Paket Roaming vs Kartu Sim Turis, Mana Yang Lebih Hemat?

Paket Roaming vs Kartu Sim Turis, Mana Yang Lebih Hemat?

Assalamualaikum...
Ngomong-ngomong soal harga paket internet selama di luar negeri, ternyata itu adalah salah satu kunci untuk menentukan budget liburan di luar negeri. Karena mau tidak mau, paket internet adalah salah satu kebutuhan penting selama berada di luar negeri. Terutama untuk tetap bisa berkomunikasi dengan kerabat di tanah air.


Ada beberapa pilihan cara untuk mengakses internet di luar negeri. Dan yang paling sering digunakan adalah membeli paket roaming dari Indonesia atau membeli kartu SIM turis di negara tujuan. Di antara dua pilihan ini, manakah yang lebih hemat?

Sebelum memutuskan memakai yang mana, ada baiknya untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Paket Roaming

Membeli paket roaming dari Indonesia tentu ada untung ruginya. Namun sebenarnya ini adalah pilihan terbaik, terlebih jika nomor yang kamu gunakan harus selalu dalam keadaan menyala.
Jika dibahas kerugiannya, yang paling terasa adalah tagihan ketika pulang ke Indonesia. Karena ketika kamu berada di luar negeri, telepon yang masuk pun kena biaya. 

Tetapi hal itu tidak akan kamu alami jika memilih paket roaming 3. Dengan paket pra bayar, kamu bisa menentukan jumlah data yang digunakan selama di luar negeri sejak awal. Jadi tidak akan ada tagihan membengkak begitu tiba di Indonesia.

Keuntungan lainnya jika memilih paket roaming 3 adalah kamu tidak perlu mengganti nomor. Dengan demikian, kamu pun tidak harus bingung menyimpan nomor lama ketika ganti Sim Card di luar negeri.

Pembeliannya bisa dilakukan di Indonesia, jadi kamu sudah tahu perkiraan biaya internet yang kamu akan pakai selama perjalanan. Cara membeli paket roaming 3 pun mudah, kamu bisa membelinya di Traveloka lewat aplikasi. Jadi pengeluaran pun akan lebih terkontrol dan bisa di prediksi. 

Traveloka Paket Roaming 3


Kartu SIM Turis

Pilihan lain untuk mengakses internet di luar negeri adalah dengan membeli kartu SIM turis. Kartu ini adalah nomor lokal dari operator masing-masing negara. Kadang harganya lebih murah daripada roaming dari Indonesia. Tetapi tidak jarang pula harganya lebih mahal daripada membeli paket dari rumah.

Selain soal harga, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih kartu sim turis. Yang pertama adalah kemudahan pembelian dan aktivasinya. Setiap negara punya aturan sendiri mengenai aktivasi paket data, sehingga kamu harus mencermatinya sejak awal. 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah masa berlaku kuota data yang diberikan. Cek sejak awal, berapa lama kamu bisa menggunakan paket data tersebut dan bagaimana isi ulangnya. Perhitungkan akan berapa lama kalian berada di negara tersebut. Tentu saja, pemakaian pun harus bisa di prediksi biasanya di tanah air kita habis berapa kuota perharinya. 

Masalah penting lain yang harus diperhatikan sebelum membeli kartu sim lokal adalah kemampuan kamu berbahasa lokal di tempat pembelian. Tidak semua orang bisa menggunakan bahasa Inggris, hal ini harus diperhatikan agar kartu sim lokal kamu tidak terbuang sia-sia tidak terpakai lantaran masalah bahasa.

Ketika saya ke KL 2 tahun yang lalu. Saya sempat memilih untuk membeli kartu SIM turis. Kebetulan saja karena Malaysia memiliki bahasa yang mudah di mengerti orang Indonesia sehingga saya bisa bertanya berapa harga kuota, masa berlaku, kekuatan signal dsb di outletnya yang kebetulan telah tersedia di Bandara KLIA di pintu keluar. Penjual pun, membantu saya memasangkan di Hp saya, mengatur settingnya sehingga ketika meninggalkan bandara saya bisa langsung pake, bahkan bisa untuk memesan aplikasi Grab. Hehehe.. Lucky me.. tapi, tidak semua negara luar negeri selalu mendapatkan akses semudah ini, bukan?

Nah jika kamu memutuskan untuk membeli kartu sim turis, sebaiknya perhatikan beberapa poin di atas. Selain itu kamu juga harus cek apa saja operator seluler yang tersedia di sana serta kualitas sinyalnya. Kalian perlu sedikit lebih cerewet sebelum membeli atau perjalanan kalian akan berakhir dengan tidak seru. Hehehe.. 

Kita tidak akan pernah tahu mana operator lokal yang memiliki kualitas sinyal terbaik di luar negeri. Jika ragu, tidak ada salahnya untuk membeli paket roaming 3 dari Indonesia. Selain harganya bisa diperkirakan sejak awal, 3 juga sudah bekerjasama dengan berbagai operator seluler terpercaya di berbagai negara di seluruh belahan dunia untuk memastikan koneksi telepon dan internet kamu lancar.

Cermat memilih paket internet di luar negeri, liburan pun akan semakin lancar dan happy hingga kembali ke tanah air. 

33 comments :

  1. Kayaknya kok lebih praktis beli paket roaming aja ya...

    ReplyDelete
  2. baca postingan ini jadi keinget dulu pernah seminggu maen ke Malaysia, beli kartu sim turis di bandara, lupa harganya berapa. tapi ujung-ujungnya nggak kepake karena dimana-mana ada wifi hahahhaa.. kebetulan kemarin perginya undangan dari mereka juga sih, jadi di bus pun disediain wifi oleh mereka.

    tapi kalau sekarang ada kesempatan ke luar negeri, sepertinya bakal pilih buat beli paket dari Indonesia aja dah, biar nggak ribet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahahah.. Iya bener mbak, kalo dalam rangka bertugas, biasanya dimana2 pasti di sediakan wifi ya

      Delete
  3. Aku ko nggak pernah kepikiran soal ini ya, ternyata penting. Maklum.. Belum pernah ngetrip ke LN 😄

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke luar negeri hahaha poor am I. Tapi thanks banget infonya ya, kak. Aku pikir kartu Indonesia nggak bisa dipakai disana

    ReplyDelete
  5. Bener banget mbak ruli. Pemilihan paket internet dan provider penting banget kalau kita ke LN.

    ReplyDelete
  6. Wah.... Provider anak muda sudah bisa diajak jalan keluar negeri, nih. Nggak perlu gonta ganti nomor lagi dong kalo gini. Assiik

    ReplyDelete
  7. Nice info nih Mba, siapa tahu suatu hari ada langkah ke LN. Maunya yang pertama dikunjungi Makkah. 😍

    ReplyDelete
  8. Enak sekarang ya provider 3 sudah menyediakan kartu khusus untuk ke LN. Pengalaman tahun 2013 ke Seoul, ga ada kartu seperti itu, supaya hemat pagi sampai sore pakai wifi kampus di Korea Universitas dan malam menggunakan wifi hotel. 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh hemat beud itu.. Yg penting tetap terhubung ke keluarga di tanah air yaa

      Delete
  9. Wah... Kalo aku pake operator lain sih kak. Lunayan hemat juga untuk paketan asia. Lumayan bisa terus update di mana aja

    ReplyDelete
  10. Hmmm...sepertinya saya bakalan pilih paket roaming biar bisa lgs internetan. Tp sambil nyoba sim turis jg biar ada pengalaman, *rencananya*, *belum pernah keluar negeri* 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin tergantung negaranya ya.. Bisa coba keduanya hihihi

      Delete
  11. Kayaknya aku akan pake kartu sim turis deh. Lebih aman dan terjamin kayaknya

    Thanks infonya. Bekal buat tahun depan. Hehe

    ReplyDelete
  12. Wihhh,, baru tau kalo beli roaming 3 harganya bersahabat. Kalo gitu lebih baik beli roaming 3 aja deh, lebih simple gak perlu gonta ganti kartu, ribet :D

    ReplyDelete
  13. bener bgt nih kita kudu cermat.kayaknya emang mending paket roaming yang beli di indo yaaa..
    nice inpoh mbak..siapaa tau buat umroh nih hahaha (baru khayalan)

    ReplyDelete
  14. Wah aku baru tau kalo keluar negri gitu, soalnya belom pernah pergi lama dan jauh. mentok mentok manfaatin wifi aja haha

    ReplyDelete
  15. Kyknya mending yg roaming ya mba. Ak sebenarnya ga tll ngerti hal ini haha. Blm pernah ke luar negeri jg sih. Tp baca ini sdh agak terbuja wawasan. Tfs y mba.

    ReplyDelete
  16. Aku sudah mencoba keduanya. Yang paket roaming dan beli sim card di sana.kalau perginya gak lama menurutku beli sim card di sana saja yang paketnya sedikit. Toh banyak area wifi juga...hehe.

    ReplyDelete
  17. Terlihatnya sih lebih murah kartu turis ya tapi mudahnya lebih enak beli di Indonesia tapi takut pulang-pulang mahal tapi bisa ga sih beli di Indonesia tapi sudah di bayar duluan begitu paket telpon dan datanya?
    *ku ingin yang praktis hehe

    ReplyDelete
  18. Wiihhh bisa recomended nih buat liburan keluar negeri, lumayan belajar dulu liburanya nanti 😁😁

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio