Horas! Belum Sah ke Medan Kalau Belum Mampir ke Tempat Ini

Assalamualaikum...
Meskipun liburan sekolah dan libur lebaran telah usai, saya yakin rencana liburan kita akan terus berlanjut, bukan?
Kalau Anda mendengar kata Bika Ambon, Ucok Durian, pasti sudah tidak asing lagi kan kalau itu semua pasti ada hubungannya dengan salah satu kota terbesar di Indonesia, yakni Kota Medan.
MEDAN, salah satu kota besar di Indonesia
(source:pemkomedan.go.id)
Dengan pesatnya perkembangan kota Medan, ternyata Medan cukup berhasil loh mempertahankan kelangsungan destinasi wisatanya. Karena itu, para wisatawan terus memasukkan kota Medan dalam wishlist kunjungan wisata mereka.

Jika Anda sedang merencanakan untuk berkunjung ke Medan, ada beberapa destinasi wisata yang patut Anda kunjungi sebagai simbol sah bahwa Anda telah mengunjungi kota yang sangat terkenal dengan Bika Ambonnya tersebut. Untuk itu Anda perlu mencari tiket perjalanan Air Asia dan jangan lupa untuk membaca artikel ini sebagai panduan berlibur Anda.

1. DANAU TOBA
Meski belum pernah kesana, destinasi fenomenal ini sudah saya tau sejak saya sekolah dasar. Danau ini ternyata bukanlah danau kecil, melainkan danau yang luasnya sudah seperti selat samudra. Danau yang terbentuk alami dari letusan gunung ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Para wisatawan tidak akan menyesal datang kesana.

Danau Toba yang luas
Source: tribunnews

2. Pulau Samosir
Pulau Samosir seakan sudah satu paket dengan danau toba. Tentu saja, karena pulau ini ada di tengan danau toba. Jadi kalau berkunjung ke Danau Toba, sudah pasti mengunjungi Pulau Samosir. Anda cukup mengarungi danau Toba ini lalu singgah ke perkampungan Pulau Samosir yang sangat indah yang di kelilingi oleh batuan-batuan besar dan perkampungan penduduk yang kental nuansa tradisional.


Pulau Samosir (source: travel kompas) 

Di pulau ini juga ada 2 danau yang Indah yang sering di juluki danau di atas danau. Untuk bertandang ke pulau Samosir ini, anda bisa melalui jalur darat ataupun melalui jalur fery penyebrangan.

3. Bukit Gundaling
Tanah Karo memiliki bukit yang berada di ketinggian 1.575 meter. Namanya bukit gundaling ini yang sangat populer di Medan. Bukit yang penuh pepohonan rindang dan berbagai tanaman cantik membuat suasana disana sangat sejuk. Silakan datang kapan saja, baik saat matahari terbit atau terbenam, keindahannya tetep saja menawan, kaya saya.


Bukit gundaling
Source: Pariwisata.karokab.go.id

4. Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie merupakan nama seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah perkembangan kota Medan. Beliau merupakan tokoh berdarah Tiong Hoa yang merupakan seorang Bankir yang sangat dermawan hingga akhir hidupnya. Kini, kediaman beliau di kota Medan di jadikan objek wisata yang sangat bernilai sejarah. Buat kalian yang suka wisata sejarah, jangan lupa singgah di bangunan ini.


Tjong A Fie Mansion
Source : travel.tempo.co

5. Graha Maria Annai Velangkanni
Silakan menyambangi Taman Sakura Indah di Medan, dan anda akan menjumpai Graha Maria Annai Velangkani. Bangunan ini adalah sebuah gereja yang terbuka untuk umum. Arsitekturnya yang sangat unik yang menyerupai arsitektur hindu membuat Lokasi ini sangat instragramable banget buat di abadikan.


graha Maria Annai
Source: liputan6.com

Ternyata bangunan ini merupakan gereja katolik untuk masyarakat keturunan tamil, India. Karena itulah bangunan ini membawa sentuhan seperti kuil Dalam arsitekturnya.

6. Gedung London Sumatra
Mau ke Eropa tipis-tipis? Mampir dulu saja ke gedung London Sumatra ini. Tinggal menuju ke jalan Ahmad Yani, Medan, anda akan menemukan gedung ini yang serasa bertemu dengan sisi Eropa di kota medan. Spot ini juga sangat instagramable, dimana setiap yang berfoto disini, sukses membuat yang berfoto serasa di Eropa.


London Sumatra (source: okezone) 

Gedung ini sih sebenarnya bekas gedung zaman kolonial belanda, tapi masih di rawat baik hingga sekarang. Saat ini gedung ini menjadi kantor milik PT. PP London Sumatra Tbk. Perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis ini berbasis di London. Tidak heran ya kenapa namanya jadi London Sumatra.

7. Savana Afrika
Kembali lagi ke tanah karo ya, wilayah yang letaknya di apit oleh gunung sinabung dan sibayak punya daya tarik yang khas. Lokasi yang berada di deretan pegunungan bukit barisan ini di sebut Savana Afrika Tanah Karo. Tempatnya sangat asri dan sejuk dengan view yang sangat indah.
Savana Afrika-Medan
Source: Lariz Hotels

8. Merci Barn
Nah sekarang balik lagi ke pusat kota. Yah saya sih gitu, habis cerita tentang pinggiran kota eh ke kota lagi. Begitu aja bolak balik. Untungnya yang baca gak kezel. Hahaha.
Jadi setelah London Sumatra tadi, ada lagi bangunan rumah yang unik seperti berada di Belanda, lengkap dengan kincir anginnya. Merci Barn ini lokasinya ada di dalam sebuah komplek perumahan Medan Resort City (Merci). Jika tertarik, silakan di tambahkan dalam wishlist wisata kota medan ya.


Uda kaya di Belanda beneran ya
Merci Barn (source: Tribun Travel) 

======

Jadi, jangan melupakan wishlist tempat-tempat wisata ini untuk di kunjungi ya, agar perjalanan anda makin berkesan. Jangan lupa juga untuk membagikannya foto-foto dan cerita sesudahnya. Happy traveling ya...

15 comments :

  1. No 4,5,6,8 belum. Maaf mbak, kalau di laptopku 13.3", yang listicle itu kepotong sidebar, trur nyambung lagi nggak kelihatan. Nggak jadi paragraf tapi lurus aja kesamping seperti di notepad. Mungkin bisa dicek responsifnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mba, sudah saya rapikan. Makasih banyak uda mampir. Entar ke medan bareng yuk

      Delete
  2. Ternyata Medan memiliki banyak tempat wisata.Saya hanya tahu Danau Toba dan Pulau Samosir saja :) hehhe

    ReplyDelete
  3. Penasaran banget pengen ke Rumah Tjong A Fi. Dulu pas ke Medan belum tahu ada tempatbersejarah begini.

    ReplyDelete
  4. Aih, langsung kangen Medan, nih, aku, Mba Ruli! Tempat-tempat yang Mba Ruli sebutkan di atas emang wajib dikunjungi. Recommended banget!

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah mainke medan nih mbak ruli, semoga nanti bisa berjodoh travelling ke sana.. Naksir banget sama spot-spot wisata di sana

    ReplyDelete
  6. Salah satu destinasi wisata yang kuimpikan itu bisa ke Danau Toba, Istana maimoon sama kulineran ala Medan

    ReplyDelete
  7. Medan cantik juga, ya. Baru tau di atas Pulau Samosir ada danau juga. Subhanallah.

    ReplyDelete
  8. Duuhh..berasa panggilan utk kambali kunjungan ke Medan :D
    Ternyata banyak destinasi menarik lainnya yg terlewatkan
    Heheheh

    ReplyDelete
  9. Penasaran sm savana afrikanya.
    Sebagian besar dah pernah, tp klo blom semua blom sah ya ke medan hehe

    ReplyDelete
  10. Danau Toba dan Pulau samosir identik banget sama Medan ya Mbak Ruli. Ah iya, padang afrika nya mirip sama savana Bekol ( Baluran) di Banyuwangi tuh.

    ReplyDelete
  11. Bagus-bagus ya ternyata destinasi wisata di Medan. Penasaran banget pengen liat langsung Danau Toba plus Pulau Samosir-nya :)

    ReplyDelete
  12. uwaaaaa aku pengen ke merci barn, kayak belanda ya

    ReplyDelete
  13. Saya baru tahu kalau ternyata Danau Toba punya ukuran yang sangat luas (1.130 km persegi - hasil dari browsing). Jadi penasaran mau lihat langsung, sekalian mau lihat Savana Afrika-nya Tanah Karo. Terima kasih informasinya bu :)

    ReplyDelete
  14. Mantep bener medan..
    Danau toba sama savana afrika itu keren banget pemandangannya..

    Pengen banget dah kesana...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio