Konten Galang Dana Untuk Warung Rezeki Duafa

Tim Warung Rezeki Duafa


    Saya sering takjub dengan pesatnya teknologi saat ini, bagaimana sebuah konten dari membangun bonding dengan seseorang bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun. Bagaimana kemudian sebuah konten membangun empati atau simpati, pun sebaliknya konten juga dapat membangun amarah dan membangkitkan emosional seseorang untuk berani bangkit dan melawan sebuah kejahatan. Sekuat itu power dari konten saat ini.


Hal itu juga tidak lepas dari bagaimana kreativitas si pembuat konten, bagaimana si pembuat ini memberikan rasa dan totalitas pada konten yang dibuat lalu akhirnya menyentuh hati banyak orang dan bagaimana kekuatan internet menyebarluaskan itu semua, hebat bukan?


Warung Rezeki Duafa


Tahun lalu, aku dan teman-teman membuat ide gagasan baru untuk mendirikan warung amal yang kami beri nama Warung rezeki duafa. Konsep warung ini sederhana, subsidi silang antara yang mampu silakan berdonasi, dan gratis bagi para duafa tentunya. Warung ini berdiri di halaman kantor kecamatan Banjarbaru selatan, tepat di samping pasar idaman Banjarbaru, pasar terbesar di kota ini. 

   Senang sekali karena Bapak Camat Banjarbaru selatan memberikan lapak untuk kami buka di halaman kantornya setiap jumat. Sehingga halaman luas ini memudahkan yang mau makan untuk bisa parkir dan makan di tempat yang teduh dan luas, tidak mengganggu jalan raya.

     Warung ini membebaskan bagi siapa saja yang datang dan ingin makan, kami menuliskan di spanduk, cukup bayar Rp5000 atau Gratis. Bagi yang ingin menyumbang lebih, tentu saja boleh. Bukankah sedekah yang paling utama adalah sedekah makanan. Karena itu menjadi darah daging ketika dinikmati.

Masyarakat Pengunjung Warung Rezeki Duafa


     Alhamdulillah keberadaan kami disambut baik masyarakat, jadi makanan apapun yang kami bawa selalu habis. Tentu saja kami membawa menu berbeda setiap jumat agar yang datang pun tidak bosan. Program ini telah berjalan hampir setahun. Seneng banget kan. Yang datang biasanya masyarakat yang di sekitar, para ojol, pedagang asongan, pekerja buruh pasar, pasukan kuning, pekerja lepas instansi-instansi hingga para pegawai negeri di sekitar warung. Kami tidak membatasi siapapun yang datang, bahkan pegawai pun ada masanya tidak punya uang kan? Dan bagi yang memiliki rezeki berlebih, biasanya juga akan berdonasi lebih banyak untuk warung.


Sumber Dana Warung Rezeki Duafa

Pasti banyak yang menanyakan ini, bahkan wartawan yang datang wawancara pun menanyakan ini. Karena banyak orang pun menanyakan ini. Sudah pasti dari sedekah, sudah pasti dari Tuhan, hehehe.. Aku tau jawaban ini belum memuaskan rasa penasaran. Pasti banyak yang ingin jawaban spesifik. Karena pastinya kegiatan ini bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan gerakan yang sama, juga memberikan informasi transparan darimana sumber dana kegiatan diperoleh, apakah dari parpol, perseorangan, atau dari yayasan tertentu, dan itu wajar dipertanyakan.


    Kami memang menyediakan kaleng celengan di warung bagi yang ingin membayar Rp5000, tapi dari pengalaman yang ada, pendapatan di kaleng celengan tidak pernah cukup dengan biaya operasional kami dalam menyediakan makanan. Pastinya tetap butuh donatur yang dermawan untuk mensupport dana operasional menyiapkan makanan. Kaleng uang itu hanya bagi yang berkenan saja, jika tidak punya silakan makan dengan gratis.


Instagram Warung Duafa


    Dana ini kami dapat dari konten sosial media yang kami bagikan. Aku dan tim membuat akun instagram, membuat quote atau foto berisi konten galang dana untuk operasional warung. Sejujurnya aku dan teman-teman bukanlah orang yang ahli membuat konten. Hanya saja dengan dukungan fasilitas internet provider yang memadai, maka konten apapun akan bisa dibuat. Dengan segala keterbatasan kami pun cenderung membuat konten yang natural, kegiatan di lapangan yang alhamdulillah menarik simpati para donatur yang kemudian berkenan bersedekah untuk dana kami menyiapkan makanan. Maklum, kami semua di tim adalah para ibu rumah tangga yang akhirnya rajin menyebar konten galang dana di sosial media untuk warung rezeki duafa ini.

   Perubahan dari tahun ke tahun memang membuat layanan internet provider makin luas, salah satunya jaringan telkom indonesia yang makin meluas. Jadi aku dan teman-teman warung semuanya sudah punya jaringan IndiHome di lingkungan rumah kami tinggal. Kami menggalang dana dengan membuat konten cukup dari rumah saja. Atau kadang cukup aku membuat konten lalu teman-temanku akan repost di sosial media mereka masing-masing, semudah itu bukan menyebarkan konten untuk galang dana.

Ibu Para Tukang Sapu Pasar


Justru dari konten kami yang ala kadarnya dan cenderung apa adanya di tampilkan, alhamdulillah berhasil menarik para donatur untuk memberikan support dana. Berkat uluran dana inilah kami bertahan hingga saat ini.


Ide Awal Berdirinya Warung Rezeki Duafa

    Tentu saja semua ada inspirasinya. Internet provider IndiHome di rumah yang kencang dan unlimited, membuat jajahan sosial mediaku makin melanglang buana. Aku melihat banyak sekali yang membuka warung makan gratis atau cukup bayar seikhlasnya, ada pula warung yang berbayar Rp2000 saja. Dari situlah aku membicarakan ide awal bersama teman-teman dan alhamdulillah timku menyambut baik dan mau sama-sama berjuang membagikan konten-konten untuk menggalang dana. 

Konten tentu tak muluk-muluk, kami bagikan bagaimana suasana ramainya warung ketika hari jumat, kami pamerkan betapa lahapnya mereka menikmati makanan hasil dari donasi para donatur. Kadang kami pamerkan anak-anak kecil duafa yang makan enak, para ojol yang beramai-ramai makan di sela-sela menerima orderan, para petugas taman yang kelelahan pasca menata taman kota dan para pasukan kuning petugas kebersihan yang baru saja selesai membersihkan jalan dan sedang lapar-laparnya. 


    Harapan kami simple, semoga setiap konten yang kami bagikan, baik foto atau video dapat menarik simpati dan mengundang para donatur untuk terus bersedekah. So far, cara ini berhasil. Tentu saja, rasa syukur kami tak lupa berterimakasih pada telkom Indonesia yang terus memperluas jaringan dan meningkatkan kecepatan layanannya, makanya konten galang dana kami bisa menjangkau donatur yang jauh bahkam hingga lintas provinsi. Para pemakai IndiHome mana nih suaranya?

Bukan Sekedar Galang Dana

    Kencangnya layanan provider internet saat ini, membuat konten yang mengundang simpati masyarakat ini semakin marak. Tak sekedar galang dana, kadang konten-konten juga kami buat untuk menggalang donasi pakaian bekas, mengajak masyarakat berkegiatan sosial seperti donor darah, ataupun sekedar menginformasikan kondisi duafa-duafa di sekktar kita agar mendapatkan bantuan dana. Jadi rasanya membuat konten yang mengundang simpati atau empati kini tak lagi jadi masalah, karena tujuannya baik yaitu untuk membantu.


Konten Galang Dana
Untuk warung Rezeki Duafa

   Doakan ya warung rezeki duafa yang aku dirikan bersama tim, bisa terus berjalan, terus mendapatkan bantuan dana dari berbagai kalangan masyarakat dan dapat sedikit meringankan beban hidup masyarakat yang membutuhkan makanan. 

   Dari artikel yang aku tulis ini, semoga bisa menginspirasi teman-teman untuk bisa menggunakan internet provider yang ada di sekitarnya untuk hal-hal positif terutama kegiatan kemanusiaan. Jangan pikirkan konten itu bagus atau tidak, meski bukan orang yang jago ngedit dan bikin konten kreatif, lama-lama nanti kemampuan terasah sendiri. Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana hasil dari konten-konten tersebut dapat menjadi penolong bagi orang lain yang membutuhkan.

12 comments

  1. Warung dengan konsep seperti warung rezeki duafa ini jg pernah ada di dekat tempat ku tinggal, tapi sayang cuma bertahan sebulan, padahal yg berkunjung ramai.. salut loh, sama Mba Ruli and the geng yang bisa konsisten mempertahankan kegiatan ini sampai setahun.. semoga awet dan konsisten selalu ya mbaaa

    ReplyDelete
  2. Masya Allah inspiratif sekali, apalagi di tengah kondisi perekonomian yang karut marut seperti saat ini. Kehadiran warung seperti ini sangat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga semakin maju, mendapatkan suport dari pihak-pihak terkait, sehingga operasional bisa berjalan lancar. Semoga tim di balik layar senantiasa diberikan kesehatan, kemudahan, dalam setiap urusan sehingga bisa selalu menebar manfaat untuk sesama, aamiin.

    ReplyDelete
  3. Berkat adanya jaringan internet yang cepat dan stabil, semua kegiatan penggalangan dana pastinya jadi cepat dan lancar.
    Jadi pengen juga bisa ikutan penggalangan dunia.

    ReplyDelete
  4. Alhamdullilah mbak, konten galang dana untuk warung rezeki duafa sudah mendapat sambutan dari para donatur, semoga semakin banyak donatur yang menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu para duafa serta orang-orang yang membutuhkan uluran tangan. Keberadaan internet membantu banyak hal dalam kehidupan masyarakat, termasuk kebutuhan berdonasi dan tahu kemana donasi bisa disalurkan.

    ReplyDelete
  5. Subhanallah mulia banget mbak apa yg mbak lakukan bersama teman-teman. Semoga warung dhuafa ini diikuti oleh banyak orang di kota lainnya

    ReplyDelete
  6. Wah... ide nya beneran brilian nih. Bisa membantu banyak orang dengan cara yang menyenangkan. Semoga makin banyak yang tergerak untuk membantu dan juga makin banyak yang terbantu. Internet memang bisa digunakan untuk banyak hal positif ya

    ReplyDelete
  7. MashaAllah, kak Rulii.. keren sekali.
    Bergerak bersama untuk memberikan bantuan melalui Warung Rezeki Duafa ini sangat inspiratif, Bergeraknya yang berawal dri sosial media dan semoga terus berkembang dan menjangkau para dhuafa ke wilayah yang lebih luas.

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, selalu inspiratif nih Mbak Ruli. Dukungan dari bapak Camat hingga dukung provider internet sangat membantu kelancaran usaha baik ini, ya. Semoga mb Ruli dan tim selalu sehat, dan diberikan kemudahan untuk terus menjalankan Warung Rezeki Dhuafa ini.

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah tabarokallah semoga Allah mudahkan semua urusan semua yang berperan di dalamnya. aamiin

    ReplyDelete
  10. Semoga bisa selalu konsisten menggalang dana untuk membantu yang membutuhkan ya mbak aamiin

    ReplyDelete
  11. Masyaallah keren ini mba. Ini baru namanya emak2 irt beraktivitas penuh manfaat. Membantu sesama yang membutuhkan

    ReplyDelete
  12. Mba Ruli semoga warung ini akan trus ada yaaa. 🤗. Supaya para dhuafa dan orang sekitar yg membutuhkan juga bisa menikmati hasilnya. Insyaallah aku mau rutin juga nanti di sini mba

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..