Eco Racing, Cara Mudah Menghemat BBM ala Emak Irit

Eco Racing sebagai Zat Aditif pada BBM untuk menghemat BBM dan meningkatkan Performa mesin motor

Pil eco racing

Assalamualaikum,
Tidak terhitung rasanya jumlah ibu-ibu di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor ya. Baik itu mobil ataupun sepeda motor. Saya salah satunya, pemakai sepeda motor sejak masih single hingga menjadi IRT. Nah, biaya membeli BBM ini termasuk pengeluaran rumah tangga yang cukup terasa dan menurut saya termasuk yang harus dihemat. Beginilah salah satu cara saya.

Sepeda motor yang saya punya ini, kalau di bilang butut ya belum. Tapi dibilang baru juga engga. Tahun ini usianya akan 10 tahun dan akan ganti plat untuk kedua kalinya. sepeda motor saya adalah Vario Techno, vario generasi kedua yang saya beli tahun 2010 dimana saat saya membelinya varian ini benar-benar baru launching, jadi saya paham sih bagaimana euforianya membeli sepeda motor keluaran terbaru, memang greget ya. Saya sih belum ada niat untuk menggantinya dengan model baru. Karena menurut saya performanya masih oke. Mesinnya enak, tampilannya juga belum ketinggalan banget kok dan tentu saja karena ganti motor sekarang bukan prioritas saya. Hehe.. ujung-ujungnya duit juga ya.

Selain servis rutin dan merawatnya dengan kasih sayang, rutin memandikan dan meneduhkan, saya juga menambahkan zat aditif pada BBM saya. Orang biasa menyebutnya dengan Eco racing.

Eco racing adalah zat aditif pada bahan bakar motor yang terbuat dari bahan organik dan sudah teruji yang berguna untuk meningkatkan performa mesin kendaraan.

Eco racing ini berbentuk pil yang ditambahkan ke dalam tangki bensinnya. Nah, manfaatnya eco racing bagi mesin antara lain adalah:

  1. Meningkatkan kualitas BBM
  2. Meningkatkan performa mesin
  3. Menyempurnakan pembakaran
  4. Menghilangkan karbon monoksida
Para ibu pasti sering mendengar namanya oktan dalam bbm. Dalam istilah otomotif sering di sebut RON (Research Octane Number). Dan eco racing ini bisa menghemat bbm dengan menaikkan nilai RON.
Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. (Wikipedia)


Awalnya tentu saya meragukan, karena itu saya melakukan pengujian secara detil dengan membandingkan penggunaan bbm dengan 2x pengisian tangki bbm menggunakan metode penambahan eco racing dan tanpa menggunakan pil eco racing.

Pil Eco racing di masukkan
Ke tangki bbm

Berikut adalah hasil yang saya dapatkan
1. Dengan penambahan pil eco racing, pengisian pertalite sebesar 1 liter ternyata habis di gunakan sejauh 66 km
2. Tanpa pil eco racing dengan pengisian yang sama 1 liter pertalite habis dalam jarak 46 km.

Berdasarkan jenis sepeda motor saya, sebenarnya vario normalnya menghabiskan 1 liter untuk 59 km, tapi karena sepeda motor saya sudah cukup tua dan di pengaruhi banyak faktor lain seperti pola berkendara dll, maka normalnya saya sehari-hari memang menghabiskan 1 liter untuk 40-50 km.

Jadi dapat di ambil kesimpulan penggunaan Eco racing ini dalam pil dapat menghemat 30%-40%. Apabila kita melakukan pengisian seminggu sekali berapa rupiah yang akan di hemat, kalian hitung sendiri. Selain menghemat pengeluaran untuk bbm tentu kita juga jadi menghemat pengeluaran untuk perbaikan, mesin jadi lebih terawat karena manfaat penggunaan pil tadi. Untuk harga dari produk ini adalah Rp50.000 untuk 1 strip (10 pil).

Setelah saya memeriksa lebih jauh (googling) dari web Honda, bahwa sebenarnya jenis sepeda motor Vario techno yang aku punya ini mempunyai nilai rasio kompresi 11 yang seharusnya menggunakan bbm dengan nilai RON 92 (pertamax) untuk performa yang oke. Tapi karena saya hampir selalu menggunakan pertalite, maka dengan penambahan pil ini bisa menaikkan nilai oktan sehingga menjadi setara dengan pertamax.

Trust me, saya adalah wanita yang sama sekali tidak tau tentang mesin, awalnya. Tapi saya adalah emak irit yang mengusahakan agar motor tua ini bisa tetap oke tanpa harus berganti motor, akhirnya  saya jadi belajar sedikit-sedikit tentang sepeda motor dan saya memutar otak bagaimana menghemat bbm sekaligus menjaganya. tidak hanya sekedar membawanya ke pencucian sepeda motor dan ke dealer untuk service ganti oli.

Untuk kalian yang tertarik pada pil ini, harganya cukup terjangkau kok. apalagi 1 pil itu bisa digunakan untuk pengisian full 1 tangki. dalam 1 strip terdapat 10 pil yang artinya untuk 10x mengisi tangki. pembeliannya dan informasi lengkap kalian tinggal klik link Eco Racing.

Berita baiknya adalah kita tidak cuma sekedar membeli pilnya untuk kendaraan kita sendiri, Eco racing menawarkan peluang menjadi agen dengan modal cukup terjangkau. Bisa jadi sumber pendapatan baru dengan menjual produk yang cukup diminati masyarakat. Untuk peluang usaha menjadi agen atau pembelian dalam jumlah besar, bisa buka link di atas atau langsung kontak ke nomer Wa 081330200302 dan tinggal duduk manis menunggu di rumah. Banyak kisah menarik para pengusaha yang sukses menjadi agen Eco racing dari pencapaian termasuk bonus-bonus penjualan yang sangat menarik.

Banyak Bonus penjualan
Seperti mobil, motor, rumah

Pada awalnya, mungkin upaya penghematan bbm tidak akan terlalu terasa, tapi kalau uang selisihnya tadi benar-benar di hitung, cukup lumayan banget apalagi bagi ibu rumah tangga yang menghitung segala hal dengan detil. Jika semakin hemat bbm membuat kita semakin jauh jalan-jalan, lumayan terasa tuh selisihnya, hahaha. Tapi dengan kondisi motor yang selalu sehat dan bbm yang irit, kita akan bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga terutama beban untuk ke bengkel, ganti sparepart dan sebagainya. 

Kalau mau dijual pun, harga jual sepda motornya bisa lebih baik. Oh iya, sebagai informasi tambahan saja, bahwa eco racing bukan cuma untuk sepeda motor tapi juga ada untuk mobil dan untuk lahan pertanian (eco farming). Silakan mencoba dengan menghubungi nomer kontak yang tertera di atas ya.

39 comments :

  1. Belum pernah nih nyobain ecoracing, lumayan ya bikin BBM jadi lebih hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo di coba ya, klik link atau langsung wa melalui 081330200302 jgn sampe beli yg palsu mba hihi

      Delete
  2. Waahh, ku baru tahuu eco racing ini.
    Secara aku rider yang emang butuh banget hemat BBM huhuu, baiklah ku bakalan kepoin.
    Nyusuull ke rumah Mba Ruliii, tungguin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ayok teh main sini. Langsung klik websitenya di atas ya teh, atau wa aja biar fast respon ke 081330200302

      Delete
  3. lumayan juga ya selisihnya, sampai 20 km. Kalau saya bisa buat 3 kali pp rumah-kantor tuh.
    saya juga pakai vario, selama ini bbm nya pakai pertamax. Karena dipakainya jarak dekat aja, biasanya sekitar 2 minggu sekali baru isi bbm, full.

    Beberapa teman saya juga ada yang menggunakan eco racing ini, ada yang jualan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa coba juga tuh mba, kalo mau fast respon bisa langsung wa aja ke 081330200302 atau klik ke web yg aku sematkan itu

      Delete
  4. wah lumayan banyak ini selisihnya sampai 20 KM

    kalo berkali kali pake kan hemat BBM juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mayan banget kalo aku sih mba. Yuk cobain juga

      Delete
  5. wah, motor kita sama, aku vario techno, sudah 9 tahun :)
    Dan tentang eco racing ini belum pernah coba sih..karena kukira enggak ngefek banget. Ternyata lumayan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cm beda dikit, kayanya vario kita 1 generasi deh ini. Hahaha.. lumayan kalo buat aku mbak. Monggo kalo mau nyoba bisa order ke web yg aku sematkan, atau wa juga bs sih ke 081330200302

      Delete
  6. wuih jd hemat banget BBMnya. tp harganya gimana nih? kalau mahal berarti sama saja dg tarif BBM yg jd selisihnya kan. semoga terjangkau karena saya pengen beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjangkau kok, aku sudah tulis di atas harganya. Makin hemat kalo mesin terjaga performanya ya. Kalo mau order langsung aja kontak di tempat yg aku sebutkan ya

      Delete
  7. Lha..untuk bahan bakar ada pil adiktif segala. Itu aman mba ? Akan berpengaruh ke perfoma kendaraan atau kondisi mesin ga ? Rada parno. Karena kadang ada kendaraan yang ga bisa dipakein macam2 kecuali sesuai standard Kaya oli/BBM/aki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di aku sih so far so good. Biasanya yg gak aman itu kalo kebeli yg palsu. Bisa ngebul mesin. Kalo mau aman bs beli di tempat resminya. Di web aku kasih atau wa aja ke 081330200302

      Delete
  8. Pernah denger aku nih pil eh Eco Racing! Amankah Mbak Ruli? Aku juga ada satu motor yang kusayang sayang sampe sekarang. Soalnya banyak bantu kehidupanku selama ini sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kalo pake yg asli sih, bahayanya kalo beli yg palsu. Jangan beli abal2 di onlen. Langsung ke web yg aku sematkan itu atau wa ke 081330200302

      Delete
  9. Ini ngiritnya lumayan ya, per 1 liter bedanya ampe 15km lebih, sebagai mak irit juga langsung mata ijo tertatik banget hihi, lumayan kan ya bisa buat tambah tambah beli bedak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mbakk, bisa mundur dikit dari jadwal rutin ke pom bensin. Wkwkwk.. tp jgn sampe kebeli yg abal2 yak. Bahaya

      Delete
  10. Kok aku ngelihatnya kayak motornya minum obat gitu ya Mbak. Haha. Lalu setelah minum pil atau obatnya dia jadi lebih baik, lebih kuat dan lebih awet. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacam multivitamin kek manusia juga yak, biar sehat hahaha

      Delete
  11. Memang berefek banget eco racing ini..saya pernah nyoba juga. Selain irit, tarikannya juga ringan. Top deh eco racing ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuaahh asa yg ngasih testimoni. Cuss beli lagi.. langsung gih ke 081330200302

      Delete
  12. Sumpah aku tu ga ngerti mesin sama sekali dan aku baru tau ada pil buat mesin kayak gini bener2 rekomen ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak.. sama mbak, kayanya aku lepas tangan banget kalo soal mesin. Sekarang mayan tau2 dikit demi menjaga performa, tsahhh...

      Delete
  13. Ternyata Eco Racing tuh semacam booster buat motor ya. Tambahan biar kerja bahan bakarnya lebih maksimal. Baru tahu lho ada produk kayak gini. Padahal lumayan banget bisa sedikit menghemat BBM dan merawat kendaraan. Perlu diinfo ke suami nih. Biar beli juga buat Varionya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuaaa sesama pemakai vario ayok tos dulu kita. Iya buat naikin oktannya mbak, jadi mesinnya juga terawat. Cusss mba kalo mau order ke link yg aku sematkan, atau ke wa 081330200302

      Delete
  14. Wow keren bisa tahan 10 tahun gitu Mbak. Ternyata si pil ini bisa ngirit sampe 40% gitu juga. Kalau dihitung sebulan lumayan banget buat ditabung atau coverin pos lainnya. Aku masih ngojek nih dan belum berani bawa motor, secara aku suka lost fokus hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya teh, aku sayang banget sama motor aku nih. Dan performanya masih oke,jadi makin sayang. Bener banget, selisihnya bisa buat yg lain, jajan skincare haha

      Delete
  15. Hmm hmm. Jadi itung2annya hemat 20 km ya mba dg biaya kekira 5000 per pil dalam 20 km. Waah, ini hemaaat. Hihi. Mana banyak fungsi plus2nya lagi ya. Tp buat suamiku n pica kayaknya dia mesti tau eco farming jg nih. Mereka tiap nanam tanaman pasti tiap pagi diliatin mulu. Kali aja kalo pakai eco farming itu nanam hari ini besoknya udah tumbuh. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuahahaha.. macam bibit yg di kasih ibu peri besok langsung tumbuh sampe langit. Cobain gih, yg ecofarming juga oke buat mempercepat pertumbuhan tanaman. Cuss langsung ke web yg aku sematkan itu ya atau wa 081330200302

      Delete
  16. Jadi seperti setara pertamax mba.. mantaaap. Aku pakai pertamax yntuk mobilku dan memang lumayaaan

    ReplyDelete
  17. Baru tau saya ada semacam ini, bisa menghemat BBM pula yah, wah keren nih.Kasi tau ke suami ah biar beli kayak gini biar bisa hemat.

    ReplyDelete
  18. Kalau bisa memnghemat biaya bahan bakar stlah penggunaan pil eco racing, kok aku jadi tertarik ya mbak. Kepoo ahhh akunya kwkwkw

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Aku pengguna motor tapi nggak care urusan mesin motor. Hehe. Suamiku pernah cerita tentang zat aditif yang bisa meningkatkan performa & irit BBM. Ternyata terbukti emang bisa gitu ya mba.

    ReplyDelete
  21. Baru tau nih soal pil eco racing ini, bagus juga ya untuk merawat mesin motor ataupun mobil dengan menekan angka octan dari bbm yang kita gunakan.
    Motorku lebih tuaan lagi mba, tahun 2008 dulu belinya. Masih irit sih bbmnya dan kupakein Pertamax agar bersih juga tangkinya. Pake eco racing nih ntar pasti tambah jozz yaaa...

    ReplyDelete
  22. Ya ampun zaman skrng ya teknologi makin maju dan makin banyak penemuan baru sbg cara2 menghemat BBM. Aku jarang pakai motor sendiri sih jd baru tau ada pil kyk gini. Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  23. Boleh bngt ini Eco racing jadi bentuk pil kyk obat yang ditambahkan ke dalam tangki bensinnya. Mau bngt ah lsg praktekin

    ReplyDelete
  24. Wow baru tau mba ada pil eco racing buat menghemat BBM. Mau aku infoin ke orang-orang di rumah yang tiap hari bawa motor nih, lumayan jadi irit bisa jajan yang lain kan ya.. Hehe.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..