4 Aplikasi untuk Berbagi Kebaikan

Assalamualaikum..
Selamat menjalankan ibadah Ramadhan dulu ya untuk semua umat muslim yang sedang berada dalam bulan penuh berkah. 
Tentu saja di bulan penuh berkah ini kita ingin sekali memperbanyak ibadah agar tabungan pahala juga makin banyak. 

Apa saja aplikasi di smartphone anda? 

Hanya saja, biasanya kita memiliki keterbatasan atau kebingungan ketika ingin bersedekah atau menabung amal jariyah, apa sih yang kita miliki untuk bisa di share ke orang lain sehingga bermanfaat. Tentu saja ilmu yang bermanfaat adalah salah satu amal yang terus mendatangkan pahala meski kelak kita telah wafat. 

Kalau berbagi informasi di media sosial seperti fb dan IG sudah biasa ya. Malah kadang bisa di reshare lagi sama orang lain kemana-mana. Di blog pun juga, rasanya berbagi informasi kalau lewat blog sih sudah biasa atau bahkan bagi sebagian orang nulis blog itu susah. Harus agak panjang dan tidak lihai menulis, biasanya begitu.

Nah, bagaimana kalau berbagi di aplikasi? Bedanya apa dengan menulis di blog? Biasanya kalau di aplikasi kita cukup menulis ulasan singkat, foto tidak harus bagus dan justru semakin real semakin bagus dan memberi rating. Simple dan langsung ke topik. Dan mudahnya lagi adalah kalau di aplikasi langsung di pertemukan dengan si pencari informasinya. Jadi langsung ke sasaran.

Kali ini saya mau share nih aplikasi apa saja yang bermanfaat untuk orang banyak, meski kita hanya melakukan kebaikan sepele saja. Yang mungkin ketika kita sudah wafat pun masih bisa bermanfaat untuk orang lain, asalkan aplikasi ini masih tersedia sih ya.  Hehehe...

Jadi aplikasi yang saya list ini membuka peluang untuk kita berkontribusi dan berbagi kebaikan melalui informasi yang berupa review, rating dan sejenisnya.
Berikut 4 aplikasi untuk berbagi kebaikan: 

1. Google Maps
Aplikasi Google maps biasanya otomatis ada ketika kita membeli smartphone, sebagai aplikasi bawaan ponsel. Google maps merupakan aplikasi yang menunjukkan peta perjalanan. Lalu apa kontribusi kita? Google maps, menyebut semua kontributornya dengan panggilan 'Google local Guide' dimana orang biasa macam kita bisa ikut berkontribusi. 


Tugas kita, bisa menginformasikan tempat baru, merapikan pin dimana posisi yang benar jika terdapat peta yang salah, membagi foto tempat-tempat dan menuliskan reviewnya. Tapi tentu saja ada tim google yang memverifikasi ya. Jadi tidak asal berkontribusi saja ya.

Awalnya, saya pikir kegiatan seperti ini sepele dan useless. Tapi akhirnya saya berubah pikiran ketika saya di informasikan melalui email ketika foto saya di view puluhan ribu kali dan berbagai review saya bermanfaat untuk orang lain dalam membantu mengambil keputusan.

Sekarang saya sudah berada di level 7 sebagai local guide. Apakah saya di bayar? Sesekali untuk level tertentu google maps memang memberikan perks atas kontribusi kita. Hanya saja, kalau saya pribadi, ada perks atau tidak, saya tetap senang saja bila yang saya kerjakan bisa bermanfaat untuk orang lain. Bahkan ketika saya tidur, mandi, makan, aplikasi ini tetap berjalan untuk membantu memandu orang lain. Aplikasi ini sudah di unduh oleh lebih dari 1 Milyar pemilik smartphone di seluruh dunia. 

2. Cookpad
Memang banyak orang yang menulis resep di blog pribadi, yang memiliki fans khusus yang memang suka sama resepnya. Namun untuk aplikasi cookpad ini, berbeda dengan ketika kita memiliki web/blog khusus resep. 


Di cookpad, kita menulis resep lalu di aplikasi tersebut kita di pertemukan dengan banyak orang yang memerlukan resepnya. Bisa di bilang, cookpad seperti pasar, tempat bertemunya penulis resep dan pencari resep. Dan aplikasi ini telah menyebar luas di berbagai negara. Dan sampai saat ini telah di unduh lebih dari 10 juta pengguna smartphone di berbagai belahan dunia. 

Masih belum puas sama aplikasi ini? cookpad punya statistik, menu apa yang paling banyak di kunjungi minggu ini, seberapa banyak orang yang print resep kita. Semua ada, jadi mirip seperti blog juga kan. Bahkan ada yang cookmark dan recook alias memasak ulang dengan resep kita. 

Bagi saya yang malas sekali menulis resep di blog, saya biasanya lebih suka menulis resep andalan saya di cookpad. Meski tak banyak, saya tetap senang berkontribusi disana. Saat kita sedang sibuk, aplikasi ini bisa terus di gunakan oleh orang lain yaitu para pencari dan penulis resep. Sampai hari ini resep yang saya kontribusikan baru sebanyak 8 resep tapi alhandulillah sudah di kunjungi oleh lebih dari 28K pencari resep dan sudah di cookmark oleh ratusan akun. Luar biasa sih menurut saya yang masih amatir dalam memasak ini. Hahaha

Walaupun tidak di gaji, tapi hal ini menyenangkan dan semoga saja di catat sebagai tabungan kebaikan. Lagipula cookpad sering mengadakan challenge dan kuis berhadiah, buat yang suka memasak tentu bisa berpartisipasi. 

3. Goodreads
Kalau tadi kita membahas kontribusi orang lain untuk perjalanan/tempat, dan kontribusi resep, yang bisa mendatangkan pahala dalam jangka panjang, maka kalian yang suka baca bisa berkontribusi disini. 



Yap, goodreads adalah aplikasi untuk mencari, berbagi dan menulis review tentang buku dan bisa juga merekomendasikan buku ke orang lain yang menurut kita bagus. Review dari kita bisa di baca orang dalam kurun waktu sangat panjang selama aplikasi ini masih di kunjungi netizen. 

Biasanya rating yang kita berikan pada setiap buku akan membantu orang lain juga untuk memutuskan untuk membacanya atau tidak jadi. Goodreads juga sebagai aplikasi yang mempertemukan penulis dengan pembacanya. Jadi si penulis bisa membaca langsung komentar jujur dari para pembaca bukunya. Aplikasi ini sekarang telah di unduh lebih dari 5 juta orang di berbagai belahan dunia. 

4. Female Daily
Nah review peta sudah, resep sudah, buku sudah, terakhir adalah tempat menulis review make up. Yap, female daily adalah tempat ribuan review dari para pemakai kosmetik dari berbagai brand
Bahkan untuk brand yang belum ada di Indonesia, kadang sudah ada reviewnya di aplikasi tersebut. 


Kita bisa berkontribusi memberikan review dan rating atau pengalaman kita ketika menggunakan kosmetik yang ada di female daily tsb. Dimana nanti orang-orang yang membutuhkan reviewnya tinggal membaca ulasan dari kita. 

Selain membaca dan menulis review, disini juga bisa berbagi swatch make up look kamu, juga mengetahui trend make up terbaru diantara para beauty enthusiast. Aplikasi ini telah di unduh oleh lebih dari 50K pengguna smartphone.

=========

Yang perlu di ingat ketika instal semua aplikasi ini adalah, menulis dengan jujur. Karena akan banyak sekali orang membaca semua ulasan dan rating yang kita tulis. Kasian mereka kan jika mempercayai tulisan kita sedangkan kita menulis hanya main-main, kasian juga Si produk jika kita menulisnya hanya dengan main-main. Jadi tulislah reviewnya dengan jujur dan benar, sehingga tujuan kita menabung pahala lebih banyak bisa tercapai, ya kan.. Ya kan..

Nah itu tadi 4 aplikasi yang memungkinkan kita bisa menabung kebaikan dengan memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain. Silakan dicoba ya.. 

20 comments :

  1. dari ke 4 aplikasi ini yg saya tahu hanya google local guide mba, tp keseringan saya ga ngisi apa2 sih setelah sy mengunjungi suatu tempat. hehe..

    tp sepertinya cookpad ini menarij karena sy suka masak2, bisa nih menambah kekayaan memasak dari sini...

    ReplyDelete
  2. aku dikit lagi juga level 7 di Google local guide, untuk cookpad sebatas pengguna bukan kontributor hehehehe

    ReplyDelete
  3. Aku baru punya google maps aja mbak, yang lainnya belum punya, kebanyakan aplikasi si Hp itu sosmed heheheee

    ReplyDelete
  4. Wah aku yg belum pernah sekalipun pakai adalah cookpad. Yakali apa yang mau kubagiin hihi. Liat cookpad buat nyontek resep aja jarang. Tapi aplikasi yang lain te o pe deh!

    ReplyDelete
  5. Langganan mengisi Google Local Guide, biasanya diberikan kesan dan pengalaman berikut foto. Jadinya lebih mendukung keadaan sebenarnya, sehingga orang lain bisa lebih jelas mengetahui informasinya.

    ReplyDelete
  6. saya juga ngisi google map
    udah level 6
    tp sekarang kok klu pergi ke suatu tempat ga ada updatenya
    bingung saya

    ReplyDelete
  7. Wuih keren ya, banyak aplikasi keren yang bisa dimanfaatkan,saya suka baca-baca goodreads untuk cari referensi novel bagus

    ReplyDelete
  8. Eh, saya sudah beberapa kali, setelah menggunakan maps atau share lokasi, suka dihubungi oleh google. Diminta informasi lainnya. Karena belum ngerti, saya gak pernah isi informasi yang diminta. Ternyata kita bisa berbagi kebaikan dari sana, ya...
    Lain kali, saya akan melengkapinya, deh!

    ReplyDelete
  9. Wah aku baru tahu tentang Cookpad nih. Goodreads juga jarang banget ngisi padahal sering baca buku. Jadi pingin ngisi goodreads lagi nih

    ReplyDelete
  10. Wah2 jadi pengen juga nih ikutan review, selama ini aku cuma jadi org yg memanfaatkan review2 itu mbak. Saatnya berbagi ya hehe.

    ReplyDelete
  11. Saya klo di maps udh sering ngasih review dan foto mba.. udh jadi contributor level 4 hehe.. tapi klo di aplikasinya belum.. paling sama swarm untuk check in lokasi gitu

    ReplyDelete
  12. Aku sudah mencoba 3 aplikasi. Yang satu lagi belum pernah. Yang goodreads, soalnya jarang baca di hp. Sakit matanya, enakan langsung baca buku fisik. Paling seru berbagi di google maps, bisa dapat hadiah juga

    ReplyDelete
  13. Wahh,, kalo saya paling sering make Maps mbak, sering nge cek ulang koordinat juga. Soalnya saya dulu pernah jadi korban koordinat salah juga, hingga kesasar hahaha. jadi pas saya checking di Maps saya biasanya selalu check koordinat ulang, jangan sampai rate orang kesasar jadi nambah.. hohohoho

    ReplyDelete
  14. Mau serius ah baca yang goodreads buat buku aku. Ma kasih ya mak

    ReplyDelete
  15. Aku kalo habis update blog buku ya ke goodread juga. Lumayan tau buku, apalagi pas ada war, hahaha

    Cookpad jadi favorit buat nyoba resep baru

    ReplyDelete
  16. Aku pernah coba google map sama cookpad aja. Yang dua nya lagi belum pernah coba. Bahkan yang female daily baru ini aku tahu nya.

    ReplyDelete
  17. Instal goodreads di HP, tapi keseringan nulis review di IG buku.
    Sudah gak konsisten nulis di Goodreads, padahal bisa jadi tolak ukur juga yaa..
    Sebanyak apa buku yang sudah kita baca dalam seminggu ini.

    ReplyDelete
  18. Aku udah lama ga memberikan informasi di google map nih. Wah ga boleh malas berbagi kebaikan ya.

    ReplyDelete
  19. Ke empatnya sering kugunakan. Tapi yang cookpad si cuma untuk melihat resepnya bukan jadi kontributor hehehe

    ReplyDelete
  20. google maps sama cookpad udah jadi apps andalan aku banget mba ruli hehe.. dulu mah masih rajin posting resep di cookpad sekarang malah jadi jarang gara-gara sok sibuk.. mau rajin lagi ah mudah2an bisa terus berbagi lewat apps-apps ini hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio