Ketika Syahrini Curhat tentang Hijab dan Suami Kepada Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad tentang Kriteria Pasangan


Gerak gerik princess Syahrini selalu saja mengundang perhatian publik ya. Apapun yang dia lakukan selalu mengundang komen tersendiri dimata netizen. Nah, saya sebenarnya bukan fans princess juga, bukan juga yang selalu follow semua tentangnya. Cuma kali ini, keberadaan princess ini memang menarik bagi saya untuk menulisnya. Mau tau? Yuk baca ya..

Jadi kapan hari itu saya buka Youtube, tanpa sengaja salah satu cover video youtube itu menarik perhatian saya yang di publish 18 November 2018, baru aja kan. Karena bergambar Ustadz Abdul Somad (UAS)  dan Syahrini sedang memakai hijab. Apakah ada kaitannya dengan ramainya artis saat ini berhijrah. Apalagi di dekatnya juga ada para artis yang hijrah seperti Zaskia Sungkar. Judulnya ada kaitan dengan Hijab. Maka saya bukalah video itu.

Dalam video tersebut, terlihat artis-artis yang berhijrah sedang pengajian. Mereka yang menamakan diri Hijrah fest (HF). Setau saya sih nama taklim mereka itu "Musyawarah". Dan di bagian akhwat ada Syahrini duduk paling depan, di dampingi managernya. Mengenakan jilbab dan mengajukan pertanyaan untuk Pak Ustadz.

Dasarnya memang princess itu kocak ya. Saat dia megang mic aja, saya uda mulai cekikikan. Dianya sendiri juga begitu, cengengesan ajah meski pertanyaan yang diajukan tergolong serius, tetep aja Syahrini bisa membuat seisi ruangan tertawa sama gayanya. Nah begini kurang lebih isi pertanyaan.

Awalnya sebagai pembuka, Syahrini minta didoakan oleh Ustadz, agar bisa segera berhijrah dan istiqomah. Lalu di aamiinkan oleh ustadz dan semua jamaah. Kalimat berikutnya Syahrini bilang "Saya bercita-cita menikah" yang di sambut dengan gelak tawa seisi ruangan. Karena Syahrininya juga ngikik pas mengucapkannya 😂
😂 "Halo ini serius, serius pak ustadz" sambungnya lagi sambil senyum-senyum. Gimana yang nonton gak ketawa, coba. 

Jadi singkatnya, ia curhat ingin berhijab. Namun si calon suami keberatan. Karena menurut pemahamannya, ia belum cukup ilmu jika memiliki calon istri berhijab, sedangkan Syahrini tau bahwa berhijab ini wajib untuk muslimah.  Lalu Syahrini meminta pencerahan, bagaimana memberi pemahaman kepada si calon bahwa Hijab itu wajib. Karena itulah ia pun hingga kini belum mengenakannya. Dan pertanyaan ditutup dengan ciri khas Syahrini mengucapkan "Ya kan... " hahaha kocak memang.

Serius tapi lucu 😂
Sebelum saya sampaikan jawaban pak Ustadz, sekedar FYI, saya dari dulu cukup menyukai karakter Syahrini yang kocak, kalo ngomong gemesin. Meskipun saya gak suka cara bicaranya yang mendesah-desah, hahaha.. Selain dari itu, dia pun gak pernah terlihat ngomong judes, gak pernah jutek, atau nyinyirin artis lain. Setidaknya saya gak pernah liat syahrini bertutur kata buruk. Sepertinya dia cukup happy dengan dunianya saja. Ya iyalah, artis papan atas tajir melintir. (Dilarang Julid, ini bukan blog Gosip lambe-lambean) 😂😂😂

Baca juga : Berhijab, kenapa nge-share foto tanpa hijab? 

Oke, begini jawaban Pak Ustadz.
Amal itu terbagi dari 3 jenis, yaitu amal pokok, amal tunjangan, dan amal bonus. Mari di jabarkan.

Amal Pokok
  1. Sholat Fardhu
  2. Puasa
  3.  Zakat
  4. Haji
  5. Berhijab
Amal Tunjangan (penambah amal pokok) 
  1. Sholat sunnah (tahajud, dhuha, witir, dsb) 
  2. Puasa sunnah (senin kamis, ayyamul bidh, daud, dsb) 
  3. Infaq, shodaqoh, 
  4. Umroh
  5. Bercadar
Bonus (penambah amal karena suatu profesi tertentu) contohnya: 
  1. Khitan Massal = bonus pahala untuk profesi dokter
  2. LBH syariah = bonus untuk para pengacara
  3. Endorse produk halal = bonus pahala untuk artis
  4. Dsb..
Intinya, bonus adalah tambahan pahala yang di dapat seseorang karena profesinya. Hayooo kalian yang blogger, gunakan blog kita untuk ngumpulin amal bonus. Hehehe.. 

Pak ustadz memberi contoh, jika ada seorang Bupati rajin sekali solat zuhurnya. Itu bukan amal bonus, melainkan amal pokok. Bupati hanya profesi, sedangkan solat adalah amal pokok. Belum dikatakan amal bonus jika beliau tidak melakukan apa-apa terkait profesinya. Oke? 

Cuss.. Lanjut. Kata Pak ustadz, apa kaitannya dengan pertanyaan Syahrini? Jadi siapapun calon istri atau calon suami. Harus paham yang namanya amal-amal tsb. Kalau amal pokok saja dia tak tau, bagaimana dia mau mendapatkan amal tunjangan dan bonus. Bahwa calon suami juga wajib tau bahwa berhijab adalah amal pokok yang wajib. Hal yang sama juga berlaku untuk semua calon istri, sebelum menikah tau jenis-jenis amal tersebut. Kata UAS menambahkan.  

Baca juga : Mengajari anak menghafal Alquran ala La Ode Musa

Dari penjelasan UAS itu jelas ya,  sudah termasuk donk kriteria calon suami ideal versi islam itu bagaimana. 

Lalu bagaimana jika tidak mengerti juga? Apakah harus di delete? Jangan! UAS menyarankan untuk kita beri waktu dan di doakan agar dibukakan hatinya, di beri hidayah oleh Allah. UAS menyebut angka 40 hari, atau 3 bulan, atau 3 semester. Jika dia sudah siap, maka terimalah dia sebagai suami dengan Bismillah

Jika sudah di beri waktu tapi masih tidak berubah pikiran. BUNGA BUKAN SETANGKAI, KUMBANG BUKAN SEEKOR, masih banyak pria soleh yang lain. Begitu pesan beliau. Dan di sambut riuh semua jamaah taklim Musawarah yang hadir. 

Lalu apa pesan moral dari tulisan saya? 
Udah gak usah saya jawab donk ya.. Uda sarat makna dari yang saya tulis itu. Tulisan ini tidak bermaksud menggurui, hanya berbagi. Saya pun masih belajar. Untuk video lengkapnya bisa dilihat di video di bawah ini ya, klik play



Mudah-mudahan kita semua termasuk orang-orang yang selalu diberi hidayah, aamiin 


16 comments :

  1. Mantap ulasannya. Btw, saya salah satu penggemar UAS.

    ReplyDelete
  2. Emang kalau inces Syahrini yang ngomong bikin semua orang ketawa ya, dengan tutur katanya yang lembut dan manjaaah hehe

    ReplyDelete
  3. Haha lucu juga ya habis lihat vidionya :D

    ReplyDelete
  4. Terima kasih lho Bun dapat ilmu tambahan nih lumayan hehe

    ReplyDelete
  5. Jadi berhijab itu termasuk amal pokok ya Bun. Berhijab memang wajib buat muslimah

    ReplyDelete
  6. Lucu ya inces itu apalagi kalau ngomong... ya kan hehe

    ReplyDelete
  7. aku liat videonya juga ngikik :)

    ReplyDelete
  8. Masya Allah penjelasannya jleb ��

    ReplyDelete
  9. yaaa,,,ampun.ini cerita terseruu di bw kali ini hueueha..sumpah ngakak dan keren penjelasannya uhuiii..aku lgsg liat youtube nya haha

    ReplyDelete
  10. Waduh, sebenarnya kalau boleh jujur waktu baca judul tulisan mba ruli aku agak males. Haha. Beneran loh. Karena bukan penggemar syahrini apalagi berita artis. Apalagi about hijab artis. Tapi tyt asik jg ya tulisannya, paham lah aku maknanya. He

    ReplyDelete
  11. Dari sekian panjang artikel ini, yg uln sorotin cuma satu, mba Ruli suka sama Syahrini. Hehe. Setuju sih, Mbak Syahrini ini ngomongnya lucu. Menghibur banget. Tapi ya kitanya jgn jd nyinyir juga.

    ReplyDelete
  12. haha, incess incesss ada ada aja.
    Belum sempat lihat videonya tapi ku sudah membayangkan si inces ngomong haha

    semoga kita tetap bisa istiqamah ya mbak :)


    salam,

    rizkyashya.com

    ReplyDelete
  13. Dan aku baru mendengar bahasa amal tunjangan dan amal bonus begini. Bahasanya ringan juga ya ini, enak buat dipahami. Wah, blogger dapat amal tunjangan juga neh kalo review-review produk. Hehe

    ReplyDelete
  14. Pertanyaannya Syahrini barangkali mewakili pertanyaan-pertanyaan para banyak muslimah. Semoga mendapat pendamping teraik yang tidak hanya bisa ngasih uang belanja, namun bisa membawa kita sekeluarga hingga ke Syurga. Salam kenal mbak Ruli, salam dari Blogger Literasi di Medan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio