Cara Aman dan Efektif Memutihkan Kulit Wajah

Mencerahkan wajah tanpa bahan kimia

Kulit wajah putih bersinar yang dimiliki seseorang akan membuat penampilannya tampak menarik dan juga enak untuk dipandang. Selain itu juga seseorang yang memiliki kondisi kulit yang putih bersinar akan lebih merasa percaya diri pada saat bertemu dengan orang lain. 

Tetapi sayangnya adanya beberapa orang yang kurang maksimal atau kurang percaya diri penampilannya lantaran memiliki kulit wajah yang kusam. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencoba untuk menggunakan produk kecantikan pemutih/pencerah wajah untuk segera mengatasi kulit wajah kusam yang dialaminya. 

Putih disini bukan putih sama persis seperti halnya kulit wanita orang jepang loh ya. Tentu saja kriteria putih tiap wanita itu beda. Mungkin putih juga bisa di katakan cerah. Kalau wanita Indonesia timur dan Bule orang barat tentu putihnya tidak akan bisa selevel wanita jepang kecuali blesteran jepang/korea/china atau memang dari suku-suku tertentu yang kulitnya sangat putih seperti wanita suku Dayak atau Manado.

Pada umumnya wanita Indonesia, putihnya mungkin akan selevel dengan kuning langsat, sementara gelapnya mungkin bisa dikatakan sawo matang. Dan beberapa suku di Indonesia Timur memang berkulit hitam gelap. Tentu putih versi mereka akan berbeda ya. 

Nah, Menggunakan produk pemutih wajah yang mengandung bahan kimia belum tentu cocok dan aman, karena kemungkinannya jika tidak cocok akan menyebabkan efek samping pada kulit wajah seperti iritasi kulit. Tidak perlu khawatir karena ada banyak cara memutihkan wajah secara alami yang aman dan pastinya efektif akan memutihkan kulit wajah. Berikut 4 cara aman dan efektif memutihkan kulit wajah diantaranya yaitu : 

1. Dengan Menggunakan Minyak Kelapa Murni
Jaringan epidermis kulit akan kuat jika menggunakan minyak kelapa murni. Selain itu juga minyak kelapa murni ini dapat membantu mengangkat sel sel kulit mati dan membantu melindungi kulit dari terkena paparan sinar matahari. Hal itu dikarenakan minyak kelapa murni mengandung antibakteri, antijamur, antivirus, dan juga memiliki sifat antioksidan.

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa murni ini sebagai pelembab kulit dan juga untuk melindungi kulit dari berbagai serangan penyakit kronis seperti peradangan dan dermatopic. Jika kalian tidak memiliki minyak kelaoa murni, mungkin alternatif lain yang sama bagusnya adalah dengan minyak zaitun. 

2. Dengan Menggunakan Bengkoang
Khasiat bengkoang untuk memutihkan kulit wajah memang tidak perlu diragukan lagi. Cara memanfaatkannya juga sangatlah mudah yaitu dengan memarut bengkoang hingga lembut lalu diperas dan air sarinya diambil. Setelah itu air sarinya digunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama 20 menit. Kemudian wajah dibilas dengan menggunakan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Dengan Menggunakan Madu Mentah
Untuk memutihkan wajah juga kamu bisa memanfaatkan madu mentah. Cara memanfaatkannya sangatlah mudah yaitu dengan menyiapkan madu mentah sebanyak 1 sdt lalu dioleskan secara merata kearah kulit wajah. Kemudian diamkan selama 10 menit setelah itu wajah dibilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Lalu wajah dikeringkan menggunakan handuk yang lembut dengan cara ditepuk tepuk.


Saya sudah pernah beberapa kali mencoba ini. Hanya saja karena saat ini mencari madu yang asli itu agak sulit, terus juga begitu ketemu yang asli eh harganya mahal, saya lebih pilih menggunakannya untuk kesehatan keluarga saya dengan diminum. Hehehehe.. Emak irit.

4. Dengan Banyak Meminum Air Putih 
Untuk memutih kulit wajh juga kamu bisa memanfaatkan air putih, dengan cara mengkonsumsinya secara rutin minimal 2 liter didalam setiap harinya, itu minimal lho.. Jumlah 2 liter air tersebut harus diluar asupan cairan yang didapatkan dari buah dan sayuran.

Sebenarnya kan itu idealnya untuk mencukupkan kebutuhan cairan di tubuh, supaya gak dehidrasi, gak konstipasi. Cuma kan biasanya jadi ngefek ke kulit jadi terus moist dan sel-sel yang membentuk kulit wajah membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dengan terpenuhinya kebutuhan air maka akan dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, dapat membuat kulit wajah menjadi awet muda, dan masih banyak manfaat lainnya.

5. Dengan Scrub Alami
Kalo mau punya kulit baru yang putih bersih, tentu saja sel kulit yang lama kan bisa di angkat dulu. Yaitu bisa dengan bantuan scrub. Kalau yang berbentuk skincare sih banyak ya. Tapi kalau kalian ingin yang alami ada banyak alternatif kok. Yaitu bisa dengan menggunakan kopi bubuk, gula, garam, green tea, havermut, kacang kenari, atau juga oat. Sebelum kalian mencobanya coba googling dulu, scrub mana yang sesuai dengan jenis kulit kalian ya.

Havermut
Kalau saya sendiri, saya scrub pakai Daun Bidara bubuk. Manfaat daun Bidara googling sendiri ya dear. Nah, kebetulan pas saya beli tanaman daun bidara mereka menjual serbuknya, yang katanya untuk masker. Cuma ketika saya pakai dengan air mawar, teksturnya gak bisa nempel di kulit saya. Hahaha.. Sepertinya saya salah resep. Dan karena dia agak kasar, saya jadikanlah sebagai scrub. Alhamdulillah cocok, jadi saya menggunakannya sebulan 2x. 

6. Dengan Banyak Berwudhu
Untuk yang muslim, mungkin ada satu tips tambahan yang bisa saya sarankan. Yaitu banyak berwudhu. Jadi wudhu kan bukan cuma untuk ibadah aja dear. Wudhu bisa di lakukan kapan saja, bahkan setelah buang air, banyak yang mengamalkan untuk berwudhu lagi untuk menjaga diri tetap dalam kondisi suci (bebas dari hadast kecil). Namun secara kesehatan, kulit yang sering terkena air akan selalu terhidrasi dengan baik dan bersih setidaknya dari debu. Thats why pada akhirnya kulit menjadi lebih cerah dan bersih. 

Selalu yakin bahwa kalian cantik

Saya pribadi mungkin belum menerapkan untuk sering banget berwudhu setiap habis buang air. Hanya setiap habis mandi dan mau tidur baik mau solat atau tidak, saya usahakan untuk berwudhu sebagai wudhu tambahan selain wudhu untuk sholat. Efeknya mungkin tidak instan, karena memang harus dilakukan kontinyu. Dan bukan putih yang kinclong seperti memakai skincare pemutih, hanya saja saya melihat teman-teman saya yang selalu berwudhu, terlihat lebih terpancar aura cantiknya. 

Plusnya lagi, mungkin dengan banyak wudhu, kita juga jadi tersugesti untuk makin pede, bahwa dari sononya kita memang sudah terlahir cantik. Trus youself dear. 

=====

Itulah 6 cara aman dan efektif memutihkan kulit wajah. Selain itu masih ada cara yang lainnya yaitu dengan menghindari stress. Karena jika stress maka respon kimia terhadap tubuh akan terpicu sehingga kulit wajah akan lebih sensitif dan reaktif. Sehingga pada saat sedang stress, jangan heran jika kulit wajahmu cenderung akan lebih berminyak dan mudah berjerawat. 

Yang harus selalu diingat dari resep alami ini adalah level ketekunan kalian dalam mengerjakannya. Karena hasilnya tidak akan instan, dan tidak berhasil kalau tidak rutin. Semoga informasinya bermanfaat ya.. 

20 comments :

  1. Baru dengar lho ada bidara bubuk. Ternyata bagus ya buat kulit. Tq infonya

    ReplyDelete
  2. teratrik pakai minyak kelapa asli..tapi skrg dptnya dimana ya.jaman msh kecil nini rancak beolah sorag hehehe

    baiklah nyoba cara lain dl biar glowing hehehe..

    ReplyDelete
  3. tertarik dengan madunya.kalo madu yang ada di apotek itu bisa nggak ya? loo kok jadi konsultasi...

    ReplyDelete
  4. memang sebenarnya banyak ya cara alami buat memutihkan wajah. tinggal kitanya mau rajin apa nggak mempraktikkannya

    ReplyDelete
  5. aku pakai cara nomor 2 sampai 5, untuk nomor 6 belum bisa mengerjakan nih selain waktu sholat. untuk wudlu sebelum tidur jg blm bisa, hehe

    ReplyDelete
  6. Noted utk semua tipsnya mbak. Pengen ngelakuin satu2. Haha, ky yg punya banyak waktu aja. Kdg memutihkan wajah bkn krna pengen dinilai org, tp spy smngt melihat ke cermin dan jd lbh menghargai apa yg kt miliki.

    ReplyDelete
  7. Aku pakai scrub, mbak Ruli. Biasanya pakai oat atau pakai pupur basah... Hehehe

    ReplyDelete
  8. iya emang kalau madu sayang yaaa kalau buat dioles2 hehe lebih berkhasiat untuk dalam tubuh :D

    ReplyDelete
  9. Waa kalo madu murni mesti mudik dulu nih :") di rumah nenek ku memang sengaja bikin penangkaran lebah kecil-kecilan, nah kalo lagi mudik aku biasanya meras sendiri madunya :D Plus nyemilin sarangnya, enak krenyes krenyes kaya wafer hehe

    ReplyDelete
  10. Daun bidara bubuk belinya dimana Mbak? Aku di rumah ada yg minyak buat dicampur di air mandi, dicampur air sama pijet anak2

    ReplyDelete
  11. Intinya pakai bahan2 alami ya mbak. Bisa bikin masker dan scrub alami. Bahan2nya mudah ditemukan dan murah. Trus risiko minim krn gak ada bahan kimianya.

    ReplyDelete
  12. Aku gak mungkin jadi putih. Jadi aku ingin kulit wajahku terutama, bersih, sehat dan bebas jerawat. Selama ini pake kopi untuk scrub yang dilarutkan dengan baby oil. Alhamdulillah cocok

    ReplyDelete
  13. Aku gak mungkin jadi putih. Jadi aku ingin kulit wajahku terutama, bersih, sehat dan bebas jerawat. Selama ini pake kopi untuk scrub yang dilarutkan dengan baby oil. Alhamdulillah cocok

    ReplyDelete
  14. Aku minum air putih sama wudhu yang paling sering. Pernah kan pakai bengkoang dan itu dari buah lalu kuparut sendiri, hahaha

    ReplyDelete
  15. Kalau dasarnya kulitnya udah kecokelatan, ya udah deh pasrah aja. Paling dirawat biar lebih bersih aja. Dan bersih belum tentu putih. Hehehe...

    ReplyDelete
  16. Aku rajin minum air putih kok.
    Terus ya pake skincare juga sih, hehe
    Yang penting tuh kulit wajah sehat
    ...

    ReplyDelete
  17. Wah, harus dibaca dengan seksama ini, mungkin juga harus dicoba semua jadi pilih mana yang paling cocok kali ya.

    ReplyDelete
  18. Kalau buatku, wajah bersih itu yang terlihat menarik.
    Namun karena sekarang kebanyakan anak muda kiblatnya ke Korea, maka yang putih itu cantik.

    Padahal orang Indonesia itu manis-maniiss eksotiiss gituu...

    ReplyDelete
  19. Madu mentah itu gimana maksudnya..
    Kalau di daerah ku madu biasa yg asli 100k sekilonya...

    Gak paham kok dibilang mentah .kalo Mateng yg gimana ?

    ReplyDelete
  20. Setuju Mbak, selain pake bahan-bahan alami, mencerahkan kulit wajah emang bisa dengan sering berwudhu, banyak minum air putih, dan jangan stress. Aku banyak lihat orang-orang di sekitarku seperti itu kok. Wajah-wajah mereka terlihat lebih cerah gitu. Tapi sayangnya aku belum bisa seperti mereka. Hiks :(

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio