10 Hal Menarik di Area Twin Tower Petronas - Kuala Lumpur yang Patut Untuk di Singgahi

Banyak orang bilang, ke Kuala Lumpur itu tak ubahnya seperti mengunjungi Jakarta. Karena sama-sama kota metropolitan, pusat kegiatan utama suatu negara. Tetapi, tetap saja, Kuala Lumpur punya twin tower Petronas yang unik untuk di kunjungi.


Memang KL masih punya wisata lain seperti Batu Caves, petalling street, bukit bintang, bird park, butterfly park, istana negara, sungai wang, dan KL tower. Tapi kalau kalian mengunjungi twin tower dan langsung pulang setelah foto-foto ya rugi donk ya.. Twin tower punya banyak area di sekitarnya yang bisa di kunjungi.

Apa Sih yang keren dari area twin tower petronas? Berikut titik-titik area yang bisa di nikmati setelah foto-foto bareng towernya

1. Kuala Lumpur Sky Bridge
Kita bisa melihat pemandangan kota Kuala Lumpur di jembatan penghubung twin tower ini yang terletak di lantai 41 dan observatory deck di lantai 86 dengan membayar tiket. Waktu saya ke KL saya kebetulan gak kesana, karena saya takut ketinggian dan harga tiketnya lumayan, saya memilih untuk gak naik kesana. Hihihi.

Saya sendiri cukup puas melihat KL dari atas karena apartemen saya menginap berada di lantai 45 dan dekat banget dengan KL tower. Jadi kalau masih penasaran liat view kota KL coba aja ke lantai 41 itu ya.



2. Petrosains Discovery Centre
Terletak di lantai 4 menara kembar, petrosains adalah tempat belajar sains buat anak-anak. Tiketnya gak terlalu mahal sih. Untuk dewasa cuma bayar RM.30 atau sekitar 90-100rb rupiah. Kalau kalian datang ke KL mengajak anak-anak wajib banget kayanya mampir kesini. Waktu saya kesana buat kerja sih yang 10 to 5 kudu di area KLCC, jadinya saya gak kepikiran kesana juga, gak ngajak anak-anak soalnya. Hihihihi..

Petrosains
 (source : Suriaklcc.com.my)

3. Mall Suria KLCC
Mall ini tepat di bawah twin tower itu. Satu area tapi posisinya di belakang twin tower itu. Surga belanja ini dimana brand-brand terkenal cukup lengkap disini. Mallnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu padat. Cukup nyamanlah belanja disini. Jika kalian mendekati Customer servicenya, di mejanya tersedia peta wisata KL. Kalian bisa ambil buat petunjuk jalan-jalan. Disitu juga banyak di bagikan voucher gratis berbagai brand dan wisata.

Suria Mall KLCC

Bahagianya lagi, belanja disini bebas tax sodara-sodara dengan syarat pembelanjaan minimal RM.300 di outlet-outlet yang masuk daftar dengan syarat ketentuan berlaku. Sebagai turis kalian nanti juga bisa dapat privilage card. Bisa tanya di CS soal ini yak.
Privilage Card
Source : suriaklcc.com.my

Kalau saya mah, selain uang sakunya yang pas-pasan saya lebih doyan kulineran, jadi belanjaan saya gak banyak, cuma souvenir kecil-kecil yang saya beli di petalling street juga. Gak butuh kartu sakti itu. Hehehe

4. Esplanade (Lake Symphony)
Air mancur menari dalam danau disini cakep banget, orang menyebutnya Danau Symphony. Saat sore banyak sekali orang menghabiskan waktu di tepian air mancurnya, untuk kongkow atau sekedar menyendiri (mana bisa menyendiri kalo orangnya banyak gitu) wkwkwk.. Kalau malam hari air mancurnya lebih cakep lagi karena ditemani lampu warna warni mengiringi pancuran airnya dan air mancurnya pun menari sesuai iringan musiknya. Betah deh pokoknya berlama-lama. Kalau malam minggu lokasi ini crowded sekali.

