Tips Agar Bisa Melahirkan dengan Sehat dan bahagia

Pasangan suami istri mana sih di dunia ini yang tidak senang jika dikaruniai seorang anak? Tentu saja mereka akan tampak bahagia, sebab memiliki momongan memang menjadi hal yang paling di damba-dambakan oleh setiap pasangan suami istri diseluruh dunia. 

Ya, kebahagiaan dalam berumah tangga akan semakin lengkap, dengan kehadiran anak. Maka dari itu, bersyukurlah bagi kalian para pasangan suami istri yang sudah memiliki momongan. Pasalnya, masih banyak diluar sana para pasutri yang belum mendapatkan keturunan.

Nah Proses Melahirkan itu sendiri seperti sudah diketahui banyak orang yaitu dengan melalui 2 cara yaitu dengan Normal atau dengan proses Operasi Caesar (SC). Apapun proses melahirkan yang dijalani dan dipilih, tentulah semuanya tidak mudah. karena itu, penting sekali untuk para Ibu untuk menyiapkan segala hal apapun agar saat proses melahirkan bisa sehat dan bahagia menyambut buah hati. 

Nah, bagi bunda yang ingin melahirkan dengan sehat dan bahagia sukacita, mungkin bisa mengikuti tips yang saya berikan. Tips ini hasil pengalaman pribadi dan survey ke teman-teman saya, ikutilah 6 tips di bawah ini:

1. Hindari Aktivitas-aktivitas Yang Berat
Tips pertama agar bunda bisa melahirkan dengan sehat, yakni hindarilah aktivitas-aktivitas yang berat. Mengapa demikian? Pasalnya, aktivitas yang berat ini bisa mengancam kondisi janin yang bisa berpotensi terjadinya bahaya pada ibu dan janin. Misalnya ada flek atau pendarahan yang mungkin bisa menyebabkan kelahiran lebih awal dari waktunya. Menghindari hal tersebut, maka sudah seharusnya bagi bunda untuk menghindari aktivitas-aktivitas yang berat.

2. Mengonsumsi Vitamin khusus Ibu hamil.
Berdasarkan dari hasil penelitian, asam folat itu sangat bagus untuk perkembangan janin, sehingga proses ovulasinya dapat bekerja dengan baik. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat seperti susu formula khusus ibu hamil, kentang, brokoli, sayuran hijau, ikan salmon, beras merah, buah pisang, dan masih banyak lagi. di tambah lagi dengan vitamin-vitamin yang di resepkan dokter untuk kesehatan ibu hamil, jangan lupa di minum ya. 

3. Mengikuti Senam Kehamilan
Sesuai dengan namanya, senam kehamilan ini bertujuan untuk melatih diri bunda agar lebih siap lagi saat proses persalinannya nanti. Dengan mengikuti senam kehamilan, maka bunda dapat melatih otot-otot perut serta dapat mengatur asupan oksigen dengan baik. Jika sudah demikian, tentunya hal itu akan membuat fisik menjadi lebih sehat dan melancarkan proses persalinannya nanti.

4. Perbanyak Me time atau menjalani hobby
sudah tidak di pungkiri bahwa bahagia adalah salah satu kunci Ibu agar tetap sehat. karena jika ibunya stres, akan mempengaruhi janinnya juga. jadi saat akan lahiran perbanyak kesenangan untuk ibu hamil agar bisa menikmati hari kelahiran dengan lebih santai dan tenang.

5. bila perlu, carilah Asisten untuk membantu pekerjaan rumah.
Alasanya adalah, pertama Ibu hamil pasti lebih cepat lelah di trimester akhir. Kedua, yang di persiapkan juga banyak, apalagi jika yang lahir adalah anak ke2-3 pasti makin berat karena sambil mengurus si kakak juga. Maka rekrutlah seorang asisten jika memungkinkan untuk memudahkan saat akhir kehamilan dan bulan-bulan pertama melahirkan.

Tapi meskipun akhirnya memiliki asisten, harus tetep rajin gerak ya. Soalnya biasanya kalau malas bergerak, justru membuat kaki bisa bengkak. Pengalaman pribadi saya dulu ketika cuti melahirkan dari kantor justru kaki bengkak, karena terlalu Banyak tiduran di rumah, kaki jadi kurang bergerak. 

6. Zikir dan Doa
tentu saja, meski poin terakhir tapi ini paling penting sebenarnya. Zikir dan Doa, meminta kesehatan dan kelancaran tentu hanya kepada Allah, yaitu dengan melalui zikir, doa, syukuran, dll jadi ketenangan batin sih ini yang diutamakan.

Itulah 6 tips yang harus bunda ketahui agar bisa melahirkan dengan sehat, lancar, dan bahagia. Jika ada yang punya cerita lain, sharing ya



8 comments :

  1. Saya sering mengikuti senam hamil, di sana juga ada sharing dengan para ibu hamil lainnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sharing itu juga bantu banget bikin ibu jadi banyak informasi jadi lebih siap menjalani kelahiran nanti ya mba

      Delete
  2. makasih tipsnya mba, lg program anak ke 3

    ReplyDelete
  3. Setuju semuaa, mau nambahi mba, perbanyak afirmasi positif ke diri, itu bantu banget di aku pas proses lahiran yg kedua, yang nikmat2 sedaap kala itu, haha, pengalaman mengajarkan segalanya

    ReplyDelete
  4. Dulu waktu hamil Arya, aku kepengin banget ikut senam hamil, tapi nggak tau mau ikut di mana di Banjarmasin. Akhirnya aku ganti pakai jalan-jalan pagi keliling komplek rumah. Dan alhamdulillah ini manjur mencegah kaki bengkak dan kegemukan. Hati pun senang karena menghirup udara pagi yang masih segar. Aih, jadi kangen sama masa-masa hamil dulu... :D

    ReplyDelete
  5. Paling penting itu si ibu bahagia jadi waktu melahirkan bisa lancar karena bawaan dari dalam diri positif. Terimakasih tipsnya Mbak, sangat berguna bagi para bumil nih.

    ReplyDelete
  6. setuju sama tips-tips di atas. selama hamil kayaknya sebisa mungkin ibunya jangan stress soalnya juga bisa berpengaruh ke janinnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio