Indonesia Fundraising Award 2020, Apresiasi tinggi untuk Fundraising Indonesia


Sesuai sila ke-3 Pancasila, Persatuan Indonesia. Indonesia memang di kenal sebagai negara yang penduduknya menjunjung tinggi semangat persatuan, dalam kebaikan tentu saja. Terbukti dengan menjamurnya komunitas-komunitas patungan dan berbagai lembaga kemanusiaan untuk membantu mereka-mereka yang membutuhkan. Bangga banget menjadi warga Indonesia melihat masyarakatnya banyak sekali yang dermawan dan banyak yang mau berjuang jadi relawan kemanusiaan. 


Perkenalkan Institut Fundraising Indonesia (IFI)



IFI adalah sebuah lembaga yang bergerak di bidang training fundraising profesional yang berkomitmen untuk menjadikan NGO Indonesia menjadi mandiri melalui public fundraising, IFI berdiri sejak tahun 2013.

Bahasanya agak berat ya, intinya lembaga ini mendukung lembaga-lembaga masyarakat yang sifatnya fundraising (kemanusiaan) agar bisa mandiri dalam banyak hal,  agar bisa membiayai semua kebutuhan secara mandiri, menjadi media yang  mempertemukan dermawan dengan target penerima dan menjadi profesional dalam bidangnya.

Lihat saja, saat ini galang dana untuk bencana alam, untuk menolong dhuafa yang rumahnya nyaris rubuh, menolong orang yang sakit parah, menolong anak pedalaman mendapat pendidikan dan berbagai hal lain, rasanya menjadi mudah sejak adanya berbagai fundraising di Indonesia. Bidang fundraisingnya memang banyak, ada yang fokus ke zakat, ke pendidikan, ke bantuan hukum, dsb.

Baca juga: Kemerdekaan, bukan hanya kisah veteran

Gagasan adanya IFI ini timbul karena keresahan terhadap minimnya kaderisasi sumber daya manusia di bidang fundraising. IFI juga lahir karena masih banyak lembaga sosial yang tidak berkembang karena  strategi fundraising yang kurang tepat. Karena itulah IFI hafir untuk menjadikan NGO Indonesia mandiri dan professional.

Indonesia Fundraising Award 2020

IFI sebagai Institut fundraising sangat mengapresiasi keberhasilan berbagai fundraising di Indonesia dengan mengadakan Indonesia Fundraising Award 2020. Apresiasi ini diberikan untuk fundraising yang bekerja dalam kebaikan untuk membangun Indonesia dan menjadikan kehidupan masyarakatnya lebih baik secara mandiri.

Wow, para penyelenggara fundraising pastinya tidak pernah terpikir akan ada award seperti ini ya, jadi merasa benar-benar di apresiasi dan makin semangat bergerak.

Direktur IFI, Arlina F. Saliman mengatakan, bahwa Lembaga-lembaga ini sangat harus diapresiasi keberadaannya karena telah menggerakkan kepercayaan publik untuk terus berbagi terhadap sesama. IFI merasa wajib untuk memberikan penghargaan kepada lembaga sosial kemanusiaan ini. Arlina menyebut, penghargaan ini juga diharapkan bisa mendorong lembaga sosial kemanusiaan agar termotivasi melakukan fundraising. “Karena tujuan fundraising sendiri adalah untuk kemandirian organisasi atau lembaga,”ujar Arlina

Acara penganugerahan ini berlangsung secara online, di simak dari berbagai kalangan seperti media masa, media online, bloger, para tokoh, termasuk para founder atau CEO berbagai fundraising yang masuk nominasi. Sekalipun dilakukan secara daring, penjurian tetap dilakukan secara profesional dengan dewan juri, Direktur KNKS Ahmad Juwani, Direktur IFI Arlina F.Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto.


Ada 16 kategori fundraising yang di berikan award dan 1 spesial kategori dalam Indonesia Fundraising Award 2020.




Pemenangnya sebenarnya pasti tidak asing lagi di telinga kita karena mereka-mereka ini sangat terkenal di bidang kemanusiaan.

1. Pemenang kategori Fundraising Zakat Terbaik yakni Dompet Dhuafa (DD). DD sangat dikenal oleh masyarakat karena lebih dari 25 tahun membagikan zakat ke seluruh kalangan penerima zakat. Eksistensi dan kemandiriannya tidak di ragukan lagi.

2. Pemenang kategori Fundraising Infak Terbaik, Baitul Maal Hidayatullah (BMH). BMH ini telah berhasil mengelola infak melintasi berbagai daerah di Indonesia. Setidaknya 287 pesantren telah eksis dan berkiprah, 5213 dai tersebar di nusantara, ribuan keluarga dhuafa telah terberdayakan dan mandiri, ribuan anak usia sekolah mendapatkan pendidikan yang layak.

3. Kategori Fundrasing Kemanusiaan Terbaik, pemenangnya adalah Aksi Cepat Tanggap (ACT). ACT sejak lama memang dikenal masyarakat akan dedikasinya terhadap berbagai masalah kemanusiaan baik dalam negeri dan luar negeri. Juga memiliki banyak kru yang siap ke lapangan ketika bertugas.

4. Pemenang nominasi Fundraising CSR Terbaik diberikan kepada Human Initiative. Human Initiative bahkan pernah menerima penghargaan dari BNPB karena dinilai telah berjasa membantu Pemerintah dalam penanggulangan bencana, 2018. Human Initiative juga semakin dipercaya menyalurkan CSR-CSR dari korporat karena sudah dikenal dedikasinya.

5. Nominasi Fundraising Digital Terbaik dianugerahkan kepada Baznas. Baznas dinilai selalu terdepan dalam inovasi-inovasi digital ketika melakukan kampanye kemanusiaan.  Baznas menggandeng banyak mitra agar bisa memudahkan masyarakat berpartisipasi ikut berdonasi. 

6. Platform Fundraising Digital Terbaik dianugerahkan kepada kitabisa.com. Kitabisa menggabungan pergerakan sosial dengan kekuatan teknologi digital. Telah banyak sekali donasi yang berhasil digalang oleh kitabisa melalui digital. Baik menolong yang sakit, bencana alam ataupun menolong program lain seperti pendirian bangunan fasilitas umum di masyarakat. Kitabisa dinilai sangat berhasil dan mandiri dalam bidangnya.

7. Penghargaan Fundraising Program Kesehatan Terbaik dianugerahkan kepada Palang merah Indonesia. PMI dinilai sangat tepat mendapatkan nominasi ini karena kiprahnya dalam bidang kesehatan. PMI telah berdedikasi membantu menyelamatkan ribuan nyawa melalui kantong darah dan bantuan kemanusiaan sejak puluhan tahun lalu. 

8. Fundraising Program Pendidikan Terbaik dianugerahkan kepada Yatim Mandiri karena telah berdedikasi tinggi dalam program sekolah unggulan.

9. Kategori Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik diraih  ICW yang sejak lama sangat aktif memberdayakan masyarakat agar berperan aktif melakukan gerakan pengawasan terhadap berbagai kasus korupsi di Indonesia.

ICW untuk IFA Award 2020

10. Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik diberikan kepada LBH Jakarta. LBH Jakarta dianggap sangat aktif dan berjasa mendampingi, memberi bantuan hukum kepada masyarakat.

11. Kategori fundraising wakaf produktif terbaik diberikan kepada Sinergi foundation. Sinergi Foundation berdiri sejak 2002 dan berfokus pada pengembangan kreativitas dan inovasi sosial masyarakat. 

12. Kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung diraih LMI, yaitu lembaga manajemen infaq dimana LMI memiliki banyak sekali cabang di Indonesia sehingga memang bergerak secara langsung ke masyarakat.

13. Fundraising Kurban Terbaik, dianugerahkan kepada LAZISNU. LAZISNU sejak lama sudah dikenal masyarakat untuk penyaluran hewan kurban dan dikenal sangat berdedikasi.

14. Fundraising Komunitas Terbaik diraih oleh Gerak Bareng, kemenangan Gerak bareng ini sangat menjadi penyemangat bagi banyak komunitas kemanusiaan di Indonesia agar bisa berkiprah lebih semangat lagi untuk masyarakat.

15. Kategori Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi diraih oleh STF UIN.  Kehadiran kategori ini diharapkan bisa memanggil perguruan tinggi lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam program fundraising.

STF UIN - fundraising perguruan tinggi terbaik

16. kategori  special Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising di Indonesia kepada Almarhum Gus Sholah atau KH. Salahuddin wahid. Gus Sholah dinilai sebagai tokoh yang sangat peduli dalam bidang sosial kemanusiaan. Gus sholah melalui pesantren memberikan pemahaman yang kental tentang bagaimana pentingnya mandiri dalam sebuah organisasi.

Semua nama yang menjadi pemenang pasti tak asing lagi dimata masyarakat. Selama ini lembaga-lembaga tersebut memang sangat dipercaya masyarakat dalam bidang-bidang  kemanusiaan yang mereka geluti juga untuk life achievement untuk Gus sholah sebagai tokoh masyarakat yang sangat berdedikasi.

IFI berharap dengan terselenggaranya IFA 2020 ini, lembaga-lembaga kemanusiaan di Indonesia makin berkembang pesat secara profesional dan mandiri. Sebagai masyarakat tentunya kita pun sangat mengapresiasi award ini sebagai kegiatan positif yang harus kita dukung. 



23 comments :

  1. Iyaa aku baru liat flyer ini 2 hari lalu. Senang ada ACT sama Dompet Dhuafa karena berarti kredibilitas mereka ga diragukan lagi.

    ReplyDelete
  2. Lembaga kemanusiaan kaya gini harus ada dan tetap didukung. Jadi banyak orang yang terbantu meski kita gak bisa ikut menyerahkan bantuan secara langsung. Selamat dan jangan berhenti menebar kebaikan

    ReplyDelete
  3. Wah, berikan tepuk tangan dan penghargaan setinggi2nya buat lembaga2 kemanusiaan yang berkiprak dengan baik selama ini. Memang ya pemersatu bangsa itu harus semua pihak berbagi, saling membantu satu sama lain. Penggalangan dana semacam ini semoga berkesinambungan ya.

    ReplyDelete
  4. Wah, Dompet Dhuafa dan Kitabisa jadi salah dua penerima Indonesia Fundraising Award. Semoga dengan adanya award ini semakin memotivasi institusi atau perorangan untuk membantu sesama.

    ReplyDelete
  5. Salut dengan lembaga2 kemanusiaan ini dengan kegiatan2 positifnya. Semoga banyak yang terbantu dan makin banyak juga hati2 yang tergerak untuk ikut berbagi, menebar kebaikan.

    ReplyDelete
  6. BRAVO dan selamaaatt untuk semuanya.
    Semoga makin bersemangat untuk menebar amal kebaikan

    ReplyDelete
  7. Unik juga ya IFI ini.Semoga banyak yang tertarik untuk kerjasama, membantu mengumpulkan dana masyarakat untuk juga disalurkan ke masyarakat

    ReplyDelete
  8. Awarding seperti ini menurut saya bagus banget, sebagai salah satu pertimbangan juga buat masyarakat untuk memilih lembanga yang kredibelya.. apalagi lembaga yang sering mengelola dana umat, jadi lebih aman jika bekerjasama atau menyalurkan bantuannya

    ReplyDelete
  9. Sangat mengapresiasi dengan IFA ini, betul sekali di negeri kita sudah cukup banyak lembaga2 kemanusiaan. Dengan adanya awards semacam ini tentu bisa menjadi motivasi dan inspirasi untuk semangat berbagi kepada sesama

    ReplyDelete
  10. Ada 16 kategori, banyak juga ya. Semoga dengan awards ini makin meningkatkan dedikasi dan layanan lembaga fundraising

    ReplyDelete
  11. menggerakkan kepercayaan publik untuk terus berbagi terhadap sesama

    I am agree with the concept. The era milenial and digital like now. We are given aenc other easy loh. Just one klik and we are share the kidness

    ReplyDelete
  12. Dengan adanya IFI jadi dapat mewakili rasa terima kasih masyarakat kepada lembaga-lembaga fundraising terbaik di negeri ini yang menyalurkan dana bagi kepentingan umat.

    ReplyDelete
  13. Bagus nih acaranya untuk memperkenalkan lembaga fundraising apda masyarakat umum dan mereka biar tertarik untuk ikut serta berdonasi

    ReplyDelete
  14. Wahhh. Keren-keren pemenangnya ya. Semua udah gak asing lagi lah kiprahnya. Apalagi Dompet Dhuafa tuh. Wow banget program2nya

    ReplyDelete
  15. Dengan apresiasi yg diberikan oleh IFI tentu saja membuat mereka bangga dan bahagia. Lembaga kemanusiaan memang sudah seharusnya ada di tengah-tengah kita.

    Waaw, ternyata kategorinya banyak banget. Oh ya, saya jadi baru tahu, ternyata DD udah 25 tahunan bergerak untuk berbagi.

    ReplyDelete
  16. Orang Indonesia itu terkenal sangat dermawan makanya lembaga kyk gini sangat dibutuhkan ya mbak.
    Kategori penghargaannya banyak ya, selamat kepada para pemenang :D

    ReplyDelete
  17. Hebat yaa...
    Dengan misi dan visinya masing-masing dan tentu mengedepankan kemanusiaan, maka para lembaga fundraising ini pun memperoleh tempatnya tersendiri di hati masyarakat.

    Selamat untuk para pemenang dan semoga ke depannya semakin baik lagi.

    ReplyDelete
  18. yang menang memang platform fundraising yang lumayan ternama yaa mba. banyak sekali pasti yang terbantu yaa

    ReplyDelete
  19. Banyak juga kategori penghargaan yang dibagikan di Indonesian Fundraising Award ini. Dan nama-nama yang terpilih sebagian besar sangat dikenal oleh masyarakat.

    ReplyDelete
  20. Sekarang cara-cara fundraising juga makin kreatif ya. Dengan menggugah kesadaran untuk berbagi, bukan sekedar "menjual" wajah/cerita memelas. Juga makin kredibel, sehingga orang menyumbang juga merasa yaqin sumbangannya akan tiba ke pihak yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener..selain itu juga mudah banget buat ikutan donasi ..memantaunya juga mudah..jadi kita tahu aliran dananya buat apa saja...

      Delete
  21. Wah penghargaan yang bagusbya mba, no wonder. Dompet Duafa yg memang sangat berguna untuk banyak orang both untuk donatur mau pun yg sedang membutuhkan

    ReplyDelete
  22. Saya setuju nih dengan event begini biar semangat berbagi dan kegiatan kemanusiaan semakin meluas di masyarakat.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..