Tuesday, 22 September 2015

Petualangan Banjarmasin ke Makassar dengan si Cakep Grand New Veloz

Assalamualaikum...

Ada yang pernah ke sulawesi? Ke provinsi mana? Saya pengen banget ke sulawesi.. bukan apa-apa.. karena selama ini tujuan jalan-jalan hanya provinsi di jawa dan bali. Kayanya awam banget ke sulawesi ga ada sodara disana.

     Saya di banjarmasin, kalau dengan kota makassarnya Sulawesi Selatan kan kalau di peta sebelahan ya paling jaraknya 1 cm ahayyy.. gak deng.. Deket banget karena banjarmasin itu tenggaranya kalimantan dan makassar ada di barat dayanya pulau sulawesi.

Tapi kalau untuk kesana pesawat kudu transit dulu di surabaya atau jakarta baru ke makassar. Baru-baru ini saja ada direct flight banjarmasin ke makassar itupun mahal dan pesawat kecil, bukan boeing. hehehe.. jiwa emak-emaknya keluar. Gede banget cost kesana.
    Kalau mau irit dulu orang-orang Lewat darat lalu naik kapal penyeberangan dulu harus lewat balikpapan yang masih 18 jam dari banjarmasin. Itupun berlabuhnya di pare-pare masih jauh juga dari makassar. Nah... sekarang ini sudah ada kapal motor yang bisa langsung dari Kalsel menuju ke Sulsel yang pelabuhannya langsung di tengah kota Makassar.
    Berbekal petualangan kami suami istri membawa 1 toddler dan 1 bayi lost in bali tanpa driver tanpa peta, hanya rental mobil dan google maps. Kami ingin mengulang kepuasan yang sama dengan petualangan ke makassar hanya dengan naik mobil. Kaya gini nih persiapannya.

Panjang perjalanan.
  1. Perjalanan dari banjarmasin menuju ke titik paling timur yaitu pelabuhan kapal penyeberangan ke sulawesi yaitu kota batulicin di tempuh dalam jarak kurang lebih 265 KM dengan waktu tempuh 6 jam apabila tidak ada halangan atau mampir.
  2. Kapal motor dari kota batulicin menuju ke pelabuhan makassar di tempuh dalam waktu 18-20 jam. Saya kurang tau jarak di lautnya.
  3. Pelabuhan makassar menuju ke pusat kota makassar sangat dekat. Seperti tujuan kami ke pantai losari dari pelabuhan makassar hanya berjarak kurang lebih 4 KM.
  4. Perjalanan tidak kami lakukan serentak melainkan mampir-mampir di titik-titik wisata yang kami lalui. Dengan estimasi 5-7 hari. Kenapa estimasi karena namanya petualangan ya akan kami nikmati sepuasnya mampir kemana saja dan berapa lama saja.
  5. Perjalanan kembali melalui rute yang sama.

Tujuan.
Jangan di kira kami rela melewati waktu tempuh sepanjang itu tanpa kepuasan. Melainkan selama perjalanan ada banyak tempat yang ingin kami singgahi dan tentunya melihat laut sulawesi yang sulit di lihat apabila kami naik pesawat.

  1. Di kota pelaihari kami akan mampir di bukit teletubies. Kenapa teletubies karena bukit-bukitnya rendah persis kaya lokasinya teletubies. Melihat view keseluruhan kota pelaihari yang di capai di jam ke 2 dari titik awal perjalanan. 
    Dok.pribadi Bang Junaidi
  2. Lanjut di jam ke 3-4 perjalanan kami akan mampir di pantai angsana yang katanya sangat indah, mampir 1 malam untuk bisa menikmati cottagenya, snorkling, dan wahana-wahana air untuk anak-anakku. 
    Dok pribadi bang Junaidi
  3. Di jam ke 5 dari titik awal kami akan singgah di pantai pagatan, memang pemandangannya tidak seindah pantai angsana, tapi yang paling menarik adalah pasar nelayannya yang menjual berbagai seafood segar. Siapa yang nolak.. hmmm so yummehhh.. 
    Dok pribadi Bang Junaidi
  4. Masuk ke pelabuhan, membeli tiket untuk mobil dan anak-anak. Kami yang dewasa tidak bayar karena sudah termasuk di tiket mobil include 2 orang dewasa. Mari ambil kamar VIP dan menikmati indahnya laut sulawesi secara live... uyeahhh.. berapa? Dengan membawa mobil MPV tarifnya 2.5 juta uda termasuk 2 tiket orang dewasa. Sedangkan anak-anak tarifnya 1/4 orang dewasa. Jauhhh lebih murah daripada naik pesawat 4 orang PP transit surabaya ;D
  5. Tiba di makassar langsung menuju pantai losari dan berburu kuliner khas makassar 
    Sumber www.initempatwisata.com
  6. Di hari yang sama lanjut ke Fort rotterdam, ya ini wisata edukasi. Karena merupakan benteng warisan kerajaan Gowa yang lokasinya tidak jauh dari pantai Losari di ujung barat makassar.
    Sumber www.initempatwisata.com
  7. Apa gak capek? Justru karena capek kami ke fort karena tidak jauh di dekat fort rotterdam langsung naik speed boat yang hanya 20 menit menuju pulau Samalona, yaitu sekitar 7 KM dari makassar. 
    Sumber www.initempatwisata.com 
  8.  Setelah menginap semalam di pulau Samalona kita menuju ke kebun teh malino yaitu kawasan "puncak" makassar berjarak 90 KM dari pusat kota. 
    Sumber www.initempatwisata.com
  9. Mari tutup perjalanan kita dengannnn.... yap.. trans studio makassar.  Horeeee ini kesukaan sekeluarga bermain di wahana indoor seluas 2.7 Ha. Pasti Puassss..yihaa 
    Sumber www.initempatwisata.com
  10. Masih banyak yang bisa di kunjungi.. tapi pasti cutinya pak suami terbatas.. jadi itu dulu yak lokasi tujuannya.

Akomodasi.

Berbekal lost in Bali dulu kami menyasar ke berbagai pelosok gunung pantai lembah seperti kartun ninja Hatori menggunakan Toyota avanza. Maka untuk kali ini pun kami butuh teman bertualang yang tidak kalah hebatnya.

Kali ini kami merencanakan untuk pergi bersama Grand New Veloz atau Grand New Avanza. Keluaran paling gress dari toyota. Dan yeahhh kami bingung sodara-sodara.. karena sama-sama Cakep spesifikasinya dan sama-sama garangnya. 

Nahhh..kan bingung sama cakepnya

Pak suami bilang, pakai grand New Avanza saja, lebih Gahar, macho, kalo di ajak buat foto-foto keren. Mobil dengan banyak fitur juga, Avanza kan di kenal sebagai MPV terbaik Indonesia. Grand New Avanza ini kata suami adalah mobil yang paling cocok di Indonesia karena tangguh di segala medan pasti petualangan tidak akan terganggu.

    Sedangkan Saya bilang Grand New Veloz saja, karena sama tangguhnya dan Veloz adalah mobil keluarga yang stylish. Apalagi Veloz sejak awal peluncurannya sudah di kenal sebagai Mobil dengan exterior dan interior stylish dan trendy lifestyle. Jadi yak tinggal anak-anak sebagai penentu suka yang mana. Hehehe..

   Akhirnya sewaktu ngeliat pameran Toyota terbaru pilihan saya yang di dukung anak-anak jatuh kepadaaa.... eng ing eng..
Dok.pribadi
   Ini dia Grand New Veloz yang berwarna putih.. padahal sih saya yang suka warna putih tapi anak-anak alhamdulillah mendukung pilihan saya. Hore... tapi,

   Pak suami tidak mau menyerah begitu saja donk. Karena untuk Travelling dengan rute yang begitu berliku, perjalanan panjang, medan berat, naik turun bukit, gunung, tanjakan, turunan, jalan yang rusak dan di tambah SPBU yang jaraknya saling berjauhan kita tidak cuma menilai dari luarnya dan interior saja. 

    Di tambah lagi anak-anak kami keduanya sekarang usia aktif. Yang dulu balita sekarang sudah anak-anak. Dan anak kedua ini dulunya bayi sekarang sudah balita. Maka suami tidak langsung approve pilihan kami. Mulailah pengecekan jerohannya Grand New Veloz.
  • Kabin, ternyata luas, sehingga untuk bawa bekal perjalanan kami seminggu plus buat tiduran 2 anak balita kami tidak akan berdesakan sama barang. YES..
    www.toyota.astra.co.id
  • Performa mesin terbarunya DUAL VVT-i ternyata berlaku untuk semua type. Jadi mau pilih type apa saja tetep irit maksimal. Ga masalah donk ya meski jarak antar SPBU berjauhan, aman aja. YES lagi..
    www.toyota.astra.co.id
  • 3 point seatbelt memberikan perlindungan penuh bagi semua penumpang di kursi tengah. Ya Allah.. ini mah buat anak-anak kami YES banget.. hihihi
    www.toyota.astra.co.id
  • Syarat mobil paling kekinian adalah ABS yaitu Anti Lock Braking system. Jadi untuk tikungan-tikungan tajam atau jalan yang kurang aman mobil lebih terkontrol. YES 
    www.toyota.astra.co.id
  • More confortable seat bikin perjalanan jauh lebih enak. Jadi kalaupun sewaktu-waktu sangat lelah bisa berhenti sejenak leha-leha di mobil aja enak donk ya. Irit yang jelas. Ahahaha.. lagi-lagi suami YES 
    www.toyota.astra.co.id
  • Yang paling terakhir tentu saja yang saya idam-idamkan tadi yaitu interior yang trendy dan stylish. Hitam yang elegan Bikin ngerasa wah dan menunjang banget buat selfie di mobil..ahayy.. :p  dan audionya donk touchscreen 6.1" kurang gede gimana coba. 
    www.toyota.astra.co.id
Akhirnya karena semua yang perlu di cek lulus ketelitian dari pak suami.. oke suami bilang "ayo..kapan kita berangkat"
Yess !!! Makassar Here we come..

Si Cakep Grand New Veloz pilihan keluarga Indonesia
www.toyota.astra.co.id

    Jadi buat yang domisili di kalimantan mau ke sulawesi dengan berpetualang. Bisa ikut step ini yah. Mau yang di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, langsung deh menuju ke Banjarmasin lanjut ke Makassar ya. Jangan lupa untuk berpetualang via darat, pastikan menggunakan mobil terbaik. Jangan sampai travelling terbaik diganggu oleh masalah kendaraan yang tidak oke. Salammmm...




22 comments:

Obat Tradisional Maag said...

wis keren

Lidya said...

tangguh ya jalan-jalan pakai Avanza

Jihan Rental said...

Mau donk ikut travelingny hehehe,

Ruli Retno Mawarni said...

Iya mba.. uda terbukti waktu bertualang di bali.. dari pantai kuta sampai danau bratang yg di atas puncak pegunungan...hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Terimakasih

Ruli Retno Mawarni said...

Ayooo kapan kitaaa

Vita Masli said...

Yuk ke Makassar, Mak! Ditunggu lohh beneran.

Ruli Retno Mawarni said...

Ehhh iya mba vita di makassar ya... tunggu ya mba.. soon.. kalo kesana pasti ngabarin. Nyari2 tmn yg bs di ajak ktmu.. modus minta di pandu keliling makasaar

Dwi Jatmiko Wati said...

Ayoookkk *nimbrung* siap lahir batin mbak ckckck apalagi akomodasi dan transport ditanggung *uhuk*

beautyasti1 said...

Naksir sama pulau samalona dan kebun teh malino nya makk.. Indahnya pemandangan di makassar.. Lebih indah lagi pakai grand new veloz ya makk.. Good luck ya makk!!

Ruli Retno Mawarni said...

Ternyata selera kita sm mba.. 2 tempat itu jg yg most wanted bgt..apalagi kalo bertualang naik veloz..hehe makasih mba asti

Fahmi (catperku.com) said...

seru kalau jalan2 naik mobil memang :)

Bunda Daya said...

Menarik dan seru ya mom ninggalin jejak disini dulu aja yaa ya,semoga suatu hari sampe beneran kesana..

Bunda Daya said...

Menarik dan seru ya mom ninggalin jejak disini dulu aja yaa ya,semoga suatu hari sampe beneran kesana..

evrinasp said...

aya sudah pernah ke Makassar aja, tapi tak sempat mampir ke Port Roterdamnya, nyesel abis, good luck ya buat kontesnya

khulatul mubarokah said...

Asyik banget jalan-jalannya. Semoga sukses lombanya, ya, Mbak ...

Ruli Retno Mawarni said...

Betul mas fahmi.. beda gitu puasnya yaa

Ruli Retno Mawarni said...

Aamiin...yuk bareng ;)

Ruli Retno Mawarni said...

Aamiin.. makasih mba.. gmn kalo ke fort rotterdam bareng? Hehehe

Ruli Retno Mawarni said...

Aamiin insyaAllah... mudah2an planning ini terlaksana.. ;)

Ruli Retno Mawarni said...

Lahir batin nya itu nah.. kaya maudi kawinin aja. Hahahah

Een Endah said...

Jadi pengen juga ke Makasar...