60 tahun Astra, Inspirasi kebaikan untuk Pertahankan Indonesia sebagai Paru-paru Dunia

Hutan Kalimantan merupakan salah satu wilayah yang menjadi paru-paru dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada februari 2017 jumlah hutan di Indonesia saat ini berjumlah 29.673.382,37 hektar. Kini, sedang dalam masa-masa mengkhawatirkan dimana deforestasi terus terjadi. Bahkan laju deforestasi diperkirakan akan meningkat hingga mengakibatkan Kalimantan bisa kehilangan hutannya sekitar 75% pada tahun 2020. Angka yang cukup mengkhawatirkan bagi seluruh penduduk Indonesia dan para satwa di dalam hutan Indonesia. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa hal ini tidak hanya menyerang hutan kalimantan, melainkan sudah meluas ke hutan Indonesia di daerah lainnya.

credit : Pixabay

Deforestasi atau penggundulan hutan adalah suatu kegiatan penebangan hutan untuk membuka lahan dan di alihfungsikan untuk penggunaan selain Hutan. Misalnya untuk lahan pertanian, perkebunan, atau perumahan. Selain mengurangi jumlah hutan di Indonesia, dampak lainnya adalah merusak habitat hewan yang ada di Hutan.

Sebagai anak kalimantan, saya yang melewatkan masa kecil hingga dewasa di kalimantan merasakan sekali perubahan iklim yang cukup signifikan pada kampung halaman saya. Dimana pada saat saya kecil, hutan Kalimantan seperti dataran hijau yang tidak menyisakan warna cokelat dengan cuaca tidak terlalu panas dan cenderung sejuk segar. Hingga akhirnya ketika saya beranjak remaja hingga saat ini hadirlah banyak perusahaan kayu, tambang hingga perkebunan yang melakukan perluasan lahan untuk di alih fungsi menjadi bukan untuk hutan, yang mengakibatkan hutan kalimantan jika dilihat dari atas pesawat menjadi terlihat bolong-bolong sebagai tanda telah digunduli. Namun sayangnya pihak-pihak yang melakukan deforestasi kondisi alam Kalimantan, gagal menjaga kesinambungan hutan kalimantan dan gagal mengembalikannya kembali ke fungsi semula. Bahkan, bisa dibilang usaha penanaman kembali dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab cukup nihil untuk disebutkan. 

Puncak dari perluasan lahan Kalimantan dan Sumatra yang paling tidak bertanggung jawab adalah kejadian wabah kabut asap tahun 2015 dimana kala itu bukan hanya merugikan seluruh penduduk Indonesia yang mengalami gangguan pernafasan dan terhambatnya berbagai kegiatan bisnis. Tetapi juga, merugikan negara tetangga karena kiriman asap dari Indonesia. Nasa menyatakan bahwa peristiwa kabut asap yang menimpa Indonesia tahun 2015 adalah yang terparah sepanjang sejarah. Indonesia pun mencatat bahwa saat itu dampak ekonomi yang dialami mengakibatkan kerugian hingga Rp. 200 triliun. Namun, selain itu semua, yang paling dikhawatirkan adalah berapa pohon yang sudah terbakar pada kejadian tersebut. Butuh waktu berapa lama dan berapa banyak bibit pohon untuk mengembalikan kondisi hutan Indonesia.

Menyelami kondisi inilah, hadir Astra Untuk Indonesia Hijau menyemarakkan kiprah astra yang sudah 60 tahun hadir di Indonesia. Astra menginpirasi banyak pihak untuk terus memikirkan bumi ini demi kesejahteraan generasi penerus bangsa ini berikutnya. Selama 60 tahun kehadirannya, sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat, Astra memberikan kontribusi dalam 4 pilar, yakni:
  1. Astra untuk Indonesia Sehat
  2. Astra untuk Indonesia Cerdas
  3. Astra untuk Indonesia Hijau
  4. Astra untuk Indonesia Kreatif.

Maka, dalam mensukseskan Astra untuk Indonesia Hijau. Melalui tim Corporate Social Responsibility (CSR) Astra selama bertahun-tahun telah melakukan berbagai kegiatan penghijauan. Penghijauan yang dilakukan berfokus pada pengelolaan area konservasi dan perlindungan keanekaragaman hayati yang terus menerus sehingga tentu saja hal ini sebagai langkah konkrit menekan laju deforestasi yang terjadi di Indonesia.

Penanaman tanaman buah langka Bisbul (Diospyros blancoi A.DC.) yang dilakukan oleh Istri Presiden Direktur PT Astra International Tbk Viena Sugiarto
Source : satu-indonesia.com
Di Sukabumi, CSR Astra menanam 55.000 bibit pohon di gunung Pangkulahan tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tujuannya tentu saja mengembalikan fungsi Gunung Halimun sebagai kawasan resapan air. Pohon yang ditanam antara lain pohon Jabon, Tisuk dan Kopi Arabica. Kegiatan ini berlangsung sukses setelah sebelumnya mengadakan program serupa yang diberi nama kegiatan Satu Karyawan Satu Pohon (SAKASAPO) yang saat itu berhasil menanam 132.000 pohon.

Di Bali, dengan lokasi di Hutan Puakan, Gianyar. CSR Astra kembali menuai sukses dengan menanam 1.000 bibit pohon produktif seperti Sawo, Mangga dan Durian. pohon tersebut nantinya di harapkan menjadi pasokan makanan bagi satwa yang tinggal disana sekaligus pelestarian Hutan.

Tidak berhenti sampai disitu, Astra bahkan sukses membangun Astra Forest yang diberi nama 'Harato Pusako' yang artinya adalah 'Harta Pusaka' dimana lokasinya berada di kawasan Sentul, Bogor. Kawasan yang dibangun melalui kerjasama Astra dengan Perum Perhutani ini berhasil menanam 3.567.237 pohon terdiri atas tanaman asli, pohon langka dan tanaman buah langka. Yang paling menakjubkan dari lokasi ini adalah karena menggunakan sumber listrik solar panel  dan wind turbine sebagai infrastrukturnya. Kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi untuk pelestarian tanaman-tanaman langka di Indonesia.

Penghargaan Penanaman Satu Miliar Pohon oleh Bapak Zulkifli Hasan
Source : satu-Indonesia.com




Keseriusan seperti inilah yang membawa Astra menjadi Inspirasi dalam pembangunan negara. Betapa tidak, kegiatan penghijauan kembali ini dilakukan bukan hanya sesaat pada suatu acara saja melainkan melalui perjalanan panjang bertahun-tahun sejak 2008 hingga saat ini. Dan program-program penghijauan terus dilakukan  berkesinambungan. Astra benar-benar serius dalam program Satu Indonesia-nya. PT. Astra International bahkan sudah mendapatkan penghargaan dari Kementrian Kehutanan RI berupa penghargaan penanaman satu milyar pohon. Hingga saat ini jumlah pohon yang telah didedikasikan untuk program Astra untuk Indonesia hijau ini telah mencapai 4.4 juta pohon, 1.1 juta pohon mangrove, membuka 27.439 hektar ruang terbuka hijau dan tidak lupa membangun bank sampah yang saat ini telah mencapai 17 bank sampah.

Dengan berkembangnya teknologi dari berbagai Industri Astra saat ini. Astra telah membuka begitu banyak lapangan kerja bagi penduduk Indonesia, berbagai teknologinya membantu banyak penduduk Indonesia menjalankan berbagai kegiatan. Di tambah lagi dengan kegiatan 'Astra untuk Indonesia' dan 9 yayasan bekontribusi penuh untuk publik. Maka Astra sudah melalui berbagai perjalanan yang penuh inspirasi.

Dari Astra, banyak pihak dapat belajar banyak untuk selalu menyeimbangkan antara bisnis dan fungsi sosial terutama kepada karyawan dan penduduk sekitarnya dalam bentuk nyata dan bermanfaat. Kegiatan Astra dalam Astra Indonesia Hijau ini di harapkan dapat mengimbangi laju deforestasi yang terjadi setiap tahunnya. Selamat atas 60 tahun dedikasi Astra untuk Indonesia yang penuh Inspirasi.






68 comments :

  1. Serem tuh kalau pengundulan hutan utk perumahan, eh rumahnya byk yg kosong. Alhamdulillah jika ada program Astra ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga salah satunya yang bikin sedih. pengorbanan para pohon jadi tidak maksimal

      Delete
  2. Serem tuh kalau pengundulan hutan utk perumahan, eh rumahnya byk yg kosong. Alhamdulillah jika ada program Astra ini ya

    ReplyDelete
  3. Wahhh seneng banget sama programnya astra yang membangun negri ini. Mantap banget. Semiga Indonesia smakin asri yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...program seperti ini yang nyata banget hasilnya untuk keberlangsungan banyak orang ya mba

      Delete
  4. Tak banyak yang tahu soal CSR Astra ini, terutama 4 pilarnya ini. Sebenarnya saya juga baru tahu sih waktu ada acara Astra ke Bandung, katanya sih, Astra tiap tahun sering banget bikin program inspirattif dan peudli masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak banyak yang tau tapi hasilnya nyata banget ya manfaatnya mas hilman

      Delete
  5. semoga hutan kalimantan ga gundul lagi, ga ada kabut asap lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...aamiin...semoga tidak terulang kejadian 2015 baik di kalimantan maupun sumatra ya

      Delete
  6. Keren. emang mestinya begitu ya mbak, tidak hanya "mengambil" tapi juga "memberi" salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul...alam tidak keberatan memberi tapi tidak lupa merawatnya juga

      Delete
  7. Semoga program-program Astra untuk turut menghijaukan kembali Indonesia akan terus membuahkan hasil yang signifikan, ya. Serem emang kalau ada kabut asap kayak dulu. Semoga enggak akan ada lagi, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...kita terus support dan mendoakan kelancaran semua kegiatan Astra ya mba

      Delete
  8. Semoga semakin byk yg seperti ASTRA. Kan lumayan tuh anak cucu kita kebagian keindahan hutan juga. Jd gak byk banjir atau bencana lain krn air hujan ketampung di akar pohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul...sesungguhnya yang begini ini manfaatnya untuk anak cucu kita. mewariskan hutan, bukan lahan rusak

      Delete
  9. Keren. Semoga tetap hijau, semakin hijau, Indonesia..

    ReplyDelete
  10. mantabb nih program CSR dari astra.. harapannya semoga di Jakarta juga bisa memaksimalkan tempat untuk dijadikan tempat penanaman bibit pohon agar di jalanan hawa lebih sejuk dan polusi juga bisa dikurangi.. Harapan saya harusnya selain penanaman bibit pohon, semoga pemerintah juga ikut serta dalam hal pelarangan penebangan pohon secara ilegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga. Sepertinya jkt juga butuh lebih banyak pohon ya

      Delete
  11. keren ya kalau ada yg peduli dengan lingkungan , dimana lingkungan kita banyak bermasalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, karena tidak semua CSR perusahaan memprogramkan soal lingkungan ini

      Delete
  12. 60 tahun itu tua banget mba, wajar kalo astra sudah membumi. Moga ke depan makin banyak kegiatan yang bermanfaat ya

    ReplyDelete
  13. Semenjak kuliah s2 aku selalu kagum sama Astra. 4 pilar-nya menunjukan kepedulian mereka. Bahkan karyawannya pun jadi ikut peduli dengan sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Gerakan satu orang satu pohon untuk karyawannya itu bagus banget

      Delete
  14. Duh, sedih juga ya...lihat penampakan hutan di Kalimantan saat ini. Mudah-mudahan program CSR Astra dan perusahaan-perusahaan lainnya, bisa melestarikan alam yang hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih dan cenderung tragis mba kondisi hutan kalimantan saat ini

      Delete
  15. Duh, sedih juga ya...lihat penampakan hutan di Kalimantan saat ini. Mudah-mudahan program CSR Astra dan perusahaan-perusahaan lainnya, bisa melestarikan alam yang hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah bisa. Mari kita dukung terus ya

      Delete
  16. Penggundulan hutan, saya pernah lihat langsung Mbak Ruli, dan sangat luas... Tak bisa berbuat apa-apa. Senang rasanya ada perusahaan besar yang CSRnya menyasar hutan, secara jumlah hutan semakin menipis. Keren Astra!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Bagus banget bisa menyeimbangkan alam ya

      Delete
  17. alhamdulillah masih banyak pihak yang peduli dengan penghijauan untuk generasi sekarang dan akan datang, semoga semakin banyak yang sadar akan pentingnya pohon untuk kehidupan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ada warisan hutan untuk anak cucu kita

      Delete
  18. iya tahun 2015, tahun pertama aku menginjakkan kaki di tanah borneo. Dan aku syock dengan kabut asap pada tahun itu. Mana lagi hamil Umaro. Sampai aku berdoa semoga setelah lahiran tidak ada asap lagi. Fungsi hutan memang besar sekali. Yang aku tahu memang kalimantan adalah salah satu hutan terbesar di dunia. Bukan hanya Indonesia, dunia panik loh kalau terjadi kerusakan hutan di Kalimantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi rumahku bahkan satu kelurahan dengan lahan yg terbakar dan di kunjungi pak jokowi. Sedih banget kan kita saat itu ya. Semua pada sakit ispa

      Delete
  19. sedih setiap baca berita tentang dampak deforestasi di hutan-hutan Indonesia, semoga program csr dari Astra ini bisa membawa banyak perubahan yang lebih positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sekarang pun sudah banyak kerasa pergerakan penghijauannya ya mba

      Delete
  20. Wah memang bener nih, stlh lahannya dimanfaatkan tentunya harus melakukan penghijauan kembali, dan ga ditinggali gitu aja ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jangan lupa balas budi kepada alam ya kan..

      Delete
  21. Tidak terasa astra sudah berumur panjang juga ya mba. Program programnya pun sangat bagus banget 1000 pohon program penghijauan bagus banget nih jd indonesia bisa bersih dengan adamya penghijauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah gak nyangka eksistensi astra sudah sejauh ini ya. Keren memang

      Delete
  22. Wih banyak dan keren2 ya program CSR Astra. Senang juga sih mengetahuinya bahwa perusahaan besar juga mau pedulo dengan masyarakat dan sekitar.

    Bravo Astra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun surprise pada kepedulian astra kepada hutan indonesia, tindakan nyata

      Delete
  23. Keren Astra. Semoga makin menanam pohon untuk Indonesia. CSR yang sangat bermanfaat ya mbak. Investasinya jangka panjang loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini investasi untuk warisan generasi mendatang yg hidup setelah kita

      Delete
  24. Astra memang salah satu dari sedikit perusahaan yang mengglobal dan korporasi besar Indonesia. Memang perlu di 69 tahun astra makin memberikan banyak benefit untuk kita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benefitnya sekarang sudah menyentuh berbagai kalangan dan berbagai kasus sosial di indonesia

      Delete
  25. Bener sekali, jadi nggak hanya memikirkan ttg kebutuhan manusia saja namun juga alam yang telah menyediakan berbagai manfaat, semoga program Indonesia Hijau oleh Astra ini memotivasi perusahaan besar yang lain agar seimbang ya, apalagi yang udah punya pengaruh besar hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh besar yang di miliki astra ternyata di salurkan ke bidang yang sangat bermanfaat ya

      Delete
  26. Aku jadi ingat ada yang investasi pohon.
    Dan ini sepertinya sudah jadi program perusahaan-perusahaan besar.
    Dan ASTRA salah satu perusahaan besar tersebut.

    Semoga pohon-pohon tersebut terjaga dengan baik dan menjadi warisan anak-cucu kita nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba. Jangan sampai yg kita wariskan hanya hutang negara, melainkan wariskan juga hutan yang indah

      Delete
  27. Astra itu bisa dibilang kebanggaan di Jakarta Utara ini, karena pabrik dan Astra Internasional berdiri di kecamatan tg. Priok dan masjidnya juga megah. Kegiatan CSR nya dimana2. Good lah pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren. Seandainya aku bisa ikut mengabdi di CSR astra ya. Pengen ikut kegiatannya

      Delete
  28. Iya ya, jadi ingat kabut yang dulu itu. Pesawat keganggu, masyarakat banyak yg sakit, harus pakai masker kemana-mana. :(
    Semoga perusahaan lainnya bisa meniru jejak baik Astra yang keren banget ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku sampai berkali-kali kena ispa. Di rumah semua di tutup. Pokoknya gak sehat banget deh ulahnya. Aamiin.. Semoga nanti kegiatan astra banyak pengikut

      Delete
  29. Bener mbak Ruli, kerasa banget lah perubahan cuaca dulu yg waktu kecil ke sekarang ini. Dulu di desa tempat tinggal Bapa itu enak banget adem sejuk sekalipun itu siang hari jam 12 tapi sekarang pas dikunjungi, ah panasnya sudah bukan main, kesejukan sudah tak lagi berasa. Fiuh �� padahal niatan ke desa mau cari kesejukan tetapi ternyata sudah berubah juga karena pohon-pohonnya sudah oada ga ada. ��

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang di kampung ku yg pelosok pun ikutan panas banget loh.padahal ga banyak polusi tapi hutan-hutan pada berubah jadi pembangunan

      Delete
  30. Bicara soal hutan memang cukup mengenaskan ya Mba. Hutan dibuka dengan alasan utk transportasi dan kebutuhan masy setempat tp sering lupa utk menanamnya kembali. Sering lalai tebang pilih dan reboisasi. Tahun kmrn di Kalimantan pd saat kemarau,hutannya pasti batuk2 tp sptnya tahun ini tidak ya Mba. Astra dg programnya CSRnya membantu memberikan kehidupan yg lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini alhamdulillah musim hujan hadir lebih awal

      Delete
  31. Program astra bagus bgt yaa, eny baru tau hhe ternyata udah nyangkut ke bidang sosial


    www.enychan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau gak eny di ajak jd tim csr astra hehehe

      Delete
  32. Sbg emak yg lumayan kuper, aku baru tau loh CSR astra ini.. Hmm, keren juga tyt y ad program penghijauan. Smg astra bs mjd contoh buat yg lain y.. Kalau segala hal butuh perawatan kalau enggak y bakal terdepresiasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Semoga jd contoh untuk perusahaan lain

      Delete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. Kinerja dan sepak terjang perusahaan Astra memang sudah cukup berpengalaman. Kontribusinya juga diaplikasikan melalui kegiatan yg kaya manfaat

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya, Semoga bermanfaat. Ambil baiknya tinggalkan buruknya. silakan tinggalkan komen yang santun ya tapi jangan tinggalin link hidup. Apalah arti tulisan saya tanpa kehadiran kalian..

ruliretno.com | BLOG DESIGN BY Labinastudio