Rasakan Berbagai Manfaat dari Sedekah Subuh

 


Subuh ini adalah salah satu waktu yang paling istimewa, mengapa demikian? Karena di subuh ini adalah terjadi pergantian dari keadaan gelap jadi terang. Saat subuh tiba umat muslin di anjurkan untuk melakukan aktivitas dan juga amalan yang bisa menambah berkah, salah satunta adalah dengan melakukan sedekah.

Apa sebenarnya pengertian dari sedekah subuh?  Artinya adalah memberikan sesuatu terhadap orag lain dengan ihklas dan juga sukarela tanpa ada jumlah tertentu. Saat melakukan sedekah subuh coba niatkan diri Anda supa bisa mendapatkan berbagai keutamannya. Ini dia beberapa keutamaan yang bisa Anda dapatkan dari sedekah subuh:

·       Di doakan oleh malaikat

Seperti hadist dari Bukhari & Muslim dan muslin yang berbunyi “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” Dari hadist ini Anda jadi tahu betapa kuatnya melakukan sedekah pada subuh, amalan yang satu ini benar-benar amalan yang mulia.

·       Sedekah akah di balas berlipat

Terdapat firman Allah yang ada dalah surat Al Baqarah ayat 261  yang berbunyi “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

” Hal ini merupan janji dari Allah SWT, jadi melakukan sedekat ini tidak akan membuat harta Anda jadi tidak bekurang sama sekali.

·         Doa lebih mudah di kabulkan

Dalam sebuah hadist Rasulullah  SAW bersabda Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.

” (HR. Ahmad) hadist tersebut merupakan pesan dari Rasulullah SAW supaya doa Anda cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

·         Penghapus dosa

Selain memohon ampun dan juga melakukan taubat ternyata sedekah subuh juga bisa jadi salah satu cara untuk menghapus dosa yang telah dilakukan. Hal ini terdapat dalam sebuahh hadist yang berbunyi 

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

·         Membuka pintu rezeki

Sedekah saat subuh juga bisa jadi membuka pintu rezeki bagi Anda, hal ini juga Allah SWT sampaikan dalam Al quran 

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Membuat harta jadi lebih berkah

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Dari manfaat- manfaat diatas masih banyak lagi kebaikan yang bisa Anda rasakan, sedekah subuh ini selain bisa bermanfaat untuk Anda sendiri pastinya bisa bermanfaat juga bagi banyak orang. Alm. Syekh Ali Jaber juga pernah mengatakan dalam dakwahnya jika sedekah subuh ini merupakan salah satu amalan yang biasa dia lakukan.


Cara yang bisa dilakukan saat ingin melakukan sedekah subuh adalah:

  1. Mengisi kotak amal setelah selesai solat subuh
  2. Memberi sarapan untuk tetangga atau orang yang membutuhkan sebelum matahari terbit
  3. Transfer uang untuk anggota keluarga saat subuh

Nah, itu tadi beberapa tips dan manfaat sedekah subuh, semoga artikel ini bermanfaat ya



15 comments

  1. Sedekah subuh memang satu hal yang gak bisa dilewatkan apalagi banyak manfaatnya untuk kita. Buat yang masih malas bangun pagi sayang banget kelewatan berkahnya, hehe.

    ReplyDelete
  2. Masyaallah ini adalah amalan yang ingin banget saya rutinkan. Semoga bisa terus menerus melakukannya. Segala manfaat di atas benar2 kita butuhkan untuk hidup damai bahagia di dunia ini.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah.. memang luar biasa sekali ya keutamaan sedekah shubuh. Apalagi jika kita bisa melakukannya secara rutin, pasti akan terasa sekali manfaatnya.
    Semoga kita semua dimudahkan untuk melakukannya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  4. semoga bisa mengaplikasikannya. selama ini sedekah melalui organisasi atau yayasan gitu dan transfer via rek bank.

    ReplyDelete
  5. Super duper bener bangeeett, no debate!
    Karena memang yg namanya sedekah subuh itu keutamaannya luar biasa.
    Bismillah, semoga istiqomah

    ReplyDelete
  6. Masyaallah, sedekah subuh ini memang terasa istimewa ya, Mbak. Soalnya banyak banget manfaatnya. Apalagi dilakukan rutin hingga akhirnya bisa jadi kebiasaan yang baik.

    Semoga kita bisa istiqamah untuk berbuat baik dan bersedekah. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. Masyaallah ini amalan yang sebenarnya sangat mudah tapi sulit untuk dilakukan padahal pahalanya sangat luar biasa. Apalagi ditambah sholat tahajud sebelumnya kemudian melakukan shodaqoh shubuh betapa berlipat-lipat ganda pahalanya karna di waktu sepertiga malam malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan dan mencatat hamba allah yang melaksanakan ibadah dan melakukan kebaikan.

    ReplyDelete
  8. Banyaknya manfaat dari sedekah subuh ini dan aku belum pernah. Kumilih sedekah saat mata melek dan kapan saja, tapi tidak terlihat orang. Semoga kita diberikan rezeki dan bisa terus bersedekah ya

    ReplyDelete
  9. Kadang aq bertanya-tanya boleh ga sih sedekah itu mengharapkan duniawi? Atau ya memang untuk mengharap ridha Allah saja?

    ReplyDelete
  10. Bener banget, Mbak Ruli. Saya pernah mengalami sendiri betapa sedekah di waktu subuh itu sangat luar biasa. Bisa menghilangkan penyakit dan terutama narik rezeki. Ada saja rezeki yang datang menghampiri, terutama yang ga terduga dan berlimpah. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah ya mba Ruli. Aku belum. Konsisten menerapka sesekah subuh nih. Baru yang bulanan aja semoga bisa merutinkan lagi aamiin

    ReplyDelete
  12. Duh ngerasa ketampar bacanya, Kak. Apalagi aku tipikal yang abis sedekah mengharapkan imbalan huhu.

    ReplyDelete
  13. Ngerasa ketempar aku bacanya, Kak. Soalnya mengharapkan imbalan langsung kalo abis sedekah huhuhu

    ReplyDelete
  14. Waktu subuh itu salah satu waktu mustajab memang. Untuk perempuan yang sholatnya di rumah, mungkin bisa memanfaakan lembaga zakat yang bisa menerima transfer dan e money.

    ReplyDelete
  15. terima kasih sudah diingatkan, pas baca ini jadi flashback ke diri sendiri, kalau aku masih "banyak kurangnya"

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. Silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup dan jangan berkomentar anonim ya. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..