Resolusi 2018, Mengelola Lelah Menjadi Stamina

Akhir tahun selalu menjadi waktu yang tepat untuk mereview segala hal. Termasuk dalam urusan pekerjaan dan kesehatan. Dan saat ini pula Saya menyadari, tahun ini belum lebih baik dari tahun sebelumnya. Harus ada resolusi perubahan kesehatan di 2018 mendatang.


Menjadi pekerja keras bukan hanya untuk wanita yang berkarir saja. Bahkan ibu rumah tangga pun tau rasanya bekerja keras. Keduanya sama-sama mengeluarkan banyak energi. Saya pun demikian, sehari-hari berkutat menjadi ibu rumah tangga dengan jam kerja padat dari pagi hingga malam, masih ditambah dengan kegiatan menulis dan kegiatan sosial di luar rumah lainnya. Rasanya sama lelahnya ketika saya masih menjadi ibu bekerja dulu.

Ngeyel, itu yang sering saya lakukan. Saya Seringkali terlalu percaya diri pada kesehatan saya ketika saya mengerjakan segala sesuatu, terutama di pekerjaan-pekerjaan penting. Saya seringkali ngeyel ketika orang-orang terdekat mengingatkan saya soal kesehatan. Saya selalu merasa sangat sehat, baik-baik saja dan Saya melakukan pekerjaan dengan total (menurut saya), tanpa kenal waktu dan sering mengabaikan waktu istirahat saya, padahal nyatanya saya tidak sekuat itu. Saya juga bisa drop dan jatuh sakit.

Sebagai contoh, ketika saya menjalankan misi pertama saya sebagai jurnalis perwakilan dari Halal Corner untuk meliput acara MIHAS di Kuala Lumpur pada bulan April lalu. Acara yang di helat selama 5 hari, benar-benar menguras energi saya.
Kesempatan saya bertemu pengusaha produk halal yang berasal dari lebih 30 negara sekaligus melakukan wawancara, juga menghadiri berbagai prescon adalah pengalaman baru bagi saya, tentu tidak akan saya lewatkan dengan santai. Saya melalui semuanya dengan antusias. Bahkan ketika malam harinya, saya masih lanjut untuk merangkum dan menulis kegiatan siang harinya. Semangat saya terlalu berlebihan kala itu. Wajarlah ya, kita selalu merasa sangat antusias dan bersemangat pada momen-momen tertentu yang dirasa spesial, apalagi jika itu pertama kali kita lakukan.

Disela kesibukan utama siang malam itu, hal yang tidak dilewatkan adalah jalan-jalan, belanja, beli oleh-oleh, dsb. Nyempet-nyempetin ke petalling street malam-malam meskipun sudah sangat lelah demi beli oleh-oleh, sampai apartemen tidak langsung istirahat melainkan lanjut nyari kuliner di street food di belakang apartemen.

Di malam lainnya saya sempatkan bertemu teman saya yang domisili di KL untuk melepas rindu sekian tahun tidak bertemu, dan jalan-jalan karena lokasi acara di KLCC yang menjadi 1 komplek dengan twin tower dan Suria yang menjadi mall perbelanjaan ternama di KL. di hari terakhir sebelum ke bandara, masih nyuri kesempatan ke bukit bintang nyobain naik bis dan ke Aquaria. Kalau di ingat sih itu over banget, rasanya kepadatannya melebihi kegiatan rutin saya di rumah, meskipun di rumah pekerjaan juga tiada henti dari subuh hinga tengah malam.

Setelah kurang lebih 6 hari sejak berangkat hingga kembali ke rumah, baru terasa sangat drop ketika sudah di rumah. Anak-anak yang sangat ingin bermanja setelah di tinggal justru harus melihat emaknya banyak tidur, kena flu dan pegal linu teramat sangat. Ya.. Saya mengabaikan fatigue management. Saya menjalankan tugas dengan baik tapi terakhirnya saya drop dan sakit karena kelelahan teramat sangat. Akhirnya saya harus bedrest hampir seminggu. 
Bisa dibayangkan seminggu di rumah saja hanya untuk merasa bugar kembali. Itu rasanya sangat membosankan. Salah saya juga kan ngeyel dan gak mendengarkan alarm tubuh.


Nah, apa itu Fatigue? Fatigue adalah kondisi dimana manusia mengalami kelelahan akut atau berkurangnya performa baik secara fisik atau mental yang disebabkan oleh pekerjaan berat dimana kelelahan ini terjadi secara alami yang biasanya muncul bersama perasaan letih dan lemas.
bagaimana cirinya membedakan kalau kita sedang mengalami fatigue?
  1. performa menurun
  2. sulit berkonsentrasi
  3. rasa letih teramat sangat
  4. kondisi fisik tidak segar cenderung pucat
  5. emosi naik turun (mood swing)
lalu, apa itu Fatigue management?
Fatigue Management atau seringkali dikenal orang dengan FRMS (Fatigue Risk Management System) yaitu sistim manajemen resiko keletihan. Saya pertama kali belajar ini ketika mengikuti training keselamatan kerja di tempat saya bekerja dulu. Kalau di jabarkan ini akan panjang sekali, apalagi FRMS yang saya pelajari dulu adalah sistem untuk skala perusahaan tambang, pasti akan berbeda dengan kita yang ibu rumah tangga atau wanita karir dengan bidang kerja yang berbeda. Bukan berarti pekerjaan ibu rumah tangga itu tanpa resiko loh ya, tapi setidaknya, manajemennya tidak serumit di Perusahaan.

Fatigue management yang mau saya jadikan resolusi saya adalah bagaimana saya mengelola rasa lelah saya sehingga tidak menimbulkan keletihan, performa kerja menurun, dan akhirnya sakit. Fatigue management ini adalah tentang bagaimana kita mengelola lelah kita dengan baik agar menjadi stamina yang kuat. Ribet amat pakai manajemen segala. Dulunya iya, saya pikir malah kenapa untuk manajemen lelah saja harus di paket dalam 3 hari training di kantor, hahaha..

Tapi ternyata perusahaan tambang yang identik dengan standard keselamatan tinggi menjadi minim insiden dengan menerapkan ini dengan baik. Itu artinya fatigue management berhasil meningkatkan performa karyawan dan target produksi akhirnya tercapai. Luar biasa ternyata pentingnya manajemen lelah ini. Contoh, kalau di perusahaan tambang setelah para pekerja lapangan bekerja penuh selama dua-tiga jam wajib melakukan istirahat dan coffee break, kita saya akan melakukan yang sama, bukan dengan kopi tapi dengan nonton tv atau main medsos. Di tambang jika mengantuk harus langsung lapor kepada pengawas agar tidak terjadi insiden karena ngantuk. Maka jika di rumah kita ngantuk, sampaikan juga pada suami kita agar mau bertukar tempat sebentar untuk menjaga anak dan kita beristirahat. Simple, tapi kalau rutin efeknya akan besar ke kesehatan kita. Karena itulah hal ini saya jadikan resolusi 2018. No more drop, harus selalu sehat dari awal hingga akhir kegiatan.

Nah ini dia Fatigue Management saya untuk mengelola letih agar resolusi 2018 terlaksana:

  1. Setting jam istirahat tidur, jam coffee break dan jam bekerja. Ini adalah pola fatigue management paling ideal. Kenapa? Karena ini bisa di rutinkan apabika semua kegiatan berjalan rutin.
  2. Menyadari alarm tubuh saat lelah. Kadang hal seperti ini kita sepelekan, sok kuat dan selalu merasa sehat padahal nyatanya belum tentu ya kan. 
  3. Menjaga pola makan, pola tidur, dan pola olahraga. Poin inilah yang banyak berperan dalam fatigue management. Segala hal yang di konsumsi teratur dengan pola yang sehat tentu hasilnya juga berdamoak baik bagi kesehatan.
  4. Siap Theragran-M sebagai vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh jika drop/sakit. Hidup memang tidak selalu jalan sesuai maunya kita aja. Jangan nunggu parah kalau konsumsi vitamin. Saat sudah mengalami tanda-tanda fatigue yang seperti yang saya tulis di atas, Artinya sudah waktunya
  5. Mematuhi aturan yang sudah saya buat. Nah ini yang sulit apalagi kondisi duo batita sekarang makin aktif tapi namanya juga resolusi ya, kalau uda sreg ya insyaallah akan mudah dicampai. Harus bisa, semangat!!

Kenapa saya menulis Theragran-M?
Dokter menyarankan saya mengkonsumsi multivitamin untuk mempersingkat bedrest saya dengan mengkonsumsi Theragran-M yaitu Vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan supaya Kalau sakit jangan kelamaan. Saya jelas sudah tau produk ini, namun saya melupakannya. Saya seharusnya mengkonsumsinya ketika sudah menyadari saya drop dan sakit. Seharusnya dengan Theragran-M, bedrest pun gak usah lama-lama, iya kan?

Inilah yang ingin saya perbaiki di tahun 2018 mendatang. Oke, pekerja keras bolehlah menjadi kebiasaan baik, tapi menjaga kesehatan itu wajib untuk semua orang yang mengaku pekerja keras dan suka bekerja hingga titik peluh terakhir, ah istilahnya kok jadi agak lebay begini ya. Sebaiknya sih, kerja keras oke stamina pun oke. Karena performa akan maksimal kalau kesehatan juga terjaga, bukan? Saya akhirnya sadar, ngeyel soal kesehatan yang merasa selalu sehat itu gak bener. Seharusnya saya tidak mengabaikan alarm tubuh saya ketika sudah merasa lelah.

Apa saya tidak punya resolusi lain selain soal kesehatan? Tentu saya punya resolusi, baik itu di bidang pendidikan, mengurus anak, resolusi untuk ibadah saya, dan resolusi lainnya yang bila di tulis bisa jadi tiga episode, hehehe (okey ini lebay). Tapiiii apalah artinya sekian banyak resolusi jika tubuh tidak sehat, bagaimana menyelesaikan semua misi selanjang 2018 ini jika tidak terlalu sehat. Karena itu saya tempatkan fatigue manajemen sebagai Resolusi utama saya.

Sakit..
Biasanya sakit itu teguran dari Allah supaya kita lebih peduli sama badan, pastinya. Kadang juga sakit diberikan Allah untuk menguji kesabaran atau keikhlasan. Bisa juga sakit itu karena kurang sedekah. Hayooo.. Intinya sih, kadang sebaik apapun kita menjaga kesehatan, sakit tidak bisa dihindari. Apalagi kalau yang tidak dijaga dengan baik. Makin besar peluang sakit. Apalagi untuk orang yang ngeyel seperti saya yang seringkali merasa selalu sehat padahal nyatanya tidak. Saya tidak sekuat yang saya kira, i'm not super mom.

Jika toh pada akhirnya sakit, ya sudah diobati dan banyak istigfar, istirahat cukup, saat itu saya sambil introspeksi diri mana pola hidup yang salah termasuk mengabaikan jam istirahat. Sakit juga sebagai penggugur dosa-dosa kan jadi harus di syukuri juga. Yang penting, setelah sakit harus bangkit semangatnya dan segera pulih kembali. Bedrest cukup, gizi diperbaiki dan tentunya dengan mengkonsumi Theragran-M seperti yang saya bilang.


Mengenal tentang Theragran-M, yang menjadi multivitamin lengkap yang diformulasikan khusus untuk perawatan, pencegahan ataupun kontrol setelah sakit sangat berpengaruh jika di konsumsi dengan benar. Jadi saya mengkonsumsi theragran-M ini setelah sakit, cukup 1 tablet sehari sampai saya merasa bugar seperti sebelum sakit. Tidak perlu untuk jangka panjang karena kerjanya cukup cepat. Biasanya cukup 1 strip isi 4 saja sudah terasa sehatnya.

Theragran-M ini bentuknya adalah tablet dimana di dalamnya mengandung Calcium Pantothenate, magnesium carbonate, vitamin B dan vitamin D, dan di produksi oleh perusahaan obat ternama 'Taisho'.


Selain menjadi vitamin untuk pemulihan sakit seperti saya. Theragran-M juga berguna untuk membantutu Sebagai pengontrol, pencegahan serta perbaikan untuk berbagai penyakit. Di antaranya adalah :
  1. Kelainan syaraf
  2. Masalah Jantung
  3. Gangguan neurologis
  4. Rambut abu-abu
  5. Kejang
  6. Anemia dan berbagai penyakit lainnya.
Jadi wajar kalo banyak sekali dokter memberikan resep Theragran-M ini untuk pasien mereka yang sedang dalam tahap pemulihan. Kok bisa ya vitamin yang satu ini di gunakan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh pada berbagai jenis penyakit pasien? Jawabannya adalah karena cara kerjanya yang langsung ke pusat sasaran sesuai kebutuhan tubuh. Nah fungsi yang kerap di lakukan theragran-M bisa di lihat sbb:
  1. Menetralkan asam lambung dan meningkatkan pH lambung
  2. Melindungi sel tubuh dari kerusakan yang bersifat peroxidative
  3. Meningkatkan penyerapan tubuh akan kalsium dan fosfor
  4. Memproduksi antibodi dan hemoglobin dalam kisaran normal. 
Fungsinya masih banyak yang lain lagi sebenarnya, tapi sepertinya fungsi yang saya tulis itu cukup ya biar gak kepanjangan, hehehe. Kalau saya pribadi, mungkin tidak terlalu hafal terlalu banyak fungsi -fungsi Theragran-M yang secara ilmiah. Yang jelas saya suka Theragran-M itu Halal. Di luar sana masih ribuan produk obat dan vitamin belum memiliki sertifikat halal. Jadi produk ini merupakan pembawa berita gembira agar kita lebih tenang mengkonsumsi produk halal. 




Harapan Saya, Saya selalu sehat. Jikapun akhirnya sakit, tidak lama-lama. Jika saya sakit harus bisa saya rubah menjadi stamina baru yang lebih energik. Supaya nanti saya akan lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain yang lebih seru ketimbang bedrest lama-lama. Kalau saya selalu sehat, akan banyak moment spesial yang bisa saya lewati dengan bahagia dengan hasil yang maksimal, baik untuk tugas-tugas saya maupun untuk bersama keluarga.

Nah, doain ya supaya resolusi saya untuk kesehatan saya bisa tercapai di 2018. Kalau kalian sendiri sudah punya resolusi apa untuk kesehatan kalian?


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M

69 comments :

  1. Amin mba. semoga jauh dari segala penyakit.
    Saya sekarang suka konsumsi theragran-m, manfaatnya terasa banget.

    ReplyDelete
  2. jangankan utk para ibu yg banyak kegiatannya, yang kegiatannya tdk banyak juga perlu vitamin ya... supaya sehat terus

    ReplyDelete
  3. Semoga kesampaian ya, Teh. Resolusi di tahun 2018.. aamiin..

    ReplyDelete
  4. Semoga di tahun depan selalu di berikan kesehatan
    karena masih banyak resolusi yg blum selesai
    salam kenal mbak
    pertama kali spertinya saya mampir disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. Hai.. Salam kenal juga.. Makasih ya udah jejak disini

      Delete
  5. Saya juga butuh Theragran nih sepertinya. Sebelum benar-benar tumbang. Huhuhu

    ReplyDelete
  6. Management Fatigue, ini saya banget butuh dan wajib bisa management fatigue karena kerjaan sekarang lebih banyak "show" ke pasar-pasar untuk tera ulang. Kalau sampai rumah, bawaannya mau molor terus.

    Sukses utk resolusinya ya mbak, semoga hidup jadi lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah molor terus itu bener-bener pertanda tubuh benar-benar lelah ya mba

      Delete
  7. Amiin semangat mba Ruli...
    Terasa banget yaa klo urusan yg melelahkan itu klo gak dihadapi bikin ilang semangat.
    Sukses buat implementasi resolusinya tahun depan

    ReplyDelete
  8. Ini vitaminku juga nih..kalo abis sakit aku minumnya Theragran-M

    ReplyDelete
  9. Keren ya mba ruli bs pny banyaj kegiatan padahal anaknya udah 3. Oh, tyt rahasianya theragran-M yah? Mesti coba juga nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, bisa di lakuin semua kalo badan sehat ya kan

      Delete
  10. Itu mah kayaknya pasti ya kalau ke tempat/sesuatu yg baru itu semangat 45 makanya pas mbak ruli di KL semangat banget, akupun biasanya begitu dan ujung-ujungnya baru ngedrop. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh dia yg mau di rubah, semoga tiap pulang dari traveling gak pake sakit lagi

      Delete
  11. Aamiin... Semoga tahun depan mbak diberi kesehatan yang maksimal buat smua rencana dan impian.

    ReplyDelete
  12. Aamiin sehat2 terus y mam,, sehat adalah segalanya. Semua keinginan dapat terwujud

    ReplyDelete
  13. Wah saya juga harus belajar management stamina nih buat tahun depan

    ReplyDelete
  14. Dapat ilmu ni mba.. ternyata ada management stamina juga ya. Semoga resolusinya tercapai.. sehat selalu mba

    ReplyDelete
  15. Sangat simple kelihatannya tapi perlu kekuatan hati untuk konsisten. Tidak mudah memenej diri agar tetap sehat terutama bagi ibu2 tapi bukan berarti tidak mungkin. Moga mbak Ruli tetap sehat dan tambah kreatif. Saya belajar banyak hal dari mbak Ruli lhoo. Hehe.

    ReplyDelete
  16. Sangat simple kelihatannya tapi perlu kekuatan hati untuk konsisten. Tidak mudah memenej diri agar tetap sehat terutama bagi ibu2 tapi bukan berarti tidak mungkin. Moga mbak Ruli tetap sehat dan tambah kreatif. Saya belajar banyak hal dari mbak Ruli lhoo. Hehe.

    ReplyDelete
  17. semangat mba ruli.. aku kenal sama theragran-m itu setahun yang lalu mbak, sekarang jadi andelan hehe

    ReplyDelete
  18. Aku juga konsumsi Theragran, mba. Apalagi di kondisi cuaca seperti ini memang buat kita harus jaga kesehatan ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga galak kalo soal kesehatan sih. Mencegah lebih baik daripada mengobati

      Delete
  19. Saya baru mulai konsumsi Theragran-M nih mbak. Emang baru tahu beberapa hari belakangan ini sih kalau ada vitamin yang bagus untuk masa pemulihan.

    ReplyDelete
  20. Mba ruli ini sepertinya tipe orang yang semangat 45, sama kaya aya saking semangat nya pas pulang langsung nge drop 😭

    ReplyDelete
  21. Mbak Ruli semangatnya luar biasa yaa. Pantesan banyak banget kegiatan sosial dll yg dihandle. Semoga resolusinya tercapai ya, Mbak.. :)

    ReplyDelete
  22. Mantap banget yaaa fungsi theragran ini, cocok bgt nih mba buat eny hhe soalnya sering bgt sakit kalo dikala deadline datang muehehehe

    www.enychan.com

    ReplyDelete
  23. Wah mantap bgt nih theragran inii.. cocok banget buat eny klo pengen pantang ngedrop disela2 aktifitas padat hho

    www.enychan.com

    ReplyDelete
  24. Dan ada label halalnya ya mba.. Bener2 ga was2 mau minum.oya,super lengkap juga isinya, multivitamin dan mineral, cocok lah buat nemenin fatigue management. Semoga resolusi kita semua tercapai ya mba. Aamiin

    ReplyDelete
  25. Aku juga minum multivitamin ini, gak takut meskipun sedang hamil krn memang aman

    ReplyDelete
  26. "menjaga pola makan, pola tidur, dan pola olahraga." Nah, punyaku nambah nih mba, pola waktu. Habisnya suka keteteran karena nggak pinter ngatur manajemen waktu :(

    ReplyDelete
  27. Wah keren mba sampai acara ke kuala lumpur mau juga dong suatu saat nanti, hihihi.

    Emang ya kesehatan itu penting banget, karena sesibuk sibuknya kita ya tetap harus memperhatikan kesehatan.

    Keren theragran ini ya bisa mengembalikan kondisi tubuh biar tetap stabil.

    ReplyDelete
  28. Produktif banget kaaak, aku salut dengan semangatnya :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  29. "Kalau sakit jangan kelamaan". Betul banget. Jadi ingat mau ke apotik, cari multivitamin. :D

    ReplyDelete
  30. Kadang kalau lagi jalan-jalan kita memang pengennya semua tempat didatangin yaa. Baru kerasa deh capeknya setelah sampai di rumah. Makanya memang perlu vitamin buat jaga daya tahan tubuh. Apalagi kalau umur sudah 30an

    ReplyDelete
  31. Beneeeerrr... kalo ngantuk bilang aja sama suami.
    Biar bisa istirahat.

    ReplyDelete
  32. Sama dong baru tahu ada "Fatigue management".

    Kalau untuk buat Resolusi pakai SMART ya?

    ReplyDelete
  33. Emak sakit lama emang bikin runyam

    ReplyDelete
  34. Aamiin mba semoga resolusi 2018 nya tercapai mba.. saya juga punya resolusi yang hampir sama mba.. semoga tahun depan tambah sehat dan timbangan badan sudah di angka 8 lagi hehehee

    ReplyDelete
  35. Benr banget mba, agar resolusi tahun 2018 bisa terlaksana dibutuhkan stamina yang oke banget, makash sharing Fatigue Management-nya bagus banget

    ReplyDelete
  36. Memang tubuh itu punya hak istirahat ya mbak. Jadi pas akit insyaAllah itu alarm tubuh buat minta haknya. Semoga selalu sehat2 terus dan bisa lancar aktivitasnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  37. Kehalalannya sudah standard Mbak?

    ReplyDelete
  38. keren... kalo aku resolusi 2018 pengen jadi ibu yang baik aja deh hihi.. lagi hamil 4 bulan calon anak pertama soalnya jadi deg degan menyambut moment jadi ibu, semoga resolusi nya kesampaian ya mba! salam kenal :)

    ReplyDelete
  39. Baru tau ada fatigue management. hehe

    ReplyDelete
  40. "kalo sakit jangan kelamaan"

    setujuuu mba, kl bs jagan sakit kl idah sakit pinginnya cpt sembuh.

    sakit, bikin pending smua kegiatan dna rencana hehe.
    tp sisi lain saat sakit kita jd mawas diri.

    ReplyDelete
  41. Semoga kita selalu jauhh dari segala macam penyakit di dunia ini.
    Mau konsumsj thegramm juga ahhh

    ReplyDelete
  42. Resolusi yang keren banget..
    Jadi mikir juga dan sadar selama ini aku jarang beresolusi tentang kesehatann

    ReplyDelete
  43. Theragran-M ya..beklah saya masukan ke dalam list pendukung resolusi kesehatan tahun 2018 nanti.

    ReplyDelete
  44. Penting banget untuk sellau menjaga kesehatan diri ya mba, dan kalau diperlukan minum multivitamin untuk meningkatkan daya tahan maupun mempercepat masa penyembuhan

    ReplyDelete
  45. Fix saya jg butuh theragran m sepertinnya. .

    Biar ga lama lama sakitnya dan bisa memuwujdkan impian saya

    ReplyDelete
  46. Kesehatan adalah hal yang berharga dan perlu dijaga, kalau sudah sakit semua aktivitas tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Memang perlu konsumsi multivitamin untuk segera mengembalikan kondisi tubuh agar pulih.

    ReplyDelete
  47. Mematuhi aturan yg udah dibuat itu wajib kalau mau resolusi tercapai. Godaan buat melanggar gak kalah banyak sih, qkqkqk

    Semoga resolusinya tercapai dan tetep jaga kesehatan

    ReplyDelete
  48. Wah iya ya gak kerasa sebenarnya sudah mau akhir tahun. Hmm resolusi gw apa ya mesti di pikirkan nih

    ReplyDelete
  49. Resolusi utama ya kesehatan...kab kalo gak sehat gimana 2 mau ngapa2 in..

    Semoga tahun depan ...kita semua sehat..tetap bisa berbagi lewat tulisan...

    ReplyDelete
  50. Aku juga kalau pergi ke mana2 minum suplemen biar walaupun lelah tapi badan sehat terjaga. Ehehe

    ReplyDelete
  51. Setelah membaca artikel ini, saya jadi tau istilah Fatigue manajemen. Ternyata lelah pun bisa dimanajemen ya. Tujuan yang pasti, adalah untuk tetap memiliki badan yang sehat.

    ReplyDelete
  52. Semoga sehat selalu mbak. Penting nih multivitamin buat yang sibuk aktivitas

    ReplyDelete
  53. Untung ad Theragran M ya mbaa.. jadi bisa mengubah lelah menadi staminaa.. stamina balik lagi aktifitas bisa kembali berjalan..

    ReplyDelete
  54. Untung ada Theragran-M ya Mbak. Saya kalau sakit kelamaan juga gitu, langsung diprotes sama di bungsu karena paling dekat dengan saya plus suka main bareng, keluar rumah barengan. Kalau mau cepat memang harus di-boost pakai vitamin kayak gini, biar ga lama-lama. Semoga tahun depan tambah sehat dan berprestasi, dalam pengertian yang seluas-luasnya.

    ReplyDelete
  55. Sehat selalu dan semoga resolusinya tercapai ya mbak, amiin

    ReplyDelete
  56. Selamat mewujudkan resolusi 2018 mbak. Tetap semangat menghadapi padatnya kesibukan. Go go go...

    ReplyDelete
  57. resolusinya cerdas mbak.. percuma punya macam2 resolusi tapi klo ujug2nya gak sehat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio