Daftar Kuliah di STEM Prasetiya Mulya, Ini Benefit yang kamu Dapat


STEM Prasetya Mulya 


Sebagai seorang ibu, saya sering banget mendengar curhatan ibu-ibu lainnya tentang kemana anak mereka harus kuliah. Bagaimana pun orang tua turut memegang kendali sebagai pemberi ijin kemana anaknya akan kuliah, jadi kita sering bicara jurusan apa yang prospek ke depannya bagus, lulusannya berkualitas, dan dimana lokasi kampusnya.

Pernah dengar Prasetiya mulya? Kenal donk, itu salah satu sekolah bisnis ternama di Jakarta. Saya sendiri sudah kenal sekolah bisnis ini sejak 12 tahun yang lalu, expert banget kan ya. Sekolah bisnis seperti Prasetiya mulya ini sering saya sarankan kepada teman-teman yang memiliki anak dengan ketertarikan di dunia bisnis. Hanya saja kan enggak semua anak menyukai bisnis saja, banyak anak menyukai bidang science, technology, engineering dan mathematics (STEM). Lalu menghadapi kebutuhan masyarakat sekarang sudah berdiri STEM PrasetiyaMulya.

Sedianya memang para pemuda Indonesia harus mahir di segala bidang ya, mempunyai passion tinggi di seluruh aspek agar bisa menjalankan negara ini kelak. Jadi untuk para ibu atau teman-teman yang sedang galau mau masuk kuliah, enggak ada jurusan yang sreg atau juga ingin jadi bagian dari kerennya Universitas prasetiya mulya ya, langsung aja berselancar di webnya.


Pandangan Tentang Prasetiya Mulya

        Sebelum berselancar langsung ke web STEM Prasetiya Mulya (STEM - Prasmul) saya mungkin akan bagikan sedikit pandangan saya tentang kampus ini jika teman-teman berencana memasukinya. Ketika melihat berbagai jurusan kuliah, jangan sekedar memikirkan jurusan yang sesuai hobi, sesuai passion, tapi pikirkan juga kemana peluang kerja dari jurusan yang akan dipilih. Kira-kira nih, kelak kalua bekerja disitu akan betah atau tidak? Bedakan sekedar hobi atau passion dengan pekerjaan yang akan dihadapi seumur hidup, kemana peluang karir yang kira-kira benar-benar kita menyananginya.

        Pandangan saya berikutnya adalah bagaimana jurusan yang kia pilih mampu menghadapi tantangan masa depan. Kira-kira di masa yang akan dating nanti, jurusan ini diperlukan enggak sih? Peluang kerjanya besar enggak sih. Yah, meskipun rejeki itu rahasia illahi dan kita enggak tau kemana Tuhan membawa, tapi wajib banget sebagai manusia kita menggunakan kemampuan kita untuk mencoba melihat peluang.

        Factor lainnya adalah fasilitas yang disediakan di kampus. Mungkin banyak yang berpikir, kalo memang anaknya pinter sih yap inter aja. Fasilitas pas-pasan pun dia akan berhasil. Mungkin pendapat ini perlu diluruskan. Untuk apa sekolah-sekolah dan Universitas menyediakan fasilitas kalua itu tidak berdampak? Bagaimana pun, fasilitas membuat siswa atau mahasiswa mempunya nilai plus daripada yang tidak memiliki fasilitas. Ada hal yang dimiliki daripada sekedar punya ilmu pengetahuan, melainkan punya keahlian.

Microscopy lab - STEM

CHEMISTRY LAB - STEM


    
    Dua sudut pandang saya diatas di fasilitasi di STEM prasetya Mulya, pertama adalah karena setiap jurusan di STEM sudah melampirkan kemana peluang karir yang cocok dengan bidang-bidang tersebut, jadi sebelum memilih kita sudah ada gambaran, oh nanti karirku akan begini. Kedua, di STEM Prasmul, memiliki jurusan-jurusan yang di masa akan datang akan sangat dibutuhkan seiring dengan makin kompleksnya bidang bisnis yang diciptakan manusia. 

        Nah, plusnya lagi karena bidang-bidang tersebut berduet dengan bisnis, gimana sih perpaduan belajar Science, Technology, Engineering dan mathematics dengan dibumbui pelajaran bisnis di dalamnya? Harapan kita tentu besar sekali. Dimana Ketika lulus kita tak sekedar jagi di bidang STEM, punya tambahan skill dari fasilitas yang ada di Kampus, tapi juga mampu berbisnis di bidang tersebut. Sesuai sama jargonnya sih menurut saya yaitu “Future Life Skills”. Sebagai orang tua, sepertinya kampus ini bisa ku jadikan rekomendasi untuk anak-anakku.

 

Jurusan Di STEM Prasetiya Mulya

Nah, sampai disini mungkin sudah terbuka insight untuk memilih jurusan apa. Jadi langsung saja aku informasikan sedikit tentang jurusan di STEM
1.      S1 Computer System Engineering
2.      S1 Food Business Technology
3.      S1 Sofware Engineering
4.      S1 Renewable Energy Engineering
5.      S1 Product Design Engineering
6.      S1 Business Mathematics
 
        Wah kayanya enggak ada yang cocok nih sama minat aku? Mungkin ada yang bilang begitu, tapi tunggu dulu. Setau saya, dari 6 jurusan ini baru induknya, di dalamnya tentu saja ada spesifikasi keahlian lagi  yang bisa dilirik dan diseriusin dalam mengejar karir nanti. Misalnya nih, tertarik sama Prodi Product Design Engineering(PDE), Program ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan akan sarjana dalam bidang pengembangan produk yang mempunyai kompetensi dalam mendesain dan menginovasi produk.
        Berarti kerjaannya selama kuliah Cuma design produk saja. Nanti setelah lulus enggak punya keahlian lain donk selain design produk. Ya enggak donk, karena didalamnya juga akan ada pelajaran kewirausahaan, bisnis, kesempatan kolaborasi dengan pihak-pihak lain, sehingga pada akhirnya kita tak sekedar bisa design tapi juga bisa jadi pengusaha di bidang tersebut. Aamiin…
 
        Ada juga yang tanya, aku suka matematika bangettt, tapi ntar kalua aku belajar S1 Matematika aku bakal jadi apa? Apa sekedar jadi guru matematika? Big No, di STEM Prasmul, Pendidikan matematika tak sekedar rumus tapi juga ada pelajaran bisnis matematika, juga peluang karir yang bisa dikejar misalnya menjadi data Scientist, Management Analist, Supply ChainAnalyst, Actuary, Quantitive anayst dan berbagai bidang terkait matematika lainnya, keren kan. Membuka insight banget kalau sudah membahas Pendidikan ini, aku selalu antusias untuk ini.
 
        Terakhir aku Cuma mengabari kalau ada ketertarikan khusus dengan salah satu jurusan di STEM PrasMul, ini pendaftaran gelombang 2 sudah berakhir yakni 14 september 2021-11 Oktober 2021. Silakan daftar ke gelombang 3 saja yaitu 26 Oktober - 15 November 2021, masih ada waktu buat mempersiapkan, Kuy daftar secepatnya.
 

14 comments

  1. Wah keren jurusannya, bisnis matematika terdengar bagus, tapi saya tidak bakat dalam keenam jurusan tersebut. :)

    ReplyDelete
  2. Bener banget orang tua pasti bingung banget mau kuliahin anaknya di mana, kadang juga berselisih paham. Anak pengin ini, sedangkan orang tua penginnya ini.

    ReplyDelete
  3. Nah itu, sering kali berselisih soal kuliah tapi memang harusnya sesuai bakat. Apalagi kuliah di STEM bagus dan keren.

    ReplyDelete
  4. Kampus ini cocok banget untuk orang yang visioner. Ketika sudah tahu arah kita akan kemana, akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan apa saja termasuk pemilihan jurusan dsb. Lagipula jurusan2 yang potensial dibutuhkan di masa depan toh juga disediakan oleh Prasetiya Mulya.

    ReplyDelete
  5. Banyak jurusan spesifik yang dibutuhkan didunia kerja, cocok banget bagi yang ingin langsung kerja setelah selesai kuliah. semuanya terjawab dengan kuliah disini ya kak

    ReplyDelete
  6. STEM ini tempat kuliah yang sesuai dengan perkembangan zaman, ya. Cocok untuk generasi milenial yang selalu berhubungan dengan teknologi. Fasilitasnya juga lengkap.

    ReplyDelete
  7. Prasmul awalnya terkenal di sosial krn manajemennya ya. Skrg STEM mulai dikembangkan krn banyak dibutuhkan juga ya.

    ReplyDelete
  8. Terbilang unik dan inovatif yaa.. Karena Jurusan Di STEM Prasetiya Mulya sudah sangat fokus dengan satu bidang minat. Ini pasti materi yang dipelajari bisa lebih dalam dan spesifik nih.. Cocok banget di dunia kerja yang kompetitif.

    ReplyDelete
  9. Ahaaa!
    Kayaknya aku bakal infoin ke sohibku mbaaa
    anaknya ada yg udah mau lulus SMA dan masih clueless mau nerusin ke mana
    Makasiii ya

    ReplyDelete
  10. Bisa jadi pilihan buat ibu-ibu yang lagi cari tempat kuliah visioner buat anaknya ya mbak.

    ReplyDelete
  11. Iya ya kalau pola pikir tradisional belajar matematika ya nanti jd guu pdhl bisa lebih berkembang lagi ya mbak.
    Aku sering dengar soal kampus ini mbak, kyknya bagus ya. Jurusan juga kyknya strategis menciptakan lulusan terbaik yg siap menghadapi masa mendatang. Apalagi gak sekadar dididik jadi pintar namun yang lebih penting kudu unya skill ya

    ReplyDelete
  12. Allhamdulillah ada STEM Prasetya Mulya yang memudahkan siswa merujuk. Pada satu minat dan bidang ya Mba Ruli. Dulu aku masuk SMA, ternyata enakan SMK menjurus langsung

    ReplyDelete
  13. Jurusannya keren-keren banget dan kayaknya memang hanya berfokus pada bidang ilmu teknik saja ya mbak

    ReplyDelete
  14. Aku pernah denger STEM Prasetya Mulya tapi belum pernah menginjakkan kaki kesana sih tapi memang cukup familiar. Btw dari sekarang aku dah kasih wejangan ke anak-anakku nanti apapun jurusannya pokoknya pilih sesuai minat mereka aja hehe.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..