Film Komedi Keluarga, Mahasiswi Baru Segera Tayang

Film terbaru Monty Tiwa, Mahasiswi baru Segera tayang di Bioskop



Assalamualaikum... Hai semua..
Dulu ketika Ibuku memutuskan kuliah di usia beliau yang menginjak usia kepala 5, aku sudah geleng kepala. Tapi akhirnya, beliau lulus dengan baik, gaes.. Lalu apa jadinya kalau kuliah di usia 70 tahun? What? Apa jadinya? Pada tanggal 8 agustus 2019 nanti, Aktris senior Widyawati akan membuat kalian mengerti bagaimana kuliah di usia 70 tahun, kocak dan sangat menghibur.



Jadi gini, aku baru saja menonton trailer Film Mahasiswi Baru garapan sutradara dan penulis skenario kondang Monty Tiwa. Well, all of you pasti tau kalau beliau terkenal dengan film-filmnya yang biasanya viral, yang kocak tapi mutu, dan sudah meraih berbagai pernghargaan di industri perfilman Indonesia. Jadi kali ini, film Mahasiswi baru tak kalah seru dengan film beliau lainnya. Dan tetep, menggandeng pemain-pemain yang bener-bener pas sama karakternya. 

Untuk aku, yang sangat jarang nonton film Indonesia di bioskop, kecuali bener-bener menarik perhatianku dan worth to watch, film yang satu ini cukup mengesankan dan membuat aku menjadwalkan diri menontonnya. Suamiku pun begitu, kadang suka terkalahkan sama film barat yang lagi box office. Tapi begitu nonton trailernya, langsung bilang "nanti 8 agustus kita nonton ini ya" baiklah, beb!

Udah deh ga usah muji-muji mulu, ini sebenarnya film apasih? Di tengah banyak netizen yang sering saling cekal mencekal pada film baru, padahal mereka belum nonton filmnya, kali ini aku persilahkan kalian nonton dulu trailernya yak..
Tenang, film ini sepertinya enggak termasuk kategori film yang akan menuai protes masyarakat, kok!


Gimana? Sudah mulai ada gambaran kan. Apa tadi mulai ketawa-ketawa liat beberapa adegannya? Terus di ulang lagi karena masih penasaran. Hihihi.. jadi ini sedikit review dari aku ya, mungkin bisa bantu kalian buat memutuskan untuk nonton atau enggak.

Film Mahasiswi baru ini berkisah tentang seorang Lastri, nenek berusia 70 tahun yang masih sangat semangat untuk kuliah S1. Berusaha untuk mengikuti style anak muda yang baru lulus SMA lalu masuk kuliah agar bisa beradaptasi dan gaul selayaknya mahasiswa baru pada umumnya. Di baliknya, ada berbagai suka duka semasa kuliah yang kesemuanya dikemas dengan adegan komedi tapi tetep serius jalan ceritanya.

Kok tau S1? Iya karena teman seangkatannya lulusan SMA dan ikut ospek. Well, Kalau kuliah S2 dan S3 kan enggak pake ospek, gaes.. dan biasanya sebagian juga uda pada tua. Sedangkan di film ini, hanya Lastri the one and only nenek berusia 70 tahun. Sisanya abege semua.


So, seketika aku teringat pada ibuku sendiri yang kuliah S1 di usia 50. Itu aja aku sudah "what a surprise" walaupun saat itu ibuku gak pake ospek, dan teman-temannya banyak juga yang tidak muda lagi karena ibuku ambil kelas weekend kuliahnya. 

Nah ini nenek lincah, Widyawati ambil kelas reguler, ikut ospek, dan happy banget punya gank. Woi nek, saya juga mau deh ikut gank nya. Soalnya disana ada Morgan oey, Mikha tambayong, Umay Shahab dan Sonia allysa. Which is semua ganteng cantik dan gaul abis. Aktor seniornya, selain Widyawati juga ada Slamet Raharjo, Iszur Muchtar, dan Karina Larasati. Hmmm.. semua aktor dan aktris beken dimana kalian tidak akan menemukan akting ecek-ecek di dalamnya. Semuanya total banget. 

Umay sih kalo untuk genre komedi dan memerankan usia kuliahan, uda gak di ragukan lagi ya. Sedangkan Morgan, yang saat ini berusia 29 tahun, memerankan tokoh mahasiswa baru sempet agak keki katanya, dia sampai riset dulu ngeliatin pola mahasiswa jaman now. Dan tingkat keberhasilannya, kalian liat sendiri nanti di bioskop ya. Buat kalian yang dulunya termasuk Smashblast, kangen sama Morgan enggak?

Film ini di kemas dengan komedi sarat makna, menghibur dan mengocok perut di sepanjang adegan. Tapi tetap menyematkan nilai edukatif melihat kegigihan nenek Lastri tetep gigih menuntut ilmu meski sudah tua, melihat bagaimana dua generasi mencoba beradaptasi menjadi sebuah gank yang saling care dan tetep serius kuliah.

Melihat nilai edukatif bagaimana seorang anak tetap menghargai keinginan orang tuanya meskipun agak "beda" dari orang tua kebanyakan yang saat usia tersebut hanya ingin dirumah saja. Dan melihat juga bagaimana seorang nenek mau patuh pada aturan kampus meskipun beliau sudah senior. Beliau tidak gila hormat, tidak sok senior dan minta perlakukan khusus karena sudah tua. Semua dijalani sesuai aturan selayaknya mahasiswa biasa.

Film ini bukan sekedar film remaja, tapi juga film keluarga. Silakan ajak orang tua dan sodara nonton bareng. Ingat ya 8 agustus 2019 di seluruh bioskop kesayangan kalian. Hahahaha.. aku uda kaya spg ajah, enggak ding, aku sendiri mau ngajak ibu bapak ku nonton. Itung-itung buat mengingat nostalgia pas beliau kuliah beberapa tahun lalu. 

By the way, ini karena settingnya anak kuliahan dan film keluarga. Aku cuma mau ngingetin, film ini gak cocok di tonton anak-anak. Bukan karena ada adegan dewasa sih, tapi karena mereka mungkin gak akan faham alur ceritanya. Jadi tinggal kitanya aja bijak memilih mau ngajak anak apa engga, yes? Dont miss it.. janjian nobar  dari sekarang.


15 comments :

  1. Wah yang ini detail sekali prolognya, hihi jadi semakin penasaran mau lihat filmnya nanti~ karena alur cerita seperti ini termasuk baru, dan sepertinya belum pernah ada :D

    ReplyDelete
  2. Jadi inget film yang kembali ke usia 20an itu, Sweet 20 haha yang main Widyawati juga. Kayanya seruh deh ini, kocaknya gimana ikut ospek juga, jgn2 dimarahin balik nih ke maba2nya haha

    ReplyDelete
  3. Film Mahasiswi Baru ini meskipun bergenre komedi namun banyak pelajaran dan cerita sehari-hari yang terjadi disekitar kita ya mba. Oma Lastri yang energik, lugu dan semangat untuk kuliah berhasil bikin saya ketawa padahal baru lihat trailer nya saja lho. Keren!

    ReplyDelete
  4. Serunya masa-masa mahasiswa, disaat meninggalkan masa puber, dan mulai memasuki pintu kedewasaan. Persahabatan yang terbentuk terkadang tetap kekal hingga tua.

    ReplyDelete
  5. aku nonton trailernya aja ketawa njungkel2
    apalagi mbayangin pas udah nonton filmnya, haha

    btw, aku penasaran dengan misi yang dijalankan dalam film ini.
    untuk apa nenek lastri kuliah?? apa yang dicari??

    ReplyDelete
  6. Awalnya, aku lihat trailer film ini, agak emmm... gimana gitu. Sepertinya, ini akan jadi film yang menarik. Ingin tahu aja gitu bagaimana geng mereka kalo hangout atau apakah si Oma Lastri akan jadi ketua genk, atau mungkin pas lagi party di Jaksel, tiba-tiba kram lutut, bener-bener menarik.

    ReplyDelete
  7. Nonton film ini enaknya bareng teman kuliah dulu, nanti kalau nonton sambil nostalgia ea....salut ah untuk perjuangan si nenek, nenek-nenek yang semangat belajarany tak pernah luntur itu prestasi lho

    ReplyDelete
  8. Ketika ada Kata "Mahasiswa Baru", yang terpikirkan oleh ku tentang Orientasi Mahasiswa Baru atau sering disebut Ospek. Semuanya baru, wajah baru segar dan cocok dijadikan gebetan baru. Tapi bila melingat penggalan yang di tuliskan oleh mbak Ruli ini gemana ya dengan Mahasiswi baru ini berkisah tentang seorang Lastri, nenek berusia 70 tahun yang masih sangat semangat untuk kuliah S1.???????

    ReplyDelete
  9. Teringat akan film Sweet 20, film Indonesia juga. Patut untuk ditonton filmnya, terbayang akan selucu dan seseru Tak sabar menantikan filmnya segera diputar.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya nonton film ini sambil mengenang masa-masa kuliah nih, tapi kebayang serunya ya kalau punya temen kuliah usia 70 tahun heheh jadi penasaran pengen nonton filmnya

    ReplyDelete
  11. Kalo di kenyataan boleh kah nenek usia 70th ambil s1 jalur reguler? Jadi kepo aku. Mantap nenek lincah masih semangat dan ga tepar. Hehe. Aku s2 usia 30 an aja udah teler. Mungkin nenek lastri rajin olahraga dan pola makan nya bagus nih

    ReplyDelete
  12. Keren nih Bu Lastri masih mau belajar di sekolah walau usianya dah gak lagi muda ya? Penasaran kyk apa jalan ceritra film ini dan apakah Bu lastri bisa berhasil lulus :D

    ReplyDelete
  13. Penasaran sm aktingnya widyawati, totalitas banget kayaknya dia. Kocak pasti jadi mahasisw baru.

    ReplyDelete
  14. Besok ada undangan nobarnya juga sih. Tapi, aku gak bisa dateng. Padahal ceritanya seru dan trailernya kocak*

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..