Seni Mural dan Pesonanya Yang Memikat Mata

Imural - Penyedia Jasa Mural Berkualitas





Assalamualaikum...

Gaes, bener apa enggak, kalau kalian datang ke akan memilih suatu tempat, antara yang tempatnya biasa saja di bandingkan dengan tempat yang instagramable pasti kalian lebih suka yang tempatnya instagramable, kan? Kalau kalian datang ke suatu tempat umum, antara yang latar polos di bandingkan dengan yang latarnya penuh mural, kalian pasti akan berfoto di tempat yang ada muralnya, bukan? 

Atau bahkan, kalian pernah berniat datang ke suatu tempat karena memang tempat itu keren ada muralnya. Iya, itu sih saya tapi saya yakin ada banyak yang seperti saya. Jauh-jauh jalan kaki dari MRT little india ke Kerbau Road di Singapura cuma untuk foto-foto sama Mural ini.


Waktu saya di kerbau road, Singapura
Banyak mural nuansa India


Bahkan banyak turis dari berbagai negara, memasukkan salah satu tujuan wajibnya di Singapura ke Jalan Haji Lane, karena apa? Gang kecil ini penuh dengan mural yang sangat artistik yang mungkin jarang ditemui di daerah mereka sendiri.

Mural di jalan Haji Lane, Singapura
(Detik travel)

Pesona Mural memang semenarik itu. Dan saya termasuk yang awalnya menolak. Apa sih bagusnya mural. Tapi setelah melihat hasil foto-foto saya dengan latar belakang mural ternyata hasilnya jauh lebih kece daripada yang latarnya polos. Akhirnya saya pun pastinya jadi suka foto-foto dan mengagumi Mural.

Mural itu apa?

Mural adalah hasil karya seni gambar/lukis pada media yang luas seperti dinding atau canvas besar dimana kategori gambarnya lebih bebas dan artistik.

Mural terkadang bisa dibuat dalam 3D trick art juga, jadi terkesan nyata dan sangat menarik buat pengunjung berfoto. Malah saat ini banyak sekali Museum 3D Trick art di buat di berbagai kota di Indonesia.

Apa perbedaan Mural dengan grafitti?


Grafitti karya seni gambar yang merupakan bagian dari Mural juga namun lebih spesifik berbentuk tulisan dan menyampaikan suatu pesan khusus dalam hasil tulisannya. Alat gambarnya biasanya juga berupa semprotan. Media gambarnya biasanya sama luasnya seperti mural, seperti dinding atau layar besar.

Contoh grafitti Berbentuk tulisan,
dibuat dengan pewarna semprot

Sebenarnya tujuan keduanya biasanya sama, yaitu untuk karya seni, keindahan, dan menyampaikan suatu maksud tertentu. Dulunya graffiti cenderung dianggap negatif dilakukan oleh remaja-remaja jobless. Tapi saat ini, graffiti sudah di tanggapi sebagai hal yang positif dan justru di dukung oleh masyarakat.

Lagi hype sekali ya Mural ini?

Sebenarnya Mural bukanlah hal baru, lho. Mural sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu. Dulunya mural cenderung di anggap negatif, kotor dan banyak digunakan orang untuk mengekspresikan sesuatu dalam diam. 

Tapi untuk saat ini mural memang seperti menemukan waktunya yang tepat. Dimana kehadirannya sangat mempesona orang-orang milenial saat ini. Mural seperti menemukan waktu yang tepat untuk show up. Orang-orang milenial dengan gaya hidup urban menyukai dinding-dinding penuh karya seni yang indah untuk melengkapi segala kegiatan mereka.

Para pecinta artwork butuh media luas untuk berekspresi sementara generasi milenial saat ini juga menyukai kehidupan yang berwarna terutama para netizen. Tidak heran, banyak tempat umum saat ini tidak di biarkan kosong ataupun kotor, dan lebih memilih untuk dijadikan tempat dengan Mural yang cakep-cakep.

Sudah tidak asing juga, mural tidak cuma kalian temukan di tembok-tembok di tempat umum. Melainkan menjadi pesona di kafe-kafe dan restoran. Menjadi pemikat di hotel, kantor, bahkan residential. Kemana pun kalian bertandang, mural banyak menghiasi airport dan pelabuhan yang menggambarkan signature kota tersebut dan para turis dengan sangat bangga berpose disana.

Tertarik punya Mural?

Orang yang bisa bikin gambar mural itu banyak gaes, bahkan saat ini banyak di perlombakan dan banyak pesertanya. Artinya banyak orang yang suka, banyak yang pinter gambar dan banyak yang memfasilitasi. Tapi, ternyata membuat mural yang bagus dan berkualitas itu tidak bisa sembarangan. Apabila kita sedang mencari jasa penyedia pengerjaan mural tentu saja kita maunya semua terkonsep, designnya bagus sesuai request kita, dan di kerjakan dengan tim yang expert serta hasil yang memuaskan.

Perkenalkan Imural. Siapa Imural? 


Imural adalah salah satu penyedia jasa mural yang bisa memenuhi harapan kita semua tentang mural seperti yang sudah saya ceritakan diatas tadi.


IMURAL is a company that provides the wall décor, mural, 3d trick art, and other art related service. Executed by the professional in the design, painting, and art space, we are looking to fulfill customer’s expectation. (Imural.id)

Mungkin mau liat beberapa contoh Mural dan 3D trick art dan Brag book. Bedanya apa sih, atau kaya gimana sih wujudnya.


Ini contoh Mural di Imural
Keren kan dindingnya

3D Trick Art di Imural
Lagi hype di berbagai lokasi wisata


Seperti ini Brag book di Imural
Instagramable banget

Nah sudah liat bedanya ya apa itu mural, graffiti, trick art. Jadi untuk kalian yang mulai ada ide untuk bikin mural, 3d trick art dan sejenisnya lalu bingung mau mewujudkan idenya. Bisa coba kontak tim imural.id ini. Karena disini ide kalian tidak hanya sekedar di tuangkan ke tembok menjadi gambar tapi juga ada beberapa alasan lain kenapa akhirnya disarankan memilih jasa imural ini.

  1. Berpengalaman, jadi jika kalian berkunjung ke webnya, kalian akan liat ada banyak sekali brand yang sudah bekerjasama untuk pembuatan seni gambar dinding bersama imural. Baik berbentuk mural atau 3D trick art.  
  2. Menggunakan RED system multi dari sketsa black and white, colouring basic, colouring final, finishing touch.
  3. Kualitas dari artwork, mata itu gak bisa bohong kan gaes. Gambar yang berkualitas bahkan bisa di rasakan oleh orang yang tidak mengerti seni sekalipun. Apalagi yang mengerti seni, kualitas itu langsung terlihat dalam hasil karya
  4. Tim handal dengan experience di bidangnya. Memiliki team yang professional dan kompeten di bidangnya.
Setidaknya kalian yang tertarik untuk membuat karya seni di dinding baik untuk office ataupun tempat tinggal pribadi sudah ada gambaran ya, akan kemana mencari informasi dan melakukan pemesanan. 

Saya sih belum kepikiran untuk Mural di tempat bisnis karena belum punya. Tapi saya bercita-cita juga ingin membuat Mural di rumah saya supaya lebih cheerful dan beda suasananya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

10 comments :

  1. Iya aku tu suka banget sama seni lukis Mural.. eksentrik banget menurutku, rencana aku buat tempat kerja mau dibuatin mural yang hype gitu.. keren kayaknya

    ReplyDelete
  2. Mural kalau dibuat dengan profesional emang bikin indah kota, kayak di Bandung ini, banyak tembok mural yang emang setiap tahun diperbaharui. Bikin indah Bandung hehe

    ReplyDelete
  3. itu yang 3D keren banget ya
    hewannya kayak beneran muncul dari dinding
    tapi kalau suasana sepi ngeri juga deh kayaknya

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka sama seni mural,
    Pengen deh klw punya kamar, trs dikasih seni ini.
    Kayaknya lebih unik..

    ReplyDelete
  5. Aku selalu takjub dan salut lho mbak sama mereka yang bisa bikin mural dan dan berbagai karya seni lainnya.

    ReplyDelete
  6. Suka salut nih buat pekarya seni mural. Jujur saja art nya itu bagus. Terkadang terpikir pengen banget bikin mural di tembok rumah.

    ReplyDelete
  7. Wah mural-mural nya artistik banget ya mbak ruli,aku kalo ketemu mural begini pasti betah deh foto-foto terusss hehe

    ReplyDelete
  8. Aku selalu kagum sama yang jago bikin mural, imajinas keren. Wah sekarang udah ada penyedia jasanya ya, semoga yang suka ngemural di jalanan juga terwadahi oleh jasa ini ya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih kak. Informasinya bermanfaat..

    Kalau lihat mural itu, aku jadi ingat museum-museum di Malang yang punya mural 3D gitu. Kalau di Jakarta, muralnya dibentuk dalam format digital*

    ReplyDelete
  10. Kalo menurut saya seni mural lumayan segar koq, membuat bidang yang plain menjadi lebih hidup dan colourfull, apalagi yang model 3D, pas banget untuk lebih hidup lagi nuansanya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..