Thursday, 19 November 2015

Semua Bisa Jadi Pengusaha, hidayah yang saya jemput

Assalamu'alaikum..
Hari ini mau cerita tentang buku kesayangan saya. Bahkan bisa dibilang buku titik balik kehidupan saya. Awal mula hijrah saja ceile.. walaupun hijrahnya masih on progress.. saya percaya hidayah memang harus di jemput. Saya jemput salah satunya dari buku ini.
     Awal baca buku ini, tentu saja motivasi saya jadi pengusaha. Setelah resign dari pekerjaan tentu ada niat jadi pengusaha. Saya mulanya berpikir buku ini tutorial pengusaha ala islami, ala Rasul dan sejenisnya. Apalagi kita semua tau Ust. Jam'an Nurchotib Mansur alias Yusuf mansur adalah ustadz yang juga sukses jadi pengusaha. Pasti pengen donk kaya beliau.

Buku inspirasi saya berani bercita-cita
    Saya membelinya hanya dengan 60ribuan. Dan jadi titik balik perubahan mindset saya. Buku ini membuat Saya menangis karena merasa saya begitu angkuh dan metarialistis sebagai manusia. Bahwa semua hanya di usahakan secara ilmu dan materi. Saya mengabaikan kekuatan 'Tuhan' saya. Ya.. belajar jadi pengusaha tidak harus lulusan ekonomi dan bermodal uang banyak. Caranya terangkum lengkap di buku ini yaitu dalam 5 bab sbb: 

  1. Modal; ternyata bukan uang. Melainkan : Niat baik, Doa, kewajiban terhadap Allah, kelengkapan doa, amal soleh, berkah dan ridho orang tua dan dukungan keluarga. See.. tidak ada modal uang disitu.. 
  2. Prinsip pengusaha; yakin kepada Allah, meminta ampun, minta perlindungan dari neraka, sabar, benar, taat dan bersedekah di tutup dengan istigfar. See.. prinsip basic sebagai manusia yang seharusnya.
  3. Penghalang rejeki ; yaitu Dosa kepada Allah, dan kepada manusia. Juga berkurangnya iman. Ini penghalang yang sebenarnya dalam hidup ini. Bukan cuma untuk rejeki melainkan untuk segala urusan. 
  4. Leverage ; penarik rejeki, corporate recovery, doa ibu, menuntut ilmu, menjaga kesehatan, mendidik anak, dzikir, sedekah dan solat tepat waktu.
  5. Quantum changing adalah introspeksi diri

Buku ini tidak berisi bagaimana cara menghitung balik modal apalagi manajemen keuangan. Bahkan berisi doa-doa dan amalan penghapus dosa-dosa bahkan ada doa agar kita selamat dari azab. Jadi Bagaimana bisa saya tidak menangis sesudahnya ?? Sadar selama ini kita terlalu banyak bergantung pada manusia.
     Dalam buku ini, ada bonus 1 lembar kertas yang berisi daftar ibadah selama 40 hari. Di kop nya tertulis cita-cita yang mau di capai dalam 40 hari. Kenapa 40 hari, karena setelah 40 hari ibadah ontime biasanya body kita sudah di setel otomatis sehingga saat melupakannya kita otomatis tidak merasa nyaman. Dan langsung cuss ibadah lagi. Coba gih bikin daftar juga..
     Waktu itu tahun 2013 cita-cita saya dalam 40 hari adalah memenangkan sebuah mobil dalam undian di sebuah mall. Setelah 40 hari apa yang saya dapat, sebuah kulkas 2 pintu. Bukan mobil. Tapi Apa yang saya yakini. Meski saya tidak berhasil dapat hadiah mobil...tapi saya yakin Allah tidak tidur, buktinya saya di kasih kulkas. Mean: Tidak ada usaha yang hasilnya Nol. Hasil selalu ada. Kenapa? Ya karena tabel saya masih ada bolongnya. Bolong aja dikasih Kulkas, Kalo full bisa beneran dapat mobil kali ya. Hehehe..
    Sekarang saya masih pegang buku ini karena apa? Cita-cita masih banyak dan Buku ini fix untuk semua cita-cita. Saya mau haji, mau punya ini itu, mau kesini kesitu, saya tinggal ganti judulnya "semua bisa naik haji" gampang kan hehehe.. kok maksa sih? Lah iya.. karena untuk mencapai semua cita-cita step-step nya ya sama aja kaya di buku ini. Jadi tinggal ganti kata pengusaha dengan cita-cita semau kita. Yang jelas kan hemat.. ga usah beli banyak buku *eh 
     Lewat tulisan ini, mudah-mudahan ustadz baca. Saya cuma mau ngucapin makasih banyak. Hidup saya banyak berubah setelah Allah kasih inspirasi dari buku ini, saya berhijrah dan perlahan banyak cita-cita tercapai yang dulunya bahkan saya tidak berani mimpi atau mengucapkannya. Terimakasih ustadz.. 
   Terimakasih juga mba siti nurjanah yang mengadakan giveaway untuk menulis buku yang menginspirasi. 


34 comments:

damarojat said...

jadi pingin beli mbak.

Ruli Retno Mawarni said...

Yuk mba.. ada 1 lagi buku menggapai mimpi dari beliau yg judulnya "dream" keren jg..

Sie-thi Nurjanah said...

Subhanallah..keren banget. Inspiratif sekali saya jadi ingin memiliki bukunya ^_^
Terima kasih sudah berpartisipasi dalam GA Buku yang Inspiratif

Ruli Retno Mawarni said...

Sama2 mba.. sebenernya ini buku lama.. tp msh sy pake panduannya sampe sekarang.. jd sayang bgt saya..

Alida Bahaweres said...

Saya pengen juga ya jadi pengusaha tapi belum terwujud karena belum tahu jadi pengusaha apa :). Menarik bukunya ...

Yasinta Astuti said...

Saya pengen beli juga ahh.. Saya bikin usaha juga bisa d bilang ga pake modal uang mbak. Memanfaatkan yang ada aja nih..

Dian Farida said...

Wah jadi penasaran sm bukuny

Ruli Retno Mawarni said...

Nah bs di mula dulu mba step2nya nti hbs itu Allah pasti membimbing akan mengarah kemana.. insyaAllah hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Ayukkk beli mba sinta

Ruli Retno Mawarni said...

Yok tengok2 toko buku..hehe

Yasinta Astuti said...

iyaaah ah mau .. makasih yaa rekomendasinya :*

Ahliah Citra said...

Waah... bukunya benar-benar menginspirasi, Mak

Semoga beruntung yah

Lidha said...

--> Bolong aja dikasih Kulkas -- MasyaAllah. Hanyut mbak rasanya, bukan soal kulkasnya, tapi keindahan prosesnya itu. Makasih udah share kisahnya, jadi menginspirasi juga buat saya ini.

Hairi Yanti said...

Belum baca buku ini :( yg saya baca kebanyakan novel. Moga bisa menambah bacaan non fiksi yang berkualitas seperti buku ini. Terima kasih sharingnya, Mbak.

nani djabar said...

Sueerr...terinspirasi dr tulisan mbak...jd pengen beli bukunya...tfs mbak :)

Nunu Halimi said...

Mom Ruli mashaAllah yaa,...tpi emang bener uang bukan satu-satunya modal utama,sya sudah membuktikan...semoga sukses yaa jadi pengusaha yang barokah dunia akhirat..sukses juga untuk GA nya..

evrinasp said...

haduh penghalang rezeki bener banget itu dosa kita bisa jadi penghalang, thanks mbak atas pengingatnya ya

Ruli Retno Mawarni said...

Semua Buku2 tulisan ustadz YM ini 100% utk sedekah jadi keuntungan beliau sbg penulis semua utk sedekah. Jadi kalo mba sinta beli sekalian sedekah ;) yuk mariiii

Ruli Retno Mawarni said...

Aamiin.. insyaAllah.. kalopun ga jadi pengusaha.. yg ptg sukses nya itu ya mom.. hihihi.. makasih uda semangatin ikut GA lagi

Rohma azha said...

Subhanaallahh.. bukunya mmberi sebuah suntikan motivasi untk kita agar lbih bsa percaya dg ketentuan-Nya ya bunda.. terima kasih bnyak utk ilmunya ya bunda... hee

Mimi Affandi said...

Thanks for share. Nambah lagi satu referensi bagus :D

Aireni L.B. said...

gak dapet mobil tapi dapet kulkas itu udah mayan banget mbak :D
btw, saya baru tau lho nama aslinya ust yusuf masur

Beautyasti1 said...

modal nya niat baik, do'a dan uang juga makk.. hehehe.. Good luck makk, semoga menang

Inda Chakim said...

jd stlh 40 hri, qt bs otomatis istiqomah gt ya mak ngejalanin tabel daftar ibadah itu, kalau ada yg kurang jd ganjel, boleh dicoba nih, tengkiu sharenya ya mak, bukunya cuakep

Titis Ayuningsih said...

Buku yang baguuus

Arinta Setia Sari said...

Bukunya Ustads Yusuf Mansur ya Mak...ah gak salah. Top dah.
Moga beruntung GA-nya ya Mak :)

Gustyanita Pratiwi said...

Cocok buat calon enterpreur y mb ruli

Irawati Hamid said...

buku yang bagus, kayaknya cocok dibaca oleh siapa saja yah mbak :)

Indah Juli said...

Wah, bukunya inspiratif, wajib dibaca nih :)
Thanks buat referensinya.

Dwi Jatmiko Wati said...

Pray, dream n action.. Itu yg sllu ku ingat dr beliau. Baru baca mukaddimah nya aja udah we ou we (wow) mbak. Mkasi uda dipinjemin hihihi
Doa terbaik utk dirimu mbak.

Ruli Retno Mawarni said...

Aku bacanya loncat2 ga teratur sesuai bab hihihi

Ruli Retno Mawarni said...

Aku bacanya loncat2 ga teratur sesuai bab hihihi

Ruli Retno Mawarni said...

Hehehe ini jg taunya baru2 aja saya mba

Ruli Retno Mawarni said...

Cocok buat org yg pny impian mba. Impian apa saja ga hrs enterpreneur jg sih hehe