Sunday, 20 September 2015

Mengenal metode restruktur nama


Assalamualaikum... salam damaiii.. ;D
Pernah denger orang ganti nama karena katanya sering sakit, kurang hoki, gak klik sama calon jodohnya dan alasan-alasan lain untuk berganti nama. Hal ini mematahkan quote yang bilang "apalah arti sebuah nama" karena ternyata nama penting banget ya. Menyangkut masa depan seseorang. Ya karena nama adalah doa.
    Seperti yang beberapa waktu lalu ramai di bahas orang yang bernama "Tuhan" atau nama dari anak musisi ternama melly goeslaw "anakku lelaki". Pastilah setiap orang tua memiliki maksud baik terhadap nama anaknya. Lalu restruktur nama itu metode apa sih ??
    Saya mengenal sedikit tentang metode restruktur nama dari Ni Kadek Hellen Kristy Winatasari, seorang Empowerment Coach, beliau biasa di sapa Hellen yang memadukan Metode Self-Empowerment dengan Restruktur Nama. Kata beliau, Restruktur Nama adalah bagian dari warisan kearifan masa lampau (ancient wisdom), yang digunakan untuk mencapai keharmonisan diri serta kesuksesan dalam hidup, namun banyak dilupakan orang.

Sumber : www.tabloidnova.com
   Hellen sendiri adalah seorang master psikologi yang pintar memasak masakan berbagai negara, juga pernah menjadi seorang penyiar TV yang telah menemukan banyak metode self healing. Salah satunya juga perubahan psikologi melalui memasak, melukis, dll. Dan yang terbaru adalah metode ini. Name restructuring with self empowerment methods. 
    Dengan banyak alasan orang berganti nama, tapi dengan Hellen nama tidak di ganti melainkan di restruktur untuk menghilangkan ketidak harmonisan dan inage negatif dari nama sebelumnya. Lalu di padukan dengan metode self empowerment yaitu mengeluarkan kekuatan di dalam dirinya sendiri.
   Hellen mengatakan banyak selama ini orang salah kaprah. Menganggap dengan restruktur nama membuat semua langsung berubah. Menganggap langsung sembuh, langsung sukses, kebiasaan buruk langsung hilang, langsung rajin terus, dll. Disitulah self empowerment di bangun agar keduanya saling menopang untuk menghasilkan perubahan yang nilainya positif dalam diri si pelaku.
   Hellen menjelaskan tentang hasil  dari penelitian David E. Kalist dari Shippersburg University, mengenai pengaruh dari nama awal. Dalam penelitian itu, Kalist menemukan korelasi antara nama awal dengan kecenderungan dalam melakukan tindak kejahatan. “Ada sejumlah nama awal, yang terasosiasi dengan perilaku kriminal, status ekonomi bawah, serta yang cenderung mendapat gaji rendah. Jadi dari nama saja, orang lain sudah membuat persepsi tertentu mengenai diri kita. Bisa negatif atau positif, tergantung dari susunan nama yang kita miliki,” ujarnya.
   Berbekal teori tsb hellen menghubungkan dengan banyaknya klien yang memiliki kecenderungan nama yang kurang harmonis ternyata memiliki emosional yang berbeda. Hingga akhirnya di cetuskan metode sestruktur nama ini.
   Setelah klien melakukan restruktur nama, barulah hellen menanamkan self empowerment dengan cara seperti afirmasi, hypnosis, neuro-language program (NLP), maupun pendekatan psikologi transpersonal untuk merubah mindset lama yang terlanjur melekat di nama yang terdahulu. Misalnya boros, malas, cenderung kriminal, dll.
   Nah, kalau sudah gini gimana hasilnya? Hellen sendiri merasa sangat puas dengan hasilnya. Meski efek setiap klien setelah pendampingan berbeda-beda. Ada yang sebulan sudah keliatan perubahan positif dalam dirinya ada juga yang perlu berbulan-bulan karena mindset yang terdahulu terlanjur melekat kuat.
    Hellen menceritakan beberapa testimoni dari kliennya. Ada yang awalnya hanya dapat proyek-proyek kecil akhirnya bisa dapat proyek besar, karena restruktur ini akhirnya membuat dia lebih rajin. Yang awalnya memiliki penyakit berat berangsur sembuh karena image baru membuat hidupnya menjadi lebih sehat. Apapun efek dari metode restruktur nama dan self empowerment ini rata-rata semuanya memiliki hasil yang positif.
  Nah bagi anda yang mungkin di sekitarnya menemukan orang-orang yang mungkin kurang harmonis hidupnya bisa menyarankan ikut atau coba dulu metode ini. Semua perubahan tentunya di mulai dari diri sendiri ya. Kalau kita ga mau merubah hal yang negatif dalam diri kita tentunya kesuksesan juga sulit mendekat. 

4 comments:

Siti Mawaddah said...

whoaaaa abangku termasuk salah satu yang diganti namanya karena katanya namanya berat ada Illah nya...
eh anaknya juga sempet diganti namanya
apa keturunan ya hwehehe

btw kalau ganti nama panggilan termasuk dalam metode ini gak ya?

namaku Siti Mawaddah, terus pas SMP temen2 lagi asyik ganti2 nama panggilan, terus akhirnya aku ikutan jadi Tya singkatan dari siti sayang (arti kata mawaddah)
dan keterusan sampai sekarnag...

tapi efeknya apa gak tau juga
cuma berasa keren aja saat itu hahaha

sekarang kalau ketemu orang baru, aku malah gak mau memperkenalkan diri sebagai Tya
tapi Siti aja...

karena Siti itu nama pemberian orangtua... ceritanya udah gak mau gaya2an lagi hehe

lah panjang amat ya komennya :D

Uwien Budi said...

Kakak perempuanku dulu namanya Rustiyarti. Sering sakit-sakitan waktu kecil, step(kejang) dan kalo ada orang meninggal langsung sakit.

Akhirnya sama ibuk diganti namanya menjadi Warsiyam. Jadi sakit yg dulu pernah dialami, hilang.
Wallaahu'alam

Ruli Retno Mawarni said...

Menurut mba hellen sih hanya restruktur nama mba. Bukan ganti nama..hihihi.. mensugesti diri untuk merubah hal-hal jelek yang sudah menjadi image di nama lama..
Eh tapi aku seneng baca komen panjangnya.. beneran mba..pilih aja nama yg sesuai kepribadian mba siti. Yg mba siti senang dan nyaman di panggilnya..
Tu mba efek ganti panggilan nama aja kan sugestinya uda beda.. sm dgn mksd restruktur nama ini kayanhmya

Ruli Retno Mawarni said...

Betul mba.. Allahu'alam kita sbg manusia hanya berusaha memberikan nama yg menjadi doa terbaik utk si anak ya.. mungkin dengan ganti nama harapannya ganti jg doanya menjadi doa yg lebih baik...
Anyway dulu namaku jg panjang beud. Trs di potong krn sering sakit..hehehe hbs potong nama ttp sakit2an.. :p