HokBen Hadir di Banjarmasin, Pasti Aman Pasti Halal


Opening HokBen Banjarmasin


    HokBen akhirnya membuka cabang ke 350 di Banjarmasin, yeaaa... Makanan kesukaan aku sejak zaman kuliah ya gaes, yang saladnya menjadi idola karena banyak tutorial untuk nyontek saladnya HokBen. Merasa beruntung banget sih aku menjadi segelintir umat yang bisa ngicip HokBen saat opening kemarin di Dutamall Banjarmasin. Aku dan teman-teman Female Blogger Banjarmasin mendapat undangan VIP untuk menghadiri talkshow bareng LPPOM MUI Kalimantan Selatan yang bersamaan dengan openingnya

Talkshow Pentingnya Makanan Halal

    Yang bikin aku excited banget untuk datang adalah talkshow bertema "Pentingnya Makanan Halal" dari LPPOM MUI Kalsel dengan narasumber Ibu Lya Agustina, STP, MSi selaku Kepala bidang audit LPPOM MUI Provinsi Kalsel. Selama aku jadi aktivis di Halal Corner mungkin hanya tau kulit luar seputar audit makanan halal. Tapi dari acara ini aku tau bahwa untuk status halal dari skala UKM hingga resto besar seperti HokBen itu sangatlah rumit dan banyak sekali kriterianya.


Lya Agustina, STP, MSi dari LPPOM MUI Kalsel


    Pentingnya makanan halal ini juga tentunya disertai status "Thoyib" yang artinya makanan tersebut aman untuk di konsumsi. Aman dalam artian tidak ada kandungan berbahaya, sanitasinya baik, tidak bersentuhan dengan yang najis dan kesemuanya digabung dalam satu kesatuan menjadi status sertifikat halal. Itulah kenapa, proses halal itu tidak mudah dan harus diakui skala perusahaan dan UKM yang komit akan halal ini artinya benar-benar sungguh niat menjamin produknya.


Apalagi untuk yang memiliki sertifikat halal sudah bertahun-tahun dan tetap stabil. Artinya memang serius menjalankan manajemen halal dalam korporasinya. Bahkan Ibu Lya sendiri menyatakan bahwa sertifikat halal ini tidak bisa di nego karena tanggung jawabnya tentu kepada Allah dan seluruh umat yang mengkonsumsinya. Tak hanya muslim, makanan yang tidak halal bahkan wajib di musnahkan dan hanya boleh di konsumsi untuk hewan, tidak untuk diberikan ke yang non muslim.


HokBen Berkomitmen Pastikan Semua Gerai Aman dan Halal

    Bapak M. Khairul Bashori, selaku Area Manager HokBen wilayah Kalimantan dalam sambutannya bahwa HokBen telah memiliki sertifikat halal sejak 2007 dan berkomitmen untuk terus mempertahankan predikat sertifikat halal tetap berada di grade A. Setelah saya konfirmasi ke Ibu Lya, apa itu grade A? Ternyata grade A adalah sertifikat halal yang berpredikat excelent, yang memiliki sertifikat halal (SH) juga memiliki Sistem Jaminan Halal (SJH) dan telah berturut-turut memperpanjang status halal tanpa kesalahan. 

    Bapak Khoirul menambahkan bahwa HokBen memang memiliki tim manajemen halal sendiri, yang solid dan  benar-benar aktif menjaga komitmen halal HokBen. Ditengah maraknya edukasi makanan Halal, ketika resto-resto banyak membuat masyarakat ragu, HokBen sudah lebih dulu meyakinkan masyarakat dengan sertifikat halalnya. Jadi ketika ada yang bertanya, mana ya rekomendasi kuliner bercita rasa Jepang yang Halal, enggak usah ragu untuk merekomendasikan HokBen karena sudah dijamin HokBen pasti aman dan halal dan aman.


38 Tahun HokBen di Indonesia

Hokben hadir sejak tahun 1985, ya tidak berbeda jauh dengan usia saya yang lahir di tahun yang sama, hehe. Saya bahkan baru kenal HokBen di tahun 2008 ketika kuliah di Surabaya, karena tidak ada di Kalimantan. Jadi rasanya senang sekali akhirnya HokBen melebarkan sayap ke area Kalimantan. Banjarmasin adalah gerai kedua di Kalimantan setelah Pontianak. Menurut Pak Khoirul, berikutnya adalah Samarinda, Palangkaraya, dst. Kini tak perlu lagi HokBen untuk jadi oleh-oleh, semua sudah bisa makan HokBen langsung dine-in di gerai urutan ke 350 ini, yeay!!!


    By the way, awalnya aku pikir HokBen ini merk resto Jepang, tapi ternyata tidak. HokBen ini murni karya anak negeri, walaupun memiliki citarasa Jepang dan Icon jejepangan. Tapi tidak, HokBen adalah salah satu merk lokal yang bahkan dibanggakan oleh Pak Jokowi sebagai merk lokal yang mampu bersaing menjadi industri besar. Wajar saja sih, karena HokBen juga banyak menerima penghargaan, antara lain: Penghargaan dari HerStory Indonesia Moms Favorite Kids Brand Awards 2022 in category ‘kids Restaurant’, Brand of the Year 2017 – 2018 Quick Service Restaurants Indonesia dari World Branding Awards, Indonesia Best Millenial Women Brand Choice 2021 with Great Marketing Strategy in category Fast Food dari Warta Ekonomi, Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia dari Survey Brand Asia 2017 Nikkei BP Consulting, Inc cooperation with Markplus,Inc dan Penghargaan ‘Millenials Top Brand Awards’ dari Warta Ekonomi di tahun 2019.


Komitmen HokBen terhadap Lingkungan

    Kalian termasuk orang yang concern terhadap lingkungan? memikirkan sampah-sampah makanan? Jangan khawatir, saya juga baru tau sih kalau ternyata HokBen juga sangat peduli lingkungan. HokBen saat ini tengah berkolaborasi dengan Rebricks untuk bisa mendaur ulang sampah plastik mika bekas HokBen menjadi bahan bangunan roster sehingga bisa dipakai lagi di HokBen sebagai bagian dari disain interior HokBen Duta Mall Banjarmasin. Pembuatan 1 roster berbahan dari 10 plastik mika bekas HokBen. Kerjasama ini telah menghasilkan 12 gerai HokBen yang menggunakan eco-roster dan HokBen sudah mengolah 17.380 plastik mika atau sekitar 150 kilogram sampah plastik mika dari limbah sisa makanan konsumen, wow... aku bangga donk bisa makan HokBen dengan tetap peduli pada sisa limbahnya.


Roster dari limbah bekas HokBen


Nah, ini tadi segelintir kisah aku ketika mengikuti opening HokBen di Dutamall, Banjarmasin. HokBen kini telah resmi beroperasi pada 10 Maret 2023 dan ada banyak sekali promo menarik hingga 31 Maret 2023 nanti. So, langsung saja datang kesana ya.

2 comments

  1. Wah kalau aku ke Banjarmasin wajib ke HokBen nih. Memang menurutku HokBen ini rasanya bisa diterima Lidah Masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah sempat makan di hokben ini sebelum antriannya mengular. hihi. senang deh ada franchise masakan jepang yang sudah terjamin kehalalannya jadi kita sebagai muslim nggak perlu takut yaa makan di sana

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..