8 Hal yang bisa Meningkatkan Nafsu Makan untuk Dewasa

Hormon ghrelin dan leptin merupakan sebuah hormon yang mengendalikan nafsu makan seseorang. Hormon ghrelin berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, sedangkan fungsi dari hormon leptin kebalikannya yaitu dapat menurunkan nafsu makan dan rasa lapar akan terhambat. 


Ada berbagai hal yang menjadi penyebab kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa seperti stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik, atau juga mengalami kondisi medis tertentu. 

Saya sendiri, meski saya tergolong kurus, nafsu makan saya cenderung tinggi. Bahkan karena seringkali mengikuti nafsu makan saya, suami saya jadi banyak makan juga. Akhirnya badan suami melar, dan sayanya masih begini-begini aja kurusnya. Padahal bisa di bilang, yang doyan makan adalah saya. Hehehe.. 

Untuk mengatasi kurang nafsu makan maka diperlukan cara yang harus disesuaikan dengan penyebabnya. Tentunya perlu analisa juga ya, apa sih ya yang bikin selera makan kurang. Saya pun, meski doyan makan ada kalanya gak nafsu makan. Misal kalo sedang sangat lelah, atau sedang bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Baca juga : Makan enak dengan nasi beras merah 

Berikut tips mudah untuk meningkatkan nafsu makan diantaranya yaitu : 

1. Membuat Makanan Dengan Tampilan Yang Menarik 

Hal ini, yang paling menggoda imam. Melihat foto-foto makanan di instagram saja, cukup membuat nafsu makan jadi meningkat. Yang tadinya tidak ada niatan jadi ingin sekali hanya gara-gara melihat tampilan makanan yang menarik. 

Waktu makan akan terasa sangat menyenangkan pada saat disajikan dengan makanan yang berwarna warni sehingga akan menarik mata. Cobalah untuk mengkombinasikan berbagai macam sayuran dengan warnanya yang berbeda beda. Garnish (hiasan untuk makanan) juga menjadi penunjang penting untuk menambah selera makan.


2. Membuat Aroma Makanan Yang Menggoda 

Seperti halnya kopi dengan aroma yang memikat, Membuat makanan dengan aroma yang sangat menggoda pun dapat meningkatkan nafsu makan. Cobalah untuk menyajikan makanan yang hangat dan baru selesai dimasak, atau dengan sebelum sebuah makanan disajikan maka hangatkan terlebih dahulu.

3. Membaginya Dalam Porsi Kecil 

Nafsu makan akan menurun pada saat melihat makanan dalam satu piring penuh, orang biasa menyebutnya porsi kuli, kadang melihatnya pun sudah terasa kenyang duluan. Untuk menyiasatinya maka makanan tersebut sebaiknya dibagi menjadi beberapa porsi yang lebih kecil. Dengan porsi kecil ini juga maka akan lebih mudah untuk menyiapkan. 

Bisa juga di siasati dengan porsi "Tanggung" yang lazim orang bilang, satu porsi kurang, tapi dua porsi kebanyakan. Hehehe. Mau tidak mau, orang biasanya akan menghabiskan 2 porsi. 

4. Dengan Membuat Kreasi Makanan Yang Enak Dan Baru 

Kita tentu akan merasa bosan pada saat diberi makanan yang sama didalam setiap harinya, dan bahkan kemungkinannya anak akan menolak makanan yang diberikan. Untuk mengatasinya maka buatlah makanan dengan kreasi yang unik dan beragam, sehingga akan menumbuhkan rasa penasaran anak untuk mencicipi makanan baru yang tersaji. 

Cara mudahnya tentu saja dengan melihat resep-resep menu makanan baru di internet, instagram, atau buku resep atau bahkan berguru kepada ibu atau mertua kita. 

5. Suasana makan yang enak

Tidak di pungkiri bahwa suasana makan yang nyaman pasti juga akan menambah nafsu makan. Makan bersama orang yang di sayang, suasana romantis atau saat suasana hati sedang bahagia, kadang menambah semangat makan. 

Anak-anak pun, jika suasana makan tidak nyaman cenderung tidak mau makan. Apalagi kalau orang tuanya marah, makin tidak mau makan lagi. Hahaha..

Baca Juga : MPASI unik untuk bayi usia 6 bulan ke atas

6. Batasi Makan Minum Sebelum Makan

Kebanyakan minum dan ngemil sebelum jam makan, sangat mempengaruhi nafsu makan, lho. Apalagi kalo ngemilnya yang berat seperti roti, macaroni schotel, sosis, sereal, atau burger tentu saja bikin kenyang dan jadi malas makan. Ya memang perut orang Indonesia biasanya belum kenyang kalo belum makan nasi. Jadi cemilan yang saya sebut di atas masih di sebut cemilan.

Mungkin kalau di negara lain, cemilan berat yang saya sebut itu adalah makan yang sebenarnya.

7. Rejeki berlebih

Bener gak sih, kalo lagi punya rejeki lebih bawaannya pengen makan-makan enak. Pengen ntraktir juga biasanya. Dan saat seru begitu, biasanya makan jadi lahap. 

Begitu pun untuk yang di traktir, kan rejeki juga namanya kalo dapat traktiran, atau gratisan pas ada acara-acara tertentu. Apalagi kalau di traktir di tempat-tempat yang wah dan kita mungkin belum pernah kesana. Pasti memanfaatkan momen tersebut sebaik-baiknya dengan makan selahapnya. Hehehe.. Okey, yang no 7 ini memang agak alay. Tapi memang bener kan? kan? kan?

8. Syukur nikmat

Biasanya kita jadi nafsu makan setelah sembuh dari sakit, karena merasa sakit itu gak enak. kita jadi semangat untuk hidup lebih sehat termasuk makan makanan yang menyehatkan juga yang jumlahnya cukup berbeda dengan sebelumnya. ada juga sih yang bilang kalau setelah sakit terutama setelah di infus kita memang cenderung jadi lebih lapar dan banyak makan. entah deh, apakah di dalam cairan infus ada curcuma nya mengandung penambah nafsu makan.hihihi yang jelas, sembuh dan sehat setelah sakit memang harus di syukuri dan dijaga.

======

Itulah tips mudah untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu masih ada tips yang lainnya seperti dengan melibatkan anggota keluarga pada saat akan menyiapkan makanan. 

12 comments :

  1. Untuk nomor 6, mesti niat banget nih mesti niatnya di kuat2in. Karena sebelum jam makan, kita, saya kususnya, selalu saja mulut ini ndak bisa diam, ngemill melulu walau sedang jam kerja..hehehe. Tapi anehnya banyak ngemil tapi gak gemuk-gemnuk

    ReplyDelete
  2. Kucatat semuanya ini Mbak. Kebtulan nafsu makanku memang agak kurang. Semoga berhasil nih, hehe.

    ReplyDelete
  3. Duh mbak, tipsnya ini cocok banget untuk teman saya yang BBnya di kisaran 43 - 45 kg. Dia pengen banget naikin BB tapi fluktuasinya masih saja di kisaran angka tersebut.

    ReplyDelete
  4. Aku malah makan sama beras merah (seperti judul tulisan mba Retno sebelumnya) jadi gak nafsu makan.
    Dan beneran, BB langsung merosot.

    Tapi berasa makan sekali tapi gak nikmat, ngehhehe~ balik lagi ke nasi putih.

    ReplyDelete
  5. Kalau aku emang makan niatnya buat bersyukur atas segala rejeki dan kelimpahan yang sudah didapat. Jadi emang pengen nyenengin hati sih ya. Biar tetap happy dan semangat nyari rejeki lagi

    ReplyDelete
  6. Hihihi kalau saya nafsu makan selalu tinggi, malahan pengen tips gimana caranya nggak gembul, nih, bb naik terus wkkwwk

    ReplyDelete
  7. Aku dulu sampai minum jamu biar semangat makan, hihihi. Sekarang makan sudah biasa karena bb juga udah naik

    ReplyDelete
  8. Jujur, aku lebih tertarik untuk mengetahui cara menurunkan nafsu makan. Aku orangnya ga bosan dengan makanan tertentu. Misalnya, kalau aku doyan sama ayam geprek di satu restoran. Aku selalu pesan itu, mau gimanapun situasinya, pasti balik ke situ-situ aja...

    ReplyDelete
  9. aku, kalo bagi makanan dalam porsi kecil, jatuhnya jadi males makan lagi, ewww

    etapi kadang kalo aku lagi laperan, ya jadi ngaruh banget tu porsi kecil2nya, jadi makan terus karena sadar bahwa porsinya kurang, huft.

    ReplyDelete
  10. Aku kalo lagi pengen apa gitu langsung cari bahan dan lanjut masak biasanya lahap banget makannya. Kalo ditunda lagi jadi beda rasanya. Hehe

    ReplyDelete
  11. Makan makanan yang dibuat dalam bentuk menarik itu emang sih bikin nafsu bertamvah apalagi bau makanan yg nikmat bikin jadi laper terus nafsu bertambah deh untuk makan.

    ReplyDelete
  12. Mbak untuk No. 7 aku kadang malah kebalik saat gak punya uang itu baawaaanya malah pngen jajan dan makan mulu.. Aneh deh.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio