Paduan Terbaik Travel Fotografi dan Gaya hidup dalam Oppo F5

"Pah, gimana ini nanti ke KL, jadi jurnalis gak punya kamera DSLR" tanyaku pada suami
"Kamera Hp Mamah kan bagus, biasanya buat nulis blog juga pakai kamera hp kan" jawab suami menenangkan aku yang agak cemas.
"iya, tapi tetap aja bukan kamera DSLR, jurnalis kan biasanya bawa kamera itu"
"gapapa, yang penting hasil fotonya dan isi tulisan Mamah bagus, pasti tetep jadi artikel bagus kok" sahut suami lagi.


Itulah percakapan cemasku ketika akan menjadi Jurnalis tetapi tidak memiliki kamera DSLR. Kembali ke awal 2017 lalu, Siapa sangka, ketekunanku menulis blog dan menjadi content writer untuk website halal corner, akhirnya memberiku peluang menjadi Jurnalis Halal Corner untuk 2 event international sekaligus yang di helat di Kuala Lumpur, April 2017 lalu. Saat itu memang Halal Corner menjadi salah satu media partner dari Indonesia. Acara tersebut di gelar di satu tempat namun berbeda lantai. Yaitu Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) dan Malaysia Internasional Islamic Lifestyle (MILE). 

Lokasi acara MIHAS di KLCC

Ini event pertama aku menjadi jurnalis. Tentu saja aku ingin melakukan yang terbaik, termasuk memikirkan foto yang akan tayang di website nantinya. Karena itulah aku sangat kawatir menjalankan tugas hanya dengan mengandalkan kamera hp. Tapi suami meyakinkan aku bahwa kamera Hp ku yang bertittle selfie expert ini cukup bagus untuk menunjang kegiatanku saat itu.

Selain itu, Sebagai blogger yang menulis tentang travel dan gaya hidup, aku memikirkan untuk mengambil banyak foto jalan di Kuala Lumpur beserta kulinernya. Tentu saja aku ingin, selain bercerita tentang perjalanan, blogku nantinya juga berisi foto-foto dengan kualitas bagus untuk menggambarkan suasana di Kuala Lumpur. Karena belum tentu aku akan kesana lagi di lain waktu. 

Saat itu aku menggunakan Hp Oppo F1 selfie expert. Awalnya agak minder, ketika akan pembukaan MILE, ada area jurnalis tepat lurus di depan titik utama. Dimana sebelum acara dimulai, semua jurnalis bersiap dengan Tripod dan kamera canggih mereka di spot tersebut, sedangkan aku hanya memegang Hp. Tapi ternyata dengan kamera hp aku justru di taroh di depan, mungkin juga karena aku perempuan, jadi duduk aja posisi jongkok agar tidak menghalangi kamera para jurnalis lain. Alhamdulillah mindernya aku tidak beralasan, semua jurnalis saling berkordinasi baik meliput berita, tidak peduli dengan kamera Hp atau dengan kamera lainnya.


Alhamdulillah-nya lagi, ketika itu acara MIHAS yang di buka oleh Wakil Perdana Mentri Malaysia, lalu dari pintu masuk menuju ke panggung acara pembukaan aku berhasil mendapatkan foto selfie dengan beliau. Yes.. Kamera Oppo dengan jenis selfie expert memang jago untuk urusan selfie. Alhamdulilillah event pertamaku sebagai jurnalis di acara International saat itu berlangsung lancar meski hanya dengan Kamera hp. Di ruang pers pun, ternyata aku bisa menulis berita dengan lancar karena Hp Oppo-ku sanggup bertahan seharian tanpa di charge. Oppo memang dikenal punya ketahanan baterai cukup panjang. Hp Oppo ku bekerjasama dengan baik mensukseskan misiku saat itu. 

Selfie sama Wakil Perdana Mentri Malaysia
Datuk Ahmad Zahid Hamidi

Sekian waktu berlalu sekarang aku menggunakan hp Oppo F3 tetep dengan selfie expert dan suamiku menggunakan F3 plus. Kami memang keluarga pecinta Oppo sejak ia hadir di Indonesia beberapa tahun lalu. Karena memang kami selalu puas akan fitur-fitur yang dimilikinya.

Hingga pada beberapa waktu lalu, aku dan komunitasku Female Blogger of Banjarmasin (FBB) mendapatkan undangan untuk menghadiri launching Oppo F5 yang bertema “OPPO F5 Perfect Companion For Travelers”. Duh girang banget deh ah ada peluncuran seri Oppo terbaru. Sebagai pecinta Oppo, aku penasaran Sekali bagaimana kecanggihan Oppo F5 ini. Karena yang F1 dan F3 saja sudah sangat bagus, apalagi yang terbaru.


Tim squad FBB akhirnya menghadiri acara yang di helat di Hotel Mercure, Banjarmasin. Saat itu juga dihadiri banyak komunitas yang sangat update pada lifestyle dan gadget, barulah bisa menyaksikan sendiri canggihnya Oppo F5 ini.

Sebagai pemilik blog dengan niche traveling dan gaya hidup sekaligus merangkap content writer, tentu saja peluncuran Oppo F5 ini sangat dinantikan dimana tulisan-tulisanku memang sudah seharusnya menyajikan fotografi terbaik untuk setiap perjalanan atau kuliner yang aku review. Fokus utamaku pada produk ini tentu pada spek kamera dan fitur penunjangnya seperti filter, tampilan warna dan ketahanan baterainya. Juga sebagai wanita, tentu saja tidak lupa designnya stylish dan elegan atau tidak. Berikut sudah aku rangkum penilaiannya.

Ini Gue Banget

Oppo F5 ini benar-benar memanjakan pecinta fotografi dengan kelas tinggi. Dimana pada Oppo F5 di lengkapi dengan fasilitas AI Beauty Recognition. AI adalah singkatan dari Artificial Intellegence. Teknologi ini dibuat dengan saran para fotografer professional dan make up artist ternama sehingga Foto yang dihasilkan dari Oppo F5 menjadi juara diantara Hp lain dengan harga sama.

Dimana dengan teknologi ini, Oppo F5 dapat mengenali bentuk dan struktur yang unik dari setiap wajah, dapat membedakan jenis kelamin pria wanita, usia anak atau dewasa, dan menyesuaikan pencahayaan yang ada. Kaya akan warna, Lalu mengolah hasil foto menjadi lebih cantik dengan sangat alami alias fotogenik. Dengan Oppo F5 ini sepertinya kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan dari pihak ketiga dan filter lainnya untuk membuat foto lebih cantik. Saat kalian mencobanya, kalian akan tau bedanya dengan Hp fotografi lainnya. Takjub

Teman-teman FBB menjajal Oppo F5

Tidak selalu membawa Powerbank

Hampir semua wanita tau, bahwa powerbank itu tidak ringan meski ukurannya kecil. Dan tas wanita sebisa mungkin di buat ringan, bukan? Biasanya jika membawa powerbank, aku harus meninggalkan properti touch up ku di rumah supaya tas tidak berat. 

Tapi dengan Oppo F5 sepertinya tidak harus selalu membawa powerbank karena baterainya bisa tahan hingga 12 jam saat sedang aktif digunakan. Biasanya kalau banyak berfoto maka baterai hp akan cepat habis, jadi biasanya para wanita selalu sedia powerbank. Kali ini tidak lagi. Kalaupun harus mengisi, fast chargingnya tidak akan membuat kita menunggu lama. Ah fasilitas ini penting banget untuk para pecinta foto dan sosial media.

Design-nya membuat Percaya diri

Ketika berkumpul dengan banyak orang terkadang kita merasa canggung ketika kita menggunakan hp dengan design jadul atau tidak elegan. Meskipun sebenarnya orang tidak akan mempermasalahkan itu, namun elegan tidaknya Hp sedikit banyak mempengaruhi percaya diri ketika menggunakannya.

Elegan, ramping, sederhana
www.oppo.com

Design elegan dan ramping Oppo F5 bisa menambah kepercayaan diri ketika kita berkumpul dengan komunitas. Terutama di FBB dimana membernya semua perempuan dengan lifestyle update. Tampilannya sederhana dan melengkung, membuat nyaman untuk di genggam tapi tetap terlihat modis. Ini yang membuat aku tidak tahan untuk tidak terpikat dengan F5 ini.

Selfie tanpa batas

Masih dengan selfie expert-nya kali ini Oppo memuaskan keinginanku yang suka selfie dengan kamera depan 20 MP dan kamera belakang 16MP, mendadak terpana dengan kamera ini. Di Oppo F5 juga di ceritakan kalau F5 punya fasilitas less Noise dan gambar tajam meski sedang kekurangan cahaya. Are you kidding me? Dengan Oppo F5 sepertinya keinginan membeli kamera DSLR atau Mirrorless bisa di ubah untuk membeli Hp ini saja. Jelas sekali menunjang selfie dan kebiasaanku untuk mengabadikan kegiatan traveling di dalam tulisan blog.

Selfie dengan efek bokeh
www.oppo.com/id

Efek bokeh yang di hasilkan dari Hp ini pun benar-benar menunjang kegiatan berselfie ria. Sehingga dimana pun dan bagaimana pun kondisi di tempat selfie, akan tetap keluar keindahan fotonya.

============

Nah kalau buat aku pribadi sebagai perempuan sih ini sudah oke sekali, semua yang ku butuhkan sudah terpenuhi. Tapi Kalau buat kalian yang masih membutuhkan kecanggihan di hal lain ga akan kecewa juga, karena Oppo F5 juga tetap menyediakan RAM 4GB (ada juga varian 6GB) dan Triple slot card-tray.

Triple slot card-tray
www.oppo.com


Setau aku juga, F5 ini menunjang sekali untuk para pecinta game online. Dimana saat peluncuran saat itu, hadir juga komunitas game Mobile Legend Banjarmasin yang terpuaskan dengan fitur 'jangan ganggu' ketika bermain game.

Itu adalah fitur mencegah munculnya notif-notif di layar ketika kita sedang asyik bergaim game. Tapi kita tetap tidak melewatkan panggilan penting saat game berlangsung.

Oppo F5 untuk para gamers
www.oppo.com/id

Sesuai dengan temanya, Oppo F5 ini merupakan perpaduan sempurna untuk para traveler. Meskipun jalanku masih belum jauh-jauh sampai ke berbagai negara, sepertinya jika di tunjang dengan gadget yang perfect, jalan di pelosok Nusantara pun akan terasa luar biasa. Terbukti saat acara juga menghadirkan bintang tamu seorang travel blogger yaitu www.kadekarini.com dimana dia sudah berkeliling banyak tempat di Indonesia dan menghasilkan banyak sekali foto cantik hanya dengan Oppo F5 ini. 

Akhir kata, setelah launching Oppo F5 selesai dan berbagi kisah dengan suami. Lalu pak suami memberi wejangan. Bahwa fotografi dalam dunia menulis memang sangat penting, tapi ada banyak cara mendapatkan foto terbaik tanpa harus membeli kamera DSLR. Yang selalu di utamakan juga adalah kemampuan kita mengambil gambar, mencari angle terbaik, itu semua berkaitan dengan feeling. 

Dan tak lupa juga suami mengingatkan sebagai blogger dan content writer untuk terus menjaga kualitas tulisan. Apa gunanya foto bagus jika tidak di tunjang dengan artikel yang bagus. Semua harus saling menunjang, bukan? Oke, aku siap untuk traveling dan melanjutkan misi sebagai travel blogger, content writer ataupun jurnalis. 



65 comments :

  1. Setuju Mbak Ruli foto dan tulisan harus seimbang...
    PakSu nya bijak banget yaaa 😙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih alhamdulillah. Dengan petuah suami semua jd berjalan baik mba

      Delete
  2. Setuju Mbak Ruli foto dan tulisan harus seimbang...
    PakSu nya bijak banget yaaa 😙

    ReplyDelete
  3. Itu tiba-tiba aku pas baca malah gagal fokus sama ekspresi wajah aku yg aneh dan wajah aya sama eca yg terlalu serius. Huhu :( itu siapa yg foto sih? :D ngomong dulu kek sebelum ambil foto biar bisa cantik. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha. Saking seriusnya rima mengamati oppo f5 ya sampai ga tau kalo ada yg memfoto

      Delete
  4. Hrs bljr banyak dr senior ngeblog satu ini.. Tulisan n foto hrs seimbang, ulun apa kabar? Hihi..
    OPPO emg keren sih ya.. Hasil fotonya bagus banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepertinya tanpa DSLR pun gak masalah ya

      Delete
  5. Selfie efek bokeh yang selalu jadi dambaan beautu blogger gak perlu cape sama kamera dslr wkwk
    Hemat bateraii my favorite♥♥

    www.enychan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lengkap semua di F5, kaya toserba hehehe

      Delete
  6. Mancapp ini mbak Ruli.. Oppo emang terkenal bagus biat selfie, ga repot lagi pakai editor foto dan tak perlu bawa-bawa kamera segaban lagi karena sudah ada efek bokeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku termasuk orang yg paling malas ngedit foto. Biasa dari gallery kamera langsung upload. Jd pake f5 ini kayanya oke banget

      Delete
  7. Cocok untuk menunjang tulisan di blog nih, foto yang dihasilkan bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mba anisa, buat blogger ini kece beud

      Delete
  8. Replies
    1. Suka maen game mba esti? Cocok nih buat hadiah suami hihihi

      Delete
  9. Ternyata nggak ada DSLR nggak menghalangi kita buat mendapatkan foto yang bagus ya Mba Ruli. Keren deh, kata-kata suaminya juga bijak banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo gak di nasihatin suami mungkin aku dah merengek terus mintaa kamera DSLR hahaha

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Aku pake oppo A57 juga dan bener aja baterainya itu loh tahan lama banget nget nget wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget kan ya.. Karena kalo lagi asik di pake trs harus jeda karena di charge rasanya bete

      Delete
  12. Sebelumnya aku gak tahu kalau mbak ini Content Writer juga. Ajarin dong mbak gimana bisa jadi writer in a big website. Hehee... Siapa ya yang kemarin bilang gada prestasi. Ini nih prestasi besar. Mengenai OPPO, I agree that OPPO is the best companion for travelers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha..belom ah.. Prestasinya masih ala kadarnya. Belom berani bilang prestasi deh, nanti aku berasa puas dan males belajar hihihi

      Delete
  13. Ketahanan batre segitu lumayan utk keluar rmh sekitar beberapa jam sii ya..efek bokeh oppo F5 ini bagus bngt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cukup buat seharian ke mall tanpa ngecharge ya mba dina. Hihihi

      Delete
  14. yang warna merahnya sungguh menggoda :)

    ReplyDelete
  15. Yang sulit mungkin kalau liputan dengan objek yang banyak gerak sehingga memerlukan kamera dengan rana cepat pula. Tapi HP sekarang memang kameranya udah pada canggih, sih. Kalau untuk ukuran pixel sudah setara dengan SLR hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kondisi yang mendadak harus foto cepat memang harus di support sama gadget yg keren dan auto focus ya

      Delete
  16. Lagi nyari nih smartphone yang setara SLR,,, kaya nya kamera Oppo F5 mumpuni

    ReplyDelete
  17. Wow ada ya yang RAMnya 6 GB? warniyasak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasrat akan smartphone terpuaskan banget ya mba lina

      Delete
  18. Iya oppo expert emang keren banget, udah pernah liat hasilnya. Tanpa diedit aja fotonya udah keren apalagi sekarang udah ada oppo keluaran terbaru, yakin deh kualitas fotonya makin ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bening ya mba. Kaya aku.. Hahahaha (awas mual)

      Delete
  19. Oppo F5 sih kalo dalam hal kamera bagus sih mba apalagi selfienya tapi, buat build qualitynya rada gimana gitu kurang suka. Namun, buat para cewe cewe yang mentingin selfie sih hape ini rekomended banget untuk di beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain dulu lah.. Kali habis megang cocok sm build qualitynya. Hehehe

      Delete
  20. boleh juga itu triple slot tray jadi banyak pilihan hehe.. ember sih kalau jurnalis kayaknya identik kamera DSLR gitu ya. Tapi ini Oppo sudah keren banget yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurnalis identik dengan kamera dslr.tapi kalo bawa oppo f5 bisa lebih mudah dan ringan ya

      Delete
  21. kamera HP nya bagusssssssss...mau mbakkk...tolong kirim 1 ke Bengkulu dong dong dong

    Dan benar kata mbak, selain foto basgu tulisan kita juga harus berkualitas pasti

    ReplyDelete
  22. Emang yah mba kalo punya hape multitask rasanya seneng banget apalagi ngebantu aktivitas bahkan kerjaan kita, desain opponya yg merah itu lucu ih suka banget :3 semoga oppo terus bisa mendampingi pencarian rejeki mbak ya, hihi

    ReplyDelete
  23. Oppo emang kameranya Juaraaaaaaaa..
    Kerrn Mbak rulii bisa ke Malasya karena menulis...
    Semoga bisa kennegar alain lagi yahh..

    Bokeh2 oada selfie ini yg menarikk dari oppo

    ReplyDelete
  24. Waduh, bahaya ini mbak, kalo istri dah liat pasti malam nanti langsung buka obrolan mintra beliin... hahahaha
    Langkah yang bagus dari oppo karna fokus di selfie expert. nice.

    ReplyDelete
  25. Meskipun dengan hape, kualitas gambarnya bisa menunjang kan? Jadi bisa menyempurnakan tulisan yang menarik. Saya baru punya yang F1, entah kapan bisa punya yang F5 hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang f1 juga keren mba.. Sebelum pake f3 aku pake f1.. Selalu pake oppo aku nya. Wkwkwk

      Delete
  26. Kalo buat selfie, oppo emang juara

    Kerennya Mbak bs liput acara di luar negeri sana. Walopun msh pake hp buat foto2, emang kudu diimbangi dg tulidan yg bagus jg. Ntar lain waktu bs deh sambil blajar potografi pake kamera bneran

    ReplyDelete
  27. Aku naksirrrr merahnya keceeee

    Dan hasil fotonya bagus2 ya mbak. Hihi serius pengen, celengan ayam udah cukup belum yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sexy banget mbaaa.. Aku jaraang suka warna merah, tp yg ini asli keren banget merahnya

      Delete
  28. Wahhhh, mba ruli ini travel blogger juga bisa dong ya nanti kita collab jalan-jalan bareng pasti asyik, hihihi.

    Bener banget Mba kalo menulis dan hasil jepretan foto itu terkadang harus balance ya. Tapi tenang kok, sekarang mah asal pintar ngambil foto dan edit yang bagus, foto yang gak keren pun bakal jadi keren banget. Hihihi

    ReplyDelete
  29. yang penting man eh woman behind the gun mbak hihihihi... betul kata Papanya trio Q, meskipun pakai Hape kalau pinter ngambil gambarnya hasil pun tak akan bohong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mba retno, aku jd sumringah nyengir2 sendiri

      Delete
  30. ih aku ngiler sama oppo f5 nya mba ruliii.. warna merahnya kece banget, padahal aku jarang selfie tapi jadi pengen punya si oppo ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spek nya bikin ngiler banget ya.. Meakipun yg gak suka selfie pun, kalo buat food blogger kaya mba yesi ini mumpuni

      Delete
  31. Hape dgn efek bokeh skrg fitur yang paling dicari ya mbak.. kayanya orang orang kalau mau beli hape, pasti nanya Ada efek bokehnya ga.. xixix bikin narsis Makin narsis soalnya yg lain di blur.. aiih Pinter banget nih oppo 5 udah nyediain fitur ini di hape terbarunya

    ReplyDelete
  32. Termhata Mbak Ruli Retno jurnalis ya?
    Luar biasa ya OPPO- nya tahan 12 jam jd gak perlu bawa2 lagi powerbank :D
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih jurnalis amatir mba.. Baru belajar hehehe

      Delete
  33. memanh bagus sih hp ini, akupun seneng, tapi sayang belom kesampean belinya wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buat mas oky mah keren banget ini hp

      Delete
  34. Hapenya mumpuni banget untuk fotografi mbak. Kebetulan emang suka efek efek bokeh gitu dan ternyata di oppo ada fiturnya, keren! :D

    ReplyDelete
  35. suamiku masih pakai OPPO F1 dan bilangnya sih pingin ganti. Berharap ganti dech, biar saya bisa nyobaik rasanya pakai OPPO yang memiliki kapasitas baterai yang banyaak

    ReplyDelete
  36. Jaman sekarang punya hape multitasking udah jadi kebutuhan yah, apalagi buat content creator :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  37. naksir nih sama oppo f5 :( gak dikasih buat review nih ahha

    ReplyDelete
  38. Aih kerennya Mbak Ruli, jurnalis iya, blogger juga, ternyata content writer juga. Salut sama aktivitasmu yg segudang Mbak tapi tetap bisa bagi waktu. Kualitas foto dan tulisan Mbak juga menurutku sudah seimbang, tidak melulu foto bagus yg dihasilkan oleh kamera keren tapi juga tulisan yang rapi itu berkualitas menurutku.

    ReplyDelete
  39. Sampe skr aja aku masih pake oppo yg f1 mba. Masih bagus, walopun layarnya setengah retak gara2 dibanting anakku :p. Kameranya memang bagus kok. Tp yg f1 ini kalo malam hari masih ga maksimal. Noisenya banyaak. Makanya aku pgn ganti ke yg lbh advanced. Yg f5 utk foto di cahaya minim oke Berarti yaa.

    ReplyDelete
  40. sepakat sih. skills lebih penting daripada tools
    ya dimanfaatin apa yang ada dan apa yang dipunya

    aku juga pantang banget sih, bawa powerbank... ribet
    btw, aku juga suka oppo. tapi oppoku hilaaaang... jadinya aku beli merk lain yang harganya terjangkau. eh tapi kalau ada rezeki, Inshaa Allah rencananya mau beli yang oppo
    yaaa semoga terwujud. aamiin

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio