Candy-candy dan Nostalgia masa kecil anak tahun 90-an #FBBKolaborasi

Assalamu'alaikum..
Yang masa Kecilnya tahun 90-an mana suaranya? Yeah.. Saya memang angkatan taun 90-an masa kecilnya hahaha. Dah lumayan mature ya (bahasanya pake mature segala) padahal tinggal nulis lumayan tua gitu.

Candy candy (vemale.com)

Saya SD nya taun 1990-1996 jadi otomatis kartun dan permainan yang saya mainkan pastinya ya jaman itu. Siapa yang masih ingat mainan jaman itu. Eh saya gak tau ya mainan anak-anak di kalsel apa sama dengan anak di provinsi lain. Saya biasanya main sodor, tok lele, main tali, engkle, dakon, dan pastinya main masak-masakan sama boneka-an gak ketinggalan. Hehehe..

Nah kali ini sebenarnya saya sama teman-teman female blogger of Banjarmasin (FBB) lagi bikin postingan kolaborasi yang biasa di sebut FBB kolaborasi dengan tema Nostalgia kartun masa kecil. Yang masa kecilnya seangkatan sama saya, apa kartun idola kalian? Mana yang bikin lekat di imajinasi kalian sampai ingin seperti mereka? 

Awalnya, saya tau banget kalo saya menyukai sebuah kartun di antara kartun yang lain seperti doraemon, saint seiya, hatori, sailor moon, tamiya, dsb. Saya bahkan pernah beberapa kali nangis pas nontonnya. Tapi asli, saya benar-benar lupa apa nama kartunnya. Saya bahkan sampai googling, kartun tahun 90-an tidak ada yang membuat saya bisa ingat kartun itu, karena pada nyebut kartun lain. Padahal saya masih ingat sosok kartunnya, hanya tidak ingat namanya.

Akhirnya saya berencana menulis favorit saya adalah Kimberly, salah satu serial favorit saya power rangers dimana dia berperan sebagai ranger pink. Saya memang sangat menyukainya, apalagi kalo bukan karena dia cantik (dibanding ranger kuning), pemberani melawan penjahat, dan tentu saja karena dia hero. Alangkah ingin saya jadi pemberantas kejahatan seperti kimberly dan teman-temannya.

Kimberly - Amy jo jhonson (Otacouncil.com)


Hingga pasa suatu waktu di obrolan group WA warung blogger, saya tanya. Power rangers kan bukan kartun ya, karena bukan anime jadi takut gak sesuai dengan FBB kolaborasi-nya. Gak di sangka teman-teman di group pada merespon dan semacam nostalgia. Senengggg karena seru, merasa menemukan teman seangkatan masa kecil. Eaaa.. 

Dan.. Akhirnya Mba Dian Safitri menyebut kartun "Candy candy" yeahh... I found you. Akhirnya aku ingat itulah kartun favoritku dulu. Apalagi waktu mba Dian masih hafal dengan Jelas ost nya. 
Saya share video ost-nya nih, mungkin ingat. Tapi yang versi jepangnya aja ya, soalnya yang versi indonesia pada burem dan jelek kualitas suaranya


Hayo siapa yang hafal ost nya? Dulu itu kayanya sampai SMA saya masih hafal ostnya ini saking sukanya. Sekarang sudah 25 tahun berlalu, wajarlah ya lupa. 

Yang belum tau candy, kartun apa sih? 

Candy Candy (キャンディ・キャンディKyandi Kyandi) adalah manganovel dan anime yang berasal dari Jepang. Tokoh utama cerita ini adalah Candice "Candy" White Ardlay, seorang gadis Amerika berambut pirang dan ikal dengan wajah berbintik-bintik noda matahari dan mata belok (besar) dengan bola mata berwarna hijau.(wikipedia) 

Kenapa saya menyukai Candy-candy. Karena alur ceritanya tidak seperti kebanyakan kartun hero seperti power rangers yang selalu berakhir happy ending dan mengalahkan musuh. Candy-candy yang tayang setiap minggu pagi malah beberapa kali membuat saya menangis karena kisah sedih di akhir episode.

Kalau di ingat-ingat kisahnya, kayanya kurang cocok ya di tonton anak kecil. Karena dia mengisahkan tentang percintaan drngan cowok juga, bahkan bukan cuma 1 seperti nobita mencintai shizuka tapi ada 2 cowok di lingkaran yaitu Anthony dan Terry, malah ada pangeran bukit juga. Tapi karena berupa kartun ya di tonton aja. Lagian zaman 90-an itu belum banyak pengaruh buruk dari tv. Jadi gak masalah asal kartun aja gitu saya masih menjalani kehidupan anak-anak saya dengan wajar hehehe..

Dan karena ada cowoknya itu, akhirnya saya jadi malah berimajinasi, oke suatu saat saya pun ingin seperti Candy yang memiliki cowok ganteng. Natural banget sih kisahnya seperti bisa di wujudkan. Gak seperti nobita yang selalu berangan memiliki shizuka tapi shizuka jelas menyukai Dekisuki, eaaaa.. Entah gimana endingnya itu nobita karena sejak dulu dia masih kelas 5 gak naik-naik kelas meski uda puluhan tahun.

Episode paling menyedihkan itu sewaktu candy kehilangan anjingnya. Saya lupa hilang atau mati ya anjingnya. Intinya itu episode tersedih yang akhirnya membuat saya nangis. Itu versi saya, meski kenyataannya candy itu endingnya gak sama lelaki yang dia sukai itu juga menyedihkan. Tapi akhirnya kan dia kembali saja ke panti asuhannya yang dulu. Ah saya lupa-lupa ingat endingnya. Yang jelas kartun candy inilah yang paling mengaduk-ngaduk perasaan saya yang masih piyik under 10 tahun itu. Hahahaha..

Apakah saya berimajinasi ingin seperti candy? Dulu sepertinya iya, karena dengan berbagai kartun saat itu menurut saya, candy adalah yang paling biasa yang bisa di ikuti gayanya. Kalo yang lain kebanyakan super hero dengan pakaian yang sulit di wujudkan. Hahaha.. Karena candy-candy itu juga saya pernah minta rambut saya di kriting. Meski akhirnya di kriting, tetep aja gak bertahan lama. Sekian bulan rambut saya uda balik gak keriting lagi.

Tau gak sih kalau awalnya candy itu berawal dari prosa novel karangan Kyoko Mizuki yang merupakan penulis Jepang pada tahun 1975. Lalu Prosa novel tadi di jadikan versi manga cerita Candy Candy. Ah ternyata ceritanya menarik perhatian majalah Jepang Nakayosi.  Sehingga jadilah serial Candy-candy yang kita nikmati sebagai cerita bersambung selama 4 tahun (1975-1979) Yeaahh.. Meski tidak selama doraemon,  tapi candy candy tetap mendapat tempat di hati saya.

Serial manga ini berhasil memenangkan penghargaan pertama Penghargaan Manga Kodansha untuk kategori shōjo pada tahun 1977. Jadi pada saat saya menikmatinya, itu candy-candy sebenarnya sudah brenti di produksi ya. Hingga saat ini. 

Ya ampun, FBB Kolaborasi kali ini sukses bikin saya mengingat banyak tentang kartun masa kecil saya. Hahaha. Kalian, apa kartun favoritnya ketika kecil? Yuk ceritakan. 

3 comments :

  1. Apa cuma aku yang tak tau candy candy ini mbak?
    kalo powe rangers aku tau, kalo aku sukanya sama yang merah biasanya ganteng wkwk

    ReplyDelete
  2. Menurutku candy2 neh sedih ceritanya. Kada sampai tamat jua nah nntonnya. Jadi juakah inya dg anthony? Keren banar kalau liat cowok2 betiga tu pakai pakaian khas skotland(?) sambil niup alat musik. Wooo..

    ReplyDelete
  3. Kalau ak kayaknya pernah liat versi komiknya mba. Tapo gak baca karena zaman SMA komik di penyewaan gitu cover si candy terasa jadul. Apa bener gak ya lupa lupa ingat. Hihi. Cerita cinta begini kalau ditonton generasi 90an biasa aja ya mba. Soalnya kayaknya masih fun. Keren dah detail ingatannya. Ak udah lupa. Hihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio