Cara Cegah Sembelit Pada Balita dan Maksimalkan 7 Kehebatan Perut Sehatnya

Cara Mengatasi Sembelit Pada Balita; 

Masih teringat jelas di pikiran saya bagaimana anak bungsu saya Qodhi yang terlahir agak bermasalah harus berjuang bertahan hidup hingga 6 hari pertama hidupnya. Setelahnya pun saya berjuang keras untuk memulihkan kondisinya agar kembali normal. Dan dokter anak pun bilang, mungkin saja nanti level kesehatannya akan berbeda dari kedua kakaknya. Oke, saat itu saya tau bahwa perjuangan saya kali ini tidak mudah. Apalagi di tambah kondisi suami yang bekerja jauh dan hanya pulang setiap 2 bulan, saya harus makin kuat lagi.



Alhamdulillah setahun pertama kehidupannya justru dia terlihat sangat sehat, dia gemuk dan lincah. Dia juga terlihat sangat cepat tumbuh kembangnya yang mungkin mendapat rangsangan dari kedua kakaknya yang usianya tidak jauh beda. Dan masalah ternyata datang lagi ketika waktunya dia berhenti mengkonsumsi Asi. 

Kembali ke cerita saya sekian bulan yang lalu saat waktunya dia berhenti Asi, memang saat berhenti Asi tidak ada drama karena dia sudah biasa pake dot karena puting payudara saya bentuknya memang ke dalam. Jadi sejak lahir pun dia sudah biasa minum Asi pake dot. Dan saat waktunya berhenti Asi, saya harus mencarikan pengganti yaitu sufor untuk anak usia 2 tahun ke atas. Saya langsung membelikannya sufor yang saat itu saya yakini bagus untuk usianya.

Awalnya saya tidak curiga sama sekali dengan sembelit yang menimpanya, tapi ternyata hingga pemakaian sebulan, dia masih terus sembelit. Kebayang gak histerisnya batita yang pup setiap 3 hari sekali, saya liat dia berjuang ngeden itu bisa sampai nangis saking gak teganya. Saya memakai pelancar pup yang di masukkan lewat anus, sudah pakai itupun tetep ajakan pup-nya kering dan keras. 

Pelancar pup itu hanya membantu mempermudah keluarnya saja tapi tetap saja menyakitkan baginya. Saya pun membayangkan mau sampai kapan dia memakai gel pelancar itu.

Akhirnya saya googling, saya gunakan segala cara yang saya temukan. Mulai dari buah plum yang kecut itu, alpukat, papaya, sampai ke yoghurt. Tidak mudah kan mencari yoghurt yang boleh di konsumsi batita, sekalipun ada, rasanya tidak enak, si bungsu tidak mau memakannya. 

Oh iya, sebagai informasi nih, Qodhi itu tidak susah makan. Justru makannya banyak dan lahap. Dia tidak pernah menolak sayur dan buah selama rasanya enak (tidak pahit atau asam). Jadi saya sangat bingung kenapa dia bisa sembelit. Bahkan pernah saking usahanya saya, dalam satu hari dia hanya makan buah dan sayur, tapi nyatanya tetap saja dia sembelit. Saya makin sedih, karena akhirnya pup-nya ada darahnya.

Ketika mengadu sama suami, saya menangis karena saya sudah kehabisan akal. Apa yang salah dari asupannya, metabolisme di perutnya atau dimana yang salah. Dokter anak yang saya datangi mengatakan dia mungkin alergi sufor, tapi saya merasa bukan itu karena meskipun dia minum Asi dia pernah kok sesekali keminum sufor kalau hasil perah asi saya tidak banyak. Di keluarga saya pun tidak ada riwayat alergi susu sapi. Anaknya pun masih tidak bisa tidur jika tidak minum dot. Saya sangat bingung dan banyak menangis. 

Di tengah kebingungan itulah, suami akhirnya mengatakan coba ganti susunya, saya jelas tidak langsung setuju. Karena merasa pilihan saya saat itu sudah benar. Kedua kakanya tidak masalah susu apapun selama sayur buah dimakan, semua lancar. Lalu suami saya bilang, bahwa setiap anaknya itu berbeda. Fisik luarnya saja beda apalagi dalamnya, semua punya keunikan masing-masing di tiap saluran cerna. Akhirnya saya setuju untuk mencoba ganti susu.

Cek kandungan susu

Pesannya pak suami, jika ada susu yang keliatannya bagus untuk pencernaan langsung beli saja berapa pun harganya. Saat itu juga saya bergegas ke supermarket mencari susu. Karena saat itu saya belanja cepat dan hanya demi susu, yang saya fokuskan tentu saja hanya yang bagus untuk pencernaan. 

Dan ya, saat itu saya langsung tertuju pada bebelac gold, awalnya saya memang tertarik karena kemasannya gold. Eh susu apa nih kok warnanya kinclong, warnanya menarik perhatian saya untuk menjemputnya dan mengamati kandungannya. Begitu saya liat ternyata di box depan sudah bertuliskan Bebelac Gold tinggi serat dan dapat memenuhi kebutuhan harian serat sikecil. Lalu saya cek komposisi di box samping ternyata seratnya memang lebih tinggi dibanding susu lain. Tanpa pikir panjang langsung ke kasir dan pulang.

Mungkin ada yang bertanya kenapa saya tidak melanjutkan asi dengan susu uht yang susu segar murni. Saya sudah pernah mencobanya sebelum mencoba susu formula, namun warna pup nya jadi pucat seperti dempul, jadi saya meyakini anak saya belum siap mengkonsumsi susu uht, sehingga saya memilih untuk memakai sufor saja sesuai usianya.

Alhamdulillah pertama adalah ternyata harganya termasuk tidak mahal, setidaknya terjangkau buat saya beli tiap bulan. Dan setelah diminumkan, Alhamdulillah kedua adalah, dia menyukai rasanya dan meminumnya dengan nikmat, hehehe keliatan dari cara ngisapnya penuh semangat. Mungkin karena dia mulai menyukai rasa-rasa. Kan pas minum Asi ga ada rasanya. Dan Alhamdulillah ketiga, dia bisa pup lancar dan lunak dengan warna pup normal. 

Saat pup pertamanya dengan normal itu saya tidak bisa menahan diri untuk baper dan mewek, Ya Tuhan setelah sekian bulan dia selalu menangis saat pup. Sekarang perjuangannya selesai dan berakhir manis. Saya sangat bahagia, karena benar kata suami saya, setiap pencernaan anak itu unik. Tidak akan sama kondisi tubuh tiap anak-anak saya meski terlahir dari Rahim yang sama.

Qodhi dan perut sehatnya

Setelah kejadian itu, saya jadi mencari tau lebih banyak soal pencernaan anak. Sebelum anak saya menggunakan bebelac gold ini, susu sebelumnya juga mengklaim baik untuk perncernaan anak. Tapi kita sendiri tau kan, bahwa penyerapan nutrisi tiap anak itu berbeda, proses cernanya juga beda. Atau kadang kita pun memberi asupannya mungkin kurang serat. 

Jadi memang harus dicoba dulu baru tau susu mana yang cocok dengan saluran cerna anak. Yang pasti setelah itu tidak ada drama lagi setiap 3 hari sekali karena dia akan pup seperti biasa. Bermain pun tidak ada mulas-mulas kalau jelang pup, tinggal bilang langsung deh saya ajak ke wc.

Yang harus dipahami oleh para ibu adalah pola BAB si anak, baik itu warna feses, frekuensi BAB dan konsistensi tinja. Jangan sampai terlambat ditangani, karena pencernaan yang sehat sangat mempengaruhi kesehatan anak. Perut anak yang sehat akan memaksimalkan 7 kehebatan perut yang sangat penting untuk kehidupannya terutama qodhi yang masih dalam 1000 hari pertama kehidupan. Nah, saya sendiri setelah lama memakai baru tau lho istilah kehebatan perut sehat ini.

7 kehebatan Perut sehat anak yaitu:

1. Pencernaan yang nyaman : Seperti yang sudah saya ceritakan, ternyata pencernaan yang nyaman sangat menyamankan aktivitas anak juga ya
2. Penyerapan Nutrisi : dengan pencernaan yang nyaman tadi, sudah pasti akhirnya nutrisi apapun yang masuk bisa di maksimalkan serapannya. 
3. Pencernaan lancar : kehebatan perut sehat sudah tentu mencegah anak sembelit
4. Perlindungan alami : saluran cerna yang sehat bisa melindungi anak dari kerusakan akibat faktor dari luar misalnya dari bakteri, virus, atau faktor dari dalam tubuhnya sendiri misalnya autoimun
5. Tumbuh kembang optimal : kalau perutnya sehat, nutrisi terserap baik, pasti tumbuh kembanh pun jadi optimal
6. Cepat tanggap : anak yang badannya sehat pasti otaknya juga berkembang baik. Jadi anak akan cepat tanggap terhadap apa saja yang ia hadapi
7. Suasana hati : sekitar 90% seretonin yang bertugas mengatur mood anak ditemukan di saluran cerna. Gangguan pencernaan dapat mempengaruhi produksi seretonin yang akhirnya juga mengganggu mood anak seperti kecemasan, depresi, dsb. 

7 kehebatan perut srhat di periode emas

Satu hal yang sangat saya syukuri adalah saya cepat diberikan solusi oleh Allah untuk mengatasi sembelitnya. Dengan saluran cerna yang sekarang sudah sehat ini akhirnya saya bisa melihat sendiri contoh dari kehebatan perut sehat. Kehebatan perut sehat ini bisa membuat qodhi sekarang lebih cepat tanggap, dan gemar sekali bersosialisasi. 

Tiap mengantar kakak-kakaknya sekolah, dia bisa cepat bergaul dengan teman-teman kakaknya yang menyukainya atau sekedar menyapanya. Qodhi pun sekarang sudah cukup lancar bicara dan komunikasinya ke saya mudah dimengerti. Tumbuh kembangnya sekarang sudah seperti kakak-kakaknya juga yang mempunyai perut sehat. 

Kalau boleh saya berbagi tips nih, mungkin untuk para ibu yang menghadapi berbagai kondisi cerna anak. Supaya tetap lancar. 

Berikut tips mencegah anak sembelit :
1. Mengajari anak untuk suka makan sayur dan buah
2. Memberi asupan cukup serat setiap harinya
3. Banyak minum air putih untuk memperlancar BAB
4. Buat jadwal makan yang teratur dan cukup gizi
5. Lengkapi kebutuhan harian serat dengan susu tinggi serat
6. Sediakan obat pencahar atau pelancar BAB yang aman untuk balita
7. Awasi pola BAB-nya dan periksakan jika ada gangguan

Nah, itu tadi pengalaman saya dalam mengatasi sembelit pada anak bungsu saya dan memaksimalkan 7 kehebatan perut sehatnya. Pengalaman yang cukup menguras energi ini semoga bermanfaat untuk yang sedang menghadapi permasalahan yang sama pada balitanya. Untuk yang membaca blog ini, yuk ikutan nyobain bebelac gold dan sharing ke saya manfaat yang di dapatkan si kecil, agar bisa saling berbagi wawasan. 


44 comments :

  1. jadi inget si bungsu juga dulu cocok pake merek ini :)

    ReplyDelete
  2. Kalau anak bermasalah soal pup nya itu emang bikin stres ya mak. Sembelit kasihan, diare apa lagi. Untungnya ada bebelac yg bisa bikin perut anak jadi sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..iya nih kakak adek tipe pencernaannya beda2

      Delete
  3. Bebelac tuh susu anakku yg kedua, loh. Hihi. Anakku jadi aktif dan sehat , alhamdulillah.
    Qodhi, semoga selalu sehat dan tambah pinter ya, naak

    ReplyDelete
  4. Orang dewasa aja kalau sembelit kesiksa banget, apalagi balita, ya. Alhamdulillah kalau udah nemu sufor yang cocok. :)

    ReplyDelete
  5. Sama mak kayak arfa anakku..sembelit pas lepas asi karena minum sufor, sampai pakai microlac ya Allah sedih..eh pas ganti susunya dah gak sembelit lg. Semoga anak selalu sehat ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mpe gak keitung microlax tiap 3hr sampe dia takut kalo liat microlax. Alhamdulillab sekarang gak lagi

      Delete
  6. huah mba kalau kena sembelit emang kasian untunglah nemu cara terbaik ya mba :) anakku juga konsumsi bebelac gold

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga tega banget mbak sebelum pake bebelac gold kemaren

      Delete
  7. Anakki dulu jg sempat bermasalah pencernaannya.. Tp bkn sembelit. Mmg y ap yg dikonsumsi si kecil hrs dipilih2. Terutama soal susu..

    ReplyDelete
  8. Luigi juga minum Bebelac Gold karena diperkaya dengan Advansfibre yang tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak :)

    ReplyDelete
  9. Wah, ternyata gampang lho ya mencegah biar anak ga sembelit. Minum aja Bebelac Gold sesuai anjuran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha setelah perjuangan panjang ternyata ada cara yg mudah ya

      Delete
  10. Huhuhu, sama persis kayak anakku mba. Makan buah sayur minum air putih lancar tapi pencernaannya bermasalah :( kalau mau BAB pasti aja nangis2 gitu.

    Sekarang untungnya kebantu banget sama bebelac gold, jadi mengurangi sembelitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak, jadinya sempet bingung. Alhamdulillah ketemu bebelac gold

      Delete
  11. Sama kayak anakku mb ruli... Sejak minum bebelac gold gak sembelit lagi

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah saya juga pakai susu ini Mbak... Cucok banget buat anak saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo susunya bagus, dan anaknya cocok, alhamdulillah bgt ya

      Delete
  13. Untung ada bebelac yaa yang bagus untuk pencernaan, nggak bikin sembelit

    ReplyDelete
  14. Anakku juga kecilnya bermasalah dhn pup, ususnya harus dipotong wktu bayi krn gk bs pup. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi.. Mbak pasti uda pengalaman ya soal menghadapi pencernaan anak. Semoga anaknya sehat selalu ya mbak

      Delete
  15. Ga tega banget memang liat anak sembelit, dulu anak bungsuku pernah seminggu sembelit, kita yang liat dia jadi bisa ikutan nangis ga tega. Terus penting banget memang cari susu yang nyaman diperutnya seperti bebelac ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks.. Paling ga tega pas dia ngeden di wc. Mpe keringetan dan nangis. Alhamdulillah skrg engga lagi

      Delete
  16. Menyiksa banget ya sembelit itu kasian kalau kena ke anak mereka suka jd gelisah dan rewel. Bebelac gold fomulanya memang keren deh bisa sehatkan perut anak baba juga minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener..ternyata perut ga sehat itu bikin badmood ya

      Delete
  17. Kalau si kecil sembelit andalan saya biasanya ya jus pepaya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku 33nya ga ada yg mau sama pepaya. Ga tau juga kenapa. Pdhl mama papanya doyan

      Delete
  18. Kakak Qodhi kok sama sih kayak Kenzo. Dulu juga suka sembelit. Bebelac gold bagus ya untuk perkembangan perut anak

    ReplyDelete
  19. Kalau anak sembelit itu emaknya ikutan mules yaa, kasian banget liatnya, rewel juga. Untung ada bebelac yg kasih tinggi serat di produknya, bisa membantu kita menjaga pencernaan anak2 ya :)

    ReplyDelete
  20. 7 kehebatan perut memang bagus untuk anak balita, agar bisa aktif, ceria dan cerdas. Pemilihan asupan nutrisi pun juga penting. Bebelac gold ini memang bagus untuk kesehatan perut

    ReplyDelete
  21. Anakku juga minum susu Bebelac, setelah dia mengganti susu sebelumnya karena gak cocok. Tapi beberapa bulan pakai ini cocok.

    ReplyDelete
  22. Iyah,annasya minum ini jadi lancar BAB dan rutin. Rasanya emang gold banget. Kasian kalo liat anak BAB susah yah, sedih

    ReplyDelete
  23. kadang kita mengabaikan kebutuhan serat anak mikirnya kan perut mereka masih perut anak2 padahal serat dibutuhkan banget sama semua usia. Butuh banget yang naman susu dengan serat tinggi. soalnmya susu itu paling gampang ngasihnya ke anak2

    ReplyDelete
  24. Ya Allah, alhamdulillah ya, Mbak.. Akhirnya ada solusi untuk masalah pencernaan Qodhi. Dulu Aga juga sembelit, Mbak.. Sayur buah ngga mempan. Sedih banget ya kalau pas dia mengejan kesakitan gitu. Kadang saya juga ikutan nangis. :(

    ReplyDelete
  25. Huhuu, nggak kebayang pas liat Qodhi nahan sakit karena sembelit. Pasti Mba Ruli patah hati banget ya Mba :(
    Alhamdulillah akhirnya bisa diatasi, dan sekaranf udah nemu susu yang cocok ya Nak. Semoga sehat teruuuss. Amin :*

    ReplyDelete
  26. Qodhi senyumnya ceria banget. Anakku pas bayi pernah juga sembelit, aku gak tau ilmunya lalu ikut group di fb emak2 menyarankan makan buat semangka atau pir akhirnya lancar, Alhamdulillah.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio