Langganan Novel Online Tanpa Kartu Kredit dan Pulsa? Bisa dengan GoPay

Gara-gara di facebook sering sekali berseliweran iklan dari aplikasi novel online, dan bisa terbaca bab pertamanya yang bikin aku sangat penasaran membaca bab-bab berikutnya. Lantas membuatku akhirnya memilih menggunakan aplikasinya, lalu berlanjut menggunakan yang berbayar.


Menurut aku antara baca novel berbentuk buku dan aplikasi bacaan online, semuanya ada pasarnya tersendiri. Ada kepuasan berbeda tapi intinya sama, yaitu menyelesaikan bacaan sebuah cerita dan membuat kita pecinta buku terpuaskan hasrat penasaran terhadap suatu cerita.

Kesamaan utamanya tentu saja semua fleksibel, buku dan handphone untuk membaca online bisa di bawa kemana saja, dibaca kapan saja dan jumlah halaman yang harus di selesaikan tak jauh berbeda. Soal biaya pun sama, jika buku kita harus membeli buku, maka novel online pun kita harus baca perbab menggunakan coin atau apapun yang sifatnya berbayar, tentu saja semua itu digunakan untuk membayar jasa para penulis, ya kali penulis berkarya siang malam tanpa di bayar apapun kan gak asik. Mungkin yang mau instal aplikasi novel online, saya bisa kasih gambaran dulu.

Nah, jadi aplikasi bacaan online ini kan banyak ya, semua mempunyai genre masing-masing. Ada novel, komik, novel komik, dsb. Kalau nama aplikasi juga banyak seperti Dreame, Readme, Webtoon. Yang akan saya ulas adalah aplikasi yang saya pasang yaitu Dreame


Ini adalah aplikasi untuk membaca novel bergenre romantis. hahaha... iya, aku se-suka itu memang sama kisah romantis dan biasanya selalu berharap happy ending. Pola baca novelnya pun hampir sama, jika di iklan untuk novel online facebook kita dibebaskan untuk baca 1 bab dulu supaya penasaran, sedangkan di aplikasinya kita dibiarkan membaca 5-6 bab sampe kondisi mulai tegang dan tingkat penasaran kita sudah mulai level akut dan kebaperan merajalela. Disitulah kita akan mulai membuka bab demi bab dengan menggunakan coin.

Harga coin di tiap bab bervariasi, umumnya pembuat novel tau benar dimana bagian kritis pada novelnya maka coinnya akan cukup mahal misalnya di aplikasi Dreame yang saya pakai, coin untuk cerita klimaks biasanya sampe 17 coin per bab, sedangkan pembuka penutup biasanya hanya 10-12 coin. Total yang saya keluarkan untuk membaca 1 novel jika di rupiahkan berkisar antara 65-85rb rupiah, bisa lebih murah bisa lebih mahal karena ada juga novel yang bisa di unduh gratis, ada juga yang lagi on going per babnya, beda-beda harga coinnya. nah sama saja kan seperti membeli buku novel biasa.

Tapi biasanya di waktu-waktu tertentu, aplikasi kadang memberikan bonus coin karena melakukan sesuatu. misalnya coin tambahan karena kita check in harian, coin karena kita sudah membaca 10 menit atau 30 menit atau bonus coin karena berhasil mengajak teman menginstal. Mayanlah bisa buat nambah baca 1 bab ya kan. Jadi tidak sepenuhnya coin harus beli kok. Tenang, kali ini saya bukan mau nawarin aplikasi, hahaha. Saya cuma mau cerita saja tentang aplikasinya.

Oke, sekarang kita ke bahasan tentang pembelian coin. Jadi ketika kita sudah memasuki tahap selesai baca gratis, Dreame akan menawarkan kita untuk membeli coin untuk bisa membaca. Seperti halnya pulsa/kuota atau pembelian apapun, kita bisa membeli yang sedikit atau banyak sekaligus. yang jelas semakin besar coin yang kita beli maka harganya semakin hemat. Saya biasanya lebih suka membeli banyak sekaligus jika sedang sangat penasaran dengan suatu novel, ini yang membuat saya jadi memutuskan membeli coin agar dapat akses premium. Hingga akhirnya saya memilih untuk langganan bulanan saja karena ada banyak bonus coin yang akan saya dapat. Intinya ya sama, berhemat.

Berlangganan Dengan GoPay

Seperti kebanyakan aplikasi berlangganan, metode pembayaran yang disediakan adalah melalui google play. Nah di Goggle Play sendiri, metodenya bisa melalui kartu kredit atau pulsa. Kartu kredit saya tidak punya, adanya debit saja. Lalu pulsa? saya jarang banget isi pulsa sekarang lebih sering isi kuota saja. Nah, yang nyenengin banget itu ada metode pembayaran melalui GoPay, iya saya katrok sih karena baru tau, hahaha.. ternyata bisa top up coin di google play dengan GoPay

Nah, kalo GoPay saya sering isi. namanya masyarakat urban (ceilee...) tentu sering pakai GoSend, GoFood, GoShop, dan bayar-bayar ini itu kan. Jadinya sekarang justru lebih mudah karena GoPay-nya sekalian untuk bayar langganan novel online saya. Apalagi pakai GoPay ini menurut saya lebih praktis, mudah dan banyak untungnya. 

Cara Menggunakan GoPay untuk pembayaran aplikasi Novel online

Seperti yang saya infokan melalui gambar, ini adalah step menggunakan GoPay dalam pembayaran aplikasi Novel online Dreame

  1. Buka aplikasi Dreame, klik "Me" di pojok kanan bawah lalu ke bagian "store"
  2. Pilih paket coin yang akan di beli
  3. Muncul pilihan menu pembayaran, pilih G-play (google play) 
  4. pilihan metode pembayaran dengan pulsa atau GoPay, maka pilihlah GoPay.
    Pilih coin/bundles yang mau di beli
    Tambahkan GoPay

  5. Jika baru pertama kali menggunakan maka pilih "Tambahkan GoPay"
  6. Dreame langsung mengkoneksikan ke akun GoPay kita.
    Masukkan pin GoPay untuk koneksi pembayaran coin

  7. Masukkan nomer PIN GoPay kita, lalu "terhubung"
  8. Kembali pilih coin/bundles yang ingin dibeli tadi.
    Lakukan pembelian ketika sudah terhubung dengan GoPay

  9. Masukkan no PIN GoPay kita
  10. Nikmatilah novel-novel online favorit kalian.
    Setelah memasukkan pin dan terbayar
    Nikmati novel Dreame yang kamu suka


Semudah itu saja, sehingga sekarang GoPay menjadi one stop payment untuk berbagai kebutuhan saya dari kebutuhan pokok hingga entertainment.

GoPay untuk semua aplikasi berbayar

Kalian tidak suka Novel online? tapi suka aplikasi berbayar lainnya? coba deh suka apa? Top Apps GoPay di google play itu banyak, selain dreame antara lain: Line webtoon, Viu, Smule, Mobile legends, PUBG Mobile, Line Corp, dll. Apabila ada yang berbayar silakan gunakan GoPay saja. Untuk berbagai pilihan aplikasinya kalian silakan saja cek di link ini.

Untuk Beli Aplikasi di Google Play, Kenapa Harus Menggunakan GoPay?

  1. Praktis (mudah top up-nya)
  2. Beli aplikasi di google play lebih hemat
  3. Banyak pilihan
  4. Banyak bonus

Bicara soal praktis sepertinya tidak usah di bahas lagi ya, enggak diragukan lagi donk praktisnya top up GoPay, tinggal klik-klik aja beres. Terus, kita juga bisa langsung top up dari dalam aplikasinya tanpa harus keluar aplikasi novelnya. Kalau lagi tegang membaca, tinggal top up tanpa harus nutup bacaan kita tadi.

Bicara soal beli aplikasi dan langganan aplikasi di google play memang lebih hemat karena biasanya setiap kita membeli selalu ada bonus yang bisa kita gunakan, jadi jatuhnya kan terasa lebih hemat.

Banyak pilihan artinya, mau beli nominal besar atau kecil, beli sedikit atau langsung langganan semua ada pilihannya. Jadi bisa menyesuaikan isi dompet, eh saldo maksudnya.

Banyak bonus, selain bonus dari Google play, dari GoPay sendiri kita juga dapat bonus. Apa saja bonusnya?

Sedang ada promo Google Play dengan cashback 100% untuk pengguna baru GoPay dari tanggal 1-30 Juni 2020. Ada juga promo lainnya yang bisa kami cek di sini.

Fun From Home

Selama pandemi, di rumah berlama-lama sudah menjadi "new normal". Tinggal bagaimana kita menyikapi, mengambil hikmah dan mencari solusi. So, buat saya, membaca novel online ini sudah sejak lama saya lakukan semenjak saya agak kesulitan untuk pergi ke toko buku. Di tambah lagi kondisi pandemi ini.

tentu masing-masing kita berbeda, ada yang hobbynya memasak, nonton drakor, main PUBG, dsb. Ternyata semua dimudahkan dengan payment melalui GoPay. jadi, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya. Salam..



44 comments :

  1. Sekarang aplikasi baca tuh udah banyak dan gampang pula bayarnya. Kadang di grup blog buku pada share atau patungan buat pakai aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa patungan, baru tau aku mbak

      Delete
    2. Beberapa ada yang patungan, Mbak. Biasanya setahun. Tapi ya kudu orang yang benar-benar suka baca

      Delete
    3. Aku baru tau juga niih...bisa patungan.
      Enaakk~
      Aku baru langganan Gatal aja...dan aku suka banget baca buku online sekarang.

      Delete
  2. Waah aku sering banget nih lihat iklannya di HP.
    Sayangnya aku kurang tertarik baca di HP. Suka baca yang fisik. Tapi kalau kehabisan stok buku bisa sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama pandemi susah beli buku, yg online ajalah hahaha

      Delete
  3. wahh terimakasih sekali mba informasinya. jadi punya rekomendasi lain untuk baca buku online. biar bisa baca buku dimanapun dan kapanpun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, lebih fleksibel sih ya gak harus bawa buku

      Delete
  4. Aku belum pernah baca via Dreame. Wah bagus sih kalau bisa langganan pakai Gopay, lebih praktis jadinya.

    ReplyDelete
  5. Baru tau tentang Dreame ini. Terima kasih mba infonya.

    Oh iya praktis juga ya sekarang kalau pakai Gopay. Sampai sekarang aku belum download gopay, coba deh nanti aku download.

    ReplyDelete
  6. Cuplikan ceritanya suka muncul di fb. Penasaran sih apakah ceritanya seseru cuplikan yang muncul.

    ReplyDelete
  7. Saya speechless akhirnya karena kagum, Mbak masih aktif baca novel. Saya sudah lama nggak baca novel, je. ALasannya klise, karena selalu kebablasan saat baca dan waktu yang terbatas.
    Tapi konsep bayar belanjaan di Google Play ini, saya sudah kenal, tapi untuk aplikasi lain. Memang praktis dan sekarang promonya bikin banyak orang berminat sekali.

    ReplyDelete
  8. Fun from home jadi bisa tersalurkan nih dg gopay. Keren daah

    ReplyDelete
  9. asyikk baget gopay multi fungsi sekali dapat digunakan untuk pembayaran di banyak aplikasi. ternyata gopay bukan hanya untuk pembayaran pada aplikasi gojek saja.

    ReplyDelete
  10. Aplikasi Gopay benar-benar multifungsi ya, bahkan sampai bisa digunakan untuk langganan novel online pula. Semua bisa lebih praktis jika menggunakan Gopay

    ReplyDelete
  11. Rekomendasi judul doonk, kak Ruli.
    Hehhee...aku kemarin instal Dreame juga karena iklan di FB.
    Terus ketaghihan sampai harus beli koin, aku jabanin.
    ASiiik ternyata yaa...

    ReplyDelete
  12. Sejak google play terintegerasi dengan gopay, segalanya jadi mudah dan nggak khawatir kepotong agau apalah itu :D dulu sih kehalang bgt sama harus pakai CC, aku kan gak punya apalagi kl mau beli aplikasi pnting, atau bisa novel online kayagini. Tinggal klik2 aja ya kak :D

    ReplyDelete
  13. Wah, samaa..saya juga kadang baca novel online yang bayarnya pakai koin gini. Tapi selama ini bayarnya pakai pulsa. Boleh juga bih dicoba pakai gopay. Makasih infonya,Mbak :)

    ReplyDelete
  14. Aku baru tahu nih aplikasi dreame ini. Tapi sekarang memang banyak banget ya aplikasi buat baca buku di hape

    ReplyDelete
  15. Duh, kemana aja aku baru tau ttg aplikasi dreame ini mba. Mn bs dibayar pake gopay ya. Nanti coba2 cari deh aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sampe sekarang aku belum pernah pake gopay tulung.. Wkwkkwk

      Delete
  16. Mbak Ruli, tos dulu kita sesama pencinta novel romance hehe. Btw, ini pembayaran menggunakan Gopay mempermudah banget sih ya buat beli coin di aplikasinya.

    ReplyDelete
  17. Saya baru tahu tentang Dreame ini ... bisa beli pakai GoPay ya ternyata untuk menikmatinya. Keren.

    ReplyDelete
  18. Udha lama aku gak baca novel, jadi kangen juga. LEbih praktis ya baca novel lewat aplikasi bayarnya pakai gopay lagi gak perlu kartu kredit segala

    ReplyDelete
  19. Wow, aku beneran baru tahu kalau lewat Gopay kita bisa bayar kenikmatan hobi membaca novel hehehe. Ternyata mudah ya caranya yang penting download aplikasinya terlebih dahulu. Sama donk aku juga ga pakai kartu kredit hihihii. Mau aku kepoin ah Dreame ini, biar makin romantis :D

    ReplyDelete
  20. GoPay nih seru banget
    Bisa buat belanja APAPUN yhaa
    Suka dan makin cinta ama GoPay dah

    ReplyDelete
  21. Saya juga beberapa kali membaca "cuplikan" novel yang lewat di beranda FB. Eh pas lagi seru-serunya, eh diputus, mesti lanjut baca diaplikasinya. Udah kebayang, pasti pakai kartu kredit, jadinya nggak lanjut klik. Eh ternyata bisa bayar pakai Gopay ya. Asyik nih, bisa install aplikasinya dan baca novelnya sampai akhir

    ReplyDelete
  22. Kalau pakai Gopay untuk langganan novel online sih saya belum pernah. Belum tertarik baca buku elektronik, masih lebih suka yanh berwujud kertas. Tapi saya pakai Gopay untuk beberapa fasilitas Google Play yang lain, seperti sewa film.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah jadi ngebantu banget ya mba bisa menikmayi bacaan bagus. Pas baca pun jadi mudah akses pembayaran

    ReplyDelete
  24. Saya juga menggunakan Gopay untuk semua belanjaan di Google Play. Paling sering beli e-book dan beberapa aplikasi untuk menunjang bisnis Arenga Indonesia.Nah belum coba langganan novel online nih. Secara penggemar baca novel juga ini akan menyenangkan banget. Mudah banget transaksinya :)

    ReplyDelete
  25. Oh ya novel online itu bisa bayar pakai GoPay. Sering baca iklannya dan menarik banget tapi kalau lanjut harus bayar, ternyara bisa pakai Gopay. Okelah, besok-besok kalau nemu novel online yang menarik lagi, langsung bisa bayar pakai GoPay.

    ReplyDelete
  26. Aku belum pernah buka dreame,biasanya storial. Memudahkan kita ya fitur gopay ini untuk beli koin baca novel kesayangan..

    ReplyDelete
  27. Saya jadi tertarik ingin pasang aplikasi Dreame juga, deh! Karena saya juga senang dengan novel romantis adn juga berharap selalu happy ending hihihi

    ReplyDelete
  28. Lebih ringan daripada bawa buku bacaan ke mana-mana, ya. Bayar pakai Gopay juga lebih praktis

    ReplyDelete
  29. Wow with Gopay, our life to be simple, easy, smart and fight doing every thing. Like write, reading and buying, hahaha

    ReplyDelete
  30. Ternyata gopay itu banyak fungsinya banget ya, sampai bisa bayar aplikasi juga. Baru tau aku...

    ReplyDelete
  31. Belum pernah baca novel di dreamy nih, cobain ah... Bayarnya praktis ya pakai gopay...

    ReplyDelete
  32. Meski gak pernah baca novel online, tapi pastinya dengan kehadiran layanan pembayaran GoPay ini para pembaca akan semakin nyaman yaa bayarnya. Gak mesti pake kartu kredit, lebih praktis pakai GoPay.

    ReplyDelete
  33. Asik banget ya hidup jaman sekarang, semua kegiatan menjadi lebih mudah, terutara transaskai keuangan

    ReplyDelete
  34. Makin mudah ya sekarang baca novel, tapi kalau saya lebih suka baca novel dengan buku fisik hehe, kelamaan liat layar smartphne suka pusing hehe. btw Gopay emang memudahkan banget ya seakrang tuh, mau transaksi apa saja oke banget

    ReplyDelete
  35. Sering banget iklan novel imi lewat di temlenku tapi aku belum pernah nyoba mb Ruli. Soalnya jujur sekarang mripatku ki ga tahan kalau baca tulisan online. Huhuhu. Padahal pengen banget baca novel online

    ReplyDelete
  36. Aku jadi penasaran sama novel online ini yang bisa dibaca dan dibeli dengan gopay mba. Mau banget ehhehe aku soalnya suka baca. Mau kepo kepo dulu ah. Makasih rekomendasinya mbaa

    ReplyDelete
  37. Sekarang aku juga lagi suka banget akses bacaan online sampe sengaja beli tablet buat bisa catch up dengan lebih banyak bacaan tiap harinya. Bakal coba aplikasi ini juga deh buat explore lebih banyak :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonjm ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..