Mall Suria dan Lake Symphony
(suriaklcc.com.my)

5. Jogging track (KLCC Park)
Di sebrang mall yang di batasi air mancur ada jogging track yang lumayan rindang banyak pohon dan cukup panjang sekitar 1.3 Kilometer, tapi jalurnya ga lurus sih melainkan berkelok-kelok jadi gak kerasa kalo itu cukup luas. Banyak orang sekedar jalan dan adapula yang bener-bener jogging disitu. Saya sendiri pas kesana banyak menghabiskan waktu buat ambil gambar, duduk-duduk ngayal, ngelurusin kaki, gak lama cuma kebetulan ada waktu aja hari itu sebentar di sempetin keliling.

6. Kolam renang (Wading pool)
Tidak jauh dari Jogging track ada kolam renang yang cukup besar dan cukup ramai. Orang biada menyebutnya Wading pool karena hanya kolam bermain, tidak dalam dan arena ini free entry. Saya tidak mendekat ke area sana, hanya melihat dari jauh. Tapi bolehlah ya kalau ngajak anak-anak kesana mampir ke kolamnya. Biar puas ngadepin cuaca KL yang cukup panas. Sama deh panasnya kaya kalimantan.

KLCC park (area joging dan Wading pool)
Suriaklcc.com.my


7. KLCC (Kuala Lumpur Convention Centre).
Nah.. Ketika saya ke KL, itu kan buat kerja sebagai jurnalis media untuk meliput event international di KLCC itu. Untuk kalian yang kebetulan kesana pada bulan april bisa mampir loh di event itu. Eventnya namanya MIHAS (Malaysia International Halal Showcase) ini merupakan event international yang digelar rutin oleh pemerintah Malaysia dimana pada 2017 lalu sudah menjadi perhelatan ke 14. 

Acara itu di buka untuk umum menghadirkan produk dari pengusaha halal berbagai negara dari makanan, kosmetik, bahan baku industri, obat-obatan dsb. Yang paling laku di acara ini tentu saja produk makanan ya. Apalagi kalau kalian datang di hari terakhir. Banyak makanan di obral tuh. Murah meriah halal. Untuk tanggal Mihas silakan kalian cek di websitenya karena tiap tahun berbeda tanggalnya. Kapan lagi bisa beli makanan halal dari berbagai negara dan di obral.

8. Money Changer/Tarik Uang
Untuk kalian yang kebetulan kehabisan uang ringgit bolehlah mampir kesini. Disini ada money changer. Oh iya, ini masuk ke mall Suria ya lokasinya. Tapi saya sendiri waktu itu menarik uang saja di mesin atm dengan jumlah saldo Yang tertera di layar adalah saldo rekening saya dalam kurs ringgit. Tinggal tarik gak pake lama. Saya ada nulis soal tarik uang di KL di post terdahulu saya disini ya


Kenapa gak tukar uang? Wong uangnya kaga ada apa yang mau di tukar. Hahaha.. bener-bener kehabisan uang di dompet saat itu. Baik RM ataupun Rp sama-sama ga ada. Jalan utamanya tentu tarik di atm kan. Bukan tukar uang. :p

9. Petronas Art Gallery
Posisinya ada di Lantai 3 petronas. Bisa sekalian pas kalian mengunjungi Petrosains dan sky bridge tadi. Sorry saya nulisnya agak ke bawah nyaris kelupaan. See.. Kalau kesana kalian gak cuma bisa foto twin tower doank tapi banyak hal menarik yang bisa di lihat.



Saya? Ya gak kesanalah. Saya mah selera seninya rendah, gak begitu tertarik mengunjungi art gallery hahaha.. Pengakuan saya yang paling jujur. Bisa di bilang sih mengunjungi Art Gallery bukan tipikal saya. Tapi kenapa saya tulis? kalian kalo ga sibuk sih apa salahnya mengunjungi ya kan. Karena pasti ada aja dari kalian yang menyukai seni, gk semua seperti saya, jadinya perlu saya tulis meskipun saya tidak tertarik kesana. Sekedar sowan, hey ini loh gallery seni kebanggaan Petronas. Memperluas wawasan itu bagus juga. Mengajak anak-anak pun oke selama mereka bisa jadi pengunjung yang baik, kudu ati-ati aja kalo megang barang-barang seni.

10. Aquaria KLCC
Ini dia Jawaranya. Buat saya pecinta laut. Tiap ke wahana air begini, itu surga banget. Meski saya pernah menuliskan, kalo di banding seaworld Jakarta kok saya rasa masih lebih gede seaworld Jakarta (jangan pakai perasaan sih harusnya, hahaha). Kalo di banding sama Bali Safari and Marine Park, aku masih lebih suka yang di Bali. Tapi, you will never know till you have tried. Rugi kalo gak dicoba.

Oceanarium
Visitkl.gov.my
Lokasinya itu nyambung sama lokasi saya kerja. Jadi acara Mihas itu di helat di convention centre kan. Di bagian akhir Ujung lokasi acara itu, ada foodcourt yang cukup besar dimana menu masakan berbagai negara tersedia disana dari masakan rumah hingga junk food juga ada. Nah.. Foodcourt itu menjadi pintu keluar Juga untuk kalian yang ke Aquaria. Lokasinya nyambung, bentuknya seperti huruf V dimana yang ke kanan adalah convention centre dan yang ke kiri area Aquaria di pertemukan oleh area foodcourt itu. 

Jadi tiap makan saya penasaran, cuma liat pintu keluarnya doank. Akhirnya pas last day di KL saya sengaja lewat depan, ga masuk lewat belakang karena uda gada acara lagi. Naik Bis, turun depan Aquaria, muter padahal kalo dari apartemen tempat saya menginap tapi ya kenapa mau aja muter-muter. Hahaha.. Kebetulan pagi itu keliling-keliling bukit bintang, endingnya ke Aquaria itu, tak apalah mumpung semangat.

Di brosur Aquaria ada jadwal-jadwal feeding hewan disana. Kebetulan pas saya kesana pas feedingnya Gurita, saya memang sengaja gak mengabadikan. Karena pas ngeliat saya agak mual, hahaha. Apa-apaan ini katanya cinta sama laut, kok liat gurita makan saya mual. Mungkin karena hewan lunak dan berlendir. Pas dia makan agak gimana gitu. Overal lainnya seperti Aquarium pada umumnya dengan ribuan species laut dari berbagai belahan dunia, ada terowongan dengan lantai berjalan juga sepanjang 90 meter. Next time saya cerita khusus Aquaria lah, kepanjangan kalo di tulis disini hahaha.

==================

Nah itu dia 10 hal menarik yang bisa kita mampirin ketika di twin tower. Jadi kalo uda foto sama twin tower, jangan langsung pulang atau melipir ke destinasi lain. Sayang loh.. Setidaknya kalian bisa spend setengah hari disini. Atau setidaknya 3 jam deh dengan jalan cepat sekedar take a pict.. Hehehe.. 

Biasanya yang mau ke KL memang ga ada rencana buat balik lagi kalo hanya untuk sekedar wisata. Karena objek wisatanya cenderung mirip dengan Indonesia. Bila kalian berencana demikian, pastikan ketika kesana sudah mampir ke semua yang wajib di kunjungi. Apa saja destinasi lain yang wajib di kunjungi? Sepertinya di google sih uda banyak yang nulis itinerary-nya. 

Huft.. Tulisan ini kok berasa panjang ya, ya emang panjang keleus.. Padahal niat awalnya sekedar mau sharing, noh kalo uda sampai twin tower habis foto-foto jangan langsung pergi ke tempat lain. Sayang masih bisa foto di area lain.

Saya sedih juga deh, padahal niatnya mau masukin foto-foto yang saya ambil sendiri pas kesana. Taunya setelah dari sana, hp saya rusak. Fotonya disitu semua huks..huks.. Ketika memory hp saya pindahkan ke hp lain, fotonya ga ada, ternyata nyantol di hp rusak itu. Duh.. Makin panjang aja ini tulisan. Dah ya pokoknya have fun di KLCC.. Enjoy :)))



48 comments :

  1. wah banyak juag yang bisa dilihat, tp jembatan itu yang terkenalnya ya

    ReplyDelete
  2. Di satu tempat aja bnyk yg bisa dinikmati ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku ga nyangka juga setelah ku tulis di blog jadinya banyak hehe

      Delete
  3. Mba, supaya foto ada cadangannya pakai google photos aja. Jadi kalo memory atau hape rusak sudah tercadangkan

    ReplyDelete
  4. Banyak spot foto di satu tempat :D Sayang belum bisa ke sana

    ReplyDelete
  5. Pingin ke Kuala Lumpur Sky Bridge xD

    ReplyDelete
  6. Tahun lalu padahal nyaris ke Kuala Lumpur nih mbak tapi karena hamil jadi musti cancel. Pengen ke sky bridge nya, lalu selfie biar kekinian *eaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea..ea.. Ntar habis lahiran di planning lagi yuk

      Delete
  7. wah.. lumayan ni buat referensi ajak keluarga jalan2..

    ReplyDelete
  8. Pas ke Malaysia nggak sempat ke Twin Tower, huhuhu. Padahal pengen foto dan main di sekitarnya. Semoga next time bisa kesampaian.

    ReplyDelete
  9. Sama mba, yg art gallery mah kalo aku jg lgs skip. Ga tertarik liat seni2 begitu krn ga ngerti juga :D. Aku tuh sbnrnya berharaaaap banget bagian puncak menara ini dibuat tempat utk bungy jumping, kayak di macao tower. Secara aku pecinta wahana ekstreme, bakal aku coba pasti kalo ada. Syukur2 bisa ngalahin keginggian bungy di macao yg bikin aku lgs ketagihan.. Cuma mau coba lg ksana kan jauh.. Makanya enak bgt kalo di KL petronas ini dibikin wisata bungy juga..

    ReplyDelete
  10. Buset, tempat nginapnya di lantai 45,aku ga ngebayangin gimana kalau ada apa-apa �� *anaknya parnoan ��

    Baca ini jadi kepengen jalan-jalan kesana juga. Hihi

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
  11. Aku Speachless tiap kali liat blogpost ttg travelling. Aplg kalo diluar negara indo. Haduh, mupeng. Ini keren banget semuanya! Semoga ada rejeki kesana nanti.. Eh, post ttg kuliner kuala lumpurnya mn mb? He

    ReplyDelete
  12. Harusnya ga usah blog walking ke sini akuuuh 😭 semuanya bikin mupeng beraaaattt. Btw, 1 tempat utama dan sekelilingnya juga bisa jadi objek, eleuh2 hemat tenaga hemat budget ya

    ReplyDelete
  13. KL 😍, aduh mba ruli itu pasti rasanya nyesek banget 😩, niat hati mau liat foto di suatu hari nanti, eh malah rusak 😭

    ReplyDelete
  14. Aku blm prnh ke KL sih tapi pengen jugaaa habis liat sharingan mba ruli.. Yang suria klcc itu godaan bgt yaaa wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Wah keren banget euy tempatnya. Aku selama ini nggak ada bayangan twin tower petronas itu ada apa aja. Sekarang jadi tahu deh

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah ke Malaysia sih. Namun, jujur, ketika ke Menara Kembar Petronas. Hal pertama yang terpikir olehku ya hanyalah selfie di depannya saja. Ternyata, banyak juga pemandangan yang tersebar di sini. Ada petrosains lah, ada mall suria lah. Jadi menarik buat disaksikan nih.

    Check List Updated!

    ReplyDelete
  17. Saya ke Twin Tower cuma sempat foto-foto aja di depannya, buat nandain kalo pernah ke Malaysia. Mana norak lagi. Kan ceritanya naik bus dan minta diturunin di halte depan Twin Tower, dan saya pun diturunkan di sebuah halte. Pas turun, bertanya-tanya kok menaranya nggak ada. Setelah keliling-keliling, ternyata sebetulnya menara itu tepat di depan saya. Saya cuma nggak nengok ke atas aja untuk mengenali Twin Tower itu. Duh, udah su'udzon sama driver bus karena salah menurunkan saya. =D

    ReplyDelete
  18. Jadi bisa sekalian ya ke Twin Tower trus skalian aja ke berbagai tempat ini yang ga begitu jauh ya. Mayan nih. Terakhir ke twin tower malam-malam soalnya hehe

    ReplyDelete
  19. Boro boro ke Kuala Lumpur, maen beda kota aja udah di cariin emak :(

    ReplyDelete
  20. Ternyata banyak juga tempat wisata yang letaknya dekat twin tower Petronas ya...
    Kayaknya kalau ke sana, saya akan ajak anak-anak ke Petrosains Discovery Centre. Supaya mereka bisa main sambil belajar.

    Satu lagiii..kayaknya sayang kalau gak ke Esplanade (Lake Symphony)...ingin lihat air mancur dengan lampu warna-warninya....baguus ya....

    ReplyDelete
  21. Wah keren bangunan di malasyaa. Meski sama2 metropolitann jelas KL banyak kerennya yahh..
    Aku juga takut ketinggiann jd kurang yakin akan naik tower ituu..

    ReplyDelete
  22. Wah... mantap mas, sudah ke KL.

    Oh iya, seandainya di Indonesia atau Aceh khusus nya ada spot yg demikian, pasti rame dong pemgunjungnya. Sebab semuanya berlokasi dekat, jadi tak terasa semua wahana ingin kita kunjungi.
    Hehe

    ReplyDelete
  23. beberapa kali pergi ke sana, tetapi selalu saja luput dengan kesempatan jalan-jalan. tapi kok rasanya setelah baca ini, banyak spot-spot yang wajib dikunjungi ya?
    waaaaahh

    ReplyDelete
  24. saya belum ke oceanariumnya mbak Ruli, mungkin waktu saya berkunjung 2012 lalu belum ada malah :) nanti kalau ke KL lagi sempatin ke twin tower aaah

    ReplyDelete
  25. Belum pernah ke luar negri si 😬 kalaupun ke luar negri gak bakalan ke Kuala Lumpur juga hehehe ✌️. Tapi yang sains, art galery dan aquariumnya menarik tuh didatengin 😍

    ReplyDelete
  26. dulu ke twin tower cuma ke mallnya..
    ga mikir ke tempat lain
    udah lama banget
    jadi rindu ingin kembali ke sana
    biar bisa eksplore semuanya

    ReplyDelete
  27. Lake shymponi lebih indah diliat kalau malam hari ya...warna warni lampunya kece..

    ReplyDelete
  28. Pasti sedih banget yaa, mba...foto-foto pada gak kesimpen.
    Tapi in syaa Allah kenangannya tetap abadi dalam ingatan.
    Ehhee...

    ReplyDelete
  29. 8 tahun yang lalu pernah ke Twin Tower tapi kayaknya belum selengkap sekarang tempat-tempat yang bisa dikunjunginya, dulu mah cuma numpang foto doang hehehe

    ReplyDelete
  30. kalo denger kata twin tower pasti ingetnya langsung ke Malaysia ya mba, aku baru tau ternyata di sana ada Aquaria semacam seaworldnya Jakarta nih.. Jadi penasaran aku mba Ruli pengen jalan-jalan ke Malaysia juga apalagi kulineran di sana hehe

    ReplyDelete
  31. Ya Allah, kapanlah bisa jalan ke sini ya. Belum jadi-jadi mau ke Malaysia, kan kalau ke Malaysia ini ikonnya ini

    ReplyDelete
  32. Hobi utamaku klo kesini berdiri pas ditengah tengah lalu melompat manjah dan jepret jepret. Pernah ama temen lelarian pontang panting untuk mengejar air mancur menari warna warni itu dan sampe keatas dia berhenti menari. Perih sekali hati ini. Ngalah ngalahin ngos ngosannya

    ReplyDelete
  33. melihat aquarianya jadi pingin kesana deh ada binatang laut aja saja didalam aquarium yang pastinya besar. kira kira ada biaya masuknya gitu engga sih mba kalo kesana?

    ReplyDelete
  34. Banyak juga ya tempat seru di sana. Aku pribadi baru ke Suria Mall itu. Sayangnya satu, pelayannya judes2. Lebih suka ke daerah Bukit Bintang

    ReplyDelete
  35. wahh,,, kalo aku paling pengen ngunjungin art gallery nya malah mbak..
    pengen lihat gimana hasil karya seni mereka.. :O

    ReplyDelete
  36. jadi mimpi juga dolan dan explore Aquaria KLCC .Pokoknya yang berbau marine anak2 dan keluarga pasti hepi banget

    ReplyDelete
  37. Duh kayaknya aku cuma lihat 3 dari 10, karena fakir info.
    Jadi pelajaran ini.
    Lain kali kalau kudu survei dulu ya, biar optimal petualangannya.

    ReplyDelete
  38. Whats up very cool blog!! Guy .. Excellent .. Superb
    .. I will bookmark your web site and take the feeds additionally?
    I am happy to seek out numerous useful info right here within the submit, we'd like work out extra strategies in this regard, thanks for sharing.
    . . . . .

    ReplyDelete
  39. Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend your website,
    how can i subscribe for a blog website? The account helped me
    a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your
    broadcast offered bright clear concept

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio