Frequently Asked Questions tentang Jual Beli Gambar dan Footage Shutterstock

Beberapa kali saya melihat teman-teman blogger saya yang dalam postingannya menggunakan gambar ilustrasi dengan masih terdapat tulisan shutterstock. Kaget juga sih, kok masih ada watermark shutterstock-nya melintang di tengah gambar. Kan foto shutterstock yang dibeli secara legal sudah tidak ada watermark-nya.

Exclusive photo from Shutterstock

Watermark atau tanda air untuk foto-foto milik shutterstock memang menunjukkan bahwa gambar tersebut memiliki hak cipta dan belum di beli secara legal. Jadi ketika kita sudah membelinya dengan benar, watermark itu tentu hilang. Nah lo.. 

Sebelum membahas itu, kita bahas dulu nih, pertanyaan apa yang sering diajukan customer tentang jual beli ini.

Ada apa dengan foto shutterstock?

Untuk orang-orang yang bekerja di bagian kepenulisan seperti jurnalis, content writer, blogger, atau editor. Foto ilustrasi itu sangat penting untuk menambah makna dalam tulisan. Menambah kesan eksklusif dan membuat tulisan jadi tidak monoton.  

Mereka yang berprofesi disitu, biasanya jika tidak tersedia foto kejadian, biasanya menggunakan foto ilustrasi dari situs-situs penyedia foto. Mereka tentu merasa penting mendapatkan foto yang eksklusif alias gak pasaran. Bagi sebagian kalangan, memang foto infografis kembaran dengan artikel orang lain itu gak masalah. Tapi ada juga kalangan tertentu yang memang ingin fotonya lebih eksklusif, bagus dan tidak banyak di pakai media lain. 

Nah.. shutterstock ini loh, jagonya foto-foto eksklusif. Foto-fotonya gak pasaran, karena memang berbayar. Jadi untuk mendapatkannya memang harus merogoh kocek, sehingga sebagian kalangan enggan menggunakannya. 

Alasan mereka enggan sih antara lain, ga tau cara belinya, harganya pake kurs dollar, atau karena ga mau ribet. Hehehe... Standard sih ya.. Alasannya wajar.. Saya pun kalo ada yang praktis pasti pilih yang praktis dan belinya males banget kalau pake dollar. Lah saya liat langsung uang dollar aja belum pernah loh, boro-boro bayar pake dollar. Hihihi..

Apa efek dari gambar shutterstock yang asal comot jika di banding dengan yang beli secara resmi? 

Jelas efeknya dan keliatan terpampang nyata. Jika kalian melihat ada tulisan menggunakan foto yang ada watermark shutterstock-nya melintang di tengah gambar, bisa di pastikan itu gambar main comot save as saja. Karena jika gambar itu beli, tulisan shutterstocknya hilang. Dan kita sudah memiliki gambar yang eksklusif. 

Jadi yang praktis untuk dapat gambar shutterstock dan bayar pakai Rupiah bagaimana? 

Ada yang namanya AgenShutterstock.com dimana mereka ini usahanya bergerak dibidang jual gambar shutterstock dengan harga murah,  pembayarannya dalam kurs Rupiah dan terpercaya.

Bagaimana cara beli foto Shutterstock di AgenShutterstock.com

Gampang, tinggal kalian pilih gambar mana yang kalian mau di shutterstock, lalu serahkan kode foto ke AgenShutterstock.com dan lakukan pembayaran. Setelah itu pihak Agenshutterstock.com akan mengirim gambar shutterstock yang tanpa watermark lagi. Mudah, bukan?

Contohnya, gambar yang saya pakai untuk ilustrasi di atas. Saya suka sekali gambar itu karena sekarang sedang ramai pembahasan tentang toleransi, kok ya liat foto itu rasanya nyenengin ya.. Nah saya mau nulis tentang itu di blog.

Lalu saya mendapatkan gambar ini di Agenshutterstock.com tanpa watermark. Kalau masih mengambil tanpa beli, penampakannya seperti di bawah ini. Rasanya ga enak ya liat watermarknya, was-was aja terus kalau suatu saat ada pemilik hak ciptanya yang komplain, atau tiba-tiba kita kena banned karena perkara hak cipta.

Shutterstock sebelum di beli resmi
Masih ad watermark

Okelah ya, sampai disini,
Mana donk buktinya kalau agen ini terpercaya? 

For your information, Agenshutterstock.com ini sudah lama loh jual shutterstock ini. Karena sekitar tahun 2016 saya juga pernah loh mengulas tentang agen yang jual shutterstock ini. Link nya ini nih, klik yah mampir.. Isinya beda loh sama ini, link yang ntuh banyak ngebahas soal fotonya ketimbang FAQ-nya.

Klik:
Jasa Download Gambar Shutterstock Murah dan Recomended

Dulunya, mereka Agenshutterstock.com ini sempat bernama JasaShutterstock loh. Wajarlah ya yang dulunya hanya sekedar menyediakan jasa. Kini sudah menjadi agen, karena sudah trusted dan recomended. Hihihi..

Lalu Agenshutterstock.com itu ngapain? 

Mereka men-download foto shutterstock pesanan kita secara legal dan harganya murah. Karena itulah saat ini orang-orang yang bekerja di media atau hobby-nya bergelut dengan dunia yang butuh ilustrasi foto sudah tidak kesulitan lagi memiliki gambar exclusive.

Apa hanya bisa dapat foto exclusive? 

Engga donk, selain foto di Agenshutterstock.com juga menjual video footage loh. Itu tuh, rekaman video mentahan dalam durasi pendek yang biasanya di sematkan para penulis dalam tulisan digitalnya.

Atau untuk yang bergerak di industri pembuatan video, atau content creator, biasanya footage ini kepake banget juga untuk karya-karyanya.

Harganya berapa-an?

Kalau kalian keberatan dengan harga dollar yang tertera di web resmi shutterstock maka jangan khawatir. Harga di agenshutterstock.com lebih murah loh dari harga yang tertera di website resminya. Saya tidak sebutkan karena harganya variatif, terutama untuk footage-nya tentu beda dengan gambar vektor dsb.

======

Nah, ini tadi sedikit ulasan dari saya. Jadi untuk teman-teman yang membutuhkan gambar atau footage exclusive dari shutterstock. Silakan kontak langsung ke Agenshutterstock.com ya.. 

2 comments :

  1. hemm,ada jasa nya rupanyadi shutterstock. kirain langsung berhubungan sama yang punya foto nya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hanya agen yang bisa bantu mempermudah kok mas fajar. Kalau mau langsung juga bisa tapi dengan pembayaran mata uang dollar sesuai yg di web. Silakan memilih mana yang di pengen aja gt mas. Hehe

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio