5 tips traveling di Jakarta disela perjalanan dinas

March 02, 2017
Assalamu'alaikum
Traveling di sela perjalanan dinas? Kenapa engga. Bukankah salah satu tujuan perjalanan dinas juga agar tidak stres dalam bekerja, jadi manfaatkanlah dengan baik. Tapi kalau dinasnya ke Jakarta mau maen kemana?


Ya, meskipun tujuan dinas ke daerah lain juga banyak, seperti bali, lombok ataupun daerah-daerah lain sebagai tempat pertemuan nasional atau sebagai pusat produksinya suatu produk. Tapi.. Jakarta tetaplah menjadi pusat segala macam kantor, instansi, dan perdagangan. Tidak heran, rata-rata perjalanan dinas pegawai atau pengusaha di daerah adalah ke Jakarta juga.

Nah, kalau kita tinggal di daerah lalu mau dinas ke Jakarta mau traveling seputaran dalam kota Pasti biasanya googling dulu kan tempat wisata atau tujuan jalan-jalannya. Jangan asal googling juga, simak dulu deh tips traveling di Jakarta ini.

1. Cek waktu yang tersedia

Waktu yang tersedia di sela-sela urusan dinas akan menentukan kita akan jalan kemana. Namanya perjalan dinas, biasanya waktu pagi atau jam kerja pastilah buat urusan kerjaan dulu. Pilihan yang tersedia biasanya hanya ada sore atau malam.

Jika siang sudah free kita masih bisa jalan-jalan ke tempat wisata yang agak jauh atau tempat wisata yang membutuhkan banyak waktu menikmatinya. tapi jika waktunya hanya tersedia sore ke malam, maka pilihan yang tersedia hanya wisata kuliner atau wisata belanja. Jadi pilih tempat jalan-jalan yang sesuai sama waktu luang kita.

2. Cek lokasi dinas dan lokasi menginap

Lokasi urusan kerjaan dan lokasi menginap akan menentukan kita mau jalan kemana. Jakarta yang super macet terutama di jam pulang kantor akan menghabiskan banyak energi kalau kita memilih lokasi yang jauh atau titik macet. Bisa lebih lama di jalan ketimbang wisatanya.

Dari lokasi dinas dan lokasi menginap cek juga ketersediaan armana ke lokasi tujuan. Mau pake commuter line atau pakai grab atau ojek atau taxi. Pilih lokasi jalan-jalan yang mudah kita akses dari penginapan. Mudah berangkat dan mudah pulangnya.

3. Survey lokasi traveling yang akan di kunjungi

Surveylah melalui banyak cara. Yaitu pertama lewat googling, lalu lewat bertanya dengan petugas hotel juga temen di kantor Jakarta. Bisa juga bertanya dengan teman yang sudah dinas duluan, bagaimana ketika ke lokasi wisata tsb. Yang perlu anda tanyakan,

  • Berapa budget kesana 
  • Naik apa dan berapa lama di jalan 
  • Apa yang dinikmati di tujuan nanti
  • Jam berapa buka tutup lokasi tujuan
  • Etc
Jangan sampai kebingungan di tengah jalan. Karena bisa mengundang pelaku kriminal mendekati kita yang belum terlalu faham ini.

4. Sesuaikan dengan selera traveling

Ya..traveling selalu seru tapi jika itu sesuai passion atau minat. Kalau cowok di suruh wisata belanja mungkin lebih suka wisata kuliner. Cewek di ajak wisata ke museum mungkin lebih suka wisata belanja. Selera tiap orang berbeda. 

Jangan asal jalan-jalan tapi hati ga hepi kan ya. Tips jalan-jalan di jakarta yang banyak disukai semua kalangan biasanya adalah wisata kuliner. Termasuk para pelaku perjalanan dinas yang waktunya tidak banyak pun memilih wisata kuliner. Karena Rata-rata pecinta wisata alam, wisata belanja, wisata religi, semua pasti suka juga wisata kuliner.

Dan Jakarta memang salah satu surga kuliner. Segala makanan ada disana. Dari tradisional, asian, western, ada semua.

5. Sesuaikan Kondisi Tubuh

Lihat-lihat dan sadari kondisi tubuh setelah urusan kantor selesai. Kira-kira butuh pijet atau butuh jalan-jalan. Kondisi tubuh juga nantinya yang menentukan kita akan wisata apa. 

Contoh kalau kita lagi tinggi kolesterol, terus milih wisata kuliner yang pakai santan banyak atau jerohan. Mau jalan-jalan ke RS itu namanya. Atau.. uda tau jantung gak kuat, masa iya memilih jalan-jalan ke Dufan dan main wahana yang menguji adrenalin. Kan gak lucu jadinya. 

Atau, misal kerjaan sudah banyak di outdoor lalu memilih wisata belanja. Kira-kira malamnya bakal serasa mau copot kakinya ya dan dompet pun akan menipis banget ^^ (ya menipis kalo isi dompetnya kartu gesek semua.. eaa)


Jadi pilih aja wisata yang enak di hati dan enak juga di badan. Emang mau begitu pulang ke rumah langsung sakit. Ga enak banget kan.

Perjalan dinas itu biasanya kantor yang belikan tiketnya ya. Dan umumnya memang selalu pakai Maskapai Garuda Indonesia kalau untuk dinas. Tapi ada juga kadang perjalanan dinas yang tiketnya  beli sendiri lalu di reimburst oleh kantor.

Nah, Coba deh huntingnya di www.tiket2.com soalnya sebagai seorang blogger yang suka traveling di tiket2.com itu pas banget. Begitu buka webnya. Udah langsung disambut dengan pilihan tab penerbangan, Maskapai, promo dan tiket gratis. Nah siapa yang gak mau tiket promo sama tiket gratis coba.. 

Untuk tiket promo, tinggal pilih mana yang harga dan jam terbangnya paling pas sama itenerary, sedangkan untuk tiket gratis itu adalah event ya lagi di adain tiket2 tiap bulan berupa bagi-bagi tiket sesuai keinginan kita. saya juga ikutan loh. Ikutan kontesnya dulu ya, keterangan lengkap ada disini.
Siapa tau bisa jalan-jalan sendiri tanpa harus embel-embel perjalan dinas ya kan. 

Itu tadi 5 tips yang di gunakan untuk pertimbangan kalo mau jalan-jalan di Jakarta selama perjalanan dinas.
Silakan dicoba tipsnya ya, semoga bermanfaat

19 comments:

  1. Mantapp Mbak, aku barusan ubek2 tiket2.com juga. Mmg bnyk penawaran tiket harga promo, bikin mupeng utk traveling deh

    ReplyDelete
  2. jadi pingin ke jakarta nih mbak...nanti kali ya kalau ke jakarta bisa intip2 tiket promo

    ReplyDelete
  3. aku belum pernah ke jakarta.. hehhe.
    setelah baca ini jadi pengen ke jakarta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @naufal jkt itu seru banget sesekali boleh di coba

      Delete
  4. Saya sering pake tiket2.com lho.
    Favorit banget kata paksu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lidha para penggemar traveling memang tau cara memanjakan diri ya

      Delete
  5. satu lagi mba ruli... hubungi saya siapa tahu kita bs kopdaran barang sejenak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ophi whuaaa tawaran ini yang di tunggu2

      Delete
  6. Bener susun itinerary sebaik2nya, secara Jakarta ya bok, muacet dimana2 bisa2 waktu abis dijalan ga jd piknik dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @amanda iya ptg bgt itenerary kalo di jkt mah

      Delete
  7. Ntar piknik ke Kota Tua aja. Murah, spot keren, dan menambah wawasan juga :D

    ReplyDelete
  8. Di Jakarta mau destinasi wisata kayak apa insyaallah ada kecuali gunung. Jadi untuk short getaway dan liburan singkat emang recommended sih.

    ReplyDelete
  9. Jakarta itu traffic yg takut salah estimasi jadi lebih suka ngemall saja yg deket2 :))

    ReplyDelete
  10. Sesuaikan Kondisi Tubuh, ini ni yang seringnya bikin saia memilih gegoleran di kamar tempat menginap aja :D

    ReplyDelete
  11. Seumur hidup saya baru sekali ke jakarta, itupun karena ada undangan dinas/resmi. Berhubung takut kesasar dan terkena sesuatu di jalan jadinya gak berani traveling meski hati pengen

    ReplyDelete
  12. Asiknya dinas ada waktu luang ...
    semangattt .

    ReplyDelete
  13. Kemarin sempat main ke Jakarta tapi bukan dinas, dibawa ke sate Taichan dan Gultik sama saudara :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

Powered by Blogger.