Thursday, 10 September 2015

8 Cara anti mainstream jadi pengusaha pemula

Assalamualaikum...
Pernah kan ya ngeliat orang-orang yang mungkin secara rejeki kurang lapang lalu dengan kejujuran kegigihan kesabaran sekarang menjadi orang sukses. Yang kemudian di pertengahan perjalanan hidup di tengah kesusahan tiba-tiba mendapatkan investor atau donatur yang akhirnya di usahakan dan menjadi sukses.

Jadi sebenarnya jadi pengusaha itu ga susah donk ya. Orang kaya banyak. Dan kita hanya perlu sedikit keberuntungan untuk bertemu lalu memulai jadi pengusaha. Eitttt.. ternyata ga segampang itu juga keberuntungan mempertemukan. Coba kalo kita googling.. tips jadi pengusaha bahkan dengan judul paling sederhana sekalipun kalo di baca-baca rumit juga untuk pemula.

Pernah tau Raden Aldi Ferdian ? Ia adalah seorang Pengusaha sukses dari sebuah group perusahaan bernama cakradhara. Dengan usia sangat muda ia sudah memiliki banyak usaha hingga membentuk sebuah group. Bahkan sekarang akan mendirikan cakradhara energy dan cakradhara land. Bagaimana ketika ia memutuskan menjadi seorang pengusaha ?.



Berikut tips yang tidak biasa untuk menjadi pengusaha seperti Aldi ferdian.

1. Libatkan Tuhan
Jangan cuma nyari Tuhan saat kepepet. Tapi dari niat mintalah petunjuk, kemudahan, dan tentunya mintalah "modal". Modal tidak selalu uang, bisa berupa skill, relasi, keberuntungan bertemu investor, dll. Intinya ajak Tuhan dari awal rencana hingga akhir. Doa..doa.. ibadah yang banyak dan khusyuk.. demi jadi seorang pengusaha yang sukses dan halal. Ini bukan lebay, tapi cara paling benar dalam usaha mewujudkan ya..

2. Buatlah track record hidupmu bagus
Untuk menjadi pengusaha perlu waktu yang panjang untuk meyakinkan. Yakni dari perilaku. Kira-kira kalo kita mantan koruptor atau punya catatan hitam di bidang usaha bakal gampang ga menjadi pengusaha ? Karena itu hiduplah dengan jujur dan bekerja baik. Bertutur benar dan jangan merusak nasib dengan hal-hal yang memalukan. Ya gak? Meskipun kelak kamu tidak jadi pengusaha setidaknya kamu masuk syurga.. hehehe

3. Ide briliant
Kalau mau jadi pengusaha ya ide nya harus briliant donk. Berani bermimpi. Berani berpikir out of box. Berani berkhayal jauh dan berani mulai mewujudkannya. Kalau cuma punya ide "biasa" ngapain jadi pengusaha, mending jadi karyawan saja. Hehehe banyak usaha yang sukses di mulai dari sebuah ide usaha yang anti mainstream lo. Nah kalau sudah punya ide briliant mulailah mewujudkannya, riset awal, bikin proposal yang bagus, dan mulai mencari investornya.

4. Pelajari karakter Investor
Eh.. harga diri donk yah.. kita yang punya ide usaha kenapa jadi harus nurut karakter investor. Namanya pemula, wajar kalau investor jauh lebih tau akan banyak hal. Tetapi karakter investor bisa jadi malah sebagai pembuka modal.

    Misal, ide kita adalah ide baru, yang tidak biasa dan baru mau mulai. Pelajari karakter investor kira-kira akan suka gak dengan ide tsb. Kalaupun engga suka, bisa jadi investor akan nge'mix dengan ide briliantnya yang lain. Atau anda akan diberi investasi usaha lain yang menurut pandangan investor lebih mewakili anda. So pelajarilah apa-apa yang bisa membuat investor luluh dan mendukung anda ;)

    Investor tidak selalu investor luar. Misal orang tua anda ingin menjadi investor tentu anda harus tau karakter orang tua kan. Jadi jalan anda menjadi pengusaha bisa makin mulus.

5. Tidak selalu tentang BEP
Investor memang sangat teliti ketika menanamkan modal, tetapi peluang untuk masa depan tidak selalu bisa di hitung dengan BEP. Pasarlah yang menentukan. Dan tentu saja kembali ke poin 1 yaitu Libatkan Tuhan. Jadi jangan lantas takut jadi pengusaha hanya karena melihat BEP ide usaha kita agak lama. Kalau poin 1 beres, bisa jadi BEP itu ga akurat karena BEP tercapai dengan lebih cepat.
*BEP : break event point

6. Optimis
Semua investor akan optimis bila pengusahanya jauh lebih optimis. Bila kita sendiri ragu tentang ide usaha kita maka investor akan melihat keraguan itu dan mereka akan lebih ragu lagi. Optimis itu simbol dari kekuatan di point 1. Simbol kita telah melibatkan Tuhan dalam segala rencana.

7. Sedekah ikhlas
Penanaman modal terbaik adalah kepada Tuhan. Balik modalnya jauh berkali-kali lipat asalkan ikhlas. Jadi kalau berharap jadi pengusaha sukses yang banyak customer yang notabene customer juga dapat dana dari Tuhan. Maka dekati Tuhan nya dulu. Sedekah dulu yang poll yang maksimal supaya tu duit bisa balik ke kita dalam bentuk kesuksesan Ya kan.. ya kan..

   Kesan nya gak ikhlas banget ya sedekah biar dapat modal dari Tuhan. Cuma Tuhan yang bisa ukur kadar ikhlas seseorang. Dan Tuhan suka kalau kita berharap di balas sama Tuhan. Artinya hanya berharap sama Tuhan, bukan yang lain seperti pake jampi pengasihan atau dukun. Betul lagi gak? Hehe...

8. Tawakal
Nah kalo yang 7 tips di atas sudah di coba dan masih gagal.. maka kembali ke point 1 lagi yaitu libatkan Tuhan. Manusia hanya berencana dan Tuhan yang menentukan. Selalu yakin bahwa kegagalan itu cara Tuhan memberikan yang lebih baik daripada rencana kita. Tuhan lagi, Tuhan lagi, Tuhan terus.. iya karena kita gak bisa apa-apa tanpa Tuhan. Kita hanya bisa berusaha jadi pengusaha dengan maksimal tapi Tuhan juga yang menentukan.


“Kita seringkali mendapatkan rejeki tak disangka, dari orang lain yang kita bantu,” ujar Aldi Ferdian.  Ia melihat semua pencapaiannya itu, tidak lepas dari efek kepedulian terhadap orang lain. Misalnya dengan membantu menyalurkan sedekah, membiayai proyek yang bersifat kemanusiaan, dan mencarikan jalan keluar bagi orang lain agar mereka bisa berkembang.

“Ada lagi satu hal yang selalu saya tekankan pada karyawan. Yakni, beranilah bermimpi. Lalu bersungguh - sungguhlah mengejarnya, serta jangan lupa berbagi. Uang yang kita miliki bukanlah yang ada di Bank saja, melainkan yang kita sedekahkan dan dibelanjakan untuk membantu orang lain,” tambahnya lagi.

Bersungguh-sungguh dalam mengejar dan mewujudkan mimpi, menurut Aldi, adalah bagian dari doa. Sebab bagi dia, doa bukan hanya yang dipanjatkan sambil duduk selepas shalat, namun juga yang diwujudkan melalui niat dan tindakan nyata.

8 comments:

suria riza said...

Kudu ngajari entrepreneur neeeh.....biar sukses juga membangun mimpi kayak mas aldi

Ruli Retno Mawarni said...

Hayukkk mba.. semangat.. aku pun masih newbie bgt nih bljr jd mompreneur hehehe

Pengobatan Benjolan Di Rahim said...

ingin sukses harus banyak sodakoh ya mbak

jellygamatgoldg31 said...

terimakaasih mba jadi pencerahan nih :)

Ruli Retno Mawarni said...

Pastinya.. sedekah ga selalu uang dan harta. Bs lwt skill, informasi, bahkan senyuman itu sedekah.. :)

Ruli Retno Mawarni said...

Semoga bermanfaat

Lidya said...

melibatkan Tuhan itu penting banget mbak. Makasih sudah berkunjung ya &maaf baru bisa berkunjung balik

Ruli Retno Mawarni said...

Hehehe gpp mba.. makasih jg uda bw yah..