Friday, 5 August 2016

Langkah - langkah pengajuan perubahan daya listrik skala Rumah Tangga di Kantor resmi PLN

Assalamu'alaikum...
  Kalau di rumah uda sering jeglek listriknya, pertanda anda sudah kelebihan beban listrik. Tapi banyak orang mengira prosesnya rumit seperti ketika pasang listrik pertama kali. Padahal aslinya gini nih..

Saya gak ngerti kalo saya mengajukan penambahan daya via call center PLN 123 dari 900 VA ke 1300 VA selalu di tolak. Kalo ke 2300 VA boleh. Dan saya tau penambahan daya ke 1300 VA itu saat ini memang sedang di gratiskan sedangkan ke 2300 VA itu bayar sekitar 1.3 juta. Alasan CS nya selalu hanya bilang tidak bisa.

Lalu suatu hari petugas PLN keliling datang ke rumah untuk memperbaiki MCB (bener ga sih tulisannya MCB ? Yg alat ukur di depan rumah itu hehehe) kebetulan MCB saya yang sudah sangat sering jeglek terus kemaren gak bisa mbalik. Uda parah banget kelebihan bebannya. Mereka menyarankan saya untuk datang langsung ke kantor PLN.

Demi dapat penambahan daya Gratisan yang sesuai kebutuhan (2300 VA terlalu besar menurut saya) saya sempetin datang ke PLN. Sebenernya yang utama bukan gratis tidaknya tapi memang saya butuh banget untuk perangkat rumah tangga saya. Bayar pun saya gapapa, tapi berhubung sedang ada gratisan ya mari kita manfaatkan *emak irit* hahaha teteuppp kalo ada yang gratisan pasti doyan lah ya.

Awalnya saya datang ke loket pembayaran listrik. Lalu mereka suruh saya ke kantor cabang ranting. Entah perbedaannya apa. Cuma saya langsung aja mengikuti instruksi.

Ternyata prosedurnya sangattttt mudah. Singkatnya prosedurnya begini

  1.  Datang ke kantor PLN Ranting di kota masing-masing. Kalau di kota saya Banjarbaru kantor ranting persis berhadapan dengan penginapan Qorina ya. Bukan yang ada mesjid PLN tapi di sebelahnya. 
  2. Mengisi form penambahan daya, tidak harus si pemilik rumah. Karena listrik rumah saya juga terdaftar atas nama suami. Jadi kalau ngontrak sepertinya bisa aja. 
    Form perubahan daya listrik
  3. Melengkapi dengan fotocopy KTP, materai, dan struk pembelian token listrik. Saya kemaren langsung beli di alfamart deket PLN tsb.
  4. Serahkan kelengkapan ke petugas yang sama. Ttd di atas materai. Lalu di beri surat resmi berkas persetujuan perubahan daya dari PLN
  5. Bawa surat pengesahan ke petugas loket pembayaran (di lokasi yang sama) untuk membayar sejumlah 55.000 rupiah saja. Inget ya.. cuma 55.000 saja dan proses selesai. Kita tetap memegang surat berkas tadi dan struk bahwa sudah membayar admin sejumlah 55.000. Sekarang Tinggal menunggu petugas datang mengganti daya.
    Berkas persetujuan perubahan daya dari PLN
     beserta struk pembayaran admin

Semudah itu dan saya pulang dengan happy. Kira-kira waktu yang saya butuhkan untuk semuanya hanya 1 jam. Itu juga karena muter-muter fotocopy dan beli token listrik yang ada struknya. Biasanya saya beli sama temen aja gak minta struk, cuma di sms nomer stroom doank. Hihihi..

Nah kalau anda bisa melengkapi syarat tsb di awal mungkin waktu yang di perlukan lebih singkat lagi. 

Oia.. untuk penjelasan Rp. 55.000 itu untuk PLN sebesar Rp. 50.000 dan Rp. 5.000 adalah admin bank dalam struk tertera atas nama BRI syariah. Alhamdulillah ya pake bank syariah. Nilai plus menurut saya. Hehe...

Nah untuk yang Rp. 50.000 di PLN tsb detilnya adalah Rp. 45.454 untuk stroom awal. Sedangkan Rp. 4.546 adalah biaya PPJ sebesar 10%. Murah dan clear kan biayanya. 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang memerlukan. Oh iya, kemungkinan sih perubahan daya untuk rumah tangga dan bisnis beda ya biayanya. Mungkin tidak sama dengan yang saya tulis tsb.

Gak sabar menunggu petugas datang nih.. biar gak jeglek-jeglek lagi listriknya. 

   

10 comments:

Ratna Pras said...

Kalau nambah daya, bolehnya 2300 VA? Huhu buat apa ya mbak, menurutku kebanyakan kalau buat rumah tangga skala menengah

Ruli Retno Mawarni said...

Iya mba selain kebanyakan juga nanti bayarannya lbh mahal

Inda Chakim said...

kasih tahu bapak ah, beliau mau nambah daya kayanya, tengkiu infonya ya mbk

Hidayah Sulistyowati said...

Itu khusus rumah tangga ya. Kemarin suami ngurus utk perusahaan bayar, dan mahaaaal sampai 4 juta lebih kayaknya

citra said...

klo mau mengembalikan ke daya yang sebelumnya bisa gak ya???

Apri Ann said...

baru tau ternyata mudah banget mbak buat nambah daya...

Meriska Putri W said...

Sekarang PLN udah enakan ya ngurus2 nambah daya.. dulu mamaku pernah ngajuin form nambah daya, gak pernah digubris.. ckckck

Rach Alida Bahaweres said...

Mba Ruli, di rumah mertuaku ada rencana nambah daya. Nanti saya coba sampaikan deh . Makasih infonya ya mba

turiscantik.com said...

Saya jg prnh nmabah daya listrik di rmh. Petugas pln skrng tidak boleh diberi tip alias uang tambahan. Tapi petugas yg ke rumah saya tuh parah bngt. Malah nawarin saya alat lain dan segaja seolah olah rumah kita susah carinya biar dia diksh uang tambahn. Udh gitu segaja pake jaket biar seragam yg ada tulisan no tipping ngak terlihat. Ih sebel!

Christanty Putriarty said...

emang mbak nambah daya difasilitai lebih baik dan mudah. Saya juga udah naikkin daya 1300 sejak pertama kali menempati perumahan th 2007. hehehe