dan normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang kita menyepelekan ya, padahal kalo tiba2 mata lelah itu kerjaan terganggu jg

      Delete
  3. Wah iya banget, beberapa hari yang lalu kejar deadline sampai mata kerasa banget gatel. Pertama aku pikir gara-gara abis pakai mascara, tapi kayaknya lebih karena kelamaan aja di depan laptop. Lelah dia kasian. Langsung ditetes pakai Insto, biar nggak kering dan seger lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya langsung kerasa gak enak ya mbak kalo mata kering, malah kadang di ucek2 padahal mah tinggal pake tetes insto doank

      Delete
  4. Aduh jd serem bacanya. Sepertinya saya perlu stock nih, krn memang mata full digunakan utk lihat hape, komputer & baca. Mudah2an mata msh bs ketolong nih dgn obat tetes mata ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk sediakan di rumah mbak atau dibawa kemana aja, sebelum efeknya jangka panjang

      Delete
  5. Aku kira yang namanya mata kering itu cuma karena PAS lagi lelah, PAS lagi hectic-hecticnya pekerjaan atau pengaruh seperti yang ka Ruli sebutkan di atas. Ternyata, ada banyak lagi penyebabnya dan gejala yang biasanya kita bilang "Ah, cuma pegel doank.." atau "Ah.. cuma panas doank..."

    Padahal gejala tersebut harus segera diatasi dengan bantuan yang tepat, yakni menggunakan Insto dry eyes. Aku juga stok ternyataaa.. kayaknya suamik sii.. yang sering matanya merah karena kecapean liatin aku, eh laptop, maksudnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, emang yg di liatin suami cm mbak lendy seorang kok, yakiiinnn.. mbak lendy penting deh punya insto kan rajin nonton drakor tuuu

      Delete
  6. Aku baru tau looo istilah digital savvy hehe..emang baru ngetren apa udah lama ya kok kudet akuu wkwkwkwkwk
    Bener banget ini mb insto dry eyes emang solusi prakris wajib ada buat kita yg sering mantengin layar gdget biar mata tetap terhidrasi gak kering dan gampang lelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbaa..kalau tech savvy udah pernah baca tp jg nggak ngulik artinya. Jadi tau deh krna baca ini.

      Mata kering ternyata bisa sebahay itu kalau dibiarkan yaa. Harus aware bgt nih sama mata kering. Aku jg uda tau brand insto dr lama. Kalaubl soal obat tetes mata, insto ada di topmindku

      Delete
  7. Sekalian ngistirahatin mata dari layar gadget, tetesin deh Insto Dry Eyes, mata langsung terasa enteng banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget sambil jeda coffee break atau isoma, tetesin deh

      Delete
  8. Beberapa hari lalu ngerasain gejala mata kering, sumpah gaenak banget. Mana mata jd merah merona, bikin overthinking kemana-mana. Sepertinya wajib nyetok insto dry eyes ini deh biar nggak kejadian kayak kemaren lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diliatnya gak enak banget ya mbak, kek habis nangis atau teraniyaya hahaha

      Delete
  9. Di rumah juga aku sediain insto karena emang membantu banget kalau lagi mengalami gejala mata kering karena hari-hari kerjaanya menatap layar jadi emang rentan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang wajib sedia sih karena kan gak bisa diprediksi kapan mata lelah

      Delete
  10. Di rumah juga aku sediain insto karena emang membantu banget kalau lagi mengalami gejala mata kering karena hari-hari kerjaanya menatap layar jadi emang rentan ya.

    ReplyDelete
  11. Insto Dry Eyes penting banget yaa untuk digital savy biar matanya gak kering. Kalau mata udah kering tuh perih banget. Mau buka mata aja sakiiit.

    ReplyDelete
  12. Tapi iya sih, aku juga di rumah tuh sedia Insto Dry Eyes karena memang untuk pertolonga pertama. Kalau mata mulai gak enak, lelah dan merah pasti selalu aku tetesin mbak dan biar gak kering juga matanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang enak kalo uda sedia di rumah, kapan perlu tinggal tetesin

      Delete
  13. mak mata kering itu beneran gak enak banget tauk, rasanya perih, pedih trus mata jadi merah dan iritasi karena dikucek-kucek tapi alhamdulillah ada insto dry eyes

    ReplyDelete
  14. Seiring bertambah usia, produksi air mata mulai berkurang dan menyebabkan mata kering. Aku juga sedia nih Insto Dry Eyes di rumah. Biasanya kupakai sebelum atau sesudah bekerja di depan layar laptop. Soalnya ganggu banget sih gejala mata kering itu.

    ReplyDelete
  15. Hai, sang Digital Savvy, apa kabar?
    Sudah lama banget nih tidak bersilaturahmi ke rumah Acil Ruli.

    Btw,
    Bagiku pribadi, Insto itu sudah di level Top Of Mind, brandingnya!
    Keluhan mata ringan apalagi mata kering, yang terpikir, instantly, Insto!

    Lewat BW ini juga aku tercerahkan bahwa ternyata Insto juga punya beberapa varian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kakak, iya nih lama gak saling berkunjung ke blog yaaa, hehehe. Emang dari dulu kita suka samaan kalo masalah apa2 terkait kerjaan ngeblog ya. Termasuk pakai insto

      Delete
  16. Para pekerja digital sepertinya wajib punya Insto Dry Eyes. Karena aktivitas yang lama di depan laptop atau komputer bisa bikin mata kering.
    Saya juga kalau udah ngerasa mata pegel dan perih langsung tetes pakai Insto Dry Eyes.

    ReplyDelete
  17. Di rumah jg nyiapin Insto tapii yg dry eyes ini aku belum punya nih mba. Mata kering sungguh nggak enak. Pekerja digital kayak blogger butuh perawatan mata ekstra karena biasanya kerja menatap layar laptop atau hp. Rehat sejenak dan beri tetesan Insto untuk kesehatan mata ya mba

    ReplyDelete
  18. Sebenernya, aman ga sii.. ka Ruli kalau meneteskan Insto Dry Eyes ketika mata lelah?
    Karena anakku mulai mengeluh matanya aga blurry kemarin.. Kalau ditanya, "Apa kakak kurang istirahat?"

    Katanya, biasa aja.

    Jadi kepikiran bekelin Insto Dry Eyes biar bisa membantu kakak kalo di asrama dan mendadak matanya berasa kabur lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah aman dengan sesuai dosis ya, gak kebanyakan dan gak diminum, tapi di tetesin wkwkwk..

      Delete
  19. Buat kita yang kesehariannya natap gadget, beneran deh mata cepet kering. Produksi air mata berkurang, bahkan kadang-kadang mata suka gatal.

    Insto dry eyes solusi yg tepat dan praktis nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita mah hampir tiap hari menatap layar gadget, gimana lagi emang udah kerjaannya ya

      Delete
  20. Aku di rumah juga selalu sedia Insto dry eyes. Buat jaga-jaga soalnya kan kerjaan juga suka natap layar. Daripada nanti kenapa-kenapa. Kudu dicegah dulu biar tetap sehat terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mencegah lebih baik drpd mengobati. Pun sedia insto lebih baik drpd baru nyari pas iritasi mata kering

      Delete
  21. Karena setiap mata yang menatap layar, responnya berbeda
    Ada yang enggak apa apa meski lama
    Ada yang baru aja sebentar sudah perih
    Jadi memang butuh INSTO selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, kekuatan setiap mata berbeda, jadi kalo uda lelah dan merah emang butuh insto

      Delete
  22. Ternyata mata kering gak ada hubungannya sama seberapa parah minus melainkan karena keseringan menatap layar gadget atau bahkan salah posisi membaca yaa. Makanya yang sering berhadapan dengan layar atau baca kudu sedia obat tetes mata buat melembabkan mata seperti Insto ini ya mbak.

    ReplyDelete
  23. Ini penting banget buatku sebagai pekerja digital. Screen time ku tergolong tinggi karena kerjaan dan hiburan pasti ngadepnya layar monitor, baik komputer, laptop, HP, atau TV. Kalau udah sampe pediiihhhh banget, waktunya tetes mata dulu pake Insto

    ReplyDelete
  24. Setuju banget mbak Ruli kalau pekerja digital wajib sedia insto dry eyes. Karena sebelum mengenal obat tetes mata ini saya sempat ke dokter dan terkena mata kering, setelah dikasih obat tetes mata oleh dokter, sekarang saya selalu sedia Insto Dry Eyes. Kalau tiba-tiba mata kering tinggal tetes aja deh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..