9 Pesan Moral Drama Korea 'Strong Woman Bong-Soon'

Assalamu'alaikum
Kali ini bahasannya agak beda. Karena aku lagi ikutan Blog Collab bareng Female Blogger Banjarmasin (FBB) dengan Tema Korea. I don't know why, dari kemarin pengen aja gitu mengulas pesan moral yang ada di Drama Korea alias drakor Strong Woman Do Bong - Soon, karena aku rasa banyak pesan moral di dalam ceritanya yang bisa kita ambil.

Strong Girl - Do Bong Soon
Source : thejakartapost
Drakor ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Do Bong Soon yang memiliki kekuatan super sejak lahir. Dimana kekuatan ini sudah di miliki turun temurun dan hanya dimiliki oleh anak perempuan. Jadi dari neneknya, ibunya lalu di wariskan pada Bong Soon.

Dua pria dalam serial ini berebut mendapatkan hati Bong Soon. Do Bong Soon yang diperankan oleh si imut Park Bo Young dengan Ahn Min Hyuk yang diperankan oleh Park Hyung Sik, Dan In Gook Doo yang di perankan oleh Ji Soo sukses membuat pasangan utamanya Park Bo Young dan Park Hyung Sik jadi cinlok hingga mendapat julukan 'puppy couple', okey ini sepertinya sudah mulai merambah ke gosip Korea hahaha. Yuk balik ke fokus awal.

Tidak banyak drakor yang aku sukai. Biasanya aku suka drakor itu tergantung kesan pertamanya. Kalau di episode pertama sudah menarik, maka akan ku tonton sampai habis. Kalau dari awal udah gak menarik ya babay. Salah satu kesan awal yang masuk penilaianku selain bagus tidaknya alur ceritanya, adalah cakep engganya pemain utamanya. Hihihi.. Iyalah, kan tokoh utama itu yang bakal di tonton sampai akhir episode, kalo ga cakep ya males. 

Dan Strong Woman ini sukses bikin aku terkesan sama Park Hyung Sik (PHS). Yang menurut media korea PHS ini uda jadi anak orang kaya sejak lahir karena orang tuanya merupakan salah satu orang tajir di Korea. Jadi ketika memerankan tokoh direktur muda di strong Woman ini dapet banget karakternya. Aku baru tau kalo ternyata PHS ini juga anggota boyband, tapi menurut aku dia lebih keren main drakor ketimbang saat nyanyi. Itu menurut aku sih.. Hihihi

Masih dari media Korea, nilai moral yang ingin di sampaikan dalam serial Strong Woman ini adalah untuk menunjukkan kesetaraan gender, dimana di Korea sana banyak perempuan masih di pandang sebelah mata untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh laki-laki. 


Nah, dari aku sendiri, selain soal kesetaraan gender, aku banyak menangkap nilai moral lain dalam serial ini. Berikut aku buat listnya ya.

1. Be good girl
Meskipun dalam kisah diceritakan Bong Soon adalah anak yang kurang pintar, ceroboh, dan kerap kali di marahi bahkan di usir sang Ibu. Bong soon sama sekali tidak pernah berniat melawan ibunya. Tetep menurut dan berusaha membahagiakan ibunya dengan berusaha mencari kerja, menggunakan kekuatannya untuk menolong orang, dan tidak berkata-kata yang jelek terhadap ibunya.

Duh kalo liat abege jaman now, kadang di marahin dikit aja uda ngambek gak karuan, bawaannya uda nyolot aja sama orang tua, coba contoh Bong Soon deh. Bong soon disini juga bisa ngambek, apalagi kalo emaknya nyuruh yang aneh-aneh, tapi biasa aja. Sopan santunnya masih terjaga dengan baik. Paling banter dia cuma nangis.

2. Adil terhadap anak
Bong soon terlahir kembar dengan saudara laki-laki bernama Bong gi. Ibunya  Sering memperlakukannya secara tidak adil. Bong gi di beri makanan bergizi dan sangat di perhatikan sedangkan Bong Soon kebalikannya. Ternyata diketahui, kalo dalam keluarganya anak wanita terlahir sangat kuat, yang pria justru kebalikannya sangat lemah. Karena itu ibunya lebih aware terhadap adiknya. 

Pesan moralnya, baik saudara kembar ataupun kakak adik, sebagai orang tua kita harus memperlakukan anak dengan adil. Kalaupun berada di kondisi seperti Bong soon dimana sang adik butuh perhatian khusus, sebaiknya hal itu di terangkan jauh-jauh hari agar tidak terjadi kecemburuan yang di pendam berlarut-larut lalu meledak menjadi kemarahan.

3. No Nepotisme
Dalam cerita ini meskipun di kisahkan Bong Soon memiliki hubungan cinta dengan sang direktur, tapi Bong Soon tidak ingin mendapatkan perlakuan khusus. Ia ingin bergabung dengan tim pengembangan dengan kemampuannya sendiri. Sang direktur pun tidak membantunya saat ia harus presentasi hasil ide-idenya. Akhirnya Bong soon berhasil masuk tim pengembangan dengan kemampuannya sendiri.

Dan ketika Bong soon terlaku sibuk menolong orang dengan kekuatan supernya, hingga pekerjaan kantor banyak terabaikan dan Ia di pecat oleh Manager tim pengembangan, sang direktur pun profesional dan memecatnya, begitu pula dengan Bong soon yang menerima pemecatannya meski berat hati dan mengakui kesalahannya.

4. Cinta harus segera diungkapkan
Betul sekali kalau orang bilang, yang lebih lama menyukai akan di kalahkan dengan yang lebih dulu melamar. Meskipun In Gook doo menyukai Bong soon sejak lama. Dan Bong soon juga menyukainya, tapi duluan Ahn Min Hyuk menyatakan cinta, dan langsung melakukan pendekatan ke keluarganya. Akhirnya yang happy ending Tentunya yang duluan menyatakan cinta dan melamar. Yuk ah.. Yang masih memendam cinta, buruan nyatakan keburu di lamar orang loh nanti.. :D

5. Persahabatan yang berharga
Dalam cerita ini, sebelum menyadari perasaannya pada Bong soon, Gook Doo sudah memiliki kekasih. Dimana kekasih gook doo akhirnya memilih putus karena menyukai saudara kembar Bong soon yang menjadi dokternya. Bong gi pun menyukai wanita itu dan sudah sempat ngedate. Namun akhirnya Bong gi merasa ada yang salah dan tidak nyaman. Persahabatannya dengan Gook Doo yang sudah terjalin sejak kecil, membuatnya menolak wanita itu. 

Terbukti setelah wanita itu pergi, Bong gi justru bisa lebih lepas dan lega menjalani hari-harinya.

6. Menggunakan kekuatan untuk kebaikan
Dalam riwayat keturunan Bong Soon, kemampuan supernya akan hilang apabila ia menyakiti orang yang tidak bersalah. Seperti yang di alami ibu Bong Soon yang sudah tidak memiliki kekuatan super karena kekuatannya digunakan untuk hal yang tidak benar. Bong Soon juga tidak mau menunjukkan/memamerkan kekuatannya untuk gaya-gayaan, kecuali ketika ia di tantang berkelahi.

7. Rahasia keluarga
Bong Soon sejak lama ingin menjalani hidupnya sebagai gadis normal pada umumnya. Karena itu ayahnya, ibunya, saudara kembarnya dan sahabatnya berusaha selalu menyimpan kekuatan super yang dimiliki Bong Soon. Semua ingin membahagiakan Bong Soon. Begitulah kita seharusnya dalam keluarga. Saling menyembunyikan rahasia, tidak mengumbar kelebihan/kekurangan yang dimiliki.



8. Hobby menjadi prestasi
Bong Soon suka menghabiskan waktunya dengan bermain game online. Ibunya kerap kali memarahinya dan menyuruhnya mencari kerja. Tapi dengan bermain game online itu, ia memiliki obsesi untuk menciptakan sebuah game jadul dengan tokoh utama yang terinspirasi dari kisahnya sendiri yaitu Strong girl.

Ketika ia bergabung di perusahaan pencipta game, ia sangat berambisi masuk tim pengembangan untuk mewujudkan ambisinya menciptakan game jadul tsb. Dan akhirnya berkat usahanya sendiri, game tsb berhasil di luncurkan ke pasaran. Jadi, apapun hobby atau keahlian yang kita miliki, meskipun ada yang mengatakan unfaedah atau tidak berdampak besar, buktikan saja bahwa kita bisa berprestasi disitu.

9. Ibu tetaplah ibu
Meski dikisahkan ibunya Bong Soon sangat galak, ngomongnya kerap kali kasar dan suka nyuruh yang aneh-aneh. Tapi ibunya sangat peduli pada Bong Soon. Bahkan Ibunya selalu menyiapkan segala keperluan Bong Soon. 

Ibunya bahkan memukuli orang-orang yang berani menyakiti anaknya. Ibunya juga sampai meminta bantuan dukun agar kisah cinta anaknya lancar. Soal dukun mah gak usah di tiru yak hahaha, ambil positifnya aja bagaimana pedulinya sang ibu akan semua tentang anaknya sedetil-detilnya. Ibu tetaplah Ibu yang penuh cinta ya kan.

====================


Nah, itu tadi 9 pesan moral versi Aku. Mungkin yang suka drakor ini mau menambahkan lagi. Untuk yang belom nonton, bisa nonton di Line Today versi lengkapnya ada 16 episode.

Siapa yang suka drakor yang happy ending? Tenang saja, di serial ini mereka happy ending dan menikah loh.

Happy ending
(source: hellokpop)


16 comments :

  1. aku belum nonton euy. apa nanti donlot aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton di line today aja ulun mba.. Wkwkwk.. Nyari yg kd usa donlot

      Delete
  2. Wah saya penggemar korea mba. Terakhir nonton yang judulnya go back couple. Apa mba udah nonton juga? Klo belum, boleh jadi referensi buat ibu2 kyak kita ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan kemarin uda nonton mba yg go back couple. Cuma karena aku sukanya yg ada unsur komedinya,jd aku gak selesai nontonnya. Ceritanya bagus sebenarnya, banyak hikmah juga disana ya

      Delete
  3. Wah, udah terbit ajah. Keren... Aku masih nge draft nih mbak Ruli :)

    ReplyDelete
  4. Aku kalau drakor liat pemainnya dulu cakep atau ngk hahahhah. Ini belum nonton sih, terakhir nonton goblin.

    ReplyDelete
  5. Baru danger film judul ini. Tampaknya jalan ceritanya menarik, unik, coba cari2 dulu dah

    ReplyDelete
  6. Penasaran, kekuatan supernya apa... Atau saya bacanya kelewat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekuatan supernya saya memang ga nulis spesifik.tapi kuat dalam arti yang sebenarnya. Bukan yg spesial, tapi lebih kepada kuat secara fisik seperti laki2 bahkan lebih kuat drpd laki2.. Gitu sih kekuatan bong soon :)

      Delete
  7. S3tuju dengan yang ditulis Mbak Ruli. Drama korea selain menampilkan para pemain yang kece plus akting yang oke..dia juga membawa pesan moral. Semoga aja para penonton bisa menangkap pesan tersebut sebaik mbak Ruli.

    ReplyDelete
  8. Hmmm, actually I'm not a big fan of K-drama. Tapi tertarik aja dengan hikmah apa yang bisa dipetik dari Drakor Strong Girl ini. Judul drakor kesukaan saya itu beberapa yang pernah ditayangkan di Indosiar saja, karena kesempatan saya nonton ya dari televisi, contohnya "Pasta", "The Woman Who Wants To Marry", "Greatest Love", "The Heirs" (yang ini kayaknya di RCTI) :) Ada yang termasuk favorit mbak juga nggak?

    ReplyDelete
  9. Aku belum nonton dan ga punya akun line. Hihi. Nantilah kalau ada teman yg punya filenya aku minta, soalnya donlot sendiri gak bisa. Tiap drakor punya pesan moral masing2. Yang paling ngena menurutku adalah jadi anak baik itu, soalnya sikap orangtua yang jelek juga kadang membuat anak jadi pembakang.

    ReplyDelete
  10. Kok kayaknya seruu hahahah :D. Aku lgs suka baca reviewnya aja. Mungkin krn ada berbau kekuatan super gitu, dan yg punya cewe pula :)..

    ReplyDelete
  11. Biasanya di drama korea, hubungan antar keluarga memang cenderung seperti ini ya mbak. Suka liatnya :)

    ReplyDelete
  12. Ah jadi penasaran sama drakor ini, cusss download ah 😍. Apalagi Happy ending Beuh 😍

    ReplyDelete
  13. Hihihi klo saya sama suami paling seneng ketika do bong soon ngusilin pak oh dol byung yang kemayu. Lucu banget hihihi :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio