Hari Kucing Sedunia - Setahun kami bersama Uning dan Nina #FBBKolaborasi

World Cat Day is August 8th
Hari Kucing International 



Assalamualaikum,
Sudah pada tau belum kalo tanggal 8 agustus diperingati sebagai hari kucing sedunia alias world cat day? Baru tau? Aku juga. Nyiahahaha.. senyum bangga padahal malu. Jadi cerita kali ini tentu gak jauh-jauh dari seputar kucing. Dan setiap membahas peringatan hari bersejarah, pastinya saya sedang ikut event bulanan FBB Kolaborasi.

Jadi ceritanya, post kali ini mau cerita sedikit tentang my daily life. Di rumahku ada 2 ekor kucing bernama Uning dan Nina. Sebelum membahas lebih jauh mengenai Hari Kucing, mari kenalan sedikit sama kucing di keluarga kami.

Uning adalah blesteran persia yang kawin sama kucing dome, lelaki. Makanya warnanya seperti kucing dome tapi bulunya lebat. Induknya sendiri, berwarna abu rokok bernama Selena, hilang di curi orang udah lama banget. Jadi Uning ini generasi peninggalan selena yang masih tersisa. Hiks.. Semoga hilangnya selena kemudian di rawat dengan baik oleh orang lain. Kenapa namanya uning? Karena di kira Ibuku, dia dulunya perempuan, jadi di kasih nama Nuning. Begitu dia gede, lah kok punya kelamin lelaki, ya udah deh kebiasaan panggil Uning jadi namanya enggak diganti.


Uning yang susah makan

Kucing kedua, bernama Nina, hasil jenis kucing himalaya yang kawin sama kucing dome. Jadinya warna bulu dan matanya himalaya, tapi bulunya tipis kaya kucing dome. Warna mata Nina itu merah kalau dalam gelap, tapi bening biasa kalau banyak cahaya, jadi agak serem kalau ketemu malam-malam. Hehe.. actually Nina ini di kasih temannya Loly yang kebetulan kewalahan memelihara kucing himalayanya yang sering beranak. Jadi saat itu aku di kasih 2 ekor, namanya Nina dan Nino, Nino  kalau dalam gelap matanya ungu. Hanya saja Nino hilang, entah kemana gak balik-balik mungkin dia mengais rezeki di ibukota. Semoga saat ini dia bersama pemilik yang sangat menyayanginya.


Nina kucing himalaya

SETAHUN BERSAMA

Witing trisno jalaran soko kulino, uning dan Nina saling mencintai, lalu mereka punya anak. Selama setahun bersama kami, nina sudah 2x melahirkan. Yang pertama lahir itu, anaknya hilang semua gatau kemana sejak mereka sudah gak nyusu lagi (mungkin merantau mencari peruntungan yang lebih baik). Lalu baru lahiran lagi minggu lalu, hanya 2 anak tapi lucu anet, karena kakinya pendek dan bulunya mayan lebat. Hihihi..

Karena setahun bersama ini juga, anak-anakku akhirnya bisa menyayangi kucing. Dulu awalnya mereka selalu menyakiti kucing. Niatnya main, tapi jadi menyakiti karena di remas-remas, dilempar, dikejar-kejar, dsb. Sampai-sampai Uning dan Nina selalu lari tiap dengar suara anak-anak lelakiku. Tapi setelah setahun, semua sudah saling menyayangi. Bahkan ketika Qowiy makan, Uning dengan santai duduk di sampingnya menanti sisa ikan yang sedang di makan Qowiy. 

Well, aku bahagia untuk itu, bahagia kami akhirnya bisa hidup berdampingan dengan kucing. Terutama suamiku. Karena sejujurnya yang sangat menyukai kucing di rumah ini adalah suamiku. Aku sendiri karena punya riwayat asma, gak terlalu tahan sama bulu kucing. Meski menyukai kucing, aku tidak terlalu berlebihan seperti suamiku menyayangi kucing. Bahkan ketika Uning sakit, khawatirnya seperti anaknya sendiri sedang sakit. Di antar ke dokter lalu Uning rawat inap, beliau yang tiap hari jenguk sepulang kantor. Sampai akhirnya Uning pulang dalam keadaan sehat. Kalau liat kucing terluka atau mati, galaunya bisa lama. Yeah, sesayang itu memang suamiku sama kucing.

By the way, Nina itu kucing paling cantik di blok rumahku, jadi biasanya banyak tetangga yang main kesini ngejar-ngejar Nina, terus Nina yang masuk rumah gak mau keluar lagi, tapi si cowok masih menunggu di depan rumah dan setia nunggu Nina keluar. Nina nya di tungguin malah gamau keluar, saking setianya sama Uning kali ya. Dia stay cool gitu kalau ada kucing lelaki lain mengejar dia.

Lucunya uning dan Nina, meski uning itu laki-laki, tapi kalo uda di bentak nina atau tiba-tiba nina datang, Uning tu kaya langsung ngalah, nyerahin makanannya dan mempersilakan nina makan. Mereka sama sekali tidak pernah berantem soal makanan karena Uning selalu mengalah. Uning ini andaikan manusia itu pasti cowok idaman banget. Blesteran bule, ganteng, dan memuliakam wanita (halah.. halu..) aku malah sudah misahin tempat makan uning dan Nina supaya adil, tapi namanya juga hewan, udah di kasih masing-masing ya tetep aja Nina nanti makan punya Uning juga.

Nyebelinnya, Uning itu kurus kaya kucing gak terawat, karena makannya milih-milih banget. Mentah gak mau, ikan selain di goreng pun gak terlalu suka (kamu gak takut kolesterol ya Ning makan gorengan mulu) di kasih yang bertulang juga dia suka ketulangan lalu muntah. Gimana sih jadi kucing kok bisa ketulangan, apa mau pensiun dini? Di kasih biskuit kucing pun dia milih-milih, cuma mau merk tertentu. Heran tuh jadi kucing songong dah kaya juragan minyak. 

Nina kebalikannya, mau menyusui atau enggak, dia makan selalu nafsu. Apa aja mau. Omnivora dia nih. Masa tuh, makan wortel kentang dia mau, makan jamur tiram sama jamur kuping pun dia mau, risol mau, kayanya sih Nina ini asal ada aroma-aroma kaldu itu mau aja. Apalagi pas menyusui gini makin agresif dia nyari makan. Bahkan tutup panci saja dia bisa buka. Ckckckck..
Itu tadi sekilas soal Nina dan Uning. Bukan sekilas sih, tapi lebih dari 500 karakter ini nulisnya, hehehe..

Kembali ke Hari Kucing International, kali ini masih dalam rangka memeriahkan FBB kolaborasi. Kita bahas tentang tanggalnya ya. Yaitu 8 agustus.

Dilansir dari wikipedia, Pencetus utama Hari Kucing Sedunia adalah International Fund for Animal Welfare (IFAW) dan beberapa kelompok hak asasi hewan pada tahun 2002. Makna dari pencetusan perayaan ini tentu saja, untuk menghormati Kucing. Memiliki hak hidup seperti mahluk lainnya. Tapi sedianya, meski hari kucing sudah di tetapkan, ada kok beberapa negara yang punya perayaan hari kucing tersendiri. Antara lain: 
  1. 17 Februari (Polandia)
  2. 22 Februari (Jepang)
  3. 1 Maret (Rusia)
  4. 8 Agustus (Seluruh negara)
  5. 29 Oktober (AS)
World Cat Day
(Source: sparklecat.com)

Kagum banget karena tidak semua hewan memiliki keistimewaan memiliki hari peringatan apalagi secara international. Seperti tujuan awalnya, yaitu untuk menghormati kucing, maka aku pun berharap, agar makin banyak orang yang menghargai kehidupan kucing di seluruh dunia. Diperlakukan dengan baik, banyak adopsi jangan membuang, banyak melindungi, bukan menyakiti. Bila ingin menyuruhnya menjauh, singkirkan pelan-pelan, jangan di tendang :( bila ia nakal, takuti saja atau percikkan air, tapi jangan di pukul atau di siram air panas ya.. pliss

Aku juga mau ngucapin terimakasih untuk berbagai komunitas kucing yang ada saat ini, karena sangat banyak membantu kehidupan para kucing agar diperlakukan lebih layak sebagai mahluk hidup. Juga untuk para pecinta kucing dimanapun berada, aku seneng deh bisa berbagi sedikit kisah sebagai sesama penyuka kucing. 

Uning dan Nina, telah setahun bersama di rumah kami. Baru kali ini kucing kami awet, biasanya yang sudah-sudah sering banget hilang. Uning juga sering hilang dulu tapi sekarang sejak punya nina dia jadi betah di rumah. Suami rumahan memang. Semoga kalian terus bersama kami hingga kami tua, karena kalian sudah kami anggap seperti bagian dari keluarga kecil kami.

Sekian dulu FBB kolaborasi kali ini, kalian punya cerita soal keseharian kucing kalian yang unik? Yuk share disini..

18 comments :

  1. Haduuuh lucunya si Uning ini, wkwkwk. Nina-nya cantik juga, makanya si Uning rela jadi suami rumahan, hihihi. Bagus banget Mbak ceritanya. Tak kalah sama kumpulan cerita pecinta kucing yang barusan saya baca. Two thumbs up.

    ReplyDelete
  2. Si uning sama nama kucing nis huhuhu
    btb kangen dia hiks.

    Lucu bangt sifat si uning, makan aja kudu dipilih yes

    ReplyDelete
  3. Itu beneran dicuri mbak si Selena? Hikss sad banget :(

    Aku tuh suka lucu sama mereka, tp masih takut kalo k kacakar haha

    Semoga anaknya Uning dan Nina yg ini gak kabur dan tumbuh dengan sehat 🤲🤲


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  4. Hei Uning oyeeeee uwuwuwu, selama ini punya kucing tp gatau ada hari kucing sedunia hahaha ya ampun bahkan ada tiap negara beda tanggalnyaa

    ReplyDelete
  5. mana anaknya uning dan nina mbak? kepo juga pengen lihat kucing yang campuran macam-macam. Kan kalau dilihat dari garis keturunan berarati anaknya uning dan nina itu campuran himalaya, persia dan domestik, pasti cantik

    ReplyDelete
  6. Aku suka kucing, terutama warnanya putih.
    Rasanya gimna gitu, pengen tak gendong.. Terus bawa pulang.

    ReplyDelete
  7. Cakep2 mbak kucingnya :D
    Aku baru tau ada hari kucing pas mantengin timeline Twitter. Aku penyuka kucing krn keluargaku suka kucing. Saat ini gak pelihara sih tapi suka ada kucing liar minta makan, mampunya msh sebatas kasi makan, blm bisa pelihara hehe

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu hari kucing ini. Udah lama gak pelihara kucing. Terakhir tuh kucing anakan, gak tahu deh jenis apa. Aku gak hobi miara, tapi ya tetep dikasih makan kalau adikku gak ada. Eh kemudian dia ilang entah ke mana. Mungkin juga akhirnya mengais rejeki ke Ibu Kota juga

    ReplyDelete
  9. Uning dan Nina gemesin banget sih, duh lucu banget cerita mereka makan juga, duh seneng banget ya bisa berdampingan hidup rukun sama kucing karena kucing juga salah satu binatang kesayangan Rasulullah

    ReplyDelete
  10. Aku inget kucing ku hasil perkawinan anggora sama kucing kampung mbak. Namanya Delon.
    Dia cakep bangett. Tapi doi udah ilang mungkin mati, doi keren banget. Syukurlah punya keturunan cewek yang hampir sama kek Bapaknya. Cuman ekornya kecil. Kalau ekornya Delon panjang mbak.
    Makasih buat sharingnya ya mbak
    Nina emang manis ihh kucingnya

    ReplyDelete
  11. Aku di rumah juga punya kucing. Ada tiga. Satu persia, namanya Berlin, dua lagi campuran persia dan domestik (mixdome) namanya Roma dan Moscow. Kalo yang aku baca, kucing baiknya jangan dikasih tulang, Mbak. Aku jaga banget makanan kucing-kucing aku, takut mereka sakit. Sedih nanti heuu. Apalagi dulu Berlin maunya makan makanan kucing yang premium doang. Tapi aku cintaaaak!

    ReplyDelete
  12. ternyata pecinta kucing ya kak. memang banyak sekali negara yang percaya kalau kucing punyadaya tariknya tersendiri. ada yang menganggapnya sebagai pembawa keberuntungan tapi ada pula kucing yang dianggap pembawa celaka. padahal kucing hewan ciptaan Tuhan yang bisa di sayang sayang ya kak... lucu lagi. btw abis berapa sebulan untuk perawatannya kak??

    ReplyDelete
  13. Wah baru tahu aku mba kalau ada hari kucing sedunia. Tapi sedari kecil kami gak pernah melihara kucing sih. Tetanggaku yang demen banget sama kucing. Aku sih gak bisa bedain mana persia mana himalaya.

    ReplyDelete
  14. gemesnyaaa para anabul ini, aku jadi inget kucingku dulu mbak umurnya gak begitu lama sedih deh waktu dia harus pergi aku sampe kepikiran berhari-hari

    ReplyDelete
  15. Aku juga baru tau nih ada World Cat Day. Oia kak, nanti kalau Uning dan Nina ulang tahun, jangan lupa share ke pembaca juga tips merawat mereka atau pengalaman lucu dengan kucing gitu.

    Salam ya buat Uning dan Nina*

    ReplyDelete
  16. aku baru tahu kucing dome itu jenis kucing apa ya? kalau aku malah kebalikannya nih. setelah bertahun-tahun setia memelihara kucing akhirnya setelah tinggal di rumah sendiri aku nggak mau lagi memelihara kucing di dalam rumah. kucingnya cuma dikasih makan aja di luar rumah

    ReplyDelete
  17. Kucing2 di rumah juga gitu. Suka menghilang. Kadang balik kadang udah gak tau kemana. Jd diniatin aja akhirnya rumah ni u.shelter aja. Sebatas rumah singgah u.kucing

    ReplyDelete
  18. Sehat2 miong2 semua, salam sayang dari cucuth

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..