Motor component


Geoman Electrical DNY provides products such as motor components in Singapore, with pre-sales communication with on-time delivery and prompt after-sales support.


Penting Lakukan 6 Hal Ini Saat Terjadi Pemadaman Listrik Bergilir!


Pemadaman listrik bergilir menjadi salah satu keadaan yang sudah sering terjadi dan pasti akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena adanya permintaan listrik yang melebihi batas kapasitas tertentu pada suplai daya dari beberapa jaringan. Pasti akan merepotkan saat terjadi pemadaman listrik bergilir kalau kamu tidak siap. Oleh sebab itu, kali ini kami akan memberikan cara aman dan nyaman dalam menghadapi pemadaman listrik bergilir. 


Apa saja upaya yang perlu kamu lakukan jika pemadaman listrik bergilir ini terjadi? 


1. Menyediakan sumber penerangan alternatif

Upaya pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengantisipasi saat terjadi pemadaman listrik adalah dengan menyediakan sumber penerangan alternatif. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pilihan terbaik saat terjadi pemadaman listrik yang lama. Ada banyak pilihan sumber penerangan alternatif yang bisa kamu pilih, mulai dari lampu senter, lampu emergensi, lampu teplok hingga lilin. 


Jika kamu punya lampu senter atau emergensi maka diperlukan sebuah baterai cadangan. Tetapi kalau kamu memilih menggunakan lampu teplok atau lilin, harus memperhatikan penempatannya. Hindari meletakkan lilin atau lampu teplok dengan benda-benda yang mudah terbakar supaya tidak terjadi kebakaran nantinya. 


2. Menggunakan Genset / Generator Set

Menggunakan Genset atau Generator Set ini juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ketergantungan tinggi pada aliran listrik. Dengan genset ini kamu bisa dengan mudah mengantisipasi saat terjadinya pemadaman listrik kapanpun. 


Jika kamu ingin menggunakan Genset letakkan di luar rumah ya, karena genset ini akan menghasilkan CO (karbon monoksida) yang bisa mengakibatkan keracunan. Ada 2 pilihan genset yang bisa kamu gunakan, yakni genset berukuran besar dan genset mini. Semua itu bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.


3. Tutup pintu kulkas ketika pemadaman listrik


Kulkas mampu memberikan kesejukan terhadap makanan supaya terjaga selama empat jam. Saat kondisi freezer penuh, makanan di dalamnya akan terjaga selama 48 jam. Tetapi kalau kamu menyimpan ASI di dalam kulkas yang sangat sensitif akan suhu, pindahkan saja ke dalam box es yang sudah terisi dengan es batu. 


Selain itu, makanan-makanan yang mudah membusuk juga harus kamu segera pindahkan ke dalam styrofoam maupun cooling box yang berisikan es batu. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah pisahkan makanan daging dan sayuran, jangan letakkan ke dalam satu cooling box.


4. Cabut semua peralatan listrik

Ketika terjadi pemadaman listrik bergilir segera cabut semua peralatan listrik apapun itu. Hal ini bisa mencegah terjadinya kerusakan pada perangkat listrik tersebut jika sewaktu-waktu terjadi daya listrik lonjakan. Teringat dulu ada teman kos ketika kuliah, komputer PCnya menjadi rusak gara-gara di lingkungan kami memang sedang waktunya pemadaman bergilir sementara ia tidak mencabut semua peralatan listrik ketika pemadaman terjadi jadi ya rusak.

Oh iya, aku dulu pernah juga lho menulis tentang bagaimana langkah-langkah menaikkan daya listrik untuk pemakaian skala rumah tangga, silakan mampir


5. Sediakan power bank

Jika kamu nggak punya genset, bisa menyediakan power bank. Power bank ini bisa menjadi perangkat penting untuk mengisi daya ponsel maupun sebagai penerangan juga. Karena beberapa power bank dilengkapi dengan senter. Jadi, kalau ponsel kamu terisi dayanya bisa mengabarkan anggota keluarga yang sedang di luar rumah.


Poweri


6. Perhatikan masalah keamanan pada rumah


Risiko kemalingan saat terjadi pemadaman listrik merupakan potensi tertinggi dan paling berbahaya. Oleh sebab itu, meskipun pemadaman listrik bergilir hanya sebentar kuncilah seluruh pintu dan jendela. Terlebih lagi kalau pemadaman listriknya lama dan kamu sudah mengantuk. Jangan lupa memastikan semua pintu tertutup dan terkunci supaya lebih aman dan nyaman, ya.


=====

Itulah 6 tips yang harus kamu lakukan jika terjadi pemadaman listrik bergilir. 6 tips tersebut perlu kamu lakukan untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik bergilir supaya tidak kaget dan bisa bersiap diri.






2 comments

  1. pengennya rumah selalu sedia genset, tapi karena genset harganya lumayan juga kecuali bagi mereka yang punya usaha makan genset perlu juga.
    jadinya kalau dirumah kudu siap sedia powerbank yang full atau senter baterai full

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harga genset itu bikin manyun deh. Aku biasanya sedia lampu emergency, jagain kulkas, kalo power bank aku biasanya ngecas ke minimarket hahaha

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..