10 Alasan Memilih USB OTG SanDisk

USB OTG SanDisk #SanDiskAPAC

Assalamualaikum
Kalian kuliah tahun berapa? Pernah enggak kalian mengalami masa-masa membeli flashdisk dengan kapasitas 256 MB saja, harganya Rp.256.000? Aku mengalami masa itu. Dimana sewaktu aku mengeluarkan dari laptop tanpa di eject, si flashdisk langsung rusak dan menangislah aku karena semua data tugas akhir ada disitu. Kalau memandang flashdisk rusak saat itu, rasanya kok #DibuangSayang tapi di simpan juga buat apa karena sudah rusak. Ujung-ujungnya..

Ujung-ujungnya jadi gantungan kunci. Oh my, saya berasa anak horang kaya karena gantungan kuncinya dari Flashdisk seharga 250K.
Harga segitu nabungnya lama sekali pada saat itu, kalo di ingat-ingat sih mewek. Apalagi masih berstatus mahasiswa, rasanya kehilangan flashdisk itu seperti kehilangan dompet, berbagai data penting di perkuliahan, hilang semua (alhamdulillah sih masih ada file di PC) dan menjadi sangat kesulitan ketika harus bawa-bawa data dari komputer di kost menuju ke berbagai warnet.

Kedua, pernah enggak kalian mengalami, saat mau kirim-kirim data, antar ponsel atau dari ponsel ke komputer, harus nyari perangkat bernama infrared? Lalu tahun-tahun berikutnya, berganti menjadi pencarian bluetooth. Sungguh saat itu, aku merasa menjadi manusia paling update ketika memiliki gadget yang sedemikian update di banding orang lain karena Hp ku saat itu memiliki fasilitas infrared dan bluetooth. Setidaknya jika di bandingkan dengan teman-temanku di kampung saat itu. Tahun 2000an itu susah banget yang namanya menyimpan dan memindahkan data, gaes. Dan seingatku, saat itu belum ada yang namanya kabel USB, setidaknya aku belum menggunakannya saat itu.

Yang terakhir dan paling menyesakkan itu adalah, pernah enggak kalian mengalami, ketika menjual laptop ke seorang teman, dia ambil buru-buru karena anaknya butuh laptop dan berjanji akan bantu back up data kita, ternyata dengan mudah dia bilang "lupa" sementara foto dan video pernikahan kita ada disitu semua. Yeah, lagi-lagi persoalan pemindahan data, back up data, dan sulitnya proses transfer yang menyebabkan segala sesuatu menjadi rumit.
Dari kejadian ini, seolah teguran paling berat buat aku untuk selalu rajin dan rutin melakukan back-up data. Enggak usah menunggu kejadian darurat atau mendadak.

Saat ini, tidak ada lagi flashdisk atau memory card di gadget yang berkapasitas MB, sekarang semua beralih ke GB yang muatannya 1000x dari MB. Bedanya hanyalah, dulu proses transfer data, via flashdisk, infrared dan bluetooth itu gratis, meski tidak cepat.

Kalian tau enggak sih, berdasarkan survei yang dilakukan oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp. Yang judulnya Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, dari situ di dapat kesimpulan bahwa 67% orang Indonesia pernah mengalami yang namanya kehilangan data di smartphone mereka, yang berakhir pada kekesalan. Jadi, ternyata kesalnya aku itu enggak sendirian. Ini sudah jadi semacam habit dimana orang tidak terbiasa memback-up data kecuali disaat darurat. 

Dari survey juga, lebih dari 80% responden survey sebenarnya telah menyadari pentingnya back-up data, lho. Namun, hanya sepertiga yang melakukan back-up secara teratur, dan aku termasuk yang tidak teratur itu. Riset ini gak main-main jumlahnya, yaitu melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. 

Sekarang transfer data itu bayar, karena harus memakai kuota kalau mau transfer data cepat. Seperti via email, via WA, via share it, semua perlu kuota. Eh tapi, tidak semua transfer data dan simpan data sekarang memakai kuota sih. Dan kadang tidak semua juga bisa di pindah melalui akses digital, kalau pas tidak ada signal bagaimana? Ada yang tetep bisa di pindah melalui alat penyimpanan data dan gratis, yaitu memakai USB OTG.

Apa itu USB OTG?

USB OTG adalah singkatan dari USB On The Go, sebuah perangkat mobile storage superrrrr mini multi talenta. OTG yang super mini ini merupakan ultra dual drive yang memudahkan pemindahan konten dari handphone ke komputer ataupun sebaliknya, android ke laptop atau Mac dan sebaliknya. Dan dengan benda sekecil ini, kita bisa back-up data kapan saja dan dimana saja dengan mudah tanpa butuh kabel atau penghubung apapun dan memiliki kapasitas penyimpanan super besar. Alat ini menjadi one stop solution untuk masalah penyimpanan data.

USB OTG yang saya punya saat ini adalah USB OTG SanDisk. Kenapa harus Sandisk?

Dimana di dalam benda yang sekecil dan seimut ini di lengkapi dengan micro-USB di satu sisinya. Lalu bagian yang lain sebagai penghubung USB 3.0 . Konektor USB 3.0 memiliki hasil kerja yang cukup bagus dan bisa juga untuk USB 2.0, hmm.. kagum gak sih untuk benda sekecil ini. Jadi kenapa harus SanDisk?

Teman Setiaku

Alasan kenapa memilih USB OTG Sandisk:

  1. Otomatis terdeteksi ketika tersambung ke ponsel/tablet
  2. Bisa terhubung dengan PC dan Mac
  3. Interface: konektor UsB 3.0 dan micro-USB
  4. Brand terpercaya dengan jaminan 5 tahun garansi.
  5. Dimensi super kecil, sangat travel friendly.
  6. Mengosongkan memori ponsel dengan sangat mudah dan praktis
  7. Memiliki tambahan penyimpanan 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB
  8. Kemampuan transfer USB 3.0 berkecepatan tinggi dari drive ke komputer hingga 150 MB/s (untuk 32GB-128GB) dan kecepatan hingga 130MB/s untuk 16GB
  9. Bisa mengosongkan memori ponsel android dengan fitur OTG untuk memuat lebih banyak foto, lagu dan video tentu saja
  10. Tersedia aplikasi Sandisk Memory Zone di Google Play Store untuk memudahkan kita back-up file dan mengelola perangkat android kita

Yap, dengan 10 keunggulan ini, gak salah donk kalau akhirnya Sandisk unggul di wilayah Asia Pasifik dan orang sering menyebutnya #SanDiskAPAC.

Paling terasa itu waktu saya ke Singapura, aku dan suami kan traveling ala backpacker yang semua serba hemat. Kami hanya mengandalkan kamera ponsel untuk memfoto seluruh perjalanan. Kamera DSLR di pinjami kakak ipar sudah full memory di hari pertama kami disana.

USB OTG Sandisk ini kepake banget kami bawa kemana-mana. Ketika sambil ngider jalan dan memory hp penuh, langsung di oper ke OTG enggak pakai lama. Untuk sekarang, enggak ada lagi drama foto-foto liburan hilang atau ada momen yang terlewat karena memory penuh.

Kerennya lagi, dua bulan lalu kan aku baru ganti handphone. Kebetulan Hp aku yang baru ini, menggunakan colokan type C. Aku agak cemas juga nih, karena USB OTG yang aku punya ini adalah USB OTG SanDisk Dual drive m3.0. Tapi ternyata SanDisk juga ada kok yang type C, untuk yang iXpand juga ada.




Kalian sudah punya USB OTG SanDisk? Kalau mau beli juga, aku bisa saranin buat beli disini aja, Yuk sharing cerita pengalaman memakai USB OTG.



47 comments :

  1. Menggunakan kamera ponsel untuk memfoto memang lebih praktis ya mbak, dan tidak khawatir lagi kehabisan memori kalau pakai USB OTG dari SanDisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otg nya tinggal taroh di dompet, bawa juga kemana2

      Delete
  2. Aku punya nih usb otg dari sandisk satu, ternyata bermanfaat banget ya kalua mau transfer data dari hp lebih cepat gak perlu kabel data lagi

    ReplyDelete
  3. Aku gak punya usb yang bentuknya kayak gini mbak... Ya ampun aku kemana aja ya.. Ini kan bisa di hub ke hp ya

    ReplyDelete
  4. aku lagi perlu ni usb otg sandisk buat naro foto2 di hp biar ga kepenuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, gak perlu beli memory tambahan atau ganti hp dadakan hehe

      Delete
  5. ini niiih yang aku butuhin banget buat back up iphoneku yang kapsitasnya minim tp aku ga mau ganti heheh...selain krn udah cucok meong jg ktn storynya...btw usb otg scandisk ini bs kan buat Iphone mba?

    ReplyDelete
  6. Memang praktis USB OTG ini. Tinggal dicolok ke hp. Kapasitasnya juga cukup besar

    ReplyDelete
  7. klo udah pake usb otg sandisk dijamin ngga rugi dan takut2 lagi data ilang ya

    ReplyDelete
  8. praktis nya itu loh yang nggak bisa dipungkiri. nggak lupa dibawa kemana2

    ReplyDelete
  9. wakakakka jadi inget jaman transfer data pake perangkat bernama infrared, Lalu tahun berikutnya, berganti menjadi pencarian bluetooth.

    kehilangan data? Oooh jangan ditanyakan. SERING.

    waktu laptop kena air dan tidak dibackup sama sekali datanya ... dunia terasa hampa. untuk waktu lama aku parno banget tuh. untung sekarang juga ada penyimpanan data di cloud dan sandisk otg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk ngerasain juga ya mbak pake infrared sm bluetooth

      Delete
  10. Itu kisah2 di awal, jadul banget ya. Aku malah belum sempat ngerasain yang namanya infrared.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kalo belum sempet ngerasain, ini kayanya angkatan2 muda nih di bawahku. Hihihi

      Delete
  11. Aku juga sekarang ngandalin USB OTG banget soalnya paling suka foto pake kamera HP bisa langsung upload paling edit-edit dikit, biar ngak penuh biasanya aku transfer ke USB OTG, begitu juga kalau ada file penting di laptop, aku save juga di USB OTG, biar mudah di buka di mana-mana, soalnya laptopku udah sakit-sakitan...hahaha. Makasih mbak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kalo mau aman tinggal colok ke otg ya foto gak ilang

      Delete
  12. Ini imut banget tapi luar biasa manfaatnya bisa mengamankan data penting

    ReplyDelete
  13. Sudah punya dong, dapat gratis waktu ikut sebuah pelatihan beberapa bulan yang lalu. Emang OTG ini membantu banget, tapi karena bentuknya mungil jadi rawan keselip dan hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwooo mantep, dapat gratis yak. Bener banget, karena kecil, kudu taroh di tempat yg paling aman

      Delete
  14. Nah pake USB OTG gini udah paling oke mba, cepat transfer file2 dari smartphone ketika sudah penuh sehingga data aman jaya enggak kehapus tanpa sengaja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo penih segera pindahin ya. Kecepatan tinggi pula

      Delete
  15. Baca infrared ngakak sendiri, harus cari signal yang lap lipp supaya bisa saling terconect ya, Mbak. Hihihi. Perkembangan teknologi mengubah segalanya, termasuk kapasitas dan model usb, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha generasi yg ngerasain pake infrared juga ya

      Delete
  16. pernah banget mba punya 256 mb, terbatas ya rasanya. Sekarang saya pun segera back up kapan pun deh, soalnya punya pengalaman kehilangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sekedar cukup untuk beberapa bab tugas akhir yaa 256 mb jaman dulu

      Delete
  17. Brand SanDisk ini memang terpercaya ya. Kerennya OTGnya ada jaminan 5 tahun garansi. Kujadi mupeng.

    ReplyDelete
  18. Sungguh.. jaman dulu itu transfer data pakai infrared tingkat keberhasilannya kecil sekali mbak 😂 kalau sinar ga pas lurus nya, ga connect 😆 untung banget sekarang udah ada USB OTG kayak SanDinsk ini ya mbak, jadi super praktis mau backup data.. ga perlu colok2 lagi ke komputer atau laptop, data pun aman.

    ReplyDelete
  19. Usb scandisk yang berbentuk otg ini bermanfaat utk blogger macam kita ya mbak ruli. Apalagi bagi yang cuma modalin Hp. Bermanfaat sekali untuk back up data

    ReplyDelete
  20. uh, pas banget memori hp aku sering penuh. kayanya aku perlu usb otg sandisk juga nih. Huhuhu. makasi infonya ya maaaak

    ReplyDelete
  21. Duh mungkin aku udah guling-guling mbak kalau data-dataku hilang, apalagi kala itu flashdisk harganya tuh dewa banget..

    Btw aku harus punya nih SanDisk USB OTG apalagi aku lagi suka nyimpen gambar dan video di HP kadang suka penuh aja memorinya

    ReplyDelete
  22. Duh, butuh banget deh aku yg begini. Biar gak usah hapus2 file supaya gak penuh. Sayang juga kalo dedelet. Cari di Marketplace ahhh

    ReplyDelete
  23. Eh, sandisk nya samaan.
    Aku juga pakai sandisk buat back up, eh...isi film juga diink...buat di tonton saat sedang dinas luar.

    ReplyDelete
  24. Bukan hanya berakhir dengan kekesalan, Mbak, tapi juga penyesalan kalau data-data sampai hilang tapi trus nggak tau mau gimana lagi. Flashdisk 256MB yang mwahal banget ituuu aku sempat beliii. Minta uang sama ibu soalnya belum punya uang sendiri. Hahahaha. Sekarang pakai USB OTG Sandisk udah paling bener daaah.

    ReplyDelete
  25. kecil imut tapi powerful nih USB OTG SanDisk. Aku mau beli ah yang 32GB. Memory HP udah menjerit minta dipindahin

    ReplyDelete
  26. dulu flashdisk saya merek sandisk. kata teman yg ngerekomen, ini merek terbaik. sekarang otg saya akhirnya juga merek sandisk karena merasakan sendiri pilihan saya gak salah

    ReplyDelete
  27. Aku juga punya USB OTG SanDisk emang berguna banget sih selama aku pakai, aplagi klo lagi diluar trus mau backup data karena kepenuhan, cocok banget dah

    ReplyDelete
  28. beluuum punya inii. dan langsung dong meluncur ke marketplace cek2 harga hahaha. TFs mba ruli :)

    ReplyDelete
  29. Iya, pakai USB OTG SanDisk lebih cepat terdeteksinya saat dimasukkan ke port USB di Laptop, apalagi transfernya cepet heheee

    ReplyDelete
  30. waa aku juga pake sandisk nih, buat nyimpen data dari hp, dari laptop, praktis banget!

    ReplyDelete
  31. wajiiib beli sih ini.. supaya pas traveling ga rempong gara2 keabisan memory space hp dan kamera :D. jujurnya aku jrg banget mindah2in data ato foto pas sdg jalan2. baru dipindahin wkt pulang. untungnya memang blm ada kejadian aneh2, tp kan ga ada yg tau nantinya :D. daripada apes ga bisa moto2 lg, mnding dipindahin ke usb otg ini segera :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..