Pemandangan Sunrise di Candi Borobudur, Magnet Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Wisata menarik di Candi Borobudur



Kota Jogja bukan hanya terkenal dengan kuliner, pantai, atau kawasan perkotaan yang membuat kita bisa merasa bernostalgia saja, melainkan di sini kamu bisa juga menemukan sebuah candi yang keren banget, namanya Candi Borobudur.

Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah paling bernilai di seluruh dunia dan menjadi salah satu tempat paling populer di Indonesia selain Bali dan Jakarta. Nah yang membuat tempat ini semakin menarik adalah, kamu bisa masuk ke kawasan Candi Borobudur yang terbuka untuk umum, dan menikmati pemandangan matahari terbit atau sunrise yang menakjubkan. Beberapa tahun terakhir, candi ini makin banyak dikunjungi untuk berburu sunrise karena pemandangannya yang sangat indah saat matahari terbit.

Monumen yang megah ini mulai dibangun pada sekitar 750 M dan masih berdiri dengan kokoh hingga sekarang dan menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi ketika kamu sedang berada di Jogja. Beruntung sekali aku waktu kecil tinggal di Jogja waktu Bapakku kuliah disana, beruntung karena lebih mudah kesana, enggak perlu naik pesawat dulu. Sedangkan saat ini, Borobudur jadi salah satu tempat yang sangat aku rindukan karena untuk kesananya harus naik pesawat dulu.

Waktu aku kecil, tiap bertandang ke Borobudur, aku selalu terobsesi memegang stupa yang ada dalam candi-candi kecil itu. Dan tentu saja, enggak bisa sampai menyentuhnya dengan tangan kecil itu. Sampai aku seperti berjanji, kelak aku besar aku akan bisa menyentuhnya. Obsesi masa kecil yang 'apasih' sekali.

Borobudur saat aku TK
Tebak aku yang mana?

Kalau kamu mau berkunjung ke Candi Borobudur untuk ikut berburu sunrise, maka waktu terbaik adalah di pagi hari sebelum fajar menyingsing, atau sekitar jam 4 pagi. Kenapa begitu? Karena saat matahari terbit di ufuk timur, kamu bisa melihat cahayanya menembus stupa dan pastinya bikin kamu speechless, cocok banget buat kamu yang lagi cari tempat untuk mencari udara segar, suasana tenang dan romantis, pemandangan mengesankan dan matahari yang tampak sangat cantik.

Selain itu, cahaya matahari juga akan menyinari pegunungan dan pedesaan yang ada di sekitar candi yang menambah keelokan pemandangannya. Jangan lupa untuk bawa kamera kamu, karena kamu bisa dapetin banyak banget foto yang instagramable di sini. Pastikan titik tempat kamu berdiri adalah titik terbaik untuk mengambil foto ya.

Sedikit catatan tambahan, semakin siang pengunjung Candi Borobudur akan semakin banyak dan memadati tempat tersebut. Dengan begitu kamu akan kesulitan mencari tempat sepi untuk foto-foto. Maka dari itu, sebaiknya kamu segera cari spot yang keren ketika matahari mulai terbit tanpa terganggu dengan banyaknya orang yang berlalu-lalang.

Candi Borobudur merupakan candi Budha yang paling besar di dunia. Lokasinya sebenarnya berada di provinsi Jawa Tengah,  tapi jika berangkat dari Jogja cukup dengan berkendara selama kurang lebih satu jam saja dari pusat kota Jogja. Di sini kamu bisa seolah dibawa kembali ke masa lalu dengan kombinasi nilai-nilai seperti sejarah, budaya, serta keindahan alam.

Cara menuju ke Borobudur sangatlah mudah mencari transportasinya. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pilih, mulai dari menggunakan taxi, bus, atau dengan layanan rental mobil. Kalau kamu berada di luar kota yang jauh dari Jogja, maka pilihan transportasinya bisa dengan kereta atau pesawat. Rute pesawat menuju Jogjakarta banyak tersedia dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan lainnya.

Sebagai alternatif lain, kamu bisa juga naik taksi dari hotel tempat kamu menginap di Jogja. Beberapa hotel di Jogja juga menawarkan pengantaran bagi wisatawan yang ingin pergi ke Borobudur baik itu menggunakan shuttle atau bus.

Setelah kamu puas berwisata ke Candi Borobudur, kamu bisa kembali menjelajah kota Jogja yang punya banyak sekali destinasi wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa berwisata kuliner dan mencicipi menu legendaris yakni Gudeg, atau jalan-jalan ke surga belanja di Jogja yang ada di kawasan Malioboro. 

Pastinya kamu tak akan kehabisan pilihan tempat menarik kalau kamu mau liburan ke Jogja, termasuk juga mengunjungi Candi Borobudur yang megah. Sebelum berangkat kamu bisa pesan tiket masuk wisata Borobudur terlebih dahulu secara online sehingga nanti di sana kamu tak perlu lagi mengantri untuk membeli tiket masuk.

So, sekarang berwisata menjadi sangat mudah karena banyak fasilitas online tersedia. Jadi bisa di persiapkan dan di bayar jauh-jauh hari. Tanpa takut kehabisan, dan tidak membuat pengeluaran overload jelang keberangkatan. Selamat berburu sunrise.

13 comments :

  1. Saya pernah ke Borobudur duluuuuuuuu sekali, waktu masih kelas IV SD, hanya sedikit yang saya ingat tentang pengalaman berkunjung ke sana.

    Wah, pasti keren kalau bisa melihat sunrise di Borobudur, tapi entah kenapa saya jadi kepikiran mungkin sedikit menyeramkan yak kalau dini hari ke sana? *penakut akut*

    ReplyDelete
  2. Jogja ini memang salah satu tempat yang pingin saja kunjungi lagi nih Mbak

    ReplyDelete
  3. Wah bagus banget nih Mbak sunrise yang ada di Candi Borobudur ini

    ReplyDelete
  4. Saya jadi pingin nih Mbak ke Candi Borobudur ini Mbak hihi. Bagus banget

    ReplyDelete
  5. Ih aku kalau liat orang ke candi ini rasanya pengen banget. Asik banget pemandangan disini tuh kek indah banget. Apalagi ini di jogja yakan aku penasaran banget sama kota jogja. Semoga, nanti bisa berkunjung kesini. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Apa cuman aku yang belum pernah ke Borobudur, baru cuman ke Prambanan doang.

    Rasanya gimana gituuu ketika yang lain udah pada pernah kesitu tapi saya belum.

    ReplyDelete
  7. Salah satu wishlist jg nih mba yaitu ke borobudur ini .. Kalau udah siang katanya panas bgt ya dsna dan naik tngganya itu bnyk bgt tp sesuai dengan keindahan yg terbayarkan ya mba ..

    ReplyDelete
  8. Borobudur kalau gak salah gak masukin jogja mbak. Tapi masuknya magelang.
    Udah Lama bgt gak kesini.terakhir pas ada acara peliputan
    Ngangenin bgt

    ReplyDelete
  9. terakhir ke Borobudur sekitar tahun 2015, badanku udah tambah gendut. jadi lumayan menguras tenaga pas naik ke puncak. apalagi saat itu pas musim hujan. jadi di tengah-tengah rintik hujan. jadi kangen ronde yogya wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Ah Eny pengen bgt kecandi ini mba... Moga bisa kesampaian liburan kesana hhi amnin

    ReplyDelete
  11. wah apstinya bagus ay saat sunrise, silut candi akan eksotis

    ReplyDelete
  12. Borobudur ini lebih dekat diakses dari Jogja ya. Oke sip baik, kalau mau ke sana berarti harus booking penginapan yg di Jogja saja supaya juga bisa menjelajah kota budayanya.

    ReplyDelete
  13. Setiap k borobudur gak peenah dapet foto bagus rasanya haha

    Jd pengen kesana tapi pas sunset, sepertinya oke juga :D


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